Blogroll

Pengertian dan Jenis Jenis Jaringan Komputer Beserta Topologinya



    Apa itu jaringan komputer?

    Apakah Kamu pernah bertanya, bagaimana proses pengiriman data melalui internet? Ternyata hal ini dapat terjadi karena adanya jaringan komputer, artikel ini akan membahas jenis jaringan komputer, topologi serta manfaat penggunaannya. 
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel

    Apa Itu Jaringan Komputer? 

    Istilah jaringan komputer sudah tidak asing lagi dan sering dibicarakan terutama di era digital saat ini. Namun, apakah Kamu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan jaringan komputer?
     
    Jaringan komputer merupakan jaringan (koneksi) yang dapat membuat dua perangkat atau lebih saling berkirim dan bertukar data. Saat bertukar informasi ini ada pihak yang menerima dan memberi informasi. Pihak yang memberi informasi disebut host dan yang menerima disebut sebagai client. 

    Sebuah jaringan komputer bisa dibangun dengan menghubungkan perangkat jaringan komputer seperti hardware dan software. Untuk dapat membuat sebuah jaringan komputer sederhana, maka diperlukan dua komputer yang dilengkapi kartu. 

    Kemudian kedua komputer tersebut dihubungkan baik menggunakan kabel maupun nirkabel yang berfungsi sebagai media transmisi. Diperlukan pula software sistem operasi yang kemudian membentuk sebuah jaringan.

    Jenis-Jenis Jaringan Komputer 

    Jenis jenis jaringan komputer
    Jenis jenis jaringan komputer
    Terdapat beberapa jenis jaringan komputer yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari hari. Jaringan komputer tersebut dibedakan berdasarkan cangkupan wilayah yang dapat dijangkau. Berikut ialah penjelasan lengkap dari setiap jenis jaringan yang ada dan sering digunakan. 

    1. Local Area Network (LAN)

    Jenis jaringan komputer pertama ialah Local Area Network (LAN), jaringan ini memiliki ruang lingkup yang paling kecil. Perangkat yang dihubungkan oleh LAN relatif pendek, biasanya jaringan ini digunakan dalam ruang lingkup seperti kantor, sekolah dan rumah. 

    Dengan adanya jaringan ini, maka beberapa komputer yang ada dalam jaringan LAN bisa menggunakan sumber daya bersama sama. Contohnya ialah menggunakan printer bersama dan membagi informasi dalam satu area. 

    Kelebihan Jaringan LAN 
    • Hemat biaya operasional 
    • Tidak memerlukan banyak kabel 
    • Keamanan yang lebih terjamin 
    • Data yang terpusat
    • Dapat memungkinkan penggunaan sumber daya secara bersama sama 

    Kekurangan Jaringan LAN
    • Jika komputer yang terhubung terlalu banyak maka jaringan akan melambat 
    • Saat satu komputer terkena virus maka komputer lainnya juga akan terkena virus

    2. Metropolitan Area Network (MAN)

    Jaringan komputer selanjutnya ialah Metropolitan Area Network (MAN) yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN pada kota yang sama. Biasanya jika kantor memiliki letak yang berdekatan pada sebuah kota maka jaringan MAN bisa dimanfaatkan untuk berbagai informasi. 

    Jaringan gedung dalam satu area kampus merupakan salah satu contoh penerapan dari jaringan MAN ini. Kantor cabang bank pada sebuah kota juga bisa memanfaatkan jaringan ini untuk tetap terhubung. 
    Setiap transaksi yang dilakukan bersifat real time sehingga data data pada server akan langsung diupdate saat itu juga. 

    Kelebihan Jaringan MAN
    • Transaksi data dapat dilakukan secara real time 
    • Penyebaran informasi dapat dilakukan dengan cepat, efisien dan lebih luas
    • Komunikasi antar kantor perusahaan dapat melalui email, video conference dan chatting

    Kekurangan Jaringan MAN
    • Pemasangan infrastruktur yang rumit dan tidak mudah 
    • Biaya operasional yang cukup mahal 
    • Jika terjadi permasalahan, maka penyelesaiannya cukup sulit 
    • Menjadi sasaran untuk cracker yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi oknum tidak bertanggung jawab

    3. Wide Area Network (WAN)

    Penjelasan mengenai jenis jenis jaringan komputer dan pengertiannya selanjutnya ialah Wide Area Network (WAN). Jika jaringan MAN tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, maka jaringan WAN bisa dimanfaatkan karena memiliki cangkupan yang lebih luas. 

    Jangkauan WAN bisa sangat besar seperti antar negara atau bahkan antar benua, jaringan ini menggunakan kabel fiber optic. Kabel tersebut kemudian ditanamkan di dalam tanah maupun dipasang di jalur bawah laut.

    Tujuan dari jaringan ini ialah perangkat dapat terhubung satu sama lain meskipun berbeda jarak. Contoh penerapan jaringan WAN ini ialah pemasangan CCTV untuk mengetahui arus lalu lintas pada berbagai titik lokasi. 

    Kelebihan Jaringan WAN
    • Seluruh file yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat diakses dengan mudah meskipun terpaut jarak yang sangat jauh
    • Cangkupan jaringan yang sangat luas 

    Kekurangan Jaringan WAN
    • Biaya operasional yang lebih mahal 
    • Memiliki kerentanan terhadap keamanan data 
    • Memiliki konfigurasi yang rumit dengan tingkat kesulitan tinggi 

    4. Personal Area Network 

    Jaringan selanjutnya ialah Personal Area Network (PAN) yang memiliki wilayah jangkauan yang sangat sempit. Perangkat yang bisa dihubungkan pada umumnya hanya mampu mencapai lima meter. Sesuai dengan namanya, jaringan ini hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi. 

    Contoh dari penerapan jaringan PAN ini ialah saat Kamu ialah menggunakan mouse bluetooth ke komputer. Saat menghubungkan speaker wireles ke komputer untuk mendengarkan musik juga menggunakan jaringan PAN. 

    Kelebihan Jaringan PAN
    • Dapat berbagai informasi pribadi dengan aman 
    • Komunikasi yang lebih efisien dan praktis tanpa ada gangguan dari pengguna lainnya
    • Memungkinkan berkirim data tanpa menggunakan kabel 
    • Memiliki jaringan yang lebih dekat

    Kekurangan Jaringan PAN
    • Area yang sangat terbatas
    • Tidak dapat mengirim beberapa file dalam satu waktu 
    • Sangat bergantung pada kekuatan sinyal 

    5. Internet 

    Salah satu jaringan komputer paling besar yang pernah diciptakan oleh manusia ialah internet. Dengan adanya internet, Kamu bisa melakukan apapun termasuk mengetahui berita dari berbagai negara secara langsung. Namun karena bisa diakses oleh semua orang, internet bagi sebagian orang juga merupakan salah satu jaringan komputer yang paling tidak aman. 

    Macam Macam Topologi Jaringan

    Macam macam topologi jaringan
    Macam macam topologi jaringan
    Setelah mengetahui tentang beragam jenis komputer, sekarang Kamu juga perlu memahami tentang topologi jaringan komputer. Istilah topologi merujuk pada tata letak berbagai  perangkat komputer yang terhubung. 

    Topologi jaringan merupakan suatu cara untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer berdasarkan hubungan geometris. Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya ialah dasar penyusun jaringan seperti danstation, link dan node. 

    Terdapat beberapa jenis topologi yang umum digunakan, pemilihan topologi didasarkan oleh beberapa hal. Diantaranya ialah tujuan, biaya, luas area jaringan hingga pengguna. Dari setiap jenis topologi memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Berikut ini ialah macam macam topologi jaringan beserta dengan penjelasannya

    1. Topologi BUS

    Jenis topologi yang paling sederhana dan merupakan topologi pertama yang digunakan ialah topologi BUS. Topologi jaringan ini memanfaatkan kabel sebagai komponen penting untuk menggabungkan perangkat. Setiap perangkat komputer harus terhubung ke satu kabel panjang yang memiliki beberapa terminal. 

    Pada bagian akhir kabel akan diakhiri oleh satu terminator, namun kini topologi BUS sudah jarang digunakan untuk membuat jaringan. Hal ini dikarenakan topologi bus memiliki beberapa kelemahan diantaranya ialah kemungkinan terjadinya aliran data yang bertabrakan. 

    Kelebihan Topologi Bus 
    • Tidak membutuhkan banyak kabel 
    • Biaya yang murah 
    • Jika ingin menambah jangkauan jaringan maka pengerjaannya cukup sederhana
     
    Kekurangan Topologi Bus 
    • Memiliki kecepatan jaringan yang cukup lamban 
    • Tidak cocok untuk digunakan pada lalu lintas jaringan yang padat 
    • Untuk melakukan troubleshoot cukup sulit untuk dilakukan

    2. Topologi STAR 

    Topologi Star banyak dipilih untuk membangun jaringan rumah, topologi ini memiliki inti yang disambungkan ke node lainnya. Setiap perangkat komputer yang ada pada jaringan akan terhubung dengan perangkat hub yang merupakan perangkat pusat. 

    Pada setiap perangkat membutuhkan kabel tunggal untuk dapat terkoneksi ke hub. Pilihan hub disini diantaranya ialah switch, router serta hub. Semua perangkat ini akan mengambil sinyal dari sembarang node yang kemudian diteruskan ke seluruh node dalam jaringan. Topologi ini memiliki karakteristik diantaranya ialah sangat fleksibel, mudah dikelola serta memiliki kecepatan tinggi. 

    Kelebihan Topologi Star 
    • Lebih mudah mengelola jaringan 
    • Jika terjadi kerusakan maka hanya akan mempengaruhi satu perangkat 
    • Lebih mudah memperluas jaringan tanpa mengganggu keseluruhan jaringan 
    • Untuk mengidentifikasi masalah dalam jaringan cukup mudah 
    • Memiliki kecepatan dalam transfer data yang sangat tinggi 

    Kekurangan Topologi Star 
    • Kinerja pada jaringan sangat bergantung pada perangkat hub tinggal 
    • Jika perangkat hub mengalami masalah maka seluruh perangkat akan mati 
    • Membutuhkan lebih banyak kabel untuk membangun jaringan 

    3. Topologi Ring 

    Topologi ring atau yang dikenal dengan topologi cincin merupakan salah satu topologi yang sering digunakan untuk membentuk jaringan komputer. Ciri khas dari topologi ini ialah memiliki titik titik yang saling terhubung di antara perangkat. 

    Jadi setiap perangkat terhubung dengan dua perangkat lainnya, semua informasi yang dikirim akan memiliki arah yang sama. Apabila terdapat kerusakan pada kabel, maka akan menurunkan performa dari seluruh jaringan. 

    Dalam proses penerimaan serta penerusan sinyal akan dibantu oleh token yang memiliki data data dari perangkat komputer sebelumnya. Kemudian data ini akan dikirimkan ke node selanjutnya, jika node tersebut membutuhkan data maka akan diterima dan jika tidak akan diteruskan kembali ke node berikutnya.

    Kelebihan Topologi Ring 
    • Mampu dirancang dengan mudah 
    • Memiliki biaya instalasi yang lebih murah 
    • Memiliki performa yang sangat baik 
    • Mudah melakukan pelacakan 

    Kekurangan Topologi Ring
    • Jika terdapat kesalahan pada satu node maka akan memberikan dampak ke seluruh jaringan
    • Jika titik yang digunakan semakin banyak maka proses pengiriman data akan lebih lama 
    • Proses yang terkesan kaku dan tidak fleksibel

    4. Topologi Pohon 

    Contoh topologi jaringan selanjutnya ialah topologi pohon yang merupakan gabungan dari beberapa topologi star dan topologi BUS. Beberapa topologi star disatukan dengan topologi star lainnya dengan memanfaatkan topologi bus. Hasilnya, jaringan komputer ini memiliki tingkatan dimana jaringan yang berada pada posisi lebih tinggi mampu mengontrol jaringan yang ada dibawahnya. 

    Kelebihan Topologi Pohon 
    • Memiliki jaringan yang lebih besar 
    • Memiliki akses seger
    • Jika satu sub node terputus maka tak akan mengganggu node lainnya 

    Kelemahan Topologi Pohon 
    • Pengelolaan jaringan yang cukup sulit 
    • Dapat melumpuhkan seluruh jaringan jika ada kesalahan pada satu komputer
    • Jumlah biaya yang dikeluarkan lebih banyak 

    5. Topologi MESH 

    Topologi MESH juga merupakan gabungan dari dua topologi yakni topologi Ring dan Star. Hal ini memungkinkan setiap perangkat dapat langsung berkomunikasi dengan perangkat yang dituju. Jaringan ini dibuat dalam jangkauan yang tidak terlalu luas namun membutuhkan komunikasi yang cepat antar perangkat. Namun, penggunaan topologi MESH ini sudah jarang digunakan 

    Kelebihan Topologi MESH 
    • Troubleshoot yang lebih mudah dilakukan 
    • Memiliki kapasitas channel untuk berkomunikasi antar perangkat yang terjamin
    • Fault tolerance, sistem mampu berjalan secara normal walaupun terdapat satu kerusakan pada komponen

    Kekurangan Topologi MESH 
    • Konfigurasi dan instalasi yang cukup sulit 
    • Biaya pemeliharaan jaringan yang lebih mahal 

    Penutup

    Itulah penjelasan mengenai pengertian dari jaringan komputer beserta jenis jenis jaringan komputer. Untuk membentuk jaringan komputer tentu dibutuhkan topologi jaringan yang sesuai dengan kebutuhan. Oke semoga informasi ini dapat membantu Kamu untuk menciptakan jaringan yang sesuai dan tepat, terimakasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.