Blogroll

11 Jenis-Jenis Printer dan Fungsinya Bagi Pengguna Masa Kini



    Jenis jenis printer dan fungsinya

    Printer berfungsi untuk mencetak berbagai dokumen atau foto yang kini sering digunakan untuk berbagai keperluan baik oleh perseorangan, sekolah, perusahaan atau juga usaha percetakan. Anda perlu mengenali bermacam-macam fungsinya dari setiap jenis-jenis print agar tidak salah ketika membelinya.
    Baca juga : inilah fungsi hardware komputer berdasarkan kelompoknya

    Jenis-Jenis Print

    Teknologi printer memang sudah berkembang pesat untuk memenuhi perkembangan zaman sehingga kebutuhan banyak orang pun juga ikut berubah. Pada awalnya hanya berfungsi sebagai pencetak dokumen saja namun kini mulai berkembang sebagai alat scanner. Berikut beberapa jenis-jenis print dan kegunaannya:

    1. Printer Inkjet

    Printer inkjet ini merupakan jenis yang paling sering dijumpai untuk mencetak berbagai dokumen dalam kehidupan sehari-hari. Print ini akan menyemprotkan tinta ke permukaan kerta dan membentuk gambar atau tulisan sesuai dengan permintaan dari file penggunanya.

    Tintanya sendiri tersimpan di dalam cartridge tinta. Kelebihan dari printer jenis ini adalah sangat mendukung ketika diaplikasikan dalam dunia multimedia sebab kualitas dari hasil cetaknya memiliki grafis sangat baik. Anda bisa memilihnya untuk keperluan baik di rumah maupun usaha percetakan.

    2. Printer Laser Jet

    Printer laserjet akan menggunakan teknologi laser pada saat proses mencetaknya. Cara kerjanya pun cukup unik yakni sinar di dalam sebuah drum digunakan untuk membuat pola di atas permukaan kertas. Alat ini akan berputar melalui toner sesuai dengan dokumen yang akan dicetak.

    Printer jenis ini bekerja secara cepat serta memiliki cartridge yang mampu bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan jenis printer lainnya. Warna yang dimilikinya pun bervariasi yaitu CMYK atau cyan, magenta, yellow and black. Kualitas hasil cetaknya sangat baik dan tajam sehingga mampu menghemat konsumsi tinta dalam jangka waktu lama.

    3. Printer Dot Matrix

    Printer ini bekerja layaknya mesin tik sehingga cetakan akan ditangkap bersama karbon. Mengingat bahwa proses pencetakan menggunakan pita maka warna yang dihasilkan juga terbatas bisanya hanya terdiri dari hitam atau merah saja. Kecepatan cetaknya pun cukup rendah sekitar 500 karakter per detik.

    Keunggulan dari jenis printer ini adalah bisa mencetak secara rangkap sekaligus. Ukuran dari kertas yang digunakan dapat disesuaikan hingga cenderung lebih lebar daripada biasanya. Biaya pita printernya juga terbilang cukup rumah sehingga Anda juga dapat menekan pengeluaran atas budget perawatan.

    4. Printer LED/ LCD

    Jenis printer ini memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan laser jet. Perbedaannya hanya terletak di sumber pembuat polanya yakni memakai teknologi berupa light emitting code untuk membuatnya di atas drum. Hasil cetakannya pun sangat baik dan tajam di atas permukaan kertas. Berbeda dengan sumber pembuat yang diterapkan pada laserjet akan menggunakan teknologi berupa laser namun memiliki prinsip kerja serupa printer LED/ LCD. Anda bisa memakainya untuk mencetak teks maupun grafis. Jangan lupa menyimpannya dalam keadaan baik dan tersimpan rapi.

    5. Printer Plotter

    Printer jenis ini memiliki beberapa kelebihan yakni cocok jika Anda menggunakannya untuk mencetak grafis seperti stiker ataupun vinyl pada permukaan kertas. Jenis plotter ini banyak digunakan pada usaha percetakan banner, poster dan sejenisnya. Ada dua macam yakni drum platter dan flatbed plotter.

    Kelebihan dari jenis printer ini yakni mampu mencetak kertas dengan ukuran yang cukup lebar namun tetap memiliki kecepatan cetak yang cukup baik. Sayangnya harganya memang cenderung lebih mahal serta ukuran dimensinya sangat memakan ruang. Tipe ini juga dikatakan boros tinta selama pemakaian.

    6. Printer Inkjet Bisnis

    Berbeda dengan printer inkjet pada umumnya, jenis ini memang bisa digunakan dalam skala besar guna mengakomodasi keperluan kantor yang memang memerlukan ketergantungan cukup tinggi pada hal urusan cetak mencetak. Daya tahannya diakui relatif baik sehingga dipilih untuk kebutuhan bisnis.

    Printer inkjet ini mempunyai beberapa kelebihan apabila dibandingkan dengan jenis serupa pada umumnya. Tipe ini memiliki kemampuan dalam menghasilkan cetakan yang berkualitas, lebih detail dan terlihat tajam dan nyata. Sayangnya Anda perlu menunggu hasil cetak agar kering secara pasti.

    7. Printer A3

    Sesuai namanya, printer ini mampu mencetak halaman pada kertas yang berukuran lebih besar yakni A3. Biasanya banyak digunakan untuk keperluan kantor atau tugas kuliah dalam skala cetakan dengan ukuran ini. Akan tetapi Anda juga bisa menggunakan lembaran berukuran lainnya selain A3.

    Printer A3 akan menggunakan teknologi laser atau ada juga yang menerapkan sistem inkjet. Beberapa keunggulan dari jenis ini adalah mempunyai ukuran cetak lebih besar serta opsi relatif luas. Anda harus menyiapkan biaya awal cukup tinggi seba harganya memang dibanderol mahal di pasaran.

    8. Printer Serbaguna

    Printer jenis ini bisa melakukan banyak pekerjaan dengan mencetak di dalam satu tempat. Sesuai namanya, tipe ini dapat Anda gunakan untuk menyalin (copy), memindai (scan), dan juga mengirim faksimile menggunakan cara lebih sederhana dan efisien. Sebutan lainnya yaitu printer all in one.

    Printer ini cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan kantor atau rumah agar pekerjaan dianggap lebih efisien. Beberapa keuntungannya yakni tidak membutuhkan banyak biaya guna membeli perangkat sekaligus untuk menyalin atau memindai. Hanya saja tidak sesuai apabila diaplikasikan di skala besar.

    9. Printer Tinta Padat

    Printer ini biasa digunakan untuk mengaplikasikan tinta cair seperti lilin pada saat mencetak berbagai dokumen. Teknologi ini nyatanya sudah ada sejak tahun 1986 silam. Tektronix yang berada di Amerika Serikat tepatnya di Orgen merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan produksi pencetakan ini.

    Cara kerjanya yakni ketika pengguna mengklik print, bayangan tinta padat di dalamnya akan dipanaskan sehingga mencapai titik leleh. Nantinya pelelehan tersebut ditransfer ke selembar kertas untuk membentuk pola sesuai dengan permintaan dokumen sehingga tekstur tampak seperti lilin.

    10. Printer Daisy Wheel

    Printer ini merupakan mesin cetak yang menggunakan roda atau wheel selama mencetaknya dengan berisikan karakter. Kelebihan dari jenis ini adalah hasil cetaknya memiliki kualitas cukup baik sehingga bisa dibilang sebagai letter quality printer. Sayangnya proses pencetakannya lambat hanya 55 cps.

    Roda berisikan karakter ini terletak di dalam lengan plastik yang berada di pusat wheel sehingga membentuk daisy atau bunga seruni. Nantinya akan berhenti sesuai dengan keinginan polanya. Selanjutya karakter diketuk menggunakan pemukul baru dicetak di permukaan kertas.

    11. Printer ID Card

    ID card printer ini merupakan printer desktop elektronik menggunakan sistem single card feeders ntuk mencetak dan mempersonalisasi kartu. Jenis ini harus ada jika Anda menggunakannya sebagai pencetak kartu nama baik secara perorangan maupun komersial.

    Printer ID card ini dikendalikan oleh sebuah driver printer yang sudah sesuai dengan suatu bahasa pemrograman. Pencetakan hanya akan berlangsung apabila kartu pvc telah ditentukan. Sistem cetak memakai teknologi thermal dimana semakin tinggi modelnya membuat harga kian mahal.

    Itulah tadi ulasan mengenai 11 jenis-jenis print yang bisa dijumpai baik digunakan untuk kepentingan pribadi maupun komersial. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan sekolah, kantor, perkuliahan atau sedang mendirikan usaha percetakan.