Blogroll

Perkembangan, Jenis, serta Kelebihan dan Kekurangan Linux OS



    Sistem operasi linux

    Linux os merupakan salah satu bentuk operasi sistem pada komputer yang keberadaannya cukup terkenal di dunia, walaupun os ini tidak sepopuler macos dan juga os windows, linux mempunyai pengguna yang banyak dan memiliki berbagai kelebihan yang berguna saat digunakan oleh usernya. Linux mempunyai ciri dengan logo khasnya yaitu penguin, selain itu sistem operasi linux juga sepenuhnya gratis atau bersifat open source yang dapat digunakan tanpa memerlukan biaya sepeserpun dan bebas untuk dimodifikasi sesuai selera.
    Baca juga : inilah kelebihan dan kekurangan microsoft publisher
    Tentu bagi pengguna yang mempunyai hobi dalam melakukan modifikasi suatu program serta berbagai software komputer, os linux merupakan sebuah pilihan yang cocok bagi anda. Namun sebelum masuk ke pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan linux os, alangkah bagusnya apabila kita mempelajari sejarah dan bagaimana sistem operasi linux dapat berkembang hingga masa kini. Berikut dibawah ini merupakan perkembangan dan sejarah singkat dari sistem operasi linux.

    Perkembangan Sistem Operasi Linux

    Perkembangan sistem operasi linux
    Perkembangan sistem operasi linux
    Pada awal mulanya sistem operasi Linux ini mempunyai nama UNIX, yang dikembangkan dan dibuat oleh Dennis Ritchie dan Ken Thompson di negara Amerika pada tahun 1968. Ketika pertama kali dikembangkan, sistem operasi UNIX tersebut telah menarik perhatian dari berbagai kalangan pengguna komputer saat itu karena merupakan salah satu jenis operasi sistem yang seluruh source codenya memakai bahasa C, hal yang membuat operasi sistem ini digemari adalah mempunyai kelebihan yang sangat ringan dan mudah diaplikasikan pada beragam platform manapun.

    Versi singkatnya adalah ketika operasi sistem UNIX ini cukup banyak digunakan oleh pengguna komputer, mulai banyak beragam jenis sistem operasi yang berasal dari UNIX, salah satu jenisnya adalah operasi sistem MINIX os yang dibuat oleh A.S Tanenbaum. Sistem operasi minix memiliki sumber code yang diedit kembali serta diaplikasikan oleh mahasiswa bernama Linus Torvalds dalam bentuk referensi yang menghasilkan sistem operasi gratis yang dapat dimiliki dan dapat diakses publik oleh banyak orang.

    Kemudian setelah linus torvalds melakukan penambahan beberapa program serta software yang telah berlisensi GNU pada sistem operasi unix, maka mulai diperkenalkanlah os ini ke berbagai pengguna komputer dengan memberi nama Linux. Os Linux mempunyai versi pertamanya yakni Linux 0.01 yang dikembangkan lebih lanjut pada tahun 1991, kemudian di tahun yang sama juga, Linux versi 0.02 berhasil diluncurkan.

    Hingga kini, operasi sistem linux telah menjadi salah satu UNIX os yang lumayan lengkap yang dapat kamu gunakan sebagai sistem operasi komputer anda, lebih dari itu linux juga mempunyai berbagai fungsi dan dukungan lainnya seperti multitasking, software development, jaringan, dan lain sebagainya. Sistem operasi linux juga memiliki berbagai komponen serta software serbaguna yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna, seperti alat tester, konektivitas, file manager dan beragam software utilitas lainnya.

    Nah diatas tersebut merupakan perkembangan linux serta sejarah bagaimana awal terbentuknya sistem operasi Linux. Kemudian kita akan membahas lebih dalam lagi tentang jenis linux yang ada saat ini, Simak pembahasan singkat mengenai jenis linux dibawah paragraf ini.

    Jenis - Jenis Linux

    Jenis jenis sistem operasi linux
    Jenis jenis sistem operasi linux
    Dengan mempunyai sifat open source pada sistem operasi linux, tentu linux os dapat dilakukan sejumlah modifikasi atau proses pengembangan lebih lanjut. Maka hal ini dapat menyebabkan banyak proses perkembangan berbagai operasi sistem linux yang cukup beragam dari tahun ke tahun, proses ini sering kita ketahui sebagai distribution linux, atau dengan istilah distro linux.

    Setiap jenis distro linux tentu mempunyai berbagai keunggulan serta ciri khasnya masing masing. Nah berikut dibawah ini merupakan berbagai jenis jenis distro linux yang telah dikembangkan lebih lanjut dari operasi sistem linux.

    1. Redhat Linux

    Redhat Linux merupakan salah satu dari jenis distro linux yang cukup banyak digunakan di negara Amerika dan Indonesia. Jenis distro linux redhat ini sering dimanfaatkan sebagai server komputer, tentu redhat linux ini banyak digunakan sebagai server karena mempunyai kelebihan yang lebih cepat, stabil, dan sebagai penyimpanan data yang sangat aman. Versi dari redhat linux hingga kini telah mencapai ke 9.0 dan mungkin kedepannya akan terdapat versi yang lebih baru.

    2. Mandrake Linux

    Jenis distro linux yang sering digunakan selanjutnya adalah Mandrake Linux yang mempunyai kesamaan seperti Redhat Linux, tapi bedanya mandrake linux merupakan distro linux versi client yang dimodifikasi dari redhat linux dan pilihan yang tepat saat digunakan sebagai server komputer. Distro mandrake linux mempunyai versi terbaru 10.0 serta merupakan operasi sistem distro linux yang lebih dikenal dan cukup banyak digunakan oleh berbagai pengguna komputer di belahan dunia.

    3. Caldera Linux

    Kemudian ada caldera linux yang juga jenis distro linux yang unik, hal ini dikarenakan semua desain dan fitur dari operasi sistem caldera linux ini lebih ke grafis visual. Mulai dari pengguna menginstall, ataupun membuka program yang tersedia dan juga melakukan konfigurasi lainnya, tentu semuanya menggunakan grafis visual, serta tidak adanya text command seperti operasi sistem distro linux pada umumnya.

    4. Slackware Linux

    Slackware linux adalah distro linux yang dibuat dan dikembangkan oleh Patrick Volkerding. Slackware linux juga merupakan salah satu jenis distro linux yang pertama dibuat, dan distribusi linux yang paling tua serta masih dikelola hingga kini. Slackware mempunyai tujuan utama yakni kemudahan desain tampilan dan stabilitas operasi sistem yang menjadikannya sebagai jenis distro linux yang mempunyai kemiripan dengan Unix.

    5. Debian Linux

    Debian linux merupakan salah satu jenis distro linux yang cukup banyak digunakan oleh golongan teknisi. Linux debian mempunyai beberapa kelebihan seperti program yang sangat stabil, proses maintance berbasis APT yang canggih dan masih banyak lagi, sehingga debian linux lebih banyak digunakan oleh mereka yang gemar mengotak atik sistem operasi.

    Selain dari itu debian linux juga sering digunakan sebagai server komputer atau komputer admin oleh penggunanya. Debian linux mempunyai versi terbaru 4.1 hingga artikel ini ditulis, tidak menutup kemungkinan beberapa tahun mendatang akan ada versi selanjutnya dengan fitur yang lebih optimal.

    Selain lima jenis distro linux yang telah saja jelaskan diatas tadi, tentu ada beragam distro linux lainnya yang juga sering digunakan oleh pengguna komputer di berbagai belahan dunia, yang diantaranya yaitu :

    • SuSe Linux
    • Turbo Linux
    • Ubuntu Linux
    • Core Linux

    Kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi linux

    Kelebihan dan kekurangan sistem operasi linux
    Kelebihan dan kekurangan sistem operasi linux
    Tentu sebagai operasi sistem yang tergolong gratis dan mempunyai sifat open source, maka dapat dipastikan bahwa linux os mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan saat digunakan. Namun apa saja sih kelebihan dari operasi sistem linux?, Nah dibawah ini merupakan pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan sistem operasi linux.

    Kelebihan Linux

    Kelebihan sistem operasi linux
    Kelebihan sistem operasi linux

    1. Operasi sistem yang gratis

    Kelebihan linux os yang pertama adalah penggunaan operasi sistem yang sepenuhnya gratis, dibandingkan dengan dengan sistem operasi lain seperti windows yang membutuhkan biaya lisensi original mulai dari 500ribu hingga jutaan rupiah. Sistem operasi linux dapat digunakan secara gratis serta ada juga beberapa versi linux os yang dapat dibeli dengan harga murah.

    2. Tingkat keamanan yang tinggi

    Tingkat keamanan dan bagian security yang tersedia pada sistem operasi Linux saat ini tentu merupakan keamanan dengan tingkatan yang tergolong tinggi dan tidak kalah dengan bentuk operasi sistem populer lainnya. Fakta lainnya adalah banyak pengguna yang mengklaim bahwa sistem operasi linux mempunyai lapisan sistem keamanan data terbaik jika dibandingkan terhadap operasi sistem popular lainnya seperti Windows atau MacOS.

    3. Mempunyai code 32bit

    Linux mempunyai code 32bit yang dibuat untuk membantu sistem operasi linux dapat berjalan dengan lebih baik, optimal dan dapat meminimalisir terjadinya kerusakan atau crash saat  menjalankan sebuah aplikasi pada linux. Tentu pengguna juga tidak perlu merasa khawatir jika hendak melakukan instalasi aplikasi lain yang diperlukan, operasi sistem Linux tidak akan membuat perangkat komputer anda menjadi sering blank karena pemakaian aplikasi tertentu asal selama penggunaan digunakan secara normal.

    4. Sangat mudah untuk melakukan modifikasi

    Bagi kamu programmer dan juga para ahli komputer, sistem operasi linux tentu sangat menarik untuk digunakan karena sumber code dari os linux mempunyai sifat yang terbuka atau open source yang berarti setiap orang dapat menggunakan dengan gratis dan melakukan modifikasi code tanpa batas tertentu. Perlu kamu ketahui juga bahwa linux mempunyai source code yang menggunakan bahasa C. Tentu hal ini dapat lebih mempermudah para programmer dalam melakukan suatu modifikasi terhadap operasi sistem linux.

    5. Tampilan grafik yang lebih optimal

    Meskipun sistem operasi linux bersifat open source, tampilan grafik yang terdapat pada os ini mempunyai kelebihan yang cukup baik. Linux os mendukung berbagai tampilan grafik yang optimal beserta fitur eye catching yang bagus. Terutama pada sistem operasi distro linux yang memanfaatkan sistem grafis penuh, dimana semua perintah atau command dan fiur yang tersedia menggunakan sistem visual grafis yang baik.

    6. Penggunaan yang lebih spesifik

    Kelebihan dari sistem operasi linux yang selanjutnya adalah penggunaan yang lebih spesifik sesuai kebutuhan penggunanya. Linux os mempunyai spesifikasi khusus dari setiap distribusi miliknya yang mempunyai banyak dukungan dari distro dan banyak berbagai pilihan yang dapat digunakan sesuai dengan setiap kebutuhan penggunanya.

    Contohnya ialah bagi pengguna yang pada saat itu membutuhkan keperluan untuk membuat sistem operasi khusus server, maka dapat melakukan instalasi distro linux bernama redhat. Tentu begitu pula dengan berbagai keperluan dan kebutuhan komputer lainnya.

    7. Mendukung akses 33 jenis sistem file yang berbeda

    Operasi sistem linux juga dapat mendukung akses lebih dari 33 jenis sistem file yang paling umum digunakan pada operasi sistem komputer lainnya. Tentu hal ini juga mencakup berbagai sistem format yang berasal dari hardisk pengguna atau beragam format software dan file yang tersedia seperti gambar, video, dan format file lainnya.

    8. Sangat cocok digunakan sebagai server

    Kelebihan linux yang selanjutnya adalah sangat cocok digunakan sebagai server komputer karena mempunyai kelebihan yang sangat stabil dan juga lebih cepat dibanding dengan sistem komputer lainnya. Sehingga linux sangat cocok anda gunakan pada komputer khusus admin, server ataupun komputer pribadi.

    Tentu banyak pula yang mempunyai pertanyaan seperti apakah server pada basis linux dengan komputer server berbasis sistem windows mempunyai sebuah perbedaan?, pada dasarnya setiap server berbasis sistem operasi manapun mempunyai cara kerja yang sama namun berbeda dalam segi bahasa pemrograman yang digunakan pada sistemnya. Perlu diketahui juga bahwa setiap server akan mengikuti cara kerja dari jaringan komputer yang telah dikonfigurasi oleh pengguna.

    9. Software bawaan terinstall yang dapat digunakan dengan mudah

    Kelebihan sistem operasi linux lainnya adalah mempunyai berbagai software bawaan yang telah terinstall dan dapat pengguna gunakan dengan mudah. Tentu sistem operasi ini berkaitan langsung dengan berbagai program utilitas seperti program jaringan, alat tester, ataupun program yang terkait dengan driver komputer anda.

    10. Tidak memerlukan spesifikasi yang besar

    Dengan menggunakan sistem operasi linux tentu anda hanya memerlukan spesifikasi komputer yang rendah. Meskipun begitu anda tidak perlu merasa risau dengan spek yang rendah tersebut, karena operasi sistem linux ini dapat digunakan pada spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi, dengan begini anda dapat menghemat pengeluaran anda dalam merakit sebuah komputer yang hendak digunakan sesuai kebutuhan.

    11. Cocok digunakan bagi yang gemar memodifikasi operasi sistem

    Bagi anda yang gemar dalam melakukan modifikasi suatu operasi sistem komputer, tentu os linux merupakan jenis salah satu sistem operasi yang dapat menjadi pilihan. Linux memiliki lisensi yang bersifat open source yang berarti dapat dimodifikasi dan diubah secara bebas, pastinya sistem operasi linux sangat cocok digunakan bagi pengguna yang gemar memodifikasi sistem operasi untuk memperoleh performa dan hasil yang lebih maksimal.

    12. Mencegah pengguna melakukan pembajakan hak cipta

    Kelebihan sistem operasi linux yang terakhir adalah mencegah penggunanya dalam melakukan pembajakan hak cipta yang telah ada saat ini. Suatu tindakan pembajakan pada operasi sistem komputer, terutama os windows saat ini sangat sering terjadi, maka dari itu, bagi pengguna yang telah menggunakan sistem operasi linux dapat dikatakan mendukung legalitas terhadap hak cipta suatu sistem operasi, karena linux sepenuhnya gratis dan bebas untuk digunakan semua kalangan.

    Kekurangan Linux

    Kekurangan sistem operasi linux
    Kekurangan sistem operasi linux
    Meskipun mempunyai berbagai kelebihan pada sistem operasi linux, os ini juga mempunyai sisi kelemahan lain yang perlu kamu ketahui juga untuk menambah wawasan. Berikut merupakan beberapa kelemahan sistem operasi linux, simak lebih lanjut dibawah paragraf ini.

    1. Kalah bersaing dengan operasi sistem lainnya

    Kelemahan sistem operasi linux yang pertama adalah kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya, Meskipun sistem operasi linux bersifat open source, dan sangat murah, tentu hal ini tidak menjadikan operasi sistem linux lebih terkenal atau populer dibanding dengan sistem operasi lainnya seperti windows ataupun macos.

    Bagi pengguna komputer pemula tentu yang digunakan pertama kali adalah sistem operasi windows, nah dari awal linux os memang hanya dikenal oleh kalangan teknisi dan para programmer yang gemar melakukan modifikasi operasi sistem. Namun tak menutup kemungkinan juga bahwa pada tahun yang akan datang sistem operasi linux akan dapat bersaing dan lebih popular seperti os lainnya.

    2. Kurang mendukung software populer

    Kekurangan sistem operasi linux yang kedua adalah kurang mendukung terhadap software populer saat ini seperti games, utilites dan software populer lainnya. Tentu hal ini akan mengakibatkan sulitnya untuk menyesuaikan diri bagi seorang pemula dalam menggunakan program yang dapat dibuka dengan sistem operasi linux. Khususnya pada beberapa program gratis yang popular saat ini sebagian besar hanya tersedia pada sistem operasi windows.

    3. Sulitnya mengatasi masalah atau error di Linux

    Ketika terjadi sebuah error atau masalah sistem pada sistem operasi linux, akan lumayan sulit untuk memperbaikinya, ditambah saat ini banyak teknisi komputer yang kurang memahami secara mendalam pada sistem operasi linux. 

    Tentu hal ini dikarenakan banyak pengguna yang jarang menggunakan sistem operasi linux, maka dukungan terhadap error dan trouble shooting lumayan lebih susah. Yang dapat dilakukan saat ini hanya melalui forum forum linux atau website yang cukup banyak ditemui di internet.

    Penutup

    Demikianlah pembahasan saya mengenai sistem operasi linux, mulai dari perkembangan linux, jenis jenis linux, serta kelebihan dan kekurangan sistem operasi linux. Semoga tulisan ini berguna serta bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terimakasih telah berkunjung diwebsite masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.