Blogroll

Memahami Apa Itu Access Point, Pengertian Beserta Fungsinya



    Apa itu access point

    Apakah kamu sering mendengar istilah access point? Access point merupakan perangkat teknologi jaringan yang keberadaannya sangat dekat dengan era internet saat ini. Hingga kini cukup banyak perusahaan besar maupun instansi publik seperti pusat perbelanjaan, swalayan, rumah sakit, universitas dan instansi publik lainnya yang memerlukan jaringan internet yang dapat mengakses dan menjangkau seluruh wilayah publik. Maka dari itu telah banyak perusahaan atau instansi besar yang turut memanfaatkan kelebihan access point ini.
    Baca juga : mengenal lebih dekat perbedaan tcp dan udp serta pengertiannya
    Banyak dari kita mungkin telah terbiasa dalam memanfaatkan access point di aktivitas dan kehidupan dalam sehari-hari. Namun tidak sedikit juga yang belum memahami pengertian apa itu access point. Maka dari itu, untuk mengakses internet agar lebih mudah, berikut pembahasan yang telah saya rangkum tentang terkait pengertian, kegunaan, cara konfigurasi, dan bagaimana cara kerja access pont. Simak pembahasan dibawah ini:

    Pengertian Access Point

    Pengertian access point
    Pengertian access point
    Apa itu access point? Access point merupakan perangkat keras (hardware) jaringan komputer yang menghubungkan jaringan lokal (LAN) dengan piranti nirkabel (non kabel) yang memanfaatkan teknologi jaringan seperti bluetooth, wireless, wifi dan teknologi lainnya.

    Access point seringkali dikenali dengan WLAN yang memiliki artian wireless local area network. Perangkat access point ini mempunyai fungsi untuk melakukan pengiriman data serta menerima data yang datang dari wireless adapter.

    Access point mempunyai bagian penting dalam menjalankan fungsinya yakni antena dan transceiver, komponen ini mempunyai fungsi untuk menyebarkan sinyal dan menerima sinyal internet yang berasal dari client server maupun sinyal internet yang tertuju pada client server. Pada umumnya, perangkat access point dapat dihubungkan pada perangkat keras jaringan seperti hub, switch ataupun router, yang dapat menyebarkan sinyal melalui kabel ethernet.

    Adapun kelebihan access point yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan perangkat ini adalah sinyal wifi yang disebarkan bisa menjangkau dan mengakses semua ruangan sekitar meskipun tertutup banyak sekat antar ruang atau tembok bangunan.

    Fungsi Access Point

    Fungsi access point
    Fungsi access point
    Fungsi utama dari access point yakni memberi izin atau menolak hubungan pada perangkat dengan jaringan yang sama, hal ini dapat kamu konfigurasi dan disetting sesuai kebutuhan kamu. Berikut dibawah ini merupakan fungsi-fungsi access point yang telah saya rangkum dari beberapa sumber:

    • Access point sebagai penghubung antar jaringan lainnya, yakni dari jaringan lokal (LAN) yang menggunakan kabel dengan jaringan jenis nirkabel diantarnya seperti wireless, wifi, bluetooth dan nirkabel lainnya.
    • Fungsi utama dari access point ialah sebagai pemancar dan penyebar sinyal internet yang tertuju pada perangkat yang terhubung dengan melalui gelombang radio.
    • Tentunya access point dilengkapi dengan fitur keamanan jaringan WAP atau WEP yang sering dikenal dengan shared key-authenthication, maka dari itu access point bisa dimanfaatkan sebagai pengaman jaringan anda.
    • Fungsi access point yang terakhir yakni dapat dimanfaatkan untuk mengelola dan mengatur alamat IP pada perangkat yang telah terhubung secara efisien dan otomatis (DHCP)

    Cara Setting Access Point

    Cara setting access point
    Cara setting access point
    Hingga kini sebagian besar dari pengguna access point banyak yang menggunakan merek TP-Link, hal ini digunakan karena access point merek tp link ialah salah satu merek terbaik saat ini bagi banyak orang yang telah menggunakannya. Dibawah ini merupakan rangkuman cara konfigurasi access point pada merek tp link, yang telah saya rangkum dari berbagai sumber di internet:

    1. Oiya sebelum menerapkan tutorial ini, kamu diharuskan untuk menyiapkan perangkat access point terlebih dahulu, lalu memasang antena yang tersedia, power atau kabel arus untuk menghidupkan access point, kemudian menyambungkan kabel LAN kepada laptop ataupun perangkat komputer anda.
    2. Langkah selanjutnya adalah anda diharuskan untuk mengisi alamat ip yang tersedia komputer yang terhubung access point dengan cara masuk pengaturan control panel komputer anda lalu pilih network connection, kemudian tekan internet protocol TCP/IP, lalu klik bagian tulisan properties, lalu lanjutkan dengan pilih use the following IP address,
    3. Nah tinggal isi alamat ip sesuai kebutuhan anda pada kolom yang ada, kemudian tekan ok dan close jika selesai.
    4. Hal selanjutnya kamu perlu melakukan pemeriksaan mendalam apakah telah terkoneksi dan tersambung dengan tepat, kamu dapat mengikutinya dengan cara tekan CTRL+Windows lalu tulis cmd lalu klik enter. Kemudian setelah berhasil masuk pada windows command prompt, tulis ip andress yang telah dibuat sebelumnya untuk melihat dan memanggil alamat ip tersebut.
    5. Lalu akan terdapat tulis "reply from.." pada cmd tersebut, jika berhasil terhubung kamu dapat melihat alamat ip dan besar ping yamg diterima. Semakin kecil ping tersebut semakin bagus koneksi antara alat access point dan perangkat komputer kamu.
    6. Kemudian kamu dapat melakukan konfigurasi access point dengan mengakses browser dan menulis alamat ip access point yang telah dibuat sebelumnya, kemudian langsung saja klik enter.
    7. Tahap selanjutnya adalah, tulis username serta password access point kamu, kemudian klik enter. jika pertama membeli, informasi login tersebut masih default dan dapat dilihat pada tulisan bagian bawah perangkat access point kamu.
    8. Kemudian, langsung lakukan konfigurasi access point sesuai kebutuhan pada halaman AP tersebut, jika masih kebingungan kamu dapat melihat panduan pada buku yang tersedia pada dusbook access point.
    9. Tahap selanjutnya adalah masuk ke halaman network, lalu lakukan konfigurasi standard dan klik OK.
    10. Pada halaman access point ini kamu dapat masuk ke halaman wireless untuk membuat konfigurasi region, nama SSID, dan mode sesuai selera, lalu tekan tombol save jika sudah selesai.
    11. Setelah itu kamu dapat masuk ke wireless mode, kemudian pilih access point lalu centang enable SSID broadcast untuk mengaktifkan mode wireless, lalu tekan save jika sudah selesai.
    12. Kemudian step yang terakhir yakni masuk ke dalam DHCP, lalu pilih enable untuk mengaktifkan pengelolaan alamat ip secara otomatis. Kemudian klik save jika selesai.

    Jika kamu masih mengalami kebingungan dan kurang paham terhadap tutorial cara setting access point tersebut, kamu dapat mengikuti tutorial pada buku panduan, atau lebih lengkapnya dapat melalui tutorial video youtube.

    Cara Kerja Access Point

    Cara kerja access point
    Cara kerja access point
    Access point merupakan jenis perangkat keras jaringan komputer yang bisa berfungsi terhadap perangkat yang hendak mengakses jaringan internet, baik secara wireless ataupun melalui kabel lan.

    Pada umumnya ketika hendak menghubungkan perangkat pintar seperti laptop, komputer, maupun smartphone, dibagian layar tersebut akan tertulis permintaan untuk memasukkan password untuk tersambung ke jaringan.

    Kemudian setelah kamu memasukkan password, perangkat access point akan mengelola dan mengatur agar perangkat tersebut dapat tersambung atau terhubung, dengan cara membandingkan katasandi yang dimasukkan kepada perangkat access point apakah telah benar ataupun salah.

    Jika katasandi atau password yang telah kamu masukkan tepat, maka perangkat tersebut akan tersambung dengan internet secara otomatis. Proses jalur data yang tersedia pada access point merupakan jalur data sinyal RF atau disebit radio frekuensi yang telah dibuat oleh wifi pada kabel ethernet dengan jalur elektrik. Hal inilah merupakan salah satu fungsi dari access point, yakni untuk melakukan pengamanan terhadap jaringan internet anda.

    Penutup

    Oke, sekian dari saya pada pembahasan memahami apa itu access point, pengertian dan cara kerjanya. Jika dilihat secara perbanding dengan jaringan lokal (LAN) yang memerlukan kabel fisik, tentunya pemakaian teknologi perangkat access point xukup menguntungkan dan mudah digunakan bagi perusahaan atau instansi publik, Hal ini dikarenakan access point mempunyai ukuran yang kecil dan lebih rapi saat diaplikasikan, access point juga mempunyai perbedaan jangkauan tergantung merek dan tipe yang akan digunakan nantinya.

    Meskipun mempunyai kemudahan dalam penggunaan access point. Amat penting untuk melindungi jaringan internet anda bagi pengguna baru/awam dari upaya tindak kejahatan yang merugikan. Khususnya jika kamu menggunakan jaringan access point pada wifi publik yang tentu sangat rawan digunakan secara negatif.