Blogroll

Pengertian dan Fungsi Komputer Secara Umum, Anak IT Wajib Tahu



    Fungsi komputer secara umum

    Pada dasarnya komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang memiliki banyak kegunaan bagi para penggunanya. Maka, sudah pasti fungsi komputer secara umum memang sangatlah luas. Terlebih lagi dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai informasi dari data yang telah diperoleh.
    Baca juga : memahami apa itu access point, pengertian dan fungsinya

    Apa Itu Komputer?

    Apabila melihat definisi komputer secara umum, maka perangkat ini merupakan sebuah rangkaian sistem elektronik yang berguna untuk berbagai keperluan pengolahan data. Dalam hal ini pada akhirnya komputer akan menghasilkan sistem informasi yang berguna.

    Rangkaian perangkat dalam komputer ini memang terpisah akan tetapi tetap saling terhubung satu dengan yang lainnya sehingga menjadi sebuah sistem kerja yang kompleks. Apabila telah terhubung, maka kinerja setiap perangkat dan data akan terjadi secara otomatis.

    Selain itu, perangkat komputer sendiri juga terdiri dari 3 komponen utama. Diantaranya adalah perangkat lunak atau software, hardware dan juga pengguna itu sendiri (brainware). Atas dasar satu kesatuan tersebut sehingga menghasilkan makna jika komputer merupakan sebuah alat perhitungan aritmatika.

    Fungsi Komputer Berdasarkan Kelompok

    Fungsi dari komputer ini memang sangat luas. Apalagi perangkat tersebut telah menjadi sebuah kebutuhan dasar bagi pengguna di seluruh dunia maupun untuk berbagai bidang pekerjaan. Akan tetapi supaya lebih jelas, maka berikut ini pemaparannya:

    1. Data Input

    Pertama fungsi komputer sebagai data input dan ini sebenarnya merupakan kegunaannya secara umum. Selain itu, pada bagian ini menunjukkan bahwa sebuah perangkat komputer mampu menerima data kemudian diolah menjadi sistem informasi yang dapat dipahami oleh pengguna.

    Kemudian untuk bisa menghasilkan informasi yang diinginkan dan komputer bisa berjalan sebagaimana mestinya, maka perlu beberapa komponen pendukung. Diantaranya berupa mouse atau touchpad, keyboard, software dan masih banyak lagi.

    2. Data Processing

    Dalam setiap penerimaan data ke dalam komputer, maka pada akhirnya akan terjadi sebuah proses untuk mengolah data menjadi sistem informasi. Hal inilah yang disebut sebagai data processing dan menjadi fungsi utama dari sebuah komputer.

    Selain itu, komputer yang menjalankan data processing nantinya akan mampu menghasilkan berbagai file seperti teks, audio, gambar, video dan masih banyak lagi. Namun, dalam pengolahan setiap data tersebut memerlukan prosesor sebagai sistem pendukung.

    3. Data Storage

    Fungsi komputer secara umum selanjutnya berupa data storage yang berbentuk penyimpanan data maupun file. Sebagai contoh adalah ketika pengguna, mulai membuat sebuah dokumen seperti gambar maupun tulisan, maka perangkat akan turut menyimpannya secara otomatis.

    Hal ini tentu sangat berguna apabila suatu ketika pengguna membutuhkan kembali file tersebut. Selain itu, perangkat penyimpanan atau berupa hardisk dalam sebuah komputer dibagi menjadi dua bagian, yaitu drive solid dan SSD atau state disk.

    4. Data Output

    Fungsi komputer yang terakhir adalah dalam setiap sistemnya akan membuat pengolahan data mentah menjadi keluaran yang bisa dipahami. Hal inilah yang disebut sebagai data output. Selain itu, pengguna juga dapat membuatnya mengeluarkan output sesuai keinginan.

    Contoh mudahnya adalah menggabungkan beberapa gambar menjadi satu. Kemudian apabila ingin mencetaknya maka perangkat ini juga memiliki program khusus sehingga bisa dicetak dalam beberapa versi seperti menggunakan kertas, kain, kertas foto dan masih banyak lagi.

    Fungsi Komputer untuk Jenjang Karir

    Setelah menyinggung fungsi komputer secara umum, maka kini saatnya beralih untuk mengetahui kegunaan perangkat tersebut dalam kehidupan nyata. Istilah mudahnya adalah pengaplikasian yang dilakukan oleh pengguna. Berikut ini pemaparannya:

    1. Fungsi Pendidikan

    Seiring perkembangan zaman, dunia pendidikan saat ini sudah menerapkan berbagai sistem canggih. Salah satunya penggunaan komputer untuk menunjang proses belajar mengajar sehingga bisa lebih praktis.

    Contoh kecil pemanfaatan dalam bidang pendidikan adalah untuk perekapan nilai maupun data siswa. Akan tetapi saat ini penggunaannya sendiri sudah lebih kompleks. Misalnya dapat digunakan untuk melakukan ujian, presentasi hingga penyampaian informasi apa saja dengan lebih cepat daripada menggunakan sistem manual.

    2. Fungsi Bisnis

    Selayaknya sebuah bisnis bahwa dalam bidang ini pasti akan selalu mengikuti tren apa saja untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Begitu pula dengan teknologi sehingga para pebisnis akan berlomba-lomba untuk memanfaatkannya secara maksimal.

    Dalam skala kecil, hampir semua jenis bisnis apapun akan menggunakan komputer untuk sistem akuntansi dan administrasi. Penggunaan perangkat seperti ini tentu akan sangat membantu apalagi kedua bidang tersebut kinerjanya memerlukan konsentrasi tinggi dan tidak boleh ada kesalahan sedikit pun.

    3. Fungsi Entertainment

    Selain menunjang dalam berbagai kebutuhan pekerjaan serius, pada faktanya perangkat komputer memang memiliki fungsi sebagai hiburan atau entertainment. Oleh karena itu, para penggunanya bisa memanfaatkannya untuk mengisi waktu luang di sela-sela bekerja. Misalnya untuk bermain game, menonton film hingga berselancar internet. Selain itu, komputer juga bisa bermanfaat sebagai media untuk memperoleh informasi dengan cepat dan akurat dari berbagai wilayah.

    Kelebihan Komputer

    Sebagai sebuah perangkat yang bermanfaat dalam berbagai bidang kehidupan karena komputer memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan laptop.  Lebih mudahnya, berikut ini penjelasannya:

    1. Display Layar Lebar

    Sebagai sebuah perangkat yang memiliki fungsi kompleks, komputer juga dilengkapi dengan display layar lebar. Bagian ini akan sangat berguna dan memudahkan para pengguna karena jangkauan visual lebih leluasa.

    Apalagi jika berhubungan dengan pekerjaan akuntansi dan administrasi yang memerlukan ketelitian tinggi. Selain itu, penggunaan layar monitor yang lebih lebar terasa nyaman jika digunakan untuk fungsi hiburan seperti menonton film dan bermain game.

    2. Sistem Performa Lebih Cepat

    Kelebihan utama dari perangkat komputer adalah telah didukung oleh sistem prosesor yang besar. Hal ini memunkinkan kinerja dari perangkat pun akan lebih cepat jika dibandingkan dengan laptop. Bahkan untuk penggunaan dalam waktu yang cukup lama juga tidak akan cepat panas.

    Oleh karena itu, komputer sangat cocok untuk berbagai bidang pekerjaan yang memerlukan perangkat hidup selama berjam-jam. Jadi, tidak heran jika perusahaan-perusahaan bisnis lebih banyak yang menggunakan PC daripada laptop.

    Kekurangan Komputer

    Sebagai rangkaian sistem elektronik, komputer pun memiliki berbagai kekurangan. Salah satunya kurang fleksibel karena tidak bisa dibawa  kemana-mana. Sebab perangkat tersebut tersusun atas komponen yang terpisah sehingga harus melalui perakitan yang cukup rumit supaya bisa digunakan.

    Setiap komponen ini juga memiliki ukuran cukup besar dengan banyak kabel sehingga cukup ribet jika harus dipindah-pindahkan. Selain dari itu, untuk setiap penggunaannya juga harus terhubung secara langsung dengan listrik dan tidak menggunakan baterai.

    Instalasi yang ribet ini membuat para pengguna harus melakukan berbagai penyusunan seperti keyboard, mouse, cpu dan layar monitor secara terpisah. Maka, sudah bisa dipastikan untuk bisa memasang komputer pun harus mempunyai tempat yang luas.

    Jadi, itulah fungsi komputer secara umum yang harus Anda ketahui. Terlepas dari kekurangan yang dimiliki dan tidak terlalu fatal saat dioperasikan sehingga perangkat seperti ini masih banyak yang memanfaatkannya. Terlebih untuk para pebisnis dan gamer profesional karena lebih praktis dan cepat.