Blogroll

13 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows Yang Perlu Diketahui



    Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

    Salah satu hal yang dikenal masyarakat mengenai kekurangan dan kelebihan microsoft windows adalah lebih mudah untuk dioperasikan bagi seorang pemula yang menjadi kelebihannya serta harga yang relatif lebih mahal yang menjadikan sebagai kekurangan dari microsoft windows. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai berbagai kelebihan dan kekurangan pada microsoft windows agar menambah wawasan pembaca sekalian.
    Baca juga : 17 aplikasi edit video tanpa watermark gratis khusus android
    Tentu anda telah mengetahui dasar tentang salah satu jenis operasi sistem komputer ini. Os microsoft windows merupakan salah satu jenis dari awal kemajuan operasi sistem paling terkemudia di dunia pada sektor komputer yang sejajar dengan beragam operasi sistem lainnya seperti Mac, Android dan Distro Linux. Hingga kini os windows buatan microsoft ini telah banyak digunakan serta diinstal di beragam komputer yang ada di dunia untuk berbagai kepentingan seperti pekerjaan, mengerjakan tugas dan sebagainya.

    Ciri-ciri logo dari microsoft windows adalah mempunyai bentuk menyerupai jendela dengan menggunakan warna khasnya yakni biru. Hingga kini operasi sistem windows yang dibuat oleh microsoft corporation mempunyai banyak versi setiap generasi, dan saat ini telah mempunyai versi terbaru dari microsoft windows yang dikenal oleh masyarakat sebagai operasi sistem terbaik, yakni microsoft windows 10.

    Sejarah Singkat Microsoft Windows

    Sejarah Singkat Microsoft Windows
    Sejarah Singkat Microsoft Windows
    Microsoft windows dibuat pertama kali pada tahun 1983 yang pada saat waktu itu microsoft corporation meluncurkan Ms-Dos yang dirancang dapat digunakan terhadap komputer yang diciptakan oleh IBM yang merupakan perusahaan teknologi komputer pada tahun tersebut. Kemudian setelah Microsoft Dos tersebut sukses dibuat dan diluncurkan, seiring dengan berjalannya waktu, microsoft windows memulai melakukan pengembangan terhadap hasil risetnya yang menghasilkan windows versi generasi pertama yakni Microsoft Windows 1.0 pada tahun 1985 tanggal 20 november.

    Microsoft windows generasi pertama 1.0 dinilai mempunyai banyak kelemahan serta keterbatasan operasional, kemudian ditingkatkan lagi ke versi selanjutnya menjadi Microsoft Windows versi 2, yang tersusun dari windows versi 2.x dan microsoft windows versi 2.1x.

    Ketika saat itu operasi sistem microsoft windows digugat oleh pesaingnya Macintosh karena diduga melakukan duplikat desain. Oleh karena itu, microsoft windows ditingkatkan lagi ke versi berikutnya yakni 3.0 yang merupakan operasi sistem dengan penggunaan user tertinggi pada tahun 90an. Hingga saat ini microsoft windows telah mencapai versi terbarunya yakni versi windows 10, yang telah banyak digunakan oleh pengguna komputer dari berbagai belahan dunia.

    Kelebihan Microsoft Windows

    Kelebihan Microsoft Windows
    Kelebihan Microsoft Windows
    Pembahasan utama yang pertama adalah kelebihan microsoft windows, sistem operasi windows ini banyak sekali mempunyai kelebihan yang salah satunya yakni sangat mudah untuk digunakan oleh seorang pemula. Tentu sebagai salah satu operasi sistem yang digunakan oleh sebagian besar orang di berbagai belahan dunia, maka microsoft windows mempunyai banyak berbagai kelebihan bagi penggunanya.

    Kelebihan dari microsoft windows inilah yang kemudian dapat menjadikan operasi sistem windows bisa bertahan serta menjadi salah satu OS terbesar penggunanya di dunia yang bersaing dengan sistem MacOS. Nah apa saja kelebihan dari operasi sistem windows? Dibawah ini merupakan berbagai kelebihan yang ada pada operasi sistem windows.

    1. Interface dan sistem yang sangat mudah digunakan

    Kelebihan microsoft windows yang pertama adalah interface dan sistem yang sangat mudah digunakan (friendly user), dari hal inilah microsoft windows menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang di dunia ini. Dengan dukungan dari berbagai fitur yang mempermudah penggunanya dalam memakai komputer, pastinya akan membuat banyak orang dapat menggunakan sistem operasi microsoft windows dengan cepat dan mudah dibandingkan os yang lain.

    Lebih dari itu, sistem operasi windows juga menyediakan berbagai alat yang dapat digunakan oleh penggunanya dalam memecahkan beragam masalah terkait operasi sistem tersebut. Dari tampilan dan desain sistem operasi windows juga sangat mudah untuk dioperasikan serta tidak asing lagi bagi penggunanya, maka dari itu hingga kini microsoft windows telah menjadi salahsatu pengembang operasi sistem terbesar.

    2. Kompatibel dengan program office

    Kelebihan microsoft windows yang selanjutnya adalah kompatibel dengan banyak program office yang tersedia saat ini yang menjadi pilihan bagi penggunanya. Bahkan banyak pengguna yang telah menggunakan operasi sistem Mac OS tetap melakukan instalasi program office yang dibuat oleh Microsoft Windows.

    Tentu hal ini memperlihatkan bahwa fitur office dapat diandalkan dan sangat bekerja dengan baik terhadap usernya yang membuat program microsoft office dapat menjadi software office yang banyak dimanfaatkan pada instansi dan bagian perkantoran secara luas, namun tahukah kamu bahwa untuk menggunakan program ini secara legal diharuskan melakukan pembayaran lisensi dengan rata-rata harga yang lumayan mahal.

    3. Berbagai pilihan software yang tersedia

    Bagi kamu yang mempunyai perangkat komputer dengan instalasi operasi sistem microsoft windows, tentu kamu tidak akan mengalami sejumlah masalah seperti keterbatasan dalam memilih aplikasi yang hendak diinstall. Ya, banyak aplikasi modern saat ini yang kompatibel atau dapat digunakan secara bebas pada sistem operasi microsoft windows.

    Mulai dari program yang ringan seperti media player, pemutar musik hingga jenis aplikasi berat android studio yang dapat membuat software sesuai selera serta membutuhkan keahlian khusus bagi penggunanya. Maka dari itu dengan tersedianya berbagai pilihan software tentu saat ini microsoft windows mempunyai banyak pengguna dan lebih diminati oleh masyarakat.

    4. Dukungan sistem dari pengembang atau developer windows

    Kelebihan microsoft windows lainnya adalah dukungan sistem dari pengembang atau developer windows yang senantiasa melakukan pembaruan jika terdapat kerusakan atau BUG di dalamnya. Tentu hal ini juga berkaitan erat terhadap pemecahan error maupun gangguan pada sistem yang ada pada operasi sistem microsoft windows.

    Dengan dukungan sistem dari developer ini pastinya akan membuat berbagai proses pengembangan dan juga perbaikan terkait dengan seputar kerusakan yang ada di dalam operasi sistem microsoft windows akan menjadi lebih cepat dan mudah. Pastinya hal ini berbeda dengan sistem operasi lain seperti Mac OS yang lebih sulit untuk digunakan serta memerlukan dukungan dari pengembang yang lebih lama.

    5. Dukungan partisi hardisk yang lebih banyak

    Microsoft windows juga mendukung sistem partisi yang mempunyai banyak versi seperti FAT 32, exFat, NTFS dan lain sebagainya. Tentu hal ini dapat anda gunakan untuk mencoba banyak format partisi sistem yang paling umum untuk dipilih dalam operasi sistem microsoft windows.

    6. Mendukung beragam jenis hardware jaringan komputer 

    Sistem operasi windows juga mendukung beragam jenis hardware pada jaringan komputer anda sehingga pengguna dapat melakukan konfigurasi terhadap berbagai jaringan komputer terhadap perangkat komputer anda, oleh karena sistem operasi microsoft windows dapat kamu jadikan pilihan agar kompatibel terhadap beragam hardware jaringan komputer yang ada.

    7. Mempunyai fitur sistem troubleshooting untuk membantu pengguna

    Kelebihan selanjutnya yang dimiliki microsoft windows adalah fitur trobleshooting dalam memperbaiki berbagai masalah atau error pada internal sistem operasi tersebut. Seperti contoh apabila anda terdapat masalah terhadap program yang tengah dijalankan atau mungkin mengalami error pada hardware seperti driver yang tidak terbaca dan sebagainya, maka anda dapat menggunakan fitur troubleshooting pada windows. Yang dimana fitur ini akan mempermudah pengguna dalam mencari inti dari masalah yang telah muncul tersebut.

    Tentu dengan adanya fitur troubleshooting pada sistem operasi windows ini, maka dapat membantu anda dalam mengatasi berbagai permasalahan sistem yang sedang anda alami, diantaranya seperti melakukan reparasi pada software terpasang yang corrupt, mencari driver versi terbaru secara online, mengecek kecocokan suatu program dan lain sebagainya. Fitur troubleshooting inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari operasi sistem windows yang dikembangkan oleh microsoft corporation.

    Kekurangan Microsoft Windows

    Kekurangan Microsoft Windows
    Kekurangan Microsoft Windows
    Walaupun microsoft windows mempunyai banyak kelebihan, tetapi juga memiliki berbagai kekurangan yang perlu diketahui agar menambah wawasan anda dalam menggunakan sistem operasi windows ini. Berikut dibawah ini merupakan pembahasan mengenai kekurangan dari microsoft windows yang telah saya rangkum dari berbagai sumber.

    1. Rawan terhadap serangan virus berbahaya

    Kelemahan microsoft windows yang pertama adalah rawan terhadap serangan virus berbahaya. Tentu hal ini seringkali membuat banyak perangkat komputer yang dilengkapi dengan operasi sistem microsoft windows lebih banyak terkena serangan atau gangguan virus jika dibandingkan dengan operasi sistem komputer lainnya.

    Dengan hal ini pula banyak jenis virus komputer mengalami perkembangan yang pesat untuk melakukan infeksi terhadap sistem operasi microsoft windows, tentu saja dengan meningkat dan banyaknya virus yang bermunculan maka akan membahayakan data pengguna serta menganggu kenyamanan para pengguna sistem operasi windows tersebut. Namun kamu dapat mencegahnya dengan menggunakan antivirus ternama seperti Kaspersky, Bitdefender, Avast dan sebagainya.

    2. Harga yang lumayan mahal untuk versi home dan basic

    Kekurangan microsoft windows selanjutnya adalah mempunyai harga yang lumayan mahal untuk versi home dan basicnya saja. Ya, operasi windows microsoft windows memiliki harga yang lumayan tinggi untuk versi tersebut. Untuk versi yang paling tinggi dari operasi sistem ini juga mempunyai harga hingga jutaan.

    Harga lisensi yang diketahui mempunyai harga yang lumayan tinggi ini adalah bentuk salah satu kekurangan dari Microsoft Windows, tentu dengan adanya ini banyak sekali yang melakukan tindakan pembajakan operasi sistem microsoft windows di berbagai belahan dunia.

    3. Memakan ram yang lumayan besar

    Selanjutnya adalah memakan sumber daya ram yang lumayan besar, dengan menggunakan sistem operasi microsoft windows ini tentu akan membutuhkan ram yang cukup besar, maka dari itu pengguna windows harus mempunyai ram yang cukup memadai sebelum menggunakannya seperti minim ukuran 4GB untuk versi windows 10 saat ini.

    4. Keamanan sistem yang sangat mudah diretas

    Kemudian keamanan sistem yang sangat mudah diretas oleh hacker profesional, keamanan yang dimiliki oleh sistem operasi microsoft windows juga dianggap masih kurang optimal jika dibanding dengan operasi sistem lainnya seperti linux dan macos. Tentu hal ini diketahui dengan masih adanya berbagai hacker profesional yang dapat menyisipkan virus dan membuat versi bajakan terhadap sistem operasi windows ini dengan memanfaatkan program crack.

    Hingga kini, pihak microsoft corporation dengan sistem operasi buatannya windows belum terlepas dan bebas dari sejumlah kegiatan kerusakan sistem atau pembobolan keamanan, tentu dengan adanya versi bajakan dari microsoft windows dapat membuat data pribadi pengguna didalamnya menjadi lebih rentan dicuri dan sering menyebabkan masalah komputer mengalami hang dan error.

    5. Sistem yang terlalu cepat update

    Kekurangan microsoft windows yang kelima dan yang sering dialami oleh penggunanya adalah terlalu cepat mengalami update atau pembaharuan sistem yang mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya, Tentu dengan cepatnya berbagai update dari operasi microsoft windows akan memaksa pengguna untuk memperbarui ke versi terbaru dan akan mengakibatkan beberapa program yang terinstall tidak mendukung atau mengalami sejumlah masalah yang muncul. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mematikan update sistem operasi windows secara paksa dengan menggunakan sejumlah alat atau trik lainnya yang tersedia di google, hehe.

    6. Sering melakukan patch pada operasi sistem

    Pastinya kamu sering mendengar istilah dari service pack pada operasi sistem windows, nah service pack adalah teknik tambal sulam yang dimiliki oleh microsoft corporation yang kemungkinan dapat menggangu pengguna apabila mengalami kendala saat mengunduh service pack mungkin dapat mengalami sejumlah error atau masalah yang timbul pada sistem operasi windows anda.

    Penutup artikel

    Oke demikianlah pembahasan saya mengenai berbagai kelebihan dan kekurangan microsoft windows, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi para pembaca. Dan terimakasih telah berkunjung di website mas dzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.