Blogroll

Memahami Apa Itu Reseller, Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya



    Apa itu reseller

    Dengan menggunakan jasa reseller tentu dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap laju pertumbuhan bisnis anda yakni semakin luas dan berkembangnya jaringan penjualan suatu produk. Bagi anda yang belum mengenal apa itu reseller, reseller merupakan pihak perorangan atau agen yang ikut hadir dalam memasarkan dan menjual kembali produk kepada para konsumen.
    Baca juga : memahami apa itu distributor, pengertian dan fungsinya dalam pemasaran
    Seseorang atau agen reseller dapat memperoleh keuntungan dari perbedaan harga jual yang sebelumnya telah ditentukan oleh pihak penjual utama. Namun pada situasi lain, pihak reseller tidak menetapkan harga produk, melainkan akan memperoleh sejumlah bonus ketika penjualan telah mencapai target yang ditentukan.

    Pada umumnya pihak reseller adalah sekelompok orang atau seseorang yang tergabung dengan sejumlah agen penjualan yang sejumlah keuntungannya diperoleh dari hasil penjualan produk/barang yang berasal dari pihak lain. Sehingga dapat diartikan reseller merupakan pihak yang memasarkan dan menjual kembali sejumlah produk dari pihak produsen atau tangan pertama.

    Pengertian dari reseller ini sudah diketahui sejak dulu, meskipun begitu saat ini para reseller mempunyai artian yang semakin berkembang semenjak terdapat bisnis online. Jenis bisnis yang telah memanfaatkan media online ini tengah berkembang sangat pesat, hal ini dikarenakan adanya reseller yang mempercepat laju perkembangan penjualan produk melalui media online.

    Pengertian Reseller

    Pengertian Reseller
    Pengertian reseller
    Reseller merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yakni gabungan re dan seller. Yang mempunyai artian re berulang kemudian seller yang bermakna penjual. Maka dari itu, kata reseller mempunyai arti penjual kembali. Atau dapat digambarkan sebagai seseorang yang mempunyai pekerjaan sebagai penjual.

    Semenjak adanya bisnis online mulai banyak yang berpindah profesi ke bidang reseller ini, Dan tentu saja istilah dari reseller menjadi lebih berkembang. Pengertian reseller dalam bisnis online yakni untuk melakukan perluasan jaringan penjualan produk. Sehingga, barang yang telah diproduksi dapat dijual dengan jumlah yang lebih banyak dan maksimal.

    Untuk melakukan kegiatan penjualan produk kembali tidak hanya sebatas pada perseorangan saja, melainkan dapat melibatkan sejumlah kelompok orang yang menjadi group agau agen. Dan yang terpenting yakni berbagai pihak terkait dapat turut memasarkan produk kembali dari pihak penjual pertama.

    Selisih harga pada penjualan produk tersebut nantinya merupakan keuntungan yang akan diperoleh reseller. Maka dari itu, reseller dapat memiliki keuntungan yang lebih dengan cara meningkatkan penjualan suatu produk dari pihak penjual pertama. Meskipun begitu terdapat kemungkinan bahwa teknik untuk mengambil keuntungan pada setiap agen penjualan akan berbeda, tergantung kesepakatan diawal dengan tangan penjual pertama.

    Manfaat Reseller

    Manfaat reseller
    Manfaat reseller
    Dengan cara melakukan penyebaran jaringan penjualan akan membuat bisnis akan semakin berkembang. Maka dari itu, diperlukan para pelaku bisnis yang mempunyai tugas dalam memperluas sebuah jaringan penjualan. Dengan adanya profesi reseller tentu akan membuat bisnis anda akan menjadi lebih cepat berkembang. Dibawah ini merupakan manfaat reseller yang akan membawa dampak positif bagi bisnis anda:

    1. Menambah Relasi

    Relasi merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan suatu produk, dikarenakan dengan hal ini para pelaku bisnis dapat memasarkan produk dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan hal ini pula anda dapat mempunyai banyak hubungan kerabat dan rekan yang tentunya akan berdampak baik mengenai kelangsungan bisnis anda.

    2. Meningkatkan Keuntungan

    Tentunya sejumlah keuntungan akan lebih gampang untuk diperoleh, hal ini dikarenakan anda telah mempunyai hubungan atau relasi dalam mengembangkan jaringan penjualan sebuah produk. Sehingga anda dapat menambah jumlah penjualan yang tentu berdampak pada besarnya keuntungan yang akan diperoleh nantinya. Anda juga dapat meningkatkan jumlah produk yang hendak dipasarkan atau dijual.

    3. Memperbesar Jumlah Penjualan

    Tentunya setiap agen reseller akan selalu untuk memperoleh keuntungan dari setiap penjualan produk yang berhasil dijual. Sehingga, para reseller akan senantiasa memperbesar jumlah penjualan suatu produk. Hal ini tentu mempunyai dampak yang baik bagi anda yakni semakin diuntungkan dengan adanya reseller. Semakin besar jumlah produk yang berhasil dijual, tentu akan meningkatkan performa anda dan penjualan produk akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

    4. Tingkat Produksi Yang Meningkat

    Seiring meningkatnya ratio penjualan produk tentu akan mempunyai hubungan dengan bertambahnya jumlah produksi produk tersebut. Sehingga hal ini tentu lebih menguntungkan, yang berarti aktifnya suatu proses dari produksi akan berefek terhadap laju perkembangan ekonomi yang sehat.

    5. Mamangkas Biaya Operasional

    Tentunya dengan adanya agen reseller anda tidak lagi membutuhkan biaya terkait operasional dalam menggaji karyawan, atau sejumlah biaya promosi suatu produk. Para reseller tentu akan lebih berinovasi dan lebih kreatif dalam meningkatkan jumlah penjualan produk.

    Anda cuman perlu membuat atau menyediakan produk jadi yang hendak dipasarkan. Terkait strategi penjualan, dan cara mereka menjual atau lainnya merupakan urusan para reseller. Maka dari itu mempunyai agen reseller tentu dapat memperbesar penjualan produk serta memangkas biaya operasional yang dibutuhkan.

    Cara Kerja Reseller

    Cara kerja reseller
    Cara kerja reseller
    Seorang agen reseller melakukan kegiatan bisnis sama seperti pedagang. Tentu mereka perlu untuk melakukan pembelian sejumlah barang yang berasal dari pihak produsen sebelum hendak menjual kepada para konsumen.

    Perlu diketahui juga bahwa sebagai seorang reseller, ini berarti kamu bukan sebagai pebisnis pihak pertama dalam mengelola bisnis yang tengah berjalan. Hal ini diharuskan anda agar penuh perhitungan dan lebih berhati-hati dalam setiap proses kerja yang kamu lalui. Andai saja setiap langkah ceroboh dan kurang perhitungan maka hal ini dapat menyebabkan tidak adanya untung sama sekali.

    Tentu anda telah paham ketika menjual dan memasarkan kembali produk yang berasal dari toko lain tidak membutuhkan sejumlah modal yang besar. Sehingga hal ini berakibat dari keuntungan yang akan anda dapatkan tidak besar pula. Maka dari itu, anda harus melaksanakan cara kerja yang penuh perhitungan dan ekstra berhati hati supaya tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

    Cara kerja reseller yang pertama harus diamati adalah mencari agen supplier atau penyedia produk yang hendak dijual. Dalam menentukan produk kamu perlu memilih dengan hati-hati, alangkah baiknya harap mengunjungi agen supplier untuk melihat kualitas produk yang hendak dipasarkan dan cara kerjanya secara langsung. Jika sudah sepenuhnya yakin dengan kualitas supplier yang dipilih, barulah anda dapat melakukan sejumlah kesepakatan harga reseller untuk dipasarkan kepada konsumen.

    Langkah selanjutnya adalah kamu perlu mendapatkan sejumlah penawaran harga yang bagus agar dapat melakukan penjualan kembali serta mendapatkan keuntungan dari penjualan produk. Setelah melakukan negoisasi atau kesepakatan harga yang tela berlangsung, maka selanjutnya perlu melaksanakan pemasaran dengan giat dan disiplin secara online maupun offline. Perlu dipastikan juga bahwa hasil dari dari penjualan produk memperoleh keuntungan dan dapat menjangkau konsumen secara luas.

    Setiap terdapat pesanan produk dari konsumen perlu anda sampaikan kepada pihak supplier agar masing-masing pesanan yang telah diterima langsung segera diproses kemudian dikirim sesuai dengan perjanjian kerja sama yang sebelumnya telah terjalin.

    Cara Sukses Menjadi Reseller

    Cara sukses menjadi reseller
    Cara sukses menjadi reseller
    Pada era pertumbuhan bisnis saat ini, profesi reseller merupakan salah satu yang diminati. Terlebih lagi saat ini tengah dipermudah untuk melakukan penjualan secara online. Reseller sendiri merupakan pekerjaan bagi sebagian orang yang berawal menjadi konsumen yang loyal dengan produk pilihannya.

    Nah berikut ini merupakan tips cara sukses menjadi reseller yang telah saya rangkum dari beberapa sumber, dan dapat kamu gunakan sebagai referensi pembelajaran ketika hendak beralih profesi menjadi seorang reseller:

    1. Mencari produk yang banyak peminatnya

    Menjadi seorang reseller merupakan profesi yang mempunyai artian menjual kembali. Maka, anda dapat sukses dengan menjalani profesi reseller dengan menjual kembali terhadap berbagai produk yang banyak peminatnya. Beragam produk yang paling diminati mempunyai perputaran bisnis yang lebih cepat, maka dari itu anda akan dengan mudah untuk memperoleh keuntungan dari hasil penjualan.

    Tentunya perputaran jual beli suatu produk terhadap aktivitas bisnis yang cepat akan berdampak pada kemudahan untuk memperoleh sejumlah kuntungan yang lebih cepat pula. Kesempatan untuk mengambil profit atau keuntungan akan terbuka lebih lebar walaupun anda mengambil sejumlah keuntungan dari perbedaan selisih harga produk yang dijual.

    2. Mencari harga produk yang murah

    Mencari perbedaan harga yang lebih murah dari suatu produk dan menentukan harga jual merupakan hal penting untuk mendapatkan selisih harga dengan keuntungan yang lebih besar. Maka dari itu, pengguna dapat menentukan harga jual dengan lebih optimal, termasuk sejumlah diskon atau potongan harga untuk menarik minat para pembeli.

    Setiap pelaku bisnis mempunyai tujuan yakni untuk mendapatkan sejumlah keuntungan, hal ini tentu merupakan salah satu aspek dari pengertian reseller. Maka dari itu anda diharuskan untuk mencari harga produk yang lebih murah untuk memperoleh sejumlah keuntungan yang lebih besar pula. Sehingga, anda dapat menetapkan harga jual produk tersebut dengan perbedaan yang lebih tinggi dari harga beli sebelumnya.

    3. Memanfaatkan Jaringan Sosial Untuk Promosi Produk

    Ketika menjadi seorang penjual dapat dibilang berhasil jika setiap promosi yang telah dijalankan tertuju tepat pada sasaran, tentu anda dapat memaksimalkan kegiatan promosi yang dilakukan menggunakan jaringan sosial. Maka dengan ini, seseorang dengan lebih mudah untuk mengenal barang yang anda jual.

    Saat ini penggunaan jaringan sosial merupakan tempat yang sangat efektif dalam media promosi untuk menjangkau banyak orang yang berkesempatan untuk menjadi calon konsumen anda. Disisi lain kegiatan promosi menggunakan jejaring sosial mempunyai biaya yang murah.

    4. Melakukan Promosi Produk di Kalangan Terdekat

    Kegiatan dari seseorang untuk menjual kembali dan memasarkan suatu produk merupakan inti dari pengertian reseller. Hal ini dikarenakan para reseller mempunyai aktivitas memasarkan dan menjual kembali, sehingga bagian promosi lebih baik dilakukan di kalangan terdekat, seperti tetangga, saudara dan sekitarnya, supaya lebih mudah dan cepat untuk mengetahui setiap tingkah laku dan selera para konsumen.

    Jika anda serius menekuni profesi reseller, harap selalu promosikan seluruh produk yang hendak dijual dengan memanfaatkan dan menggunakan semua media yang tersedia. Mulai dari media elektronik ataupun media cetak saat ini, sehingga, setiap promosi yang buat akan membuka peluang untuk mendapatkan para calon konsumen dengan jumlah banyak dan maksimal. Dan pastinya anda dapat meningkatkan kembali segi kualitas penjualan.

    5. Merekrut Reseller Baru

    Jika semakin banyak orang yang mengenal produk anda, tentu semakin membuka peluang lain yaitu untuk tertarik membeli dan dapat berkeinginan besar untuk menjadi pihak reseller dari produk tersebut. Sehingga anda dapat memungkinkan untuk meningkatkan dan mengembangkan jumlah penjualan yang lebih banyak lagi. Maka dari itu dengan merekrut reseller baru tentu dapat memperoleh keuntungan tambahan dari aktivitas penjualan.

    Seperti yang saya kutip sebelumnya, berhasilnya seorang penjual dapat dilihat dengan jumlah banyaknya produk yang berhasil dijual. Maka dapat disimpulkan bahwa anda perlu menambah tingkat penjualan dengan merekrut reseller baru, dengan cara ini para reseller nantinya dapat ikut turut menjual suatu produk dengan jumlah lebih banyak lagi.

    Bisnis Terbaik untuk Reseller

    Bisnis terbaik untuk reseller
    Bisnis terbaik untuk reseller
    Perlu diketahui juga bahwa menjadi reseller pada era saat ini, dapat menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan serta tidak mempunyai resiko sama sekali. Untuk permulaan anda dapat memulainya dengan ikut melakukan penjualan terhadap beragam produk yang sudah digunakan, dan telah memberi berbagai manfaat yang banyak bagi anda.

    Dengan menjual berbagai produk yang sudah anda pakai sendiri maka akan lebih mudah untuk melakukan review dan promosi terhadap produk tersebut. Tentu anda dapat mengambil langkah pertama dalam melakukan promosi kepada lingkungan terdekat anda, seperti saudara, kerabat, teman dan keluarga.

    Tahukah kamu bahwa ketika menjadi reseller, baik dalam bisnis online ataupun media offline, bagian terpenting yakni strategi penjualan yang tepat pada sasaran dan dapat membuat tertarik para konsumen. Maka dengan ini, anda dapat memperoleh untung penjualan yang lebih banyak. Tentunya hal tersebut berdampak membuat laju pertumbuhan bisnis anda menjadi lebih sehat.

    Berdasarkan pembahasan tersebut, dapat dibuat kesimpulan bahwa ketika menjadi reseller bahwasanya bukan tentang produk yang dijual, namun bagaimana para reseller menjual produk tersebut nantinya. Hal ini dikarenakan reseller merupakan salah satu pelaku bisnis, yang setiap aktivitasnya mempunyai kesamaan dengan kegiatan berdagang seperti cara penjualan pada umumnya.

    Bagi anda yang hendak memulai bisnis dalam menjadi seorang agen reseller, Alangkah baiknya lebih memahami dan mengetahui inti pengertian reseller. Maka anda juga perlu mempunyai koneksi yang sangat luas supaya setiap produk yang hendak dijual akan semakin lebih diterima oleh masyarakat luas.

    Akan tetapi bagi anda pemilik bisnis yang mempunyai banyak sekali agen reseller atau seorang penjual dalam setiap operasional penjualan suatu produk atau bentuk jasa, tentu dapat menggunakan media website dalam memasarkan setiap produk yang ada.

    Anda dapat menggunakan jasa masdzikry.com dalam pembuatan website toko online siap pakai yang mempunyai harga yang murah dan tentunya professional, kamu dapat melihat demo tokoonline yang dibuat melalui tokomadya.com, segera hubungi saya via whatsapp 0895411287088 ataupun melalui fitur contact us yang tersedia dalam website ini.

    Penutup

    Oke demikianlah dari saya pada pembahasan tentang memahami apa itu reseller, pengertian, manfaat dan cara kerjanya dalam dunia bisnis. Semoga artikel ini berguna dan dapat bermanfaat bagi banyak orang, serta terimakasih telah berkunjung di website masdzikry.