Blogroll

Mengenal Apa Itu Dropshipper, Keuntungan, Cara Kerja dan Peluangnya



    Dropshipper

    Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi akan berdampak dengan semakin menjamurnya bisnis online di kalangan masyarakat Indonesia yang gemar melakukan belanja secara online. Tentunya bisnis online lebih banyak diminati oleh masyarakat yang dapat diaplikasikan sebagai pekerjaan utama (penuh waktu) ataupun pekerjaan sampingan, hal ini karena bisnis online mempunyai kelebihan yang lebih fleksibel yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai selera tanpa terikat tempat dan waktu. Ada beberapa jenis bisnis online yang bahkan dapat digerakkan tanpa memerlukan modal usaha besar dan lebih minim resiko.
    Baca juga : mamahami apa itu reseller, pengertian, dan manfaatnya
    Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan salah satu jenis bisnis online yang dapat dijalankan dengan minim resiko dan modal biaya usaha sepeser pun, yaitu dropshipper. Yang akan saya bahas di dalam artikel ini, apa itu dropshipper, pengertian dropshipper, dan bagaimana cara menjalankan dropshipper. Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

    Apa itu dropshipper?

    Apa itu dropshipper
    Apa itu dropshipper
    Pengertian dari dropshipper adalah pihak yang mendagangkan suatu produk atau barang siap jual dari pihak lainnya seperti produsen, distributor ataupun supplier tanpa melakukan pembelian stok barang tersebut terlebih dahulu. Maka dari itu para pelaku dropshipper tentu tidak mempunyai persediaan suatu barang yang hendak dijual dan para dropshipper hanya bertugas untuk memasarkan suatu produk melalui toko online ataupun sosial media. Kemudian apabila terdapat sebuah order suatu barang, maka order akan langsung diteruskan kepada pihak terkait seperti produsen, supplier ataupun distributor yang akan diteruskan kepada calon konsumen.

    Mungkin banyak dari kita yang sering mendengar istilah dari reseller dan dropshipper. Dua jenis istilah ini tentu sangat serupa dan hampir sama yang dijalankan di bisnis online. Namun pada dasarnya dua istilah itu mempunyai artian hampir sama yang keduanya bertindak sebagai pihak penjual dan menjual kembali berbagai produk yang berasal dari pihak produsen, supplier maupun distributor yang ditujukan kepada konsumen. Untuk perbedaannya yakni terdapat pada status pemilik stok produk tersebut.

    Perlu diketahui juga bahwa reseller merupakan pihak yang melakukan penjualan kembali suatu barang atau produk jadi dengan membeli stok dalam jumlah yang besar dari pihak produsen, supplier ataupun dari distributor terlebih dahulu, kemudian menyimpan stok produk tersebut, lalu menjualnya kembali kepada konsumen dan mengantarkan produk tersebut secara langsung kepada pihak konsumen.

    Keuntungan Menjadi Dropshipper

    Keuntungan menjadi dropshipper
    Keuntungan menjadi dropshipper
    Berikut ini merupakan kelebihan dropshipper jika dibandingkan dengan profesi bisnis online lainnya, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini apa itu kelebihan dropshipper :

    1. Minim Resiko

    Dropshipper merupakan bisnis tergolong yang minim resiko. Hal ini disebabkan karena tidak terdapat resiko seperti barang yang rusak ataupun stop barang menumpuk karena tidak terjual. Kalaupun terdapat resiko, mungkin hanya sebatas pada loyalitas terhadap pelanggan, hal ini dikarenakan para pelaku dropshipper tidak dapat memastikan bagus atau tidaknya kualitas dari produk atau lama waktu dari pengiriman produk tersebut.

    2. Tanpa Modal Usaha

    Menjadi pelaku dropshipper hanya membutuhkan modal biaya yang kecil, hingga nyaris tanpa biaya usaha atau modal sepeserpun karena tidak memerlukan melakukan pembelian sejumlah persediaan barang yang hendak dijual.

    3. Tidak Butuh Keahlian Khusus

    Bisnis dropship sangat mudah untuk dikerjakan yang tanpa memerlukan suatu keahlian khusus, hal ini berarti setiap orang dapat menjalani profesi ini. Anda hanya butuh disiplin dan rajin dalam memasarkan produk yang hendak dijual kepada para konsumen.

    4. Fleksibel

    Menjadi seorang drophipper tentu akan berjualan dengan menggunakan sistem online yang dapat anda lakukan kapan saja dan dimana saja, sesuai selera anda.

    Cara Kerja Dropshipper

    Cara kerja dropshipper
    Cara kerja dropshipper
    Jika anda ingin menjadi profesi dropshipper, tidak diperlukan syarat dan peraturan khusus. Tentu anda hanya diwajibkan mempunyai perangkat pintar seperti smartphone, laptop atau komputer dengan didukung koneksi internet yang lancar. Berikut ini merupakan tips tahapan yang perlu kamu ketahui dalam menjadi seorang dropshipper.

    • Menetapkan suatu produk yang hendak dijual ke konsumen
    • Mencari pihak produsen, distributor atau supplier yang jelas dan terpercaya yang menyarankan produk dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik
    • Buat dan kembangkan toko online yang dapat menjangkau pelanggan, baik melalui media website, media sosial atau marketplace
    • Selalu promosikan produk yang dijual, baik melalui website, media sosial, marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan lainnya. Jangan lupa selalu cantumkan harga yang telah dihitung dengan keuntungan
    • Jika terdapat order produk, maka konsumen akan melangsungkan sejumlah pembayaran kepada pihak dropshipper
    • Kemudian order tersebut akan dilanjutkan kepada pihak yang mempunyai barang tersebut seperti produsen, distributor atau supplier dengan membayar sejumlah harga yang telah ditentukan kepada mereka
    • Lalu pihak produsen, distributor ataupun supplier akan melakukan pengiriman sejumlah produk secara langsung kepada konsumen menggunakan atas nama toko anda (dropshipper)

    Memahami Bisnis Dropshipper

    Memahami bisnis dropshipper
    Memahami bisnis dropshipper
    Dengan melakukan bisnis sebagai pelaku dropshipper Indonesia dapat dibilang mempunyai sejumlah peluang yang menjanjikan dengan beragam keuntungan seperti yang telah saya jelaskan diatas. Namun tahukah kamu bahwa bisnis dropshipper mempunyai beragam tantangan yang harus kamu ketahui. Berikut dibawah ini merupakan tantangan menjadi dropshipper.

    1. Menjadi garis depan dalam menerima setiap komplain atau keluhkesah konsumen
    2. Tidak dapat mengetahui jumlah stok produk atau barang yang tersedia secara realtime.
    3. Tidak dapat mengelola dan memantau kualitas produk yang hendak dijual.
    4. Menjadi seorang dropshipper merupakan salah satu jenis usaha yang mempunyai resiko dan modal yang kecil, tentunya akan membuat banyak orang yang tertarik dengan profesi bisnis ini yang berdampak persaingan usaha yang lebih ketat.
    5. Persaingan usaha yang ketat jelas akan menghasilkan persaingan harga yang ketat pula, maka dari itu para pelaku dropshipper harus bersaing menawarkan harga jual produk yang paling rendah. Sehingga keuntungan yang dihasilkan tergolong rendah.

    Peluang Bisnis Dropshipper

    Peluang bisnis dropshipper
    Peluang bisnis dropshipper
    Walaupun menjadi seorang dropshipper mempunyai banyak rintangan yang perlu dihadapi, sistem bisnis ini tidak akan hilang dengan mudah dan cepat karena saat ini peluang untuk berdagang dengan bisnis dropshipper secara online sangatlah besar dan menjanjikan. Terlebih lagi dengan munculnya banyak marketplace menghasilkan banyak potensi untuk berdagang online cukup besar. Dibawah ini merupakan beragam peluang yang dapat anda terapkan untuk membuka sistem toko online anda dengan dropshipper :

    1. Marketplace

    Banyaknya marketplace saat ini tentu akan menghasilkan peluang bisnis online menjadi lebih besar. Tentu anda dapat memulai toko online anda di marketplace yang ada saat ini seperti bukalapak, tokopedia, shopee, blibli, lazada dan lain sebagainya.

    2. Memanfaatkan Media Sosial

    Saat ini media sosial merupakan tempat yang paling banyak dibuka ketika seseorang telah terhubung ke internet. Maka tempat media sosial seperti instagram atau facebook lebih cocok dipakai sebagai awal memulai toko online.

    3. Website

    Menjual produk juga dapat diterapkan melalui website, namun cara satu ini dapat dikatakan membutuhkan keterampilan khusus dan merepotkan.

    Penutup

    Nah itulah pembahasan mengenai dropshipper. Jika anda tertarik dalam menggeluti profesi dropshipper ini, maka hal diatas tersebut harus diketahui agar lebih mempersiapkan diri dalam mencoba bisnis online satu ini. Perlu diketahui juga bahwa jenis usaha ini sangat pas diterapkan ketika tidak mempunyai sejumlah biaya usaha yang cukup untuk menjalankan suatu usaha.

    Lebih dari itu jenis usaha dropshipper ini juga cocok diterapkan sebagai pekerjaan paruh waktu atau sambilan oleh pelajar/mahasiswa, karyawan kantor, ibu rumah tangga dan sebagainya, hal ini dikarenakan karena dropshipper mempunyai kelebihan yakni jam kerja yang lebih fleksibel.

    Bagi kamu seorang dropshipper, jika membutuhkan layanan pembuatan jasa website untuk keperluan menjual produk secara online, kamu dapat menghubungi saya selaku admin website masdzikry.com yang tentunya murah dikantong pelajar dan professional, hehe. Hubungi via whatsapp 0895411287088 atau dapat melalui fitur contact us website ini. Oke cukup sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry.