Blogroll

12 Cara Memahami Diri Sendiri Untuk Meningkatkan Potensi



    Cara memahami diri sendiri

    Tahukah Anda bagaimana cara memahami diri sendiri? Sebagian besar orang mempertanyakan perkara tersebut. Terkadang seseorang yang dekat seperti keluarga, sahabat atau teman juga bisa memberikan jawaban-jawabannya. Hal ini terjadi karena merekalah yang lebih paham dalam memandang sebuah perilaku.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft power point

    Cara Memahami Diri Sendiri

    Memang terkadang menjalani sebuah proses untuk sekedar memahami diri sendiri sungguh rasanya agak sulit dan membingungkan. Akan tetapi hal tersebut haruslah diketahui agar meningkatkan potensi dalam diri anda, Lantas bagaimana cara agar bisa mengetahui hal tersebut? Berikut di bawah ini merupakan pembahasannya.

    1. Kenali Apa Aktivitas Favorit

    Cara yang pertama mungkin bisa menjadi solusi, yaitu dengan mengenali apa yang menjadi aktivitas favorit. Semisalnya Anda lebih suka terhadap membaca buku sejara, bisa jadi itulah nanti akan berkembang menjadi arkeolog. Kemudian hobi menulis atau semacamnya.

    Bilamana seseorang itu sudah mendapatkan sesuatu aktivitas yang mereka sukai, maka besar kemungkinan untuk memahami apa yang menjadi kemauan orang tersebut. Bisa jadi sebuah hobi akan menjadikan seseorang membentuk sebuah karya yang luar biasa.

    2. Coba Cari Tahu Tingkat Kepandaian

    Setiap manusia memiliki daya berpikir masing-masing. Dari hal itulah yang menjadikan mereka melakukan sesuatu pekerjaan yang semua dengan kemampuannya. Oleh karena itu, cobalah mencari tahu seberapa besar tingkat kepandaian, kemudian ubahlah menjadi sesuatu bermanfaat.

    Apabila sudah mengetahui seberapa tingkat kemampuan kepandaian, maka ketika belajar akan lebih mudah. Misalnya seseorang tahu bahwa ia pandai dalam hal hitung-menghitung, maka dari situ orang tersebut harus mengembangkan bakatnya dengan mempelajari ilmu matematika atau semacamnya.

    3. Bertanya Kepada Orang Lain

    Terkadang ketika akan melakukan hal yang besar, seseorang akan merasa kebingungan. Ia akan bingung apa sebenarnya kemampuan terbaiknya. Maka dari itu, peran orang lain seperti keluarga, sahabat, kerabat bisa memberikan solusi akan potensinya sebab biasanya mereka lebih paham.

    Misalnya saja orang terdekat mengetahui bahwa si A sering memodifikasi motor, maka secara spontan akan menyuruhnya sekolah ataupun kuliah yang berhubungan dengan hal itu. Mereka paham bahwa seseorang tersebut mempunyai keahlian atau potensi tentang bidang tersebut.

    4. Meningkatkan Bakat Yang Telah Ada

    Banyak sebagian kasus menyebutkan bahwa ada seseorang yang mungkin punya bakat talenta terpendam, seperti bisa berenang, memasak, bermain bola dan sebagainya. Ia sadar bahwa semua tersebut adalah hobinya. Namun terkadang merasa bingung apa yang lebih pantas untuk memperdalamnya.

    Maka dari berbagai banyaknya talenta dalam jiwa seseorang, cobalah untuk memantapkan salah satu satunya. Dalam artian, bukannya menghilangkan hobi yang lain, akan tetapi kembangkan hal yang mungkin menjadikan Ia lebih bermanfaat untuknya dan lingkungan sekitarnya.

    5. Jadilah Beda dan Jangan Takut Salah

    Tak jarang pula seseorang lebih ingin meniru kemampuan orang lain. Hal ini tidak sepenuhnya keliru, akan tetapi alangkah lebih baik untuk mengembangkan potensi atas potensi yang mereka miliki. Dengan demikian akan mempunyai ciri khas tersendiri dan berbeda dari lainnya.

    Perbedaan inilah yang terkadang banyak orang cari. Semisalnya saja dalam lingkup kelas berlomba-lomba mempelajari matematika, akan tetapi Anda sendiri memiliki daya tarik meneliti bebatuan. Dalam kasus ini janganlah takut untuk menjadi beda dan teruslah gali bakat tersebut.

    6. Mencatat Kegiatan Sehari-Hari

    Banyak ahli penulis mengatakan bahwa menulis itu dapat merawat ingatan. Pendapat seperti itu memang benar keberadaannya. Sebab ketika tidak ada catatan mungkin satu, dua, tiga hari orang akan lupa apa yang telah mereka lakukan sebelumnya. Maka mencatat setiap kegiatan adalah perlu.

    Cobalah dengan membuat catatan pada blogger, buku tulis. Dengan demikian apapun kejadian satu hari yang telah berlalu bisa menjadi evaluasi untuk hari esoknya. Semakin banyak Anda menulisnya, maka akan mudah pula untuk memahami akan potensi serta bakar terpendam selama ini.

    7. Menghargai Orang Lain

    Menjadi manusia memang tidak bisa serta merta mengedepankan ego semata. Semuanya perlu untuk saling menghargai orang lain. Dengan demikian, Anda akan mempunyai sifat yang mungkin bisa memberikan manfaat sebab perbuatan tersebut akan memperlihatkan jati diri seseorang.

    Ketika mempunyai sebuah sifat yang melekat yaitu menghargai orang lain, maka akan menjadikan sisi positif dalam sebuah kehidupan. Mungkin saja mereka akan mau memahami Anda dan kemudian memberikan masukan baik dalam kehidupan. 

    8. Segera Tinggalkan Zona Nyaman Anda

    Memang terkadang banyak yang terlena akan kenyamanan sehingga menjadikan lupa bahwa masih banyak hal baru harus mereka lakukan. Jadi dalam menggali potensi jiwa serta memahaminya, cobalah keluar dari zona nyaman dan cobalah sesuai lain.

    Pada saat seseorang mampu keluar dari zona nyaman menuju kebangkitan sebuah potensi, maka akan menjadikan jiwa semakin banyak pengalaman. Dengan demikian akan lebih muda dalam memahami diri. Karena ketika Anda bisa melakukan segala hal, maka tidak perlu merepotkan lainnya.

    9. Belajar Dari Kegagalan

    Pada sebagian besar kasus mengatakan bahwa seseorang yang gagal pastinya akan mengalami menurunnya semangat dalam berjuang. Hal tersebut pasti terjadi karena sesuatu keinginan selama ini ternyata tidak bisa mereka raih. Pemikiran seperti itu haruslah ada perubahan.

    Jadi dalam kehidupan memang ada kalanya berhasil maupun terjadi kegagalan, akan tetapi apakah jika gagak semua sudah usai? Tentu saja belum. Cobalah untuk belajar dari ketidak berhasilan tersebut, jadikan pelajaran untuk memperbaiki menjadi lebih baik dan yakinkan Anda pasti bisa.

    10. Dengarkan Masukan dari Orang Lain

    Terdadang pada saat orang lain memberikan masukan, sontak pastinya ada sedikit menolak karena mungkin menggurui atau apalah. Akan tetapi kalau bisa secara lebih luas untuk membuka pikiran, maka hal semacam itu sebenarnya membawa manfaat tersendiri.

    Semisal saja ada sebuah masukan dari teman untuk memperbaiki karya tulis, ini akan menjadikan sebuah poin tersendiri untuk semakin memperbaiki mana yang kurang benar dari tulisan tersebut. Dengan demikian akan lebih sempurna lagi dan orang lain banyak menerimanya.

    11. Melihat dan Mendengar

    Memang manusia terlahir lemah, tanpa berdaya bila tidak ada lantaran bantuan ASI dari seorang ibu. Dengan melihat kejadian itu, cobalah untuk merenung dan berpikir sejatinya seseorang tidak bisa hidup sendirian dan pastinya membutuhkan masyarakat lainnya.

    Kemudian dengarlah curhatan orang-orang yang mungkin kurang beruntung dari pada Anda. Syukuri saja setiap nikmat dari Tuhan, janganlah banyak mengeluh karena selagi fisik masih kuat, kemudian berjuanglah untuk masa depan yang lebih mapan.

    12. Merenungkan Diri Sendiri Sesekali

    Menjadi manusia memang tidaklah bisa seketika dapat memahami siapakah ia sebenarnya. Perlu banyak sekali proses agar sampai pada tatanan seperti itu. Lantas bagaimana supaya bisa perlahan namun pasti mengetahui hal itu?

    Jadi cobalah untuk merenungkan diri sesekali saja. Pikirkan siapakah Anda, hak apa saja untuk hidup dan lain sebagainya. Dengan sedikit renungan semoga saja dapat membuka hati menjadi seorang insan yang tahu akan kewajibannya.

    Penutup

    Demikian pembahasan singkat mengenai cara memahami diri sendiri untuk meningkatkan petensi yang ada dalam diri anda, pastikan juga anda menjadi pribadi yang hebat dan berdikari. oke cukup sekian dari saya, semoga artikel ini dapat berguna dan menambah wawasan anda, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.