Blogroll

13 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Power Point Bagi Pengguna



    Kelebihan dan kekurangan microsoft power point

    Microsoft power point merupakan salah satu program dari paket microsoft office yang mempunyai fungsi khusus dalam melakukan pembuatan slide dokument yang digunakan untuk menjalankan sebuah presentasi, Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar beberapa kelebihan dan microsoft power point yang perlu diketahui agar menambah informasi serta wawasan anda.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft windows
    Mungkin banyak dari anda para pembaca pernah memanfaatkan program power point untuk melakukan suatu presentasi, hal ini dapat disebabkan karena software ms power point mempunyai berbagai keunggulan dalam membuat dokument slide presentasi dibanding dengan program lainnya. Perlu diketahui juga bahwa di dalam program ini terdapat sebuah fitur untuk menambahkan tampilan animasi, tayangan video dan file gambar yang dapat membuat hasil presentasi anda menjadi lebih berkualitas.

    Oke langsung saja ke inti utama pembahasan artikel, berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan microsoft power point yang perlu diketahui, simak lebih lanjut penjelasan lengkapnya dibawah paragraf ini. 

    Kelebihan Microsoft Power Point

    Kelebihan microsoft power point
    Kelebihan microsoft power point

    1. Pembuatan slide presentasi yang mudah

    Kelebihan power point yang pertama adalah pembuatan slide presentasi yang mudah, bagi anda yang sering melakukan kegiatan presentasi secara umum dan membutuhkan alat bantu seperti screen projector dapat dipastikan akan membutuhkan program ini agar lebih mempermudah pekerjaan anda ketika melakukan presentasi. 

    Kehadiran program microsoft power point tentu akan lebih mempermudah para presentator dalam menampilkan inti atau point utama dari presentasi yang ditujukan kepada para pemirsanya, Maka dari itu anda dapat menyiapkan sebuah slide dokumen presentasi menggunakan program ini dengan mempunyai kualitas yang baik secara cepat dalam hitungan jam hingga beberapa menit saja, tentu hal ini juga tergantung dari kemampuan masing masing pengguna. 

    2. Terdapat fitur export dokumen ke pdf

    Keunggulan power point yang selanjutnya ialah terdapat fitur export dokumen ke format pdf. Fitur ini dapat anda manfaatkan saat anda memerlukan sebuah file yang menjadi pegangan bagi para audience dan agak ragu dalam mendistribusikan file presentasi karena mungkin para audience anda tidak mempunyai power point yang berakibat tidak dapat membuka file tersebut, dengan tersedianya fitur export ke pdf ini anda tidak perlu bingung untuk membagikan file dan dapat dipastikan para audience dapat membuka file presentasi dengan format pdf dengan lebih mudah.

    Kemudian lebih dari itu, kelebihan ini juga sangat membantu saat pengguna hendak melakukan print file atau mencetak setiap slide presentasi yang telah dibuat sebelumnya. Perlu diketahui juga bahwa file berformat pdf telah didukung oleh banyak platform dan dapat dibuka dengan mudah serta dapat melakukan print melalui berbagai platform seperti perangkat smartphone ataupun komputer.

    3. Dilengkapi beragam alat bantu yang lengkap

    Program microsoft power point juga terpasang dengan berbagai alat bantu untuk para penggunanya seperti menambahkan gambar, memilih animasi, menyisipkan vidio, mengubah model tulisan dan berbagai alat bantu lainnya yang tentunya akan membuat hasil presentasi anda menjadi lebih optimal dan sempurna. 

    Lebih dari itu, pengguna power point juga dapat menyisipkan sejumlah audio didalam dokumen presentasi agar menjadi lebih menarik dan dapat menghidupkan suatu perasaan tertentu saat menyampaikan presentasi didepan umum. Maka dari itu hal ini merupakan salah satu kelebihan power point yang dibutuhkan oleh para pengguna dalam membuat presentasi dengan cepat dan mudah.

    4. Tersedia fitur kolaborasi

    Bagi anda yang sering dikejar waktu deadline, tentu akan sangat membutuhkan sejumlah bantuan agar bisa melakukan pengerjaan file dokumen secara bersama sama. Maka dari itu dengan adanya fitur kolaborasi yang diluncurkan oleh microsoft ini, para pengguna dapat menyelesaikan dokumen presentasi power point dengan lebih cepat secara bersamaan dengan beberapa partner online anda dari tempat atau perangkat komputer yang berbeda.

    Tentu hal ini akan lebih mempermudah dan mempersingkat waktu ketika membuat sebuah slide dokumen untuk keperluan presentasi, terlebih lagi jika waktu deadline dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dibutuhkan sangatlah terbatas.

    5. Mempunyai fitur authoring yang canggih

    Ketika selesai membuat dokumen, tentu anda ingin segera melindungi dokumen dari berbagai pihak tidak bertanggung jawab yang memungkinkan mencopy isi file atau beragam tindak kejahatan lainnya mengenai hak cipta dokumen tersebut. tak perlu risau lagi bahwa microsoft telah menghadirkan beragam cara untuk mengatasi permasalahan ini, seperti terdapat fitur authoring yang canggih untuk menjaga keutuhan isi presentasi agar tidak jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab selain persetujuan anda sebagai pemilik dokumen.

    Tentu dengan adanya fitur authoring yang canggih, anda sebagai pemilik dokumen dapat melakukan tindakan pengamanan dokumen tambahan seperti memberi watermark dokumen, menambahkan password, hingga memberi enkripsi isi dokumen presentasi yang sebelumnya telah dibuat dengan menggunakan program microsoft power point.

    6. Terdapat fitur cloud service microsoft

    Hingga kini perusahaan microsoft sedang memfokuskan berbagai upaya untuk mempromosikan produk berbasis cloud servicenya yakni one cloud service, Tentu perusahaan besar seperti microsoft menolak kalah dengan para pesaingnya seperti dropbox ataupun perusahaan google dalam mengembangkan produk tersebut. 

    Perlu diketahui juga bahwa microsoft pada awalnya memang sengaja menyisipkan fitur service dari one cloud kedalam program power point dengan cara tersedianya tombol pilihan save to one cloud, lebih dari itu microsoft juga menggunakannya sebagai pengaturan default penyimpanan sebelum user hendak memilih media untuk menyimpan hasil data dokumen yang dibuat ke tempat penyimpanan komputer.

    7. Pilihan template yang beragam

    Kelebihan microsoft power point yang terakhir adalah pilihan template yang beragam. sebelum membuat slide presentasi anda dapat memilih template desain terlebih dahulu sesuai selera anda untuk menjadikan hasil presentasi menjadi lebih menarik. terlebih lagi saat ini banyak template microsoft power point bertebaran yang dapat didapatkan dengan gratis dan mudah di google.

    Kekurangan Microsoft Power Point

    Kekurangan microsoft power point
    Kekurangan microsoft power point

    1. Harga lisensi microsoft office lumayan mahal

    Bagi anda yang mempunyai badan usaha kecil atau berdiri sendiri terkadang harus memerlukan program sejenis microsoft power point ini, tentu harga lisensi original dari program microsoft ini mempunyai harga yang relatif mahal dan tidak sepadan dengan pemasukan. 

    Hal ini juga disebabkan karena pihak microsoft meluncurkan berbagai softwarenya dengan target konsumen yang berasal dari golongan pengusaha atau perusahaan besar, akan tetapi juga dilengkapi dengan dukungan dan berbagai pembaruan yang terus dilakukan oleh perusahaan microsoft. Tentu hal ini dapat menjadikan program microsoft tetap diminati dan digunakan oleh para pengguna komputer di berbagai belahan dunia.

    2. Dokumen yang dihasilkan tidak stabil pada tiap versi power point

    Kelemahan microsoft power point yang selanjutnya adalah dokumen yang dihasilkan tidak stabil pada tiap versi power point, permasalahan ini juga seringkali ditemukan pada beberapa software yang dibuat oleh microsoft seperti microsoft word dan microsoft publisher. 

    Faktor ini belum diketahui penyebabnya, seringkali beberapa dokumen yang dihasilkan oleh software ms office versi sebelumnya tidak dapat digunakan terhadap versi baru, Contoh mudahnya ialah anda membuat dokumen menggunakan versi office 2007, nah saat hendak membuka dokumen tersebut menggunakan versi yang lebih baru seperti 2010, maka file tersebut tidak dapat dibuka atau mengalami crash, hal ini juga terjadi pada versi sebaliknya. 

    Hal ini juga terjadi pada microsoft power point yang seringkali membuat pusing dari sisi penulis dokumen yang terjadi update atau pembaruan secara tiba tiba saat program office tengah digunakan untuk bekerja.

    3. Tidak dapat diakses oleh platform lain selain microsoft

    Program microsoft power point hanya bisa dipakai terhadap platform sistem operasi windows saja dan pihak microsoft tidak meluncurkan atau menyediakan versi program power point untuk digunakan di platform yang lain seperti os linux ataupun MacOS.

    Tentu hal ini akan menjadikan hasil pekerjaan yang telah dibuat dan menggunakan program ini tidak dapat diakses atau dikerjakan kembali melalui platform sistem operasi lainnya selain windows. Sedangkan cukup banyak badan usaha atau perusahaan yang tidak terpasang platform sistem operasi microsoft yakni os windows yang disebabkan karena mahalnya harga lisensi original untuk satu paket software office.

    4. Termasuk software berat

    Untuk dapat menggunakan program microsoft office ini, perangkat komputer anda harus mempunyai standart spesifikasi yang baik. Untuk perangkat komputer lama dengan ukuran spesifikasi yang rendah mungkin akan lebih sulit untuk mengoperasikan program microsoft power point ini dan bisa saja mengalami kerusakan system atau hang.

    5. Akses terbatas jika menggunakan fitur standard

    Kekurangan dari microsoft power point yang selanjutnya adalah akses yang terbatas jika menggunakan fitur standard. Akses terbatas yang saya maksud adalah ketika menggunakan template yang tersedia secara default atau standard yang didalamnya hanya dapat melakukan menu editing secara simple. Nah anda dapat mengatasinya dengan cara melakukan unduhan berbagai variasi template pada mesin pencarian google.

    6. Tampilan animasi yang kurang menarik

    Kelemahan power point yang terakhir adalah tampilan animasi yang kurang menarik dan terkesan kaku, hal ini seringkali menjadi permasalahan umum ketika menggunakan program microsoft power point. Akan tetapi anda tidak perlu cemas, pada ms power point versi baru telah mengatasi permasalahan ini dan mungkin hanya berlaku pada versi lama seperti 2007 atau 2003.

    Penutup

    Intinya dari artikel ini adalah program microsoft power point merupakan software alat yang mempunyai fungsi untuk membuat slide presentasi dengan dilengkapi kemampuan fitur yang bagus, tentu hal ini juga tergantung dari keahlian dari masing masing pengguna. Walaupun mempunyai harga yang lumayan mahal, microsoft power point terdapat beragam variasi alat serbaguna dalam membuat slide presentasi yang membuat program layak untuk dimiliki.

    Oke demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari microsoft power point yang telah saya rangkum dari beberapa sumber, semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna dan menambah wawasan anda seputar microsoft power point. Terimakasih telah berkunjung di website masdzikry dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.