Blogroll

12 Kelebihan dan Kekurangan OS Android Yang Perlu Diketahui



    Kelebihan dan kekurangan os android

    Android merupakan salah satu bentuk operasi sistem yang kehadirannya sangat popular dan digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia hingga berbagai belahan dunia. Mungkin hampir semua jenis perangkat pintar smartphone yang dibuat dan dikembangkan saat ini telah menggunakan operasi sistem android yang mempunyai fitur semakin canggih setiap tahunnya. Tentu hal ini dapat disebabkan karena sistem operasi android mempunyai kelebihan dan keunggulan yang lumayan banyak dibanding dengan os smartphone lainnya. Nah berikut ini merupakan pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan android os yang bertujuan untuk menambah wawasan pembaca agar menjadi lebih tau dan banyak ilmu.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft windows

    Kelebihan OS Android

    Kelebihan os android
    Kelebihan os android
    Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari sistem operasi android, penasaran apa saja kelebihannya?, simak lebih lanjut pembahasan dan alasannya mengenai beberapa kelebihan sistem operasi android dibawah paragraf ini.

    1. Bersifat open source yang mudah dikembangkan

    Yang pertama adalah merupakan sistem operasi yang bersifat open source dan mudah untuk dikembangkan lebih lanjut oleh para developer. Hal ini tentu disebabkan karena sistem operasi android ialah salah satu os yang berbasis dari Linux, maka dari itu karena sifatnya yang open source, android dapat dikatakan sebagai sistem operasi yang lebih mudah untuk dikembangkan secara gratis.

    Tentu karena sifatnya yang open source, para pengembang dan developer android menjadi lebih cepat untuk membuat sistem operasi menjadi lebih optimal dan meningkatkan kualitas sistem operasi terhadap smartphone yang hendak mereka ciptakan. Sehingga memungkinkan smartphone android yang ada saat ini mempunyai fitur operasi sistem android yang lebih beragam.

    2. Sangat mudah untuk dimodifikasi sesuai keinginan pengguna

    Kelebihan android yang selanjutnya adalah sangat mudah untuk dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, Tidak hanya para developer profesional yang dapat meningkatkan operasi sistem android terhadap perangkat smartphone tertentu, Namun bagi anda yang suka melakukan otak atik atau oprek suatu os, maka sistem operasi android dapat dijadikan sebuah pilihan seperti modifikasi overclock sistem, modifikasi ROM, atau modifikasi lainnya yang dapat mengubah kinerja smartphone sesuai kebutuhan penggunanya.

    Meskipun begitu bagi seorang pemula yang baru terjun dalam mengotak atik sebuah sistem operasi smartphone, lebih dianjurkan untuk lebih berhati hati, karena dalam suatu kasus dapat menyebabkan perangkat mati total atau matot. Namun tak perlu berkecil hati, kamu dapat melakukan modifikasi sistem operasi android dalam skala kecil yang tidak mempunyai resiko berbahaya seperti memodifikasi icon, merubah lock screen, mengganti font, nama aplikasi dan lain sebagainya.

    3. Dukungan aplikasi yang banyak dan beraneka ragam

    Kemudian dukungan aplikasi yang banyak dan beraneka ragam, dengan adanya kelebihan ini tentu dapat dikatakan membuat operasi sistem android dapat menjadi begitu menarik dan lebih banyak diminati oleh penggunanya. Pastinya hal ini tidak terlepas dari status dan kondisi dari sistem operasi android itu sendiri yang mempunyai sifat open source dan memiliki artian gratis untuk dikustomisasi serta digunakan oleh semua kalangan.

    Dengan sifatnya yang open source tersebut, maka dapat menjadikan para developer mengembangkan lebih lanjut aplikasi yang berbasis code dari sistem operasi android. Maka dari itu apabila anda memasuki google playstore, tak heran jika akan terdapat banyak sekali aplikasi yang berjumlah hingga ribuan terupdate untuk digunakan sesuai keperluan sehari hari. Tentu saja hal ini berbeda dengan jenis sistem operasi khusus smartphone lainnya yang kemungkinan menjadi lebih sulit dalam mengembangkan aplikasinya.

    4. Merupakan salah satu sistem operasi yang modern, cepat dan responsive

    Kelebihan android yang keempat adalah sistem operasi yang mempunyai tampilan yang modern, cepat dan juga responsive saat digunakan sehari hari, walaupun hal ini juga cukup dipengaruhi dengan kualitas dan ukuran spesifikasi dari komponen hardware yang digunakan, akan tetapi dari segi penggunaan, sistem operasi Android adalah salah satu bentuk os mobile saat ini yang mempunyai tampilan modern, cepat serta penggunaan yang full responsive.

    Tentu hal ini juga menjadikan operasi sistem android mempunyai kelebihan dan keunggulan dalam memenuhi kebutuhan bisnis dan media entertainment. Kemudian lebih dari itu, jika pengguna masih saja belum merasa puas, pengguna juga dapat melakukan modifikasi sistem pada OS Android sesuai kebutuhan, sehingga pengguna juga dapat mengeksplorasi lebih jauh lagi kemampuan android yang digunakan.

    5. Mempunyai harga perangkat yang beraneka ragam

    Mungkin pada beberapa tahun sebelumnya smartphone hanya dapat dimiliki oleh orang mampu tertentu, hal ini dikarenakan mempunyai harga yang lumayan tinggi atau mahal. Namun berkat adanya operasi sistem Android ini, dapat membuat smartphone menjadi lebih murah karena menjadi salah satu hal kebutuhan sekunder atau telah menjadi kebutuhan primer bagi penggunanya, hal ini juga disebabkan dari setiap tahunnya perangkat smartphone mempunyai banyak fitur menarik dan juga dari segi harga menjadi lebih murah.

    Bahkan dengan sejumlah uang 500ribu pun saat ini anda dapat membeli perangkat smartphone yang dilengkapi dengan fitur sistem operasi Android. Hal ini juga berlaku pada harga perangkat yang lebih tinggi, semakin tinggi harga tentu pengguna akan mendapatkan kualitas yang tinggi pula. Saat ini perangkat smartphone mempunyai variasi harga dan tipe yang cukup beragam, hal ini juga dapat disesuaikan sesuai keperluan penggunanya.

    6. Sistem operasi yang friendly user, mudah dipahami oleh pengguna baru

    Keunggulan android os yang lainnya adalah penggunaan yang sangat mudah untuk dipahami oleh pengguna baru. Operasi sistem android merupakan os smartphone friendly user yang didalamnya mempunyai beragam fungsi simple dan mudah untuk digunakan oleh penggunanya.

    Tentu dengan mudahnya penggunaan sistem operasi android, hal ini menjadikan pemakaikan os android mempunyai user yang lumayan banyak di berbagai belahan dunia. Dengan penggunaan yang mudah atau friendly user pada sistem operasi android, akan lebih membantu user ketika melakukan berbagai troubleshooting, hal ini dikarenakan pengguna juga dapat mempelajari troubleshooting lebih cepat ketika menggunakan sistem operasi android.

    7. Fleksibel, Dapat dijalankan pada banyak spesifikasi hardware

    Kelebihan os android yang selanjutnya adalah penggunaan sistem operasi yang fleksibel dan dapat dijalankan pada banyak spesifikasi hardware. Ya, sistem operasi android merupakan salah satu jenis os mobile saat ini yang penggunaannya tidak ribet, dan membingungkan. Lebih dari itu android juga dapat digunakan pada jenis hardware dengan beragam spesifikasi, mulai dari hardware dengan spesifikasi low end hingga high end dengan kualitas tinggi pun juga dapat di aplikasikan dan dijalankan dengan mudah oleh sistem operasi android.

    Pastinya hal ini merupakan salah satu keunggulan os android yang cukup disukai oleh para developer karena mudah untuk diaplikasikan dan fleksibel saat dijalankan pada banyak spesifikasi hardware, dibandingkan dengan beberapa os mobile lainnya terkadang lebih sulit dan tidak dapat berjalan atau mengalami sejumlah crash serta membutuhkan ketentuan spesifikasi hardware lainnya.

    8. Didukung dan dikembangkan oleh Google

    Kelebihan OS Android yang selanjutnya adalah didukung dan dikembangkan oleh google. Tentu dengan didukung oleh perusahaan Google, setiap proses pengembangan sistem operasi android menjadi lebih terjamin dan optimal, perusahaan Google sendiri sudah paham betul pada bidang teknologi internet, teknologi komputer serta dunia komunikasi semenjak tahun tahun yang lalu.

    Maka dari itu, Google dapat dikatakan menjadi perusahaan yang sangat profesional pada bidang teknologi modern, sehingga anda tidak harus khawatir dan meragukan lagi operasi sistem android ini. Sehingga setiap proses peningkatan dari operasi sistem android lebih terjamin dan optimal, karena didukung dan dikembangkan langsung oleh pihak google.

    9. Dapat diaplikasikan di beragam peralatan elektronik masa kini

    Kelebihan os android yang terakhir adalah dapat diaplikasikan di beragam peralatan elektronik masa kini, seperti smartphone, jam tangan, komputer, laptop, hingga televisi LED. Tentu hal ini merupakan salah satu kelebihan dari os android dibanding dengan jenis sistem operasi yang lain.

    Dengan menggunakan sistem operasi android, maka akan membuat perangkat anda menjadi lebih modern dan mudah saat digunakan. Seperti contoh televisi akan dapat menjadikan perangkat tersebut menjadi smart TV, dengan menggunakan sistem operasi android ini, maka akan membuat anda menjadi lebih hemat karena tidak memerlukan sejumlah biaya untuk membayar lisensi os tertentu.

    Kekurangan OS Android 

    Kekurangan os android
    Kekurangan os android
    Walaupun mempunyai banyak kelebihan pada os android, akan tetapi sistem operasi ini juga memiliki bebeberapa kekurangan yang ada didalamnya. Nah berikut ini merupakan pembahasan mengenai berbagai kelemahan dan kekurangan sistem operasi Android, langsung saja simak lebih lanjut dibawah ini.

    1. Sistem operasi android hasil modifikasi mempunyai kinerja yang kurang optimal

    Walaupun merupakan salah satu jenis sistem operasi bersifat open source yang dapat dimodifikasi sesuai keinginan penggunanya, Namun hal ini bukan memiliki artian bahwa sistem operasi android akan menjadi lebih baik dan sempurna.

    Perlu diketahui juga bahwa terkadang operasi sistem android yang telah dimodifikasi oleh user dapat menjadi tidak optimal dan tidak responsive lagi saat digunakan kedepannya, tentu hal ini juga dapat berakibat smartphone anda menjadi lebih cepat panas hingga kerusakan pada memory yang error dan tidak stabil.

    2. Proses kerja yang berat, sehingga membutuhkan ram yang banyak

    Kekurangan os android yang kedua adalah proses kerja sistem operasi yang lumayan berat, tentu hal ini akan membutuhkan sumber daya memory RAM dan ROM yang cukup banyak untuk menjalankan sistem operasi android. Apabila user mempunyai perangkat smartphone yang dilengkapi dengan memory RAM dan ROM yang tidak besar, tentu hal ini dapat menghambat kinerja sistem operasi windows kedepannya.

    Akan tetapi, saat ini setiap versi terbaru dari sistem operasi android yang diluncurkan telah dioptimalkan penggunaannya, jadi hanya memerlukan pemakaian RAM yang tidak terlalu banyak dibanding dengan os androud versi sebelumnya. Namun demikian operasi sistem android masih tergolong sebagai salah satu OS dengan kinerja yang cukup berat.

    3. Menjadi kurang responsif apabila dijalankan pada hardware dengan spesifikasi rendah

    Kemudian kelemahan os android yang terakhir adalah menjadi kurang responsif apabila dijalankan pada perangkat smartphone dengan spesifikasi rendah. terkadang apabila anda membeli perangkat smartphone dengan spesifikasi yang terbilang rendah, maka dapat membuat sistem operasi android yang berjalan menjadi kurang responsif dan dapat menimbulkan sejumlah error serta menjadi sedikit lelet.

    Tentu hal ini juga berkaitan dengan besarnya spesifikasi komponen hardware pada perangkat smartphone anda, semakin tinggi spesifikasi anda maka akan dapat membuat sistem operasi android menjadi lebih lancar dengan performa yang optimal. Adapun komponen yang saya maksud adalah jenis prosesor, kapasitas ROM, RAM dan komponen hardware lainnya yang terdapat pada smartphone ataupun perangkat lainnya.

    Penutup

    Demikianlah pembahasan saya mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan android os yang perlu diketahui, semoga penjelasan artikel diatas tadi dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca, dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website masdzikry. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.