Blogroll

Pengertian dan 5 Jenis Kabel HDMI Pada Perangkat Elektronik



    Jenis kabel HDMI

    Hingga kini jenis kabel HDMI dapat dengan mudah anda temui pada berbagai macam alat elektronik modern, seperti smartphone, kamera digital, handphone, laptop, komputer dan berbagai macam perangkat elektronik lainnya yang dapat dikatakan telah menggunakan jenis kabel hdmi ini. Meskipun begitu, banyak orang yang belum mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu HDMI dan fungsinya terhadap berbagai alat elektronik modern saat ini.
    Baca juga : pengertian, macam-macam ip address dan fungsinya

    Pengertian HDMI

    HDMI merupakan singkatan kata dari High Definition Multimedia Interface. Pada kabel jenis HDMI mempunyai fungsi utama sebagai tempat untuk menerima serta mengirim data dengan kecepatan transfer yang relatif sangat tinggi apabila dibandingkan dengan jenis kabel elektronik yang lain. Nah pada umumnya, jenis kabel HDMI ini cukup beragam dan terdapat berbagai tipe yang digunakan pada perangkat elektronik modern, simak lebih lanjut pembahasannya di bawah ini.

    Tipe kabel HDMI berdasarkan konektor

    Tipe kabel HDMI

    1. Konektor HDMI tipe A

    Tipe kabel hdmi ini ialah salah satu jenis yang sangat umum digunakan pada benda elektronik saat ini, Socket pada konektok tipe ini seringkali ditemui pada perangkat laptop dan Blue Ray untuk menghubungkan kabel HDMI dengan perangkat elektronik lainnya yang menggunakan jenis konektor pada tipe yang sama.

    Perlu diketahui juga bahwa ukuran pada konektor HDMI tipe A mempunyai besaran 13,99 mm x 4,45 mm. Kemudian koneksi tipe A juga seringkali disebut sebagai HDMI full size connector, hal ini disebabkan karena didalam konektor tipe A menggunakan 19 pin.

    2. Konektor HDMI tipe B

    Tipe kabel hdmi yang kedua adalah konektor tipe B. Tipe satu ini mempunyai dimensi ukuran yang lebih besar dibanding dengan konektor tipe A, tentu hal ini juga memiliki dampak pada bagian pin yang digunakan. Bagian konektor hdmi pada tipe B ini memiliki jumlah 29 pin.

    Sehingga jenis perangkat yang dapat disambungkan pada tipe kabel ini mempunyai perbedaan dengan konektor tipe sebelumnya. Perlu diketahui juga bahwa kabel hdmi tipe B ini lebih sering ditemui pada perangkat elektronik seperti televisi, terutama UHDTV.
    Maka dengan ukuran tersebut, konektor HDMI tipe C ini sering disebut sebagai mini connector. Namun, apabila dilihat melalui bagian konektor, hdmi tipe C terdapat sedikit kesamaan dengan tipe A yang mempunyai 19 pin. Tipe C lebih sering dimanfaatkan pada perangkat elektronik yang mempunyai ukuran mini hingga sedang. Diantaranya seperti ponsel, tablet, alat camcorder dan perangkat elektronik lainnya.

    4. Konektor HDMI tipe D

    Yang selanjutnya adalah konektor tipe D, tipe ini mempunyai ukuran yang terbilang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan tipe konektor yang sebelumnya. Untuk ukuran yang dipakai pada konektor hdmi tipe D ialah 2,8 mm x 6,6 mm. Sehingga dengan skala tersebut, kabel konektor tipe D ini disebut dengan HDMI micro connector.

    Walaupun mempunyai skala dan bentuk yang terbilang kecil, dalam segi konektor kabel tipe D mempunyai jumlah 19 pin yang berarti hal ini serupa dengan tipe C ataupun tipe A. Ada banyak contoh pada perangkat yang menggunakan konektor HDMI kabel tipe D, diantaranya seperti kamera digital, perangkat pintar atau smartphone modern, MP5, MP3 dan berbagai bentuk perangkat elektronik lainnya.

    5. Konektor HDMI tipe E

    Jenis konektor hdmi yang terakhir adalah tipe E. Penggunaan pade tipe ini sedikit lebih berbeda dengan berbagai tipe kabel HDMI lainnya. Untuk kabel HDMI tipe E ini dikhususkan untuk benda kendaraan bermotor ataupun kendaraan roda empat.

    Pada umumnya jenis kabel HDMI tipe E ini terdapat sebuah pengikat supaya kabel susah terlepas yang disebabkan oleh guncangan ataupun getaran pada kendaraan. Adapun contoh pada perangkat yang menggunakan kabel HDMI tipe C adalah aplikasi android yang dikhususkan untuk motor injeksi.

    Jenis kabel HDMI berdasarkan tahun keluar

    Jenis kabel HDMI
    Kemudian setelah membahas mengenai jenis kabel HDMI berdasarkan konektornya, sekarang kita akan membahas mengenai jenis kabel HDMI berdasarkan tahun keluarnya. Nah untuk lebih jelasnya, simak lebih lanjut penjelasannya di bawah ini.

    HDMI 1.1

    Jenis kabel HDMI yang pertama ialah HDMI 1.1 yang diluncurkan pertama kali sekitar bulan mei pada tahun 2004. Kemudian kabel ini hanya bisa digunakan terhadap perangkat audio saja, diantaranya seperti perangkat VCD dan DVD.

    HDMI 1.2

    Kemudian generasi selanjutnya ialah jenis HDMI 1.2 yang berhasil diluncurkan pada bulan agustus tahun 2005. apabila dibandingkan dengan versi yang sebelumnya, tentu HDMI 1.2 lebih kompatibel terhadap banyak perangkat elektronik seperti komputer hingga perangkat CD super audio yang mempunyai 8 kanal satu bit.

    HDMI 1.2a

    HDMI 1.2a merupakan versi upgrade dari 1.2 yang terdapat beberapa perubahan pada bagian komponen CEC atau Consumer Electronic Control yang kehadirannya dapat dimanfaatkan dengan lebih leluasa. Lebih dari itu, tidak ada fitur tambahan lainnya.

    HDMI 1.3

    Versi kabel hdmi yang terakhir adalah HDMI 1.3 yang diluncurkan pada tahun 2006, jenis kabel ini sering ditemui dan cukup banyak digunakan pada perangkat elektronik masa kini. Perlu diketahui juga bahwa pada versi 1.3 terdapat banyak komponen dan fitur yang mengalami sejumlah peningkatan atau upgrade yang lebih baik apabila dibanding dengan versi kabel hdmi sebelumnya.

    Pada bagian peningkatan kabel versi ini dapat dilihat pada bagian ukuran lebar pitanya yang lebih besar hingga 340MHZ, kemudian versi ini juga kompatibel dengan banyak warna seperti xvYCC, 30bit, 36bit serta 48bit. Tentu HDMI versi 1.3 juga dapat mendukung sistem audio stream moderm seperti DTSHD master audio sttram dan Dolby TruHD.

    Penutup

    Nah diatas tadi merupakan pembahasan mengenai jenis jenis kabel pada perangkat elektronik yang perlu diketahui. Saat ini kabel HDMI dapat dikatakan mengalami beberapa peningkatan pada jenisnya masing masing, hal ini juga tergantung pada berbagai macam perangkat elektronik yang diperlukan. Mungkin banyak dari kita yang sulit mengetahui perbedaan kabel HDMI dan VGA yang pada fisiknya memiliki bentuk yang hampir sama, namun dua jenis kabel tersebut tentu mempunyai sebuah perbedaan yang perlu diketahui juga.

    Meskipun saat ini kabel HDMI mempunyai banyak kelebihan saat digunakan, seiring dengan pesatnya perkembangan jaringan komputer, beberapa jenis kabel HDMI mulai tergerus oleh zaman dan tergantikan dengan media transmisi wireless atau jaringan nirkabel yang mempunyai kelebihan seperti jauh lebih efisien, tanpa ribet dan lain sebagainya. 

    Namun begitu, kabel HDMI ini kehadirannya masih diperlukan, terutama dalam hal kecepatan yang lebih stabil dan optimal. Semoga penjelasan diatas tadi dapat membantu dan menambah informasi anda seputar jenis jenis kabeh HDMI, sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di website mas dzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.