Blogroll

8 Penyebab Email Tidak Valid Ketika Mengirim Pesan dan File



    Email tidak valid

    Saat ini email telah menjadi media pengiriman pesan dan file dokumen yang sering digunakan oleh pengguna internet di berbagai belahan dunia, Terutama digunakan untuk para pebisnis, mahasiswa dan pekerja online lainnya. Tentu hal ini juga pengaruh dari pesatnya perkembangan jaringan internet dan media digital saat ini.
    Baca juga : pengertian dan jenis jenis simulasi digital masa kini
    Dengan adanya fasilitas email, maka akan lebih membantu para pengguna internet dalam mengirim dan menerima pesan singkat yang dibarengi dengan file dokumen atau keperluan kerja lainnya. Maka dari itu dengan hadirnya email akan mempercepat komunikasi antar pengguna internet dengan lebih cepat, mudah dan aman.

    Penyebab Email Tidak Valid

    Penyebab alamat email tidak valid
    Penyebab alamat email tidak valid
    Walaupun dalam segi penggunaan media email sendiri cukup simple dan mudah, akan tetapi sering terjadi beberapa masalah bagi para pengguna saat mencoba menggunakan email untuk mengirim pesan. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah email tidak valid, Nah berikut dibawah ini merupakan penyebab email tidak valid yang menjadi kendala bagi penggunanya.

    1. Tujuan alamat email yang salah

    Alasan email tidak valid yang pertama adalah penulisan tujuan alamat email yang salah. Kesalahan satu ini lumayan sering terjadi pada siapapun pengguna email, terutama pada tujuan alamat email yang terbilang susah diingat atau rumit. Notifikasi pertama yang muncul apabila menulis alamat email yang salah adalah "Email non-existent atau Email tujuan tidak ada".

    Dalam memperbaiki masalah tersebut, anda perlu melihat dan melakukan pengecekan tujuan alamat email kembali dengan benar. Harap mengecek setiap baris angka atau huruf yang digunakan pada email tujuan sebelum mengirim pesan. Ketika salah menulis satu angka atau huruf saja, tentu akan membuat pesan yang ditulis tidak dapat terkirim dengan benar.

    Apabila dirasa tidak ada kesalahan saat menulis tujuan alamat email tersebut dan masih mengalami masalah yang sama, alangkah baiknya anda menghubungi orang terkait supaya dapat mengetahui apakah alamat email yang telah diberikan sudah sepenuhnya benar atau terdapat kesalahan dalam penulisan alamat email.

    2. Ukuran email yang terlampau besar

    Kemudian penyebab yang kedua adalah ukuran email terlampau besar, salah satu kegunaan dari email adalah bisa melakukan pengiriman pesan dan berbagai macam file dengan cepat mudah. Adapun jenis file yang dapat dikirimkan menggunakan email, diantaranya seperti, audio, gambar, video, dokumen dan lain sebagainya.

    Namun, perlu diketahui juga bahwa untuk dapat melakukan pengiriman pesan email disertai file dapat membebani email penerima. Apabila anda mencoba untuk mengirim pesan email dengan ukuran file yang sangat besar, kemungkinan akan berakibat dengan tertolaknya pesan oleh email penerima serta menjadi pesan yang tidak valid.

    Masalah ini dapat diatasi dengan cara melakukan kompress file terlebih dahulu jika dirasa ukurannya yang lumayan besar, Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan website khusus kompres gambar dan video yang banyak ditemukan di internet dan dapat digunakan secara gratis.

    Apabila anda mengirim file gambar atau video yang lumayan besar hingga bergiga giga, anda dapat memanfaatkan media penyimpanan online Google Drive yang menyediakan penyimpanan hingga 15GB secara gratis. Cukup upload file yang dipilih dan bagikan filenya, copy url dan taruh url tersebut pada email anda. Pastikan juga anda telah memberi izin atau melakukan konfigurasi agar orang yang mempunyai url dapat membuka dan mendownload file yang diupload dengan mudah.

    3. Kapasitas pesan telah penuh

    Penyebab email tidak valid yang ketiga adalah kapasitas pesan pada penerima email telah penuh. Setiap platform email seperti gmail tentu mempunyai batasan jumlah pesan yang masuk, hal tersebut digunakan untuk menjaga server pada media email tersebut agar lebih stabil dan optimal. Kapasitas pesan yang penuh pun juga dapat menjadikan pesan lainnya tidak dapat masuk. Sehingga dari alasan inilah bisa membuat pesan yang masuk pada alamat email yang penuh dianggap tidak valid.

    Maka dari itu, Jika mengalami email tidak valid atau email tidak terkirim, alangkah baiknya untuk memberi tahu pada penerima email untuk segera mengecek kembali emailnya yang kemungkinan tidak pernah melakukan pembersihkan pesan atau folder kosong pada email tersebut.

    4. Ditolak oleh sistem

    Pada email jenis tertentu, pesan email yang dikirim bisa saja tertolak oleh sistem secara otomatis. Dan hal seperti ini memang seringkali terjadi pada jenis email khusus perusahaan. Pada umumnya, pesan yang terkirim pada email suatu perusahaan akan tertolak secara otomatis oleh sistem yang berjalan dan sebelumnya telah dikonfigurasi oleh operator.

    Tentu hal ini mempunyai fungsi untuk mencegah adanya pesan berbahaya pada email yang didalamnya terdapat virus atau spam. Sehingga, alangkah baiknya anda menghubungi penerima email bersangkutan untuk mematikan sistem sementara pada email tersebut ataupun dapat memanfaatkan alamat email yang lainnya.

    5. Alamat email tujuan tidak aktif

    Kemungkinan penyebab email tidak valid yang lainnya adalah alamat email yang dituju tidak aktif. Ya, pada umumnya ada beberapa syarat yang menginformasikan bahwa apabila email yang anda buat tidak pernah dibuka dan digunakan lagi dalam batas waktu lebih dari 6 bulan selama berkali kali, maka alamat email akan dimatikan oleh platform sistem tersebut.

    Tentu hal ini kebanyakan akan berlaku pada media email selain Google atau gmail. Untuk platform google, tidak mengenal dengan matinya suatu akun jika jarang digunakan. Apabila anda selama menggunakan akun gmail google tersebut tidak melakukan pelanggaran peraturan yang dibuat google, maka gmail dapat dimanfaatkan setiap waktu walaupun pemiliknya tidak pernah melakukan login.

    6. Terjadi masalah pada server email

    Kemudian terjadi masalah pada server platform alamat email yang digunakan, tentu beberapa masalah teknis juga dapat terjadi terhadap email seperti terdapat notifikasi saat mengirim "File tidak dapat terkirim atau terjadi undeliverable"

    Sebenarnya hal ini memperlihatkan bahwa server alamat email tujuan sementara waktu tidak dapat digunakan dengan normal dalam rentang beberapa waktu ke depan. Apabila server tidak dapat ditemukan, kemungkinan server sedang dalam pemeliharaan atau terdapat masalah internal.

    Maka dari itu, alangkah baiknya anda menunggu saja dalam beberapa jam kedepan. Apabila kondisinya sedang terburu buru atau mendesak, langsung saja menghubungi penerima email bersangkutan dan mencari solusi lainnya.

    7. Penggunaan tulisan dot dan underscore

    Salah satu penyebab email tidak valid lainnya adalah penggunaan tulisan dot (.) dan underscore (_), terkadang penggunaan tulisan ini seringkali digunakan bagi kebanyakan orang untuk menjadi cirikhas dari alamat email masing masing. Namun taukah kamu bahwa gmail hanya dapat menggunakan dot dan platform yahoo mail hanya dapat menggunakan underscore. Contohnya seperti mas.dzikry@gmail.com dan mas_dzikry@yahoo.com, jadi dari dua platform tersebut mempunyai aturannya masing masing.

    Seperti contoh diatas tadi bahwa gmail hanya dapat menggunakan penulisan dot dan yahoo mail hanya dapat menggunakan penulisan underscore. Maka dari itu sebelum mengirim email, harus diperhatikan kembali penulisan alamat email tersebut dan dilihat kembali penggunaan dot dan underscore tersebut. Jika dirasa masih mengalami tidak valid, coba untuk menghapus penggunaan dot dan underscore dan mencoba untuk mengirimnya kembali.

    8. Penulisan domain yang salah

    Penyebab email tidak valid yang terakhir adalah penulisan domain yang salah, perlu diketahui juga bahwa ini hanya berlaku terhadap email berbayar atau jenis email bisnis saja. Dalam penggunaan email bisnis tentu berbeda dengan alamat email gratisan, dalam email bisnis tentu menggunakan domain email tersendiri, dan inilah salah satu perbedaan dari email bisnis dan email gratis. Kekeliruan atau salah saat menginput domain email dapat menyebabkan email tidak valid saat hendak mengirim sebuah pesan.

    Contohnya seperti ini, saya mempunyai domin premium naruto@masdzikry.com, akan tetapi anda salah menginput email saat mengirim pesan menjadi naruto@masdzikry.co.id sehingga email tersebut tidak dapat terkirim dengan benar pada saya atau ke email narutor@masdzikry.com, dan menjadi email tidak valid. Kecuali pihak penerima mempunyai banyak email premium seperti co.id .net .id dan sebagainya.

    Penutup

    Nah itulah beberapa penjelasan mengenai 8 penyebab email tidak valid ketika mengirim pesan dan file yang sering dialami oleh banyak orang. Dari pembahasan di atas tadi dapat disimpulkan bahwa penyebab email mengalami tidak valid atau error dapat terjadi karena banyak kondisi, mulai dari error kesalahan teknis ataupun berbagai kesalahan nonteknis pada email.

    Demikianlah pembahasan saya mengenai penyebab email tidak valid saat mengirim pesan dan file yang sering dialami oleh banyak orang, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat serta berguna bagi pembaca, dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya, hehe.