Blogroll

Memahami Apa Itu Rekayasa Perangkat Lunak, dan Pengertiannya



    Rekayasa perangkat lunak

    Lebih dari setengah abad saat ini bidang teknologi telah banyak mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat. Tentunya kemajuan ini telah mengakibatkan sistem produksi menjadi lebih lengkap dan kompleks pada bidang basis komputer, salah satunya yakni dikarenakan terdapat jurusan rekayasa perangkat. Namun tahukah kamu apa itu rekaya perangkat lunak?
    Baca juga : memahami apa itu access point, pengertian dan cara kerjanya

    Apa Itu Rekayasa Perangkat Lunak?

    Apa itu rekayasa perangkat lunak?
    Apa itu rekayasa perangkat lunak?
    Rekayasa perangkat lunak yakni merupakan salah satu jenis bidang profesi yang mendalami dan mempelajari lebih lanjut cara memajukan perangkat lunak (software) contohnya pembuatan, pemeliharaan, perawatan, penerapan, perancangan, dan pengubahan terhadap perangkat lunak yang tersedia supaya menjadi program perangkat lunak yang kian efisien dan lebih efektif.

    Perangkat lunak atau sering disebut dengan software pada dasarnya adalah gabungan data yang terkonfigurasi dan tersimpan oleh simpan komputer.

    Di negara kita Indonesia sendiri jurusan RPL telah diterapkan dan dipelajari semenjak tingkat SMK sekolah menengah kejuruan hingga tingkatan sekolah perguruan tinggi. Di tingkat sekolah menengah kejuruan pendidikan ini telah mempunyai jurusan tersendiri yang dibarengi kurikulum materi pelajaran yang diputuskan oleh dinas pendidikan.

    Pada jurusan RPL bidang yang sering diajarkan adalah bahasa pemrograman (coding), HAKI, web desain, pendidikan terkait undang-undang ITE dan materi lainnya, Hal ini tergantung dari masing sekolah serta kurikulum belajar yang berubah tiap tahunnya.

    Pengertian RPL

    Pengertian rekayasa perangkat lunak
    Pengertian rekayasa perangkat lunak

    Rekayasa perangkat lunak merupakan pendidikan yang terkait dengan perubahan perangkat lunak yang mempunyai fungsi utama sebagai pemeliharaan, pengembangan, dan pembuatan kembali, yang didalamnya menggunakan sistem rekayasa supaya mendapatkan sistem perangkat lunak yang dapat bekerja dengan efektif, dan lebih efisien untuk penggunanya.

    Terdapat pula yang menyimpulkan pendidikan ini sebagai ilmu yang menerapkan teori dasar pada bidang tertentu terhadap perangkat lunak yang bisa dimanfaatkan sebagai alat yang lebih membantu ketika proses mengambil keputusan sulit dan mengatasi masalah lainnya.

    Apapun bentuk pengertian dan simpulannya, pada intinya rekayasa perangkat lunak adalah penyatuan antara konsep pendidikan ilmu komunikasi, ekonomi, ilmu manajemen dan komputer yang memiliki tujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada pengembangan perangkat lunak.

    Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

    Tujuan rekayasa perangkat lunak
    Tujuan rekayasa perangkat lunak
    Pendidikan ini sering dianggap sangat penting dikarenakan pada awalnya dapat memungkinkan pengguna untuk membuat sistem perangkat lunak dengan kompleks, efisien dan efektif dalam jangka waktu yang lama dan diharuskan untuk memiliki kualitas yang tinggi. Maka dari itulah tujuan utama dari rekayasa perangkat lunak yakni:

    1. Mengembangkan perangkat lunak

    Mempelajari rekayasa perangkat lunak mempunyai tujuan utama yakni melakukan pengembangan perangkat lunak yang berguna dan dapat berfungsi sesuai kebutuhan penggunanya. Tentunya sebuah perangkat lunak diharuskan mempunyai fungsi serta manfaat yang lebih spesifik supaya nantinya bisa dimanfaatkan bagi penggunanya.

    2. Memperbarui perangkat lunak

    Ada kalanya perangkat lunak yang telah dibuat sebelumnya memerlukan pembaruan atau update, hal ini dikarenakan mungkin fungsi utamanya telah berkurang dan bertambahnya kebutuhan pengguna tersebut. Dengan mempelajari dan mendalami ilmu rekayasa perangkat lunak seseorang akan dapat melakukan pengembangan perangkat lunak yang telah ada agar dapat membuat sistem perangkat lunak yang lebih berguna dan lebih baik terhadap penggunanya.

    3. Membuat perangkat lunak yang mudah digunakan

    Setiap user atau pengguna telah dipastikan ingin mempunyai perangkat lunak yang mudah digunakan atau user friendly, dalam hal ini minimal perangkat lunak mempunyai tampilan dan desain yang menarik, modern, fungsinya serta mudah saat dioperasikan oleh penggunanya.

    Tentunya bagi seseorang yang telah mendalami serta mempelajari pendidikan perangkat lunak telah memahami hal tersebut, sehingga mereka dapat menciptakan dan mengembangkan program perangkat lunak yang nyaman dan user friendly.

    4. Mengintegrasikan terhadap peralatan yang diperlukan

    Pada sebagian peralatan mekanikal membutuhkan proses integrasi terhadap perangkat lunak supaya sistem mempunyai kinerja lebih optimal. Pastinya seseorang yang mempelajari dan mendalami pendidikan ini pasti telah memahami permasalahan tersebut.

    Dengan teknik mempelajari jurusan pada RPL, dapat memungkinkan sistem perangkat lunak melakukan integrasi terhadap peralatan mekanikal yang dibutuhkan, sehingga akan mendukung setiap kegiatan terkait operasional peralatan tersebut.

    5. Melakukan maintance dan perawatan program

    Seseorang yang mendalami rekayasa perangkat lunak mempunyai tujuan yakni supaya tidak hanya terikat pada proses pengembangan dan melakukan pembuatan sistem perangkat lunak saja, melainkan juga melakukan sejumlah perawatan atau dikenal dengan maintenance terhadap sistem perangkat lunak tersebut.

    Pada dasarnya semua sistem perangkat lunak sudah dipastikan membutuhkan perawatan dan maintenance untuk memenuhi setiap kebutuhan yang ada, terutama jika sistem perangkat lunak tersebut mengalami sejumlah kendala atau gangguan operasionalnya. Maka dari itulah proses perawatan sangat dibutuhkan, supaya dapat berjalan sesuai secara normal dan memenuhi kebutuhan fungsional penggunanya.

    Sedangkan rekayasa perangkat mempunyai tujuan lainnya sebagai berikut :

    1. Merancang dan membuat sistem perangkat lunak yang dapat bekerja dengan optimal terhadap semua macam platform yang tersedia.
    2. Menghasilkan sebuah perangkat lunak yang mempunyai kinerja yang dapat diandalkan dan efisien dalam jangka panjang.
    3. Mendapatkan sejumlah biaya perawatan dan biaya proses produksi yang lebih rendah dari biaya reparasi lainnya.

    Rekayasa perangkat lunak sendiri dapat diaplikasikan terhadap perusahaan ataupun kehidupan sehari hari. Contoh lainnya dalam proses pengerjaan sistem aplikasi yang dibutuhkan sebuah perusahaan adalah web portofolio perusahaan, mencatat jadwal karyawan, aplikasi ujian online, sistem pencatatan dan lain sebagainya.

    Penutup

    Demikianlah artikel pembahasan mengenai pengertian rekayasa perangkat lunak, tujuan dan berbagai permasalahan yang sering dihadapai dalam pembuatan atau merekayasa perangkat lunak. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

    Jika kamu membutuhkan jasa dalam pembuatan website online atau aplikasi lainnya yang lebih spesifik sesuai kebutuhan operasional, kamu dapat menggunakan jasa saya yang tentunya profesional dan hemat dikantong, hehe. Hubungi saya melalui whatsapp 0895411287088 ataupun menggunakan fitur contact us yang telah saya sediakan pada website ini.