Blogroll

Sistem Komputer: Pengertian, Fungsi, dan Komponennya



    Sistem Komputer: Pengertian, Fungsi, dan Komponennya

    Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pasti komputer atau PC sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Akan tetapi terkadang ada yang merasa bingung untuk menjelaskannya. Namun apakah Anda paham terkait sistem komputer terkait pengertian, fungsi dan komponennya?
    Baca juga : materi dasar tentang bahasa pemrograman dasar

    Pengertian Sistem Komputer

    Sistem komputer merupakan suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat keras serta perangkat lunak. Memiliki tugas tertentu seperti menerima data, menyimpan file, memproses input, dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

    Selain itu, sistem komputer juga dapat diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas melalui PC. Komputer digunakan manusia untuk kegiatan sehari-hari seperti pengolahan kata, angka, serta gambar.

    Sistem komputer terdiri atas beberapa perangkat yaitu hardware, software, dan brainware. Dari setiap perangkat tersebut memiliki fungsi masing-masing. Akan tetapi ketika menjalankan tugasnya mereka akan bekerja serta mendukung satu sama lain.

    Fungsi Sistem Komputer

    Berikut beberapa fungsi dari sistem komputer secara umum:

    1. Menginput Sebuah Data

    Fungsi pertama dari sistem komputer yaitu untuk menginput sebuah data yang sudah ada ke dalam sebuah perangkat PC. Jadi, Anda dapat memasukkan beragam jenis data ke dalamnya sebelum melakukan pengolahan.

    Sistem komputer memiliki tugas untuk menginput segala macam jenis data yang telah dimasukkan seorang pengguna melalui sebuah perangkat lunak. Seperti keyboard, mouse, microphone, dan lain sebagainya. Dengan adanya perintah, maka sistem akan bekerja untuk memasukkan data tersebut.

    2. Memproses Sebuah Data

    Fungsi sistem komputer selanjutnya yaitu memproses sebuah data. Dimana sistem tersebut akan mengolah berbagai data yang dimasukkan atau diinput oleh pengguna ke dalam perangkat PC sesuai dengan keinginan.

    Jadi, setelah data yang pengguna masukkan diterima oleh komputer, maka dengan adanya segala sistem di dalamnya mereka akan mengolah seperti apa yang inginkan. Tentu untuk memprosesnya Anda perlu memberikan perintah.

    3. Menghasilkan Sebuah Data

    Menghasilkan data termasuk salah satu fungsi dari sistem komputer dan memiliki tugas untuk menghasilkan sebuah output. Hal tersebut merupakan hasil data yang sudah diproses pada tahap sebelumnya.

    Hasil dari output ini dapat berupa sebuah informasi, suara, gambar hingga video sesuai dengan keinginan pengguna. Fungsi ini merupakan proses lanjutan dari pengolahan data. Jadi setelah diolah di dalam komputer kemudian akan ada komponen lain yang menghasilkan data untuk ditampilkan.

    4. Menyimpan Sebuah Data

    Fungsi terakhir dari sistem komputer yaitu untuk menyimpan data output yang mana merupakan hasil dari berbagai proses dalam perangkat PC. Hal ini bertujuan agar file tersebut dapat disimpan dan dibuka kembali pada waktu lain.

    Jadi, data yang pada awalnya di masukkan oleh pengguna setelah melalui berbagai proses akan menjadi sebuah output. Kemudian bisa disimpan di dalam memori sebuah komputer sehingga nantinya dapat digunakan pada waktu tertentu.

    Komponen-Komponen Sistem Komputer

    Adapun beberapa komponen yang sering ditemui yaitu:

    1. Perangkat Keras atau Hardware

    Perangkat keras atau biasanya disebut sebagai hardware merupakan perangkat PC yang memiliki wujud fisik dan bisa disentuh. Berfungsi untuk mendukung segala jenis proses dalam komputerisasi serta bekerja sesuai dengan perintah.

    Hardware terdiri atas 3 perangkat yaitu, input atau output, penyimpanan, serta pemroses. Masing-masing dari perangkat tersebut ialah mouse, monitor, keyboard, hardisk, RAM, CPU, dan masih banyak lagi. Beberapa benda tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat digunakan.

    2. Perangkat Lunak atau Software

    Perangkat lunak merupakan suatu program yang dipakai dalam sebuah komputer berupa perintah atau instruksi. Software memiliki fungsi untuk mengoperasikan hardware pada PC. Tanpa adanya hal ini maka sistem tidak bisa dijalankan.

    Software dapat dikatakan sebagai perangkat yang berisi perintah atau instruksi untuk dapat dimengerti komputer. Perangkat lunak bisa dibedakan menjadi beberapa macam kategori, di antaranya yaitu sistem operasi, program aplikasi, program tambahan, dan program bahasa.

    3. Pengguna atau Brainware

    Brainware merupakan orang yang mengoperasikan sebuah komputer. Ini memiliki peran sangat penting karena jika tidak ada pengguna maka PC tidak akan bisa dioperasikan oleh manusia. Jadi ketika sedang menggunakan komputer Anda termasuk salah satu komponennya.

    Brainware juga disebut sebagai user atau pengguna. Biasanya dibagi ke dalam beberapa macam. Pertama, programmer adalah orang yang mempunyai kemampuan bahasa pemrograman. Kedua, administrator bertugas mengelola sistem operasi. Ketiga, operator berfungsi menjalankan program.
    Demikian penjabaran mengenai sistem komputer. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan para pembaca.