Blogroll

Pengertian, Fungsi Printer dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui



    Apa itu printer

    Perkembangan dunia teknologi kini memang kian canggih. Selain ada komputer yang bisa membuat dan menyimpan file, maka kini terdapat printer yang dapat mencetaknya menjadi dokumen fisik. Untuk lebih jelasnya simak ulasan mengenai pengertian printer dan jenis-jenisnya.
    Baca juga : inilah 15 kelebihan dan kekurangan microsoft word

    Pengertian Printer

    Printer secara umum bermakna sebagai sebuah perangkat yang bisa menampilkan data dalam bentuk cetakan. Bisa berupa gambar, grafik maupun tulisan yang berasal dari penyimpanan komputer sehingga bisa dilihat secara fisiknya.

    Printer sendiri merupakan adaptasi dari bahasa inggris, yaitu print yang memiliki makna cetak. Maka, kesimpulannya bahwa pengertian printer ini adalah alat untuk mencetak dan sebagai alat tambahan bagi komputer.

    Awal mula mesin printer ini dikenal adalah pada abad ke-19. Namun, perangkat pencetak elektronik ini yang pertama kali meluncurkan adalah Epson pada tahun 1968, yaitu perusahaan asal Jepang dan kemudian diberi nama Ep-101.

    Fungsi Printer Secara Umum

    Seperti namanya, fungsi printer adalah sebagai alat pencetak berbagai dokumen yang berasal dari komputer. Selain itu bentuk pencetakannya pun beragam, salah satunya digunakan untuk beberapa hal berikut ini:

    1. Pencetak Dokumen

    Fungsi printer pertama adalah sebagai pencetak dokumen. Namun, sebelum masuk ke mesin pencetak file-file tersebut harus diatur terlebih dahulu ke dalam berbagai software. Hal ini bergantung dari jenis dokumennya itu sendiri. Bisa melalui power point, microsoft word, excel dan lainnya.

    Kemudian setiap printer biasanya memiliki ukuran dan spesifikasi masing-masing sehingga bisa menghasilkan sebuah dokumen yang berkualitas. Misalnya untuk percetakan foto, banner maupun sejenisnya maka membutuhkan alat cetak dengan kualitas tinggi supaya hasilnya bagus.

    2. Mencetak Foto

    Sebagai salah satu alat pencetak, printer ini juga berfungsi sebagai mesin untuk mencetak foto. Bahkan hampir semua jenis printer bisa digunakan untuk hal tersebut. Asalkan Anda mampu memilih jenis tinta dan kertas yang sesuai.

    Selain itu, printer yang berguna untuk mencetak foto ini adalah tentunya harus memiliki kualitas baik dan resolusi tinggi. Hal ini supaya hasil cetakan bisa lebih bagus dan berkualitas. Selain itu, sebelum mencetaknya Anda juga bisa mengatur ukuran gambar terlebih dahulu.

    3. Cetak Stiker Dan Sablon

    Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan akan dunia teknologi memang semakin tinggi. Salah satunya mesin printer yang bisa berguna untuk mencetak stiker maupun sablon pada pakaian. Tentu jenis tinta dan model alat pencetaknya pun akan berbeda.

    Untuk percetakan dengan model seperti ini memang bisa dimanfaatkan untuk mencetak di media akrilik yang berguna sebagai sablon dan stiker. Selain itu, hasil cetakannya juga akan jauh lebih bagus dan berkualitas daripada mesin lainnya.

    4. Cetak Banner dan Spanduk

    Pernahkah Anda memperhatikan setiap banner maupun spanduk yang terpampang pada jalan-jalan utama? Tentunya untuk bisa menghasilkan kualitas gambar maupun tulisan seperti itu dibutuhkan mesin printer khusus dengan ukuran lebih besar.

    Itulah salah satu fungsi dari printer. Akan tetapi umumnya lebih dikenal dengan nama plotter dan mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi, sehingga kemungkinan hasil gambar atau tulisan pecah sangat kecil. Biasanya yang menggunakannya adalah jasa percetakan.

    5. Berfungsi untuk Scanner

    Tahukah Anda jika ternyata mesin printer ini juga bisa berguna sebagai scanner? Istilah tersebut sebenarnya merujuk pada sebuah file atau dokumen fisik kemudian ingin mencetaknya menjadi softfile supaya bisa diedit maupun digunakan untuk keperluan lainnya.

    Printer yang juga berfungsi sebagai scanner ini tentunya berbeda dengan mesin pencetak pada umumnya. Selain itu, instansi perkantoran dan pendidikan adalah pihak yang kerap menggunakan printer scanner tersebut.

    6. Foto Copy Dokumen

    Pada faktanya sebuah printer juga memiliki fungsi untuk foto copy dokumen apapun. Biasanya alatnya didesain berdampingan dengan mesin scan dan berbentuk cukup besar dan terhubung langsung dengan komputer. Umumnya pada mesin fotocopy seperti ini bisa diatur sesuai kebutuhan. Misalnya ingin mencetak dokumen berwarna atau hanya hitam putih.

    Jenis-Jenis Printer

    Sebelumnya telah sedikit menyinggung bahwa mesin pencetak berupa printer ini sebenarnya memiliki cukup banyak jenisnya. Hal ini karena menyesuaikan dengan kebutuhan manusia saat ini akan sebuah teknologi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini penjelasannya:

    1. Printer Dot Matrix

    Jenis printer yang pertama adalah Dot Matrix yang dalam penggunaannya terdapat sebuah pita dan berfungsi sebagai alat pencetak. Pita tersebut berguna untuk menampilkan output pada kertas akan tetapi hasilnya kurang bagus dan sedikit kasar.

    Sayangnya printer seperti ini sudah jarang digunakan karena kualitasnya tersebut. Akan tetapi beberapa perusahaan seperti swalayan modern, toko ritel dan berbagai perkantoran masih menggunakannya.

    2. Printer Laser Jet

    Printer laser jet adalah jenis alat pencetak yang menggunakan sistem tinta bubuk. Namun, orang-orang sering pula menyebutnya sebagai toner dan menggunakan infrared sebagai perangkat tambahannya sehingga mampu menghasilkan cetakan yang lebih baik.

    Meskipun kualitasnya masih di bawah Ink Jet tetapi tidak bisa dipungkiri jika laserjet mampu mencetak dokumen lebih cepat. Hasil tintanya pun juga mudah kering. Cara kerjanya sendiri dengan membuat kertas tertarik sehingga bubuk tinta bisa mencetaknya.

    3. Printer Inkjet

    Printer Ink Jet adalah jenis mesin pencetak yang paling mudah ditemui dan sering digunakan oleh berbagai instansi maupun pribadi. Model cetakan dari mesin ini memiliki kualitas yang lebih baik daripada kedua alat sebelumnya.

    Kemudian untuk bagian tintanya sendiri terdapat sebuah tabung infus sehingga pengisian ulangnya akan jauh lebih mudah. Selain itu, Ink Jet juga memiliki banyak jenis seperti mesin scan, fotocopy dan print. Jadi, tidak heran jika masyarakat lebih suka menggunakan versi ini.

    4. Printer Thermal

    Jika Anda pergi ke pusat perbelanjaan modern pernahkan memperhatikan mesin printer yang mengeluarkan kertas kecil berupa nota belanjaan? Itulah yang disebut dengan printer thermal dan memang selalu digunakan oleh pemilik toko ritel masa kini.

    Cara kerja dari mesin printer ini adalah dengan menarik kertas gulungan yang telah diisi sebelumnya. Kemudian  bagian yang dekat dengan kepala pencetak akan memanaskan kertas dengan sistem yang canggih sehingga bisa menampilkan grafik dan teks sederhana.

    5. Printer 3D

    Printer 3D atau 3 dimensi adalah alat pencetak canggih yang dibuat oleh Charles W. Hull pada tahun 1984. Mesin ini akan bekerja apabila ada desain gambar maupun grafik terlebih dahulu yang telah terhubung dan akan menjadi objek fisik 3D.

    Selain itu, printer 3D ini akan menggunakan bahan yang berbeda dari jenis mesin pencetak lainnya, yaitu berupa logam, lilin, polimer bahan plastik. Hal tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan benda yang akan dicetak.

    Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian printer dan jenis-jenisnya yang harus Anda ketahui. Terlebih mesin pencetak seperti ini tidak bisa dipisahkan dengan komputer dan menjadi kebutuhan sehari-hari yang harus ada. Terlebih bagi perusahaan maupun instansi pendidikan.