Blogroll

Pengertian dan Jenis Simulasi Komunikasi Digital Masa Kini



    Pengertian dan Jenis Simulasi Komunikasi Digital

    Dewasa ini, media digital semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Fungsinya pun berubah-ubah sesuai kebutuhan masyarakat dunia. Salah satunya adalah mampu menghubungkan 2 orang yang terpaut jarak untuk berkomunikasi. Terdapat juga simulasi dan komunikasi digital yang harus dipahami.
    Baca juga : susunan kabel straight dan cross lengkap rj45

    Jenis-Jenis Simulasi Digital

    Simulasi adalah cara penggambaran tampilan dari suatu sistem yang nyata. Berawal dari meniru dunia nyata, selanjutnya mempelajari hal-hal berkaitan. Kemudian ditarik sebuah kesimpulan dan keputusan. Ada 3 jenis simulasi yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut:

    1. Simulasi Analog

    Simulasi analog adalah implementasi yang perumpamaannya menggunakan rangkaian elektronika analog. Contohnya adalah operasional amplifier untuk integrasi, pembalik, pembanding, dan lain sebagainya.

    2. Simulasi Hybird

    Simulasi hybird ialah sebuah implementasi yang perumpamaannya menggunakan gabungan dari rangkaian elektronika analog dan komputer digital. Simulasi digital, merupakan pengimplementasian yang menggunakan komputer digital dengan 2 komponen utama, yaitu hardware dan software.

    3. Simulasi Digital

    Simulasi digital merupakan jenis simulasi yang memanfaatkan perangkat komputer digital masa kini seperti laptop, notebook dan jenis komputer modern lainnya.

    Jenis Komunikasi Daring

    Komunikasi dalam jaringan atau daring adalah proses berkomunikasi yang melibatkan dan memanfaatkan jaringan internet. Ada 2 jenis komunikasi daring, yaitu 1 waktu bersamaan (sinkron) dan berbeda (asinkron)

    1. Asinkron

    Asinkron atau komunikasi daring tidak langsung adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan secara tertunda. Contoh dari asinkron yaitu email, forum, dan membaca sebuah artikel di dalam laman website internet.

    2. Sinkron

    Sinkron atau komunikasi daring langsung adalah proses penyampaian pesan yang tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapat balasan. Contohnya yaitu video call, chat, dan meeting online dengan menggunakan suatu software.

    Untuk presentasi video, memiliki makna berupa penyampaian pesan atau materi dengan menggunakan gambar bergerak. Meskipun diperlukan untuk mempelajari cara perekaman, penyuntingan atau editing.

    Simulasi Digital Kelas Maya

    Kelas maya adalah penyampaian materi yang dilakukan tanpa adanya tatap muka antara pengajar dan penerima bahan ajaran. Hal ini bersentuhan langsung dengan adanya jaringan internet.

    Ada perbedaan antara kelas maya dengan biasa adalah cara berkomunikasinya. Dalam hal ini, proses belajar siswa dapat dipantau langsung oleh pengajar dan orang tua. Selain untuk pembelajaran jarak jauh, ia juga bisa digunakan sebagai penunjang saat tatap muka.

    Ada beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

    1. Learning Management System (LMS)

    Learning management system atau LMS adalah software yang dibutuhkan untuk keperluan administrasi, e-learning,mengajar, dan laporan pembelajaran. Itu semua dilakukan dengan sistem online.

    2. Learning Content Management System (LCMS)

    Learning Content Management System atau LCMS adalah software yang digunakan untuk mengelola sistem terorganisir dan konsisten. Secara spesifik, perangkat lunak satu ini dapat menyediakan dan mempublikasikan e-book.

    3. Social Learning Network (SLN)

    Social Learning Network atau SLN adalah software yang digunakan untuk pembelajaran dalam skala besar. Karena jaringan sosialnya lebih luas, terkadang menimbulkan dampak kepada beberapa individu penggunanya. Sedangkan beberapa lain tidak menyebabkan apa-apa.

    Contoh Simulasi Digital

    Contoh simulasi digital
    Contoh simulasi digital
    Di dunia ini, terdapat beberapa perusahaan yang meluncurkan software ataupun aplikasi untuk memberikan fasilitas dalam kegiatan belajar mengajar. Di bawah ini adalah contohnya yaitu sebagai berikut:

    1. Edmodo

    Edmodo adalah salah satu contoh social learning network atau SLN. Software ini memiliki banyak fitur fitur yang memudahkan pembelajaran baik dengan tatap muka ataupun tidak. Salah satunya adalah orang tua dapat memantau proses belajar siswa.

    2. Google Classroom

    Google classroom adalah software sekaligus aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Google. fasilitas ini ditujukan untuk sekolah supaya dapat memudahkan para pengajar atau guru dalam memberikan materi dan menilai tugas tanpa adanya penggunaan kertas atau dengan kata lain semua dilakukan online.

    3. Platform Moodle

    Moodle adalah salah satu contoh learning management system atau LMS, Platform ini dibuat untuk memanajemen pembelajaran melalui website secara online. Tidak hanya untuk sekolah, ada juga perusahaan yang menggunakannya sebagai media belajar karyawannya.

    4. Claroline

    Claroline adalah salah satu contoh learning management system atau LMS yang berbasis PHP dan MySQL. Platform ini dibuat untuk memudahkan guru membangun kursus online sekaligus mengelolanya melalui website.

    Penutup

    Demikianlah pembahasan saya mengenai pengertian dan jenis simulasi digital masa kini, Semoga bisa menambah wawasan Anda sekaligus dapat diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Dan terimakasih telah berkunjung di website mas dzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.