Blogroll

Pengertian dan Jenis Teknologi Jaringan Internet Berbasis Luas



    Pengertian dan Jenis Teknologi Jaringan Berbasis Luas

    Teknologi jaringan atau network merupakan suatu mekanisme yang memungkinkan beberapa komputer terhubung dan para penggunanya bisa berkomunikasi satu sama lain. Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut simak uraian di bawah ini mengenai teknologi jaringan berbasis luas.
    Baca juga : urutan kabel cross dan straight lengkap pada rj45

    Pengertian Teknologi Berbasis Luas

    Teknologi jaringan berbasis luas atau yang biasa disebut wide area network (WAN). Ini merupakan jaringan komunikasi data yang menghubungkan pengguna pada suatu wilayah geografis besar. Biasanya terhubung melalui internet dengan peraturan khusus dari perusahaan penyedia layanan.

    Sebuah WAN menggunakan jalur data untuk membawa data menuju ke internet serta menghubungkan lokasi perusahaan yang terpisah di beberapa daerah. Wide area network paling banyak digunakan pada layanan telepon.

    Teknologi jaringan berbasis luas berfungsi untuk menghubungkan LAN (Local Area Network) yang berada secara terpisah di beberapa wilayah. WAN biasanya juga digunakan untuk fulltime atau partime connectivity antar daerah serta public service seperti email.

    Perangkat Wide Area Network (WAN)

    Jika dilihat dari fungsi WAN yang mana untuk menghubungkan LAN melalui jalur komunikasi dari service provider maka diperlukan beberapa perangkat interface, di antaranya yaitu:

    1. Router

    Router merupakan perangkan jaringan aktif dan intelegent yang dapat berpartisipasi dalam menajemen jaringan. LAN akan mengirimkan data ke router, kemudian dianalisa berdasarkan informasi alamat pada layer 3 dan diteruskan ke interface WAN berdasarkan routing tablenya.

    Router berfungsi untuk mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya serta mendukung tugas dan tujuan jaringan di antaranya, yaitu konektivitas, fleksibilitas, performasi yang reliabel, serta kontrol manajemen.

    2. CSU atau DSU

    Channel Service Unit atau CSU merupakan perangkat WAN berguna untuk mengkonversi sinyal digital CPE agar dapat dimengerti oleh swicth dalam provider. Biasanya berupa sebuah alat yang terhubung ke titik demarkasi dan berupa modem.

    Untuk menghubungkan jaringan komunikasi maka dibutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Oleh karena itu pada jalur digital perlu adanya Channel Service Unit (CSU) dan Data Servis Unit (DSU), kemudian keduanya digabungkan menjadi satu perangkat.

    3. Modem

    Modem merupakan sebuah perangkat yang dibutuhkan saat akan mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop dan juga digunakan pada jalur komunikasi analog. Alat ini mengirimkan data lewat jalur telepon dengan memodulasi serta demodulasi sinyal.

    Modem berasal dari dua kata yaitu modulator dan demodulator. Modulator adalah bagain yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa untuk dikirimkan sedangkan demodulator adalah pemisah sinyal.

    4. Communication Server

    Communication server mengkonsentrasikan jaringan komunikasi pengguna dial-in dengan remote akses ke LAN. Perangkat ini memiliki beberapa inteface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus di berbagai wilayah.

    Ketika Anda menggunakan communication server maka pengguna dapat terkoneksi ke dalam beberapa fitur penting untuk sebuah enterprise. Seperti email, chat yahoo, calender, voice mail, dan videoconference dengan sebuah account terintegrasi.

    Karakteristik Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

    WAN memiliki beberapa karakteristik di antaranya yaitu, pertama pada umumnya menghubungkan perangkat yang dipisahkan oleh wilayah georafis luas sehingga tidak dapat dilayani oleh Local Area Network (LAN).

    Kedua, WAN menggunakan jasa operator dalam pengoperasiannya seperti perusahaan kabel dan telepon, satelit sistem, serta penyedia jaringan. Ketiga, wide area network ini memakai koneksi seriap dari berbagai jenis pada saat menyediakan akses bandwhidth atas daerah geografis yang luas.

    Kelebihan dan Kelemahan Wide Area Network (WAN)

    Kelebihan dari teknologi jaringan berbasis luas ini yaitu berbagai infomasi atau data dapat dihubungkan pada area lebih besar sehingga menjangkau berbagai negara di seluruh dunia. Apabila terkoneksi dengan jaringan internet maka transfer file jarak jauh bisa dilakukan secara cepat.

    Kelemahan dari WAN adalah biaya operasional mahal termasuk alat-alatnya. Dalam hal pengaturan jaringan WAN lebih rumit karena memerlukan firewall yang baik guna membatasi pengguna luar. Wide area network juga rentan terhadap hacker serta ancaman lain.

    Demikian penjabaran sedikit mengenai teknologi jaringan berbasis luas. Jadi, dapat dikatakan bahwa WAN merupakan jaringan yang bisa menghubungkan user dalam wilayah geografis besar. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan pembaca, terimakasih.