Blogroll

12+ Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Publisher Yang Perlu Diketahui



    Kelebihan dan kekurangan microsoft publisher

    Microsoft publisher merupakan perangkat lunak atau software yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation serta termasuk salah satu program dari microsoft office. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan microsoft publisher yang bertujuan untuk lebih memahami dan mengenali program ms publisher.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel beserta fungsinya
    Perlu anda ketahui juga bahwa program Ms Publisher memiliki fungsi untuk mengelola, mengedit dan membuat sebuah karya media publikasi seperti publikasi resmi paper atau media publikasi lainnya seperti contoh tabloid ataupun dalam bentuk majalah.

    Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Publisher

    Kelebihan dan kekurangan ms publisher
    Kelebihan dan kekurangan microsoft publisher
    Sebagai salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk beragam tugas publishing, program microsoft publisher ini tentu terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada didalamnya, maka dari itu langsung saja simak lebih lanjut mengenai kelebihan dan kelemahan microsoft publisher dibawah ini.

    Kelebihan Microsoft Publisher

    Kelebihan microsoft publisher
    Kelebihan microsoft publisher
    Microsoft publisher telah dipasang dengan berbagai alat untuk lebih memudahkan penggunanya dalam membuat sebuah layout publikasi, kemudian juga terdapat beragam alat yang berkaitan dengan gambar untuk keperluan publikasi. Bagi kebanyakan editor tentu sudah tidak asing lagi dengan program microsoft publisher dan mungkin sudah pernah memanfaatkan program ini. Nah berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari microsoft publisher, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

    1. Lebih mudah dalam membuat layout graphics

    Microsoft publisher merupakan salah satu software alternatif masa kini dalam membuat desain layout graphics, program ini tentu tidak mempunyai sejumlah fitur dengan editing yang mendalam seperti halnya program corel ataupun adobe photoshop. Tetapi fitur yang terdapat pada ms publisher ini walaupun terlihat sederhana namun memberi beragam kemudahan akses, khususnya para pemula yang baru belajar dan memerlukan proses membuat layout yang sederhana.

    Pengguna program microsoft publisher hanya perlu menerapkan import gambar, kemudian juga dapat melakukan proses editing gambar dengan cara drag and drop yang lebih mudah dipahami oleh para pemula. Lalu hasil akhir yang dibuat dengan program microsoft publisher lebih terlihat sangat profesional, meskipun yang menggunakannya adalah pengguna baru atau seorang pemula. Tentu hal ini dikarenakan tingkat penggunaan program yang cukup mudah bagi penggunanya dalam membuat layout graphics (friendly user).

    2. Hasil pekerjaan dapat dibagikan langsung ke cloud service

    Setelah selesai dalam membuat suatu publikasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan publish dari karya publikasi yang telah dibuat. Dengan memanfaatkan program microsoft publisher, pengguna dapat membagikan atau mengirimkan hasil akhir pekerjaannya melalui cloud service yang telah disediakan oleh pihak microsoft.

    Kemudian hasil dari pekerjaan publikasi dapat dikirim ke pihak client atau penerima hasil akhir pekerjaan lainnya melalui link yang ada di fitur cloud service pada microsoft publisher untuk melakukan unduhan hasil pekerjaan tersebut. Sehingga tidak perlu menyerahkan alat penyimpanan berupa data fisik seperti flashdisk atau yang lainnya.

    3. Dapat disesuaikan terhadap kebutuhan penggunanya

    Seluruh bagian pekerjaan yang dibuat dengan program microsoft publisher ini dapat disesuaikan atau kostumisasi sesuai kebutuhan penggunanya. Seperti menambahkan komponen kartu nama, email, memilih berbagai template pilihan, dan berbagai alat tertentu yang tersedia didalamnya.

    Maka dari itu program microsoft publisher dapat disesuaikan terhadap kebutuhan penggunanya yang digunakan untuk memudahkan proses dalam menghasilkan sebuah karya publikasi. Semua penyesuaian atau kostumisasi dapat dibuka oleh penggunanya yang terdapat pada menu ribbon dan tersedia pada program microsoft publisher.

    4. Terdapat fitur simpan pekerjaan sebagai gambar

    Ketika hendak melakukan publish sebuah pekerjaan, kita tentu harus dapat memastikan bahwa hasil akhir pekerjaan kita dilihat dan dibuka di perangkat komputer penerima atau client yang hendak melakukan penilaian terhadap pekerjaan anda.

    Maka dari itu dengan menggunakan fitur simpan sebagai gambar (save as image) yang tersedia pada program microsoft publisher ini dapat membuat client atau penerima pekerjaan anda menjadi lebih cepat dan mudah dalam melihat hasil akhir pekerjaan yang telah dibuat. Tentu format dari gambar hasil simpan tersebut juga lebih kecil dibanding dengan ukuran file asli dari publikasi anda.

    5. Kemudahan dalam melakukan kolaborasi

    Dalam menghadapi deadline yang membutuhkan waktu singkat tentu akan membuat pengguna memerlukan sejumlah bantuan dalam membereskan suatu pekerjaan. Dengan menggunakan microsoft publisher terdapat fitur kolaborasi yang dapat memungkinkan sejumlah orang untuk mengerjakan dan melakukan modifikasi terhadap file yang hendak diselesaikan secara menyeluruh dan dapat dicek perubahan secara realtime. Terlebih lagi pengguna dapat melakukan komunikasi dengan partner atau rekan kerja di menu yang tersedia pada program microsoft publisher.

    6. Tersedia fitur wizard

    Didalam program microsoft publisher juga tersedia fitur wizard yang dimana para penggunanya bisa memutuskan jenis tipe dokumen yang hendak dibuat. Seperti tabloid, berita, poster, pamflet, kop surat dan sebagainya.

    Kemudian setelah memilih jenis dokumen tersebut, akan muncul tutorial seputar fitur yang tersedia dan dapat digunakan dalam melakukan pembuatan sejumlah dokumen yang telah ditentukan oleh pengguna. Hal ini tentu sangat mempermudah penggunanya khususnya bagi pemula yang sangat ingin bekerja dengan menggunakan program microsoft publisher ini.

    7. Bagian dari paket microsoft office professional

    Microsoft corporation telah menerapkan bundling terhadap program ms publisher yang memiliki tujuan untuk melakukan distribusi bersama dengan beberapa program khusus office lainnya yang dibuat oleh microsoft corporation diantaranya seperti microsoft excel, microsoft word, microsoft power point, serta microsoft one note. Tentu hal ini dapat membuat anggaran yang akan dikeluarkan oleh sejumlah perusahaan yang membutuhkan menjadi sangat lebih murah.

    8. Terdapat banyak pilihan template gratis

    Program microsoft publisher juga menyediakan suatu website agar para penggunanya dapat melakukan unduhan sejumlah template gratis siap pakai dalam mengerjakan pekerjaan. Tentu website yang disediakan memiliki jumlah hingga ribuan template yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna program microsoft publisher ini.

    Dengan hal ini tentunya dapat mempermudah para pengguna dan lebih mempercepat kinerja dalam membuat sejumlah jenis dokumen yang dibutuhkan, terlebih lagi jika jenis dokumen yang diperlukan telah tersedia didalam website template yang dimiliki oleh microsoft publisher tersebut.

    Kekurangan Ms Publisher

    Kekurangan microsoft publisher
    Kekurangan microsoft publisher
    Dibalik kelebihan dari microsoft publisher, tentu program ini mempunyai sisi lain yakni kekurangannya. Maka dari itu untuk lebih mengenal dan memahami program ms publisher ini, simak lebih lanjut tentang kekurangan ms publisher dibawah ini.

    1. Hanya tersedia untuk os windows

    Kekurangan microsoft publisher yang pertama adalah program ini hanya dapat dijalankan pada platform sistem operasi buatan microsoft corporation saja yakni windows seperti windows7, windows vista, windows10, atau windows10. Tentu selain sistem operasi windows maka program tidak dapat diinstall dan dijalankan secara normal.

    Jika para pengguna tidak mempunyai perangkat komputer yang terinstall sistem operasi windows buatan microsoft corporation, maka para pengguna tersebut tidak dapat menyimpan kembali hasil pekerjaan atau memberikannya kepada orang lain agar meneruskan setiap progress yang ada. Tentu hal ini mengharuskan pengguna sistem operasi lainnya seperti MAC ataupun linux tidak tersedianya program ms publisher ini.

    2. Versi dokumen yang dihasilkan tidak stabil

    Banyak dari kamu pasti pernah mengalami kendala tidak dapat membuka file dokumen word atau jenis produk lain seperti microsoft excel, word dan lainnya yang berasal dari microsoft corporation. Hal tersebut sering terjadi pula pada program microsoft publisher, Tentu pihak microsoft corporation terus melakukan sejumlah pembaruan pada produk program yang dibuatnya dan merubah file dokumen yang dihasilkan, maka dari itu file pada versi lama tidak dapat diedit atau dibuka kembali pada versi baru ataupun sebaliknya.

    Seperti contoh ketika pengguna telah mengerjakan dan menyelesaikan project pekerjaan menggunakan program microsoft publisher versi 2013, Lalu ketika pihak kantor kita melakukan untuk memperbarui atau update pada software tersebut, maka akan terdapat kendala seperti dokumen yang dibuat dengan versi lama yang tidak bisa diedit dan dibuka pada versi program yang baru.

    3. Harga lisensi yang lumayan mahal

    Seperti yang anda ketahui bahwa pihak microsoft corporation sangat ketat mengenai harga ketika menjual berbagai produk software, hal ini dikarenakan developer microsoft menarget pasar yang berasal dari perusahaan yang lumayan besar serta melakukan sejumlah rekomendasi kepada mereka supaya menggunakan dan menjalankan berbagai produk software buatan dari microsoft corporation.

    Bagi pengguna yang berasal dari kalangan pekerja publisher kecil seperti toko percetakan, ataupun organisasi non profit tentu hal ini merupakan suatu sumber masalah untuk dapat melakukan instalasi atau menjalankan program microsoft publisher ini yang ditujukan untuk mengerjakan berbagai tugas atau lainnya.

    4. Fitur template website yang membutuhkan skill khusus

    Program microsoft publisher terdapat fitur seputar website template untuk mengatur dan membuat template yang dapat digunakan oleh penggunanya dengan memanfaatkan bahasa pemrograman web dasar seperti html dan css. Dengan menggunakan fitur ini tentu sangat susah dan mendalam untuk dimengerti oleh pengguna baru atau pemula.

    Entah mengapa pihak microsoft sendiri memberikan fitur ini di program microsoft publisher, mungkin saja untuk menarik perhatian terhadap para pengguna lainnya yang telah mahir atau expert dalam memahami bahasa pemrograman website, hal ini dikarenakan seperti yang telah anda ketahui bahwa lebih cepat dan mudah ketika membuat desain atau editing dengan memanfaatkan html serta css agar menghasilkan karya layout bagi programmer. Meskipun begitu hal ini tentu memerlukan keahlian khusus pemrograman web bagi pengguna baru yang hendak menggunakan fitur tersebut.

    Kesimpulan dan Penutup

    Beberapa kesimpulan yang dapat dipetik adalah program microsoft publisher ini sangat bagus dimanfaatkan untuk melakukan desain dan membuat dokumen publikasi yang diantaranya seperti koran, kop surat, tabloid, pamflet dan lainnya. Yang lumayan membantu anda terutama bagi pengguna baru atau pemula. Namun perlu kamu ketahui juga dibalik kelebihannya tentu mempunyai sisi kekurangan dan kelemahan seperti harga lisensi yang lumayan mahal, dan file dokumen akhir yang telah disimoan tidak kompatible atau portable agar dapat dibuka pada platform lainnya.

    Oke demikianlah pembahasan saya mengenai kelebihan dan kekurangan microsoft publisher yang perlu diketahui oleh pemula, semoga dengan tulisan ini dapat membantu dan menambah wawasan pembaca sekalian. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di artikel selanjutnya bye bye.