Blogroll

Jenis dan Bagian Hardware Komputer yang Harus Diketahui



    Bagian Hardware Komputer

    Di zaman milenial seperti ini banyak aktivitas yang memanfaatkan sistem teknologi komputer atau pun laptop. Penggunaannya bisa untuk hiburan, pekerjaan, atau pun lainnya. Jika Anda merupakan pengguna aktif, maka wajib memahami apa saja bagian dasar komputer agar lebih mengetahui masing-masing fungsinya.
    Baca juga : memantau penggunaan system dan melihat spesifikasi pada windows

    Fungsi Komponen Dasar Komputer

    Komputer terdiri dari beberapa bagian yang tergabung dalam suatu sistem. Jika ada salah satu komponen rusak maka hal itu akan berpengaruh pada lainnya. Terdapat beberapa elemen dalam sebuah alat ini sehingga perlu anda ketahui fungsinya masing-masing.

    Mengenal Bagian Dasar Komputer

    Komputer memiliki beberapa bagian yang terbagi sesuai komponenya, yakni jenis portabel seperti netbook, tablet PC, kemudian desktop. Hubungan pada masing masing saling berkaitan. Berikut adalah penjelasan bagian-bagian dasarnya:

    1. Power Supply 

    Power supply merupakan bagian dasar komputer yang posisinya berada di luar. PSU berfungsi mengalisrkan arus listrik sebagai penghubung daya ke dalam komputer. Sistemnya akan mengkonversi jenis AC menjadi DC.

    Pentingnya sumber daya pada komputer hal ini menjadi komponen utama saat menghidupkannya. Seseorang dapat mengoperasikan Personal Computer ketika listrik yang dihubungkan memenuhi sistem. Power supply hanya akan bermasalah saat tegangan tidak sesuai.

    2. Casing Komputer

    Casing menjadi tampilan utama dalam penglihatan banyak orang. Ada beberapa pengguna memperhatikan bentuk luaran komputer terlebih dahulu sebelum membeli. Istilah lainnya seperti rumah yang menutupi komponen lainya agar tidak terjadi masalah.

    Mayoritas bahan yang dibuat untuk jenis PC adalah plastik dan metal. Berbeda dengan All in one PC bentuknya dangat ringkas serta menempel pada layar monitor. Pentingnya casing yakni melindungi komponen dari debu agar tidak masuk ke dalamnya.

    3. Motherboard

    Motherboard sering disebut sebagai papan sirkuit karena bentuknya yang menghubungkan antara satu dengan lainya. Plat tipis ini dilengkapi dengan CPU, memori, konektor dalam hardisk, dan perangkat lainnya. Koneksinya dalam sebuah port dan slot.

    Fungsinya yang menghubungkan sehingga menjadikan alat ini sebagai wadah semua komponen. Motherboard juga salah satu bagian penting dalam dasar-dasar komputer sehingga tidak bisa diabaikan. Perawatan lebih harus diberikan agar tidak terjadi masalah.

    4. CPU

    Cetral processing unit biasanya disebut sebagai prosesor letaknya terpasang dengan motherboard. Sering disebut dengan otak komputer karena fungsinya yang membawa intruksi dari komputer. Apapun kegiatanya jika menggunakan PC maka otomatis CPU akan bekerja.

    CPU berbentuk persegi dengan bahan keramik serta terpasang sebuah chip di dalamnya. Fungsi lainya juga untuk menyerap panas yang dihasilakn oleh central processing unit. Semakin besar kecepatan prosesor maka respon cepat saat diperintah pun akan semakin pesat pula.

    5. Video Card

    Kartu grafis biasa digunkan untuk seseorang yang sering memainkan game. Grafis bagus dibutuhkan sebagai hal utama dalam hal ini. Mayoritas hanya menggunakan GPU internal untuk komputer namun, pengguna gamers memerlukan dedicated GPU untuk memroses visual berat.

    VGA ini berfungsi menampilkan sebuah informasi. Oleh sebab itu performa grafisnya yang bagus cocok bagi seorang gamers dengan pemakai video card. Di sisi lain, Anda juga dapat menambahkan jenis kartu untuk mendapat visual terbaik.

    6. Memory / Ram 

    Random access memory mempunyai tugas menyimpan semua data yang dinginkan oleh pemilik. semakin banyak RAM maka kapasitan kecepatan semakin tinggi. Hal ini akan mempengaaruhi respon komputer saat dioperasikan.

    RAM termasuk dalam kategori memori jangka pendek. Isi data komputer akan hilang saat sebuah PC mulai dimatikan. Pengukuran satuannya menggunakan MB (megabyte) dan GB (Giga byte) oleh karena itu jika tidak mempunyai penyimpanan cukup maka alat yang dijalankan akan lambat.

    Beberapa hal tadi termasuk dalam bagian PC. Pentingnya mengetahui bagian dasar komputer akan menambah wawasan anda, oke cukup sekian tentang artikel bagian hardware komputer yang harus kamu ketahui, sekian dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.