Blogroll

Mengenali 10 Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Ukurannya



    Jenis jenis komputer berdasarkan ukurannya

    Perangkat komputer telah menjadi kebutuhan dan alat elektronik wajib pada zaman modern seperti sekarang ini. Perangkat ini memiliki jenis-jenis komputer berdasarkan ukuran, desain, hingga fungsinya. Semua itu untuk dapat mempermudah pengguna ketika mengoperasikannya.
    Baca juga : solusi dan penyebab bluescreen pada windows 10

    Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran

    Dalam dunia perkomputeran, tentu akan dijumpai beberapa jenis jenis komputer yang bervariasi dan keberadaannya perlu untuk diketahui, simak lebih lanjut ulasan lengkapnya di bawah ini:

    1. Personal Computer (PC)

    Jenis komputer pertama dalam deretan ini adalah personal komputer atau PC. Biasanya istilah ini untuk perangkat yang peletakannya di atas meja hanya layar monitor, mouse dan keyboard saja. CPU berada di bawah karena keduanya memang terpisah.

    Umumnya dimanfaatkan untuk keperluan melakukan pekerjaan dan edit data dalam waktu cukup lama, terutama para gamers. cara meningkatkan perangkat komputer ini terkesan lebih mudah daripada jenis yang lain untuk mendapatkan performa yang tinggi. Biasanya penggunaanya hanya individu (pribadi) atau personal (perorangan) saja. Awalnya nama perangkat ini adalah mikrokomputer. Harganya juga relatif lebih terjangkau dan banyak macamnya.

    Pendistribusian dan pengeluarannya pertama kali oleh perusahaan bernama IBM. Kemudian tanpa adanya rencana menjadikan nama perangkat berubah menjadi personal komputer atau PC. Dilengkapi juga dengan 3 komponen pentingnya yakni hardware, software dan brainware.

    2. Desknote

    Desknote merupakan komputer portable yang memiliki ukuran lebih kecil daripada jenis personal computer. Akan tetapi, perangkat ini tidak mempunyai baterai. Untuk menyalakan dan menggunakannya perlu adanya aliran listrik.

    Penyebutan desknote ini berdasarkan pada kemudahan dalam membawanya. Penggunaanya sering pada meja dengan catuan listrik. Perangkat ini juga dapat Anda lipat sehingga lebih mudah dalam proses penyimpanannya.

    Sumber daya desknote berasal dari listrik langsung melalui penggunaan terminal dan colokannya dan memiliki fungsi yang hampir sama seperti komputer atau personal computer (PC). Bahkan sangat mudah dalam hal penyimpanannya sehingga tidak membingungkan penggunanya.

    3. Laptop

    Laptop merupakan komputer dengan bentuk yang lebih ringkas dan portable. Sangat mudah untuk penggunanya bawa ke mana saja. CPU, monitor dan keyboardnya menyatu. Bentuknya menyerupai sebuah buku (tipis dan ramping). Untuk menggunakannya dengan cara membuka terlebih dahulu.

    Dalam Bahasa Inggris bernama “lap”. Penamaan laptop ini berasa dari kebanyakan para penggunanya yang meletakkannya di pangkuannya. Memiliki berat sekitar 1-6 kg per unitnya, namun juga tergantung spesifikasi dan bahan.

    Perangkat ini kebanyakan menggunakan baterai atau adaptor A/C sebagai sumber dayanya. Biasanya bisa bertahan dari 2-6 jam untuk menggunakannya. Tetapi, itu semua juga tergantung dari cara pemakaiannya, ukuran baterai laptop tersebut dan spesifikasinya juga.

    Ukuran layar liquid crystal display (LCD) perangkat ini biasanya sekitar 10-17 inci. Komponennya hampir sama dengan yang ada pada desktop, hanya ukurannya saja kecil, tidak mudah panas dan dayanya juga lebih hemat.

    4. Notebook

    Notebook mulai orang kenal setelah kepopuleran istilah laptop. Ukuran perangkat ini juga lebih tipis daripada komputer keluaran sebelumnya. Nama notebook ini berasal dari ketebalan benda ini hampir mirip dengan buku kecil yang dalam Bahasa Inggris bermakna “note”.

    Kebanyakan orang menyebutnya sebagai komputer jinjing (laptop) dengan ukuran sekitar 10 inci saja. Karena ukurannya yang lebih kecil daripada laptop membuatnya tidak mempunyai CD maupun DVD room pada perangkatnya.

    Notebook memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk menjalankan dan mengerjakan tugasnya di berbagai tempat dan situasi. Perangkat ini menjadi nama untuk merk dagang perangkat laptop. Sangat mudah untuk penggunanya gunakan di segala berbagai situasi dan kondisi. Sumber daya perangkat ini berasal dari baterai yang ada di dalamnya. Memiliki bermacam-macam spesifikasi untuk penggunanya.

    5. Netbook

    Netbook mulai ada sekitar 2 atau 3 tahun terakhir ini. Memenuhi kebutuhan penggunanya untuk dapat tersambung ke jaringan internet. Baik keperluan chatting update blog, facebook, membuat dokumen baru, surfing dan lain-lain.

    Untuk dapat melakukan semua hal tersebut, berbagai pabrik pembuatan alat elektronik, mereka berkompetisi menciptakan komputer portable ringan dengan harga relatif murah. Tetapi, tidak memiliki batasan-bataan fitur dengan spesifikasi mirip laptop dan notebook.

    Dari sinilah muncul perangkat bernama netbook ini. Untuk para netter (pelaku internet). Agar dapat lebih maksimal dan mudah dalam pemakaian internetnya. Perancangannya bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan akses internet.

    Umumnya netbook menggunakan Windows XP maupun Linux dalam basis sistem operasinya. Memiliki ukuran sekitar 4,8-13 inch per itemnya dan berat 2-3 pon saja. Harganya juga relatif lebih murah daripada laptop biasanya.

    6. Subnotebook

    Subnotebook merupakan perangkat notebook yang memiliki ukuran lebih kecil daripada alat elektronik sebelumnya. Berukuran sekitar 14-15 inci saja setiap unitnya dipadupadankan dengan layar monitor sebesar 10 hingga 13 inch dengan beragam bentuk.

    Memiliki berat kurang yang hanya 4 pon saja sehingga sangat mudah untuk penggunanya masukkan ke dalam tempat apapun ketika berpergian. Namun untuk orang dewasa yang memiliki ukuran jari rata-rata, biasanya akan mengalami kesulitan dalam menggunakan perangkat ini.

    Processor dan kapasitas perangkat ini memiliki kecepatan yang rendah, memorinya juga kecil. Penggunaannya untuk dapat menghemat tenaga baterai perangkat tersebut dengan ukuran yang tidak besar. Tidak memiliki optical drive, misalkan CD atau DVD writer. Namun, ada cara lain untuk menggunakannya, yakni memakai eksternal optical driver.

    7. Palmtop

    Palmtop merupakan komputer dengan ukuran yang semakin kecil, yakni sebesar telapak tangan saja. Dalam Bahasa Inggris istilahnya adalah palm. Bentuknya agak mirip dengan handphone, memudahkan penggunanya membawanya ke mana saja. Dapat berguna untuk mengirim serta menerima email dari seseorang kepada Anda. Dengan begitu orang sejauh apapun dapat memperoleh pesan melalui cara elektronik tersebut.

    8. PC Tablet

    PC tablet merupakan inovasi baru dari pabrik alat elektronik untuk input device selain mouse dan keyboard. Kemudian muncul alat tulis menyerupai pensil dengan nama stylus. Untuk menulis di layar monitor perangkat elektronik Anda.

    Layar monitor PC tablet dapat Anda putar dan lipat seperti menggunakan kertas biasa. Inovasi ini telah muncul sejak beberapa tahun yang lalu. Penggunaanya juga mulai banyak orang tinggalkan di zaman modern seperti sekarang.

    9. Rugged Laptop

    Rugged laptop merupakan laptop khusus untuk kondisi ekstrim. Misalkan pada tempat banyak goncangan atau memiliki potensi berbenturan, getaran atau tersiram air dan cuaca buruk. Harga perangkat ini paling mahal daripada jenis lainnya.

    Umumnya digunakan untuk pelaut, militer penyelam dan pekerja lapangan dengan tantangan dan kelembaban tinggi. Agar dapat melindungi perangkat elektronik Anda dari serangan serta bahaya dari luaran seperti itu.

    10. All In One PC (Touchscreen PC)

    All in one PC (touchscreen) memiliki motherboard, prosesor, memory dan komponen lain menjadi satu dengan monitornya. Memiliki ukuran yang berbeda-beda dan batasnya adalah 62 inch per itemnya.

    Lengkap dengan port keyboard serta mouse wireless. Layar perangkat tersebut juga dapat Anda sentuh sehingga mengaksesnya dapat hanya dengan menggunakan sentuhan jari saja ke arah menu yang pengguna inginkan.

    Biasanya untuk tempat umum, misalkan melayani pelanggan di bandara penerbangan, mall, rumah sakit dan berbagai fasilitas ramai lainnya. Hal ini karena penggunaannya yang lebih mudah dan efisien daripada jenis perangkat sebelumnya.

    Penutup

    Dengan memahami berbagai jenis-jenis komputer berdasarkan ukurannya diatas, pastinya Anda sudah bisa menentukan lebih lanjut untuk menggunakan perangkat yang mana. Oke demikianlah pembahasan singkat saya mengenai 10 jenis jenis komputer berdasarkan ukurannya, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar komputer