Blogroll

Pengertian dan Fungsi Komputer Server Dalam Jaringan Beserta Kelebihannya




    Komputer adalah bagian yang cukup penting yang bisa menunjang pekerjaan untuk saat ini. Apalagi dengan adanya teknologi yang kian canggih sehingga hampir tidak mungkin untuk tidak memanfaatkannya. Salah satunya berguna untuk sistem server. Maka munculah pertanyaan fungsi komputer server adalah?, Nah pada artikel ini saya akan membahas tentang pengertian komputer server, fungsi beserta kelebihannya.
    Baca juga : 13 kelebihan dan kekurangan microsoft windows

    Pengertian Komputer Server

    Sebelum melangkah lebih jauh dalam membahas fungsi komputer server, maka pengguna harus mengetahui terlebih dahulu maknanya. Jika melihat secara bahasa, server sendiri merupakan sebuah sistem yang menyediakan layanan jaringan sehingga komputer bisa saling terhubung.

    Sedangkan komputer server sendiri adalah sebuah perangkat yang dibuat untuk menyediakan layanan penghubungan antara komputer client dengan induk. Istilah mudahnya, server ini berguna untuk melayani permintaan client.

    Diantaranya dalam bentuk listrik dan sumber penyimpanan atau memori besar. Selain itu, adanya komputer server juga memungkinkan sebuah file bisa dicetak menggunakan printer bersama meskipun perangkatnya berbeda.

    Perbedaan Komputer Server dan Client

    Sebelum mengetahui fungsinya Anda harus tahu terlebih dahulu perbedaan antara komputer server dengan client. Hal ini supaya pengguna bisa memahami dengan jelas mengenai kegunaan dari perangkat tersebut.

    Komputer client sendiri merupakan sebuah sistem perangkat komputasi biasa. Akan tetapi ia memerlukan sumber daya seperti perangkat penyimpanan tambahan hingga sistem informasi yang saling terhubung.

    Sedangkan komputer server adalah perangkat induk yang terhubung dengan client. Fungsi utamanya sendiri sebagai penyedia layanan informasi sehingga bisa langsung memberikan akses ketika dibutuhkan.

    Fungsi Komputer Server

    Supaya lebih bisa memahami lebih jelas lagi, maka berikut dibawah ini akan saya bahas mengenai beberapa fungsi komputer server yang harus anda ketahui:

    1. Pusat Jaringan Komputer

    Sebelumnya telah menyinggung bahwa komputer server akan menghubungkan antara perangkat client dengan pusat. Hal inilah yang menjadi fungsi dari komputer server sehingga bisa mengirimkan data apa saja yang diperlukan.

    Jadi, sudah pasti bahwa setiap data yang ada pada komputer client berasal dari server. Maka, komputer induk ini harus memiliki sumber daya seperti penyimpanan HDD maupun SSD yang besar supaya bisa menampung banyak informasi.

    2. Melayani Komputer Client

    Komputer server memang tercipta untuk melayani client sehingga perangkat tersebut bisa mengakses seluruh data yang ada di dalam sistem induk. Hal ini karena keduanya saling terhubung dengan sebuah kabel sehingga memungkinkan terjadi transaksi data.

    Selain itu, sebuah komputer client juga bisa meminta akses untuk kebutuhan data berupa aplikasi, file dokumen, audio dan masih banyak lagi. Kegunaan seperti ini akan memudahkan berbagai bidang pekerjaan yang harus saling terhubung dalam pengolahan datanya.

    3. Lalu Lintas Jaringan

    Apabila terdapat banyak komputer yang akan dihubungkan dengan satu jaringan internet, maka akan membutuhkan komputer server sebagai pengaturnya. Sebab, lalu lintas secara online tersebut tidak akan berjalan lancar tanpa adanya sistem yang mengatur.

    Selain itu, komputer server akan menghubungkan client ke internet melalui proxy server. Maka, sudah pasti tanggung jawabnya adalah dalam lalu lintas jaringan supaya lebih lancar ketika akan mengaksesnya.

    4. Sebagai Penyimpanan

    Salah satu fungsi komputer server adalah melakukan penyimpanan data apa saja yang ada dalam perangkat client. Data tersebut bisa berupa file-file dan suatu ketika dapat diakses kembali dengan melakukan permintaan kepada jaringan induk.

    Selain itu penyimpanan berbagai data ke komputer server bisa berguna untuk meminimalisir kehilangan apabila perangkat client terjadi masalah. Hal ini karena perangkat induk telah menyimpannya sebagai cadangan.

    5. Hak Akses

    Dalam sistem komputer server dan client yang saling terhubung ini terdapat perizinan yang disebut hak akses. Meskipun keduanya dihubungkan dengan jaringan nirkabel akan tetapi untuk mengaksesnya pun masih memerlukan persetujuan dari server.

    Aturan tersebut diterapkan supaya komputer client tidak bisa mengakses semua data secara sembarangan. Apalagi jika terdapat dokumen-dokumen penting dan rahasia sehingga harus melalui perizinan terlebih dahulu jika mau membukanya.

    6. Penyimpan Aplikasi

    Satu hal yang paling menarik dari komputer server dan client adalah dapat menjalankan jenis aplikasi yang sama. Apalagi kedua perangkat ini saling terhubung sehingga sangat mudah untuk mengoperasikan program secara bersamaan. Maksud dari penggunaan aplikasi yang sama ini adalah program hanya terdapat dalam komputer server akan tetapi client juga bisa mengaksesnya tanpa harus menginstall terlebih dahulu. Menarik bukan?

    7. Perlindungan

    Salah satu yang terpenting dengan terhubungnya antara komputer server dan client adalah bisa saling melindungi apabila terjadi serangan virus maupun malware. Namun, sebenarnya yang paling beruntung di sini hanya client. Sebab, komputer server yang akan bekerja untuk membasmi virus maupun malware tersebut. Meskipun begitu, hal ini masih menjadi keuntungan terlebih untuk menghemat biaya karena tidak perlu perangkat tambahan untuk menghilangkan virus.

    Kelebihan Komputer Server

    Hubungan antara komputer server dan client ini sebenarnya hanya salah satu model jaringan. Setiap bentuk ini juga pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu berikut beberapa keunggulan yang harus Anda ketahui:

    1. Keamanan Tinggi

    Sistem keamanan dalam sebuah jaringan adalah bentuk yang paling rawan. Akan tetapi dengan adanya komputer server dan client yang saling terhubung, maka keamanan bisa terjaga dan relatif tinggi. Sebab terdapat perlindungan ganda.

    Salah satunya adalah permintaan akses dari komputer client yang memerlukan persetujuan terlebih dahulu dari server. Adanya sistem seperti ini sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi, sehingga induk bisa menyetujui ataupun menolak pengaksesan data.

    2. Sistem Back Up Data

    Salah satu fungsi dari komputer server adalah sebagai penyimpanan setiap data yang ada pada komputer client. Hal ini memungkinkan induk memiliki keunggulan untuk sistem back up data yang dilakukan secara terpusat. Adanya sistem tersebut sehingga memungkinkan komputer client tidak kehilangan data karena server telah memback up-nya secara keseluruhan. Akibatnya client akan lebih terjaga dengan aman.

    Kekurangan Komputer Server

    Meskipun memiliki berbagai kelebihan yang cukup banyak, sistem komputer jaringan antara server dengan perangkat client ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Bahkan bisa berdampak besar dan cukup fatal. Salah satunya adalah apabila terjadi kerusakan pada jaringan pusat, maka seluruh perangkat akan bermasalah.

    Dalam hal ini maksudnya apabila server bermasalah maka client juga ikut terkena dampaknya atau bahkan mati total karena keduanya saling terhubung. Selain itu, spesifikasinya sendiri juga harus besar karena fungsi utamanya sendiri adalah sebagai sistem backup data.

    Kemudian, meskipun antara server dengan client telah terlindungi secara aman, namun bukan berarti tidak ada serangan MTM (Man in The Middle Attack). Bagian ini sangat rawan terjadi kebocoran sistem informasi karena adanya serangan attacker.

    Penutup

    Itulah penjelasan tentang fungsi komputer server. Meskipun memiliki kekurangan, setidaknya perangkat yang saling terhubung ini masih bisa diakali dengan berbagai cara. Terlebih jika mengingat kegunaannya dalam bidang pekerjaan cukup besar sehingga tetap bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Oleh karena itu, spefisikasinya pun cukup mempengaruhi hasil akhirnya.