Blogroll

14 Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice Bagi Pengguna



    Kelebihan dan kekurangan openoffice

    Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai berbagai kelebihan dan kekurangan openoffice, mungkin bagi sebagian besar orang belum mengetahui dan terdengar asing terhadap program openoffice, tentu hal ini disebabkan karena saat ini banyak pengguna komputer mempunyai pandangan bahwa untuk bisa melakukan berbagai kegiatan office hanya bisa melalui program buatan microsoft corporation yang bernama microsoft office, diantaranya seperti mengetik, membuat dokumen, membuat kerangka dokumen, menghitung keuntungan, mengedit dokumen dan sebagainya. 
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft power point
    Hingga kini setiap orang lebih paham dan mengetahui berbagai istilah dari program microsoft power point, microsoft word, microsoft excel, microsoft publisher dan berbagai program dari microsoft office lainnya, hal ini tentu berbanding terbalik dengan program openoffice yang kehadirannya tidak diketahui oleh banyak orang. Nah untuk lebih jelasnya mengenai kelebihan dan kekurangan openoffice, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

    Pengertian OpenOffice

    OpenOffice merupakan software perkantoran yang memiliki fungsi untuk mengolah data dan angka, software ini sepenuhnya gratis serta dapat menjadi alternatif lain selain program microsoft office ketika pengguna ingin mempunyai software perkantoran tanpa memerlukan biaya yang dirasa cukup mahal. 

    Saat ini telah banyak macam program yang berfungsi untuk melakukan pengolahan data ataupun angka, nah program OpenOffice adalah salah satunya. Tentu sebagai program yang mempunyai kegunaan untuk melakukan berbagai kegiatan perkantoran, program Open Office dapat dikatakan juga mempunyai fungsi untuk menghitung, mengolah data, chart, pembuatan presentasi, drawing, formula editing, web editor dan fungsi lainnya.

    Program OpenOffice juga dilengkapi dengan format default dokumen .odt dan dapat mendukung berbagai format dokumen yang tersedia. Lebih dari itu, program OpenOffice juga dibuat untuk sepenuhnya mendukung terhadap operasi sistem windows yang saat ini banyak digunakan di perangkat laptop ataupun komputer oleh banyak pengguna di berbagai belahan dunia. Selain sistem operasi windows, program openoffice juga support pada os GNU/Linux, MAC OS, BSD Solaris yang mempunyai artian bahwa setiap orang dapat menggunakan secara gratis dan mengembangkan openoffice sesuai keinginan para usernya.

    Kelebihan OpenOffice

    Kelebihan openoffice
    Kelebihan openoffice
    Program Apache OpenOffice atau dikenal dengan software ooo ini mempunyai beragam kelebihan dan keunggulan yang menarik untuk diulas, nah untuk lebih jelasnya simak pembahasan keunggulan openoffice di bawah ini.

    1. Bersifat open source

    Kelebihan open office yang pertama ialah program yang bersifat open source, apache open office merupakan perangkat lunak yang bersifat open source atau sepenuhnya gratis untuk digunakan oleh siapapun tanpa memerlukan biaya lisensi tambahan. 

    Hal ini berbanding terbalik dengan software microsoft office yang penggunaannya membutuhkan sejumlah lisensi dengan harga yang cukup mahal dan tidak disediakan secara gratis bagi para penggunanya. Maka dari itu, kamu dapat memanfaatkan program apache open office yang bersifat open source dan bebas untuk digunakan tanpa perlu mengeluarkan sejumlah uang serta dapat dipakai secara fleksibel sesuai dengan bentuk lisensi GNU LGPL. 

    Bagi kamu yang hendak menggunakan program apache open office secara profesional, mungkin akan memerlukan sedikit biaya tambahan untuk melakukan pembelian berbagai buku panduan yang tersedia seputar program tersebut.

    Dengan sifatnya yang open souce tentu menjadi salah satu kelebihan pada openoffice, karena siapapun penggunanya tidak harus bergantung terhadap suatu perusahaan tertentu untuk bisa mengembangkan lebih lanjut terhadap paket program office yang berasal dari OpenOffice. Hal ini tentunya juga didasari dengan tetap mengikuti aturan lisensi yang telah ditetapkan.

    2. Dapat berjalan pada banyak platform sistem operasi

    Keunggulan openoffice yang selanjutnya ialah dapat berjalan pada banyak platform sistem operasi komputer yang diantaranya seperti Windows, Linux, Macintosh, Unix, BSD Solaris dan sistem operasi lainnya. Maka dari itu, dengan adanya kelebihan ini anda dapat menggunakan apache openoffice dengan bebas di berbagai platform sistem operasi komputer yang diinginkan.

    Tentu hal ini berbanding terbalik dengan program microsoft office yang hanya dapat digunakan atau berjalan pada platform operasi sistem windows dan macintosh. Hal ini juga memiliki artian bahwa para pengguna microsoft office tidak dapat menggunakannya lagi apabila hendak berpindah ke operasi sistem selain windows seperti linux, bsd solaris, unix dan os lainnya.

    3. Format dokumen yang lebih fleksibel

    Setiap orang yang menggunakan open office akan diuntungkan dengan bentuk format dokumen yang lebih fleksibel, hal ini mempunyai artian bahwa spesifikasi dokumen yang dibuat dengan program apache open office dapat dibuka dengan mudah walaupun belum melakukan instalasi program open office.

    Dan bila memungkinkan anda juga dapat melakukan implementasi setiap paket office yang hendak dibaca dan menyimpan file dokumen ke bentuk format dokumen yang dimiliki oleh open office. Hingga kini telah banyak variasi program yang dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan atau membuka format dokumen dalam bentuk format open office.

    4. Mendukung format microsoft office dan jenis format office lainnya

    Dengan menggunakan apache openoffice akan lebih mempermudah anda dalam mengelola berbagai format dokumen sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan program apache open office mendukung berbagai format dokumen yang beragam, maka dari itu pengolahan sebuah data dalam bentuk format openoffice akan tetap dapat diakses dengan mudah pada format office yang lain seperti microsoft office, Lotus, AutoCAD, WordPerfert dan sebagainya.

    Akan tetapi format dokumen yang dihasilkan oleh program apache open office kurang stabil apabila diakses melalui microsoft office pada versi sebelumnya, namun saat ini open office terus melakukan pengembangan dan menyempurnakan proses dari hasil pengolahan data tersebut dan mungkin akan lebih stabil pada versi yang akan datang.

    5. Akses database yang terbuka dan beragam

    Keunggulan open office yang selanjutnya ialah akses database yang terbuka dan beragam, tentu dengan adanya fitur dukungan ini para pengguna dapat menghubungkan program apache open office ke dalam berbagai jenis database yang dibutuhkan dengan mudah tanpa memerlukan biaya tambahan.

    6. Terdapat fitur ekspor ke PDF dan berbagai format lainnya dengan mudah

    Hingga kini, tindakan ekspor dari format dokumen ke bentuk PDF seringkali dibutuhkan oleh para pengguna yang bertujuan untuk dapat mengakses dokumen yang telah dibuat dengan lebih cepat dan mudah. Dengan menggunakan open office anda juga dapat melakukan convert ke berbagai jenis format dokumen lainnya yang diinginkan.

    Walaupun program sejenis microsoft office telah mempunyai kelebihan seperti ini, akan tetapi apache openoffice telah lebih dahulu mempunyai fitur convert atau ekspor ke format PDF hingga ke beragam format dokumen lainnya.

    7. Tata letak yang dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna

    Dalam segi tampilan, open office menawarkan desain yang cukup berbeda daripada yang lain karena pada bagian tata letaknya dapat diatur dengan mudah sesuai dengan selera. Tentu hal ini para pengguna dapat sesuka hati mengatur tampilan desain ataupun melakukan editing terhadap file XML.

    Kemudian saat menggunakan open office pada bagian user interface juga dapat diatur dengan bebas seperti mengubah desain tampilan menu bar default, mengganti icon, mengatur menu dan sebagainya. Tentu hal ini juga menjadi salah satu kelebihan pada open office yang cukup menarik dibanding program office lainnya.

    8. Dukungan bahasa pemrograman yang beragam

    Dengan sifatnya yang open source, tentu open office dibangun dan mendukung bahasa pemrograman yang bervariasi seperti bahasa c++, phyton, php, javascript dan sebagainya. Lebih dari itu, setiap tahun kemungkinan akan mengalami pembaharuan yang dilengkapi dengan dukungan berbagai bahasa program yang terus bertambah.

    9. Fitur wizard untuk konversi format dokumen microsoft office

    Apabila anda mempunyai banyak file dokumen program microsoft office yang terdiri dari ms word, powerpoint, excel atau komponen program ms office lainnya, anda juga dapat melakukan konversi file dokumen tersebut ke dalam bentuk format open office dengan mudah.

    Dalam melakukan hal ini anda tidak perlu repot untuk menginstall program converter lain atau membuat kembali dokumen serupa ke dalam open office, cukup pilih file microsoft office yang telah dibuat sebelumnya, kemudian convert ke format dokumen open office sesuai kebutuhan anda. Untuk mengakses fitur ini anda hanya perlu membuka menu File > Wizard > Document Converter. 

    10. Ukuran instalasi program yang tergolong kecil

    Kelebihan openoffice yang selanjutnya ialah ukuran instalasi program yang tergolong kecil, untuk mendapatkan file instalasi program openoffice ini anda dapat melakukan unduhan pada halaman resminya yang mempunyai ukuran asli mungkin kurang dari 200mb pada sistem operasi windows.

    11. Dapat berjalan dengan baik tanpa memerlukan koneksi internet

    Keunggulan apache openoffice yang selanjutnya ialah dapat berjalan dengan baik tanpa memerlukan koneksi internet, mungkin saat ini banyak program office serupa yang tidak memerlukan koneksi internet untuk menggunakannya. Akan tetapi program open office saya rasa mempunyai kualitas dan performa yang baik saat digunakan walaupun tanpa diakses dengan koneksi internet (offline).

    12. User interface yang mudah dipahami bagi pemula

    Kemudian kelebihan openoffice yang terakhir ialah user interface yang mudah dipahami bagi seorang pemula, program apache openoffice sendiri juga mempunyai tampilan user interface yang sangat bagus dan mudah untuk dipelajari lebih lanjut. 

    Dalam segi sisi penggunaan program openoffice dapat kita perhatikan dari salah satu program komponennya seperti writer, impress, calc, base dan komponen lainnya cukup mudah untuk dipahami oleh pemula yang baru menggunakan program ini. Maka dari program openoffice cukup saya rekomendasikan dalam membuat dokumen dengan mudah dan gratis serta dapat menjadi alternatif lain selain microsoft office.

    Kekurangan OpenOffice

    Kekurangan openoffice
    Kekurangan openoffice
    Setiap software komputer tentu memiliki sisi kekurangan yang ada di dalamnya, begitu pula dengan openoffice, simak lebih lanjut pembahasan mengenai kekurangan openoffice di bawah ini.

    1. File yang dihasilkan tidak dapat dibuka dengan baik pada microsoft word

    Kekurangan openoffice yang pertama ialah setiap file yang dihasilkan tidak dapat dibuka atau dijalankan dengan baik pada program microsoft word. Hal ini dapat dilihat ketika anda telah selesai membuat dokumen pada openoffice dan hendak membukanya pada microsoft word, tentu yang terjadi ialah tulisan yang telah ditulis sebelumnya akan menjadi berantakan. 

    Permasalahan lain juga terjadi pada file dokumen microsoft word yang dibuka pada openoffice terkadang menjadi berantakan dan menjadi tidak stabil, tentu hal ini juga tergantung dari program microsoft word yang sebelumnya digunakan, seringkali permasalahan ini timbul saat pengguna mencoba membuka file ms word yang menggunakan versi lama dan membukanya pada openoffice versi terbaru.

    Nah kekurangan inilah yang saat ini tengah menjadi permasalahan bagi openoffice dan masih dikembangkan lebih lanjut agar file yang dihasilkan dapat berjalan dengan baik saat dibuka pada program office microsoft word, tidak menutup kemungkinan bahwa kekurangan ini dapat diperbaiki dengan sempurna oleh apache openoffice di masa yang akan datang.

    2. Cukup berat pada perangkat dengan spesifikasi menengah ke bawah

    Kelemahan openoffice yang selanjutnya ialah cukup berat saat dijalankan pada perangkat komputer dengan spesifikasi menengah ke bawah. Bagi perangkat komputer atau laptop yang mempunyai spesifikasi rendah mungkin akan terasa lebih berat saat membuka program openoffice. 

    Nah solusinya ialah anda harus melakukan upgrade komponen perangkat komputer tersebut atau membeli perangkat generasi terbaru agar lebih lancar saat membuka berbagai program, terutama program apache openoffice ini.

    Komponen OpenOffice

    Komponen komponen openoffice
    Komponen komponen openoffice
    Berikut ini akan sedikit saya ulas mengenai beberapa komponen yang terdapat pada program OpenOffice, simak lebih lanjut penjelasannya di bawah paragraf ini.

    1. OpenOffice Writer

    Komponen program OpenOffice yang pertama ialah OpenOffice writer, program ini mempunyai kegunaan untuk melakukan penulisan dan mengedit dokumen. Tentu fungsinya mempunyai kesamaan seperti program microsoft word yang terdapat pada microsoft office.

    2. OpenOffice Calc

    Kemudian OpenOffice Calc yang berfungsi untuk melakukan berbagai pengolahan data berupa angka, tulisan ataupun data numeric. Openoffice Calc mempunyai kesamaan seperti microsoft excel yang tersedia pada microsoft office.

    3. OpenOffice Impress

    Komponen OpenOffice impress berfungsi untuk melakukan dan membuat dokumen presentasi. Open office impress mempunyai berbagai tampilan animasi dan media interaktif yang dapat anda manfaatkan dalam membuat sebuah presentasi dengan cepat dan gratis, hal ini dapat digunakan pada perkantoran, kegiatan usaha ataupun kegiatan yang berkaitan dengan akademis. 

    Hal serupa dapat ditemukan pada program microsoft office yang sering dikenal dengan microsoft power point. Tentu kelebihan yang tersedia pada OpenOffice impress ialah dapat menampilkan hasil presentasi lebih dari satu perangkat monitor dan membuat file presentasi secara berkelompok dengan jumlah kontribusi yang dapat diatur sesuai selera penggunanya.

    4. OpenOffice Draw

    Komponen ini berfungsi untuk membuat dan melakukan editing gambar digital, khususnya jenis gambar dua dimensi yang sering digunakan dalam membuat symbol, urutan tugas, kerangka kerja dan melakukan editing variasi gambar menjadi tampak lebih nyata atau tiga dimensi. Hal serupa dapat ditemukan pada komponen program microsoft office yang bernama microsoft visio.

    5. OpenOffice Math

    Kemudian komponen openoffice yang selanjutnya ialah openoffice math yang mempunyai fungsi utama untuk melakukan perhitungan dan mengetikkan berbagai rumus matematika secara manual atau otomatis yang hasilnya dapat digunakan kembali ke dalam komponen program openoffice lainnya. Hal serupa dapat ditemui pada microsoft office dengan komponennya yang bernama microsoft equation editor.

    6. OpenOffice Base

    Jenis komponen OpenOffice yang terakhir ialah OpenOffice Base yang memiliki fungsi untuk melakukan editing dan mengelola database. Maka dari itu, pengguna dapat melakukan penulisan berbagai laporan dokumen dapat menggunakan komponen program tersebut.

    Lebih dari itu, program OpenOffice Base juga mendukung berbagai jenis format database yang diantaranya seperti MySQL, Ms Access dan PostgreSQL. Hal serupa juga tersedia pada komponen program microsoft office yang bernama microsoft acces. 

    Kesimpulan dan Penutup

    Bagi anda yang lebih sering menggunakan program microsoft office mungkin akan lebih cepat dalam mempelajari dan menyesuaikan diri dengan beragam fitur yang tersedia pada openoffice, selain bersifat open source dan mempunyai biaya yang sepenuhnya gratis, pengguna yang telah mahir menggunakan openoffice dapat membuat file dokumen dengan memiliki kualitas yang sama baiknya dengan program microsoft office yang pada dasarnya mempunyai lisensi berbayar yang lumayan mahal.

    Hingga kini banyak pengguna di berbagai belahan dunia telah menggunakan program openoffice yang dapat menyimpan dan menyesuaikan file sesuai dengan keperluan para usernya, file dokumen seperti microsoft powerpoint pun juga dapat diatur dengan openoffice impress saat telah selesai membuat sebuah dokumen. Maka dari itu saya rasa program openoffice ini cukup bagus dan terlebih lagi mempunyai harga yang sepenuhnya gratis tanpa biaya apapun untuk digunakan dalam jangka panjang.

    Oke demikianlah penjelasan singkat saya mengenai kelebihan dan kekurangan openoffice beserta komponen pendukungnya yang perlu diketahui, semoga pembahasan di atas tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa pada pembahasan artikel selanjutnya.