Blogroll

Pengertian dan Fungsi Email Secara Umum Yang Perlu Diketahui



    Pengertian dan fungsi email secara umum

    Berbagai macam media komunikasi secara digital kini sudah banyak ditemukan. Anda juga harus mengetahui apa saja kegunaannya sehingga bisa memaksimalkan pada saat menggunakannya. Salah satunya ialah mengenai fungsi email yang dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan oleh masyarakat pada era modern saat ini.
    Baca juga : inilah pengertian dan fungsi komputer secara umum

    Pengertian Email

    Email merupakan singkatan dari Elektronik Mail yang dalam bahasa Indonesia sering dikenal dengan Surat Elektronik, Secara umum email digunakan sebagai tempat untuk melakukan pengiriman dan penerimaan surat yang dilakukan oleh user dengan melalui media internet. Email sendiri dapat dengan mudah diakses dengan perangkat elektronik modern saat ini seperti handphone, laptop ataupun komputer yang telah mempunyai akses internet yang memadai. Dengan menggunakan email anda tidak perlu repot lagi untuk membeli perangko secara konvesional dan hanya memerlukan sambungan akses internet.

    Metode pengiriman yang sangat mudah ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan surat menyurat dengan cara konvensional. Sebab, tidak perlu menulis secara manual, membeli perangko, pergi ke kantor pos dan menunggu balasannya dalam waktu lama.

    Fungsi Email

    Secara harfiah, fungsi dari email adalah untuk mengirimkan atau menerima pesan. Setiap pengguna dapat melampirkan file lainnya berupa foto, video atau dokumen jika diperlukan. Sebenarnya kegunaannya pun cukup banyak di dunia internet. Berikut penjelasannya:

    1. Pengirim dan Penerima Pesan

    Fungsi ini menjadi yang paling utama dari sebuah email. Anda bisa menggunakannya untuk mengirim dan menerima berbagai jenis pesan dengan pengguna lainnya. Kecepatan pengirimannya terbilang sangat cepat asalkan memiliki akses internet stabil dan tidak mengirimkan file berukuran besar.

    Pesan yang bisa dikirim tidak hanya berupa tulisan saja. Pengguna dapat melampirkan berbagai jenis file seperti dokumen, gambar, audio atau video. Hal ini membuat email dikatakan lebih unggul jika dibandingkan dengan penggunaan SMS.

    2. Sebagai Identitas Diri

    Era serba digital ini menuntut untuk semua elemen masyarakat memiliki akun pribadi yang bisa digunakan sebagai identitas diri. Misalnya seorang pebisnis dalam bidang kuliner akan menyertakan emailnya untuk dijadikan media sehingga pelanggan dapat lebih mudah untuk berkomunikasi.

    Biasanya penggunaan email sebagai identitas diri lebih digunakan oleh layanan yang bergerak di jasa keuangan. Tidak menutup kemungkinan juga beberapa pihak lain di bidang non finansial juga memiliki email seperti kampus, rumah sakit, organisasi sepak bola atau bahkan bimbingan belajar.

    3. Alat Mendaftarkan Diri ke Sosial Media

    Tentu Anda sudah sering menjumpai bahwa email menjadi salah satu data yang paling sering diminta untuk mendaftar ke sosial media. Biasanya sosmed seperti Facebook, Instagram, Twitter atau lainnya akan meminta setiap penggunanya untuk mengisi informasi ini di kolom pengisian.

    Hampir seluruh pendaftaran sosial media menggunakan alamat email. Biasanya setiap pengguna harus melakukan konfirmasi jika akun tersebut memang benar-benar miliknya. Fungsi ini pun berguna jika salah satu user mengalami lupa password sehingga masih bisa memulihkannya kembali.

    4. Sebagai Tempat Media Promosi

    Pelaku bisnis yang sudah memanfaatkan teknologi digital tidak jarang akan menggunakan email sebagai media promosi. Mereka perlu mendapatkan akun milik calon pelanggan terlebih dahulu sebelumnya dengan berbagai cara, salah satunya yaitu melalui newsletter.

    Email memang dianggap sebagai cara promosi yang sudah lawas jika dibandingkan sosial media terbaru saat ini. Menariknya metode ini pun terbilang cukup efektif dalam memasarkan produk asalkan akun pelanggan memang diperoleh secara tepat sasaran.

    5. Berkumpulnya Notifikasi

    Setiap email yang terhubung dengan berbagai macam situs akan menerima pesan notifikasi setelah penggunanya melakukan sebuah tindakan. Misalnya jika Anda melakukan pembayaran online menggunakan aplikasi mobile banking, biasanya terdapat pemberitahuan masuk ke akun setiap user.

    Berbagai macam situs atau aplikasi yang terhubung dengan email akan selalu menerima pesan secara otomatis. Hal ini berguna bagi pengguna untuk mengetahui apa saja tindakannya selama menggunakan sosial media atau sebuah website.

    6. Mengecek Transaksi Online

    Berhubungan dengan poin kelima, Anda bisa menggunakannya apabila sedang beberapa hal buruk seperti hilangnya bukti transaksi. Kejadian seperti ini tentu seringkali terjadi bagi orang-orang yang masih saja teledor karena tidak menjaganya terlebih jika memang penting untuk kedepannya.

    Contoh sederhananya yaitu ketika sedang kehilangan bukti transaksi setelah membayar aplikasi Gojek. Pemberitahuan ini akan muncul secara otomatis ke akun email sehingga pengguna bisa menggunakannya untuk membuktikan bahwa sudah melakukan pembayaran.

    7. Menelusuri Dokumen

    Fungsi ini bisa dirasakan bagi pengguna email yang sering menggunakannya untuk saling mengirim dan menerima dokumen dengan user lainnya. Tidak menutup kemungkinan jika suatu saat akan mengalami hilangnya file tersebut dan kebingungan mencarinya.

    Anda bisa memanfaatkan riwayat pesan dari email ini untuk menelusuri dokumen yang hilang tersebut. Kejadian seperti ini biasanya disebabkan karena beberapa hal seperti perangkat laptop atau komputer tiba-tiba rusak atau sekedar tidak sengaja menghapus file dan belum mengetahui cara pemulihannya.

    8. Media Pelamar Pekerjaan

    Beberapa perusahaan sudah memudahkan bagi pelamar pekerjaan untuk mengirimkan lamaran hanya melalui email saja. Tentu hal ini sangat efektif bagi mereka dalam melamar sebab tidak memerlukan pengiriman menggunakan surat menyurat secara konvensional.

    Penggunaan email untuk mengirimkan lamaran pekerjaan juga dianggap lebih cepat dan aman. Mengirim dengan teknologi ini tidak memakan waktu lama seperti surat menyurat secara konvensional. Menariknya cara ini membuat lamaran terhindar dari rusaknya dokumen ketika proses pengiriman.

    9. Mengaktifkan Android

    Pengguna Android yang baru saja membeli smartphone perlu mengaktifkannya dengan memasukkan alamat email terlebih dahulu. Umumnya harus mendaftarkan menggunakan akun Gmail sebab akan terhubung dengan Google selama ponsel ini digunakan.

    Penggunaan produk Google terutama Google Play Store memang memerlukan aktivasi menggunakan akun email khususnya Gmail. Hal ini membuat pengguna Android harus memilikinya terlebih dahulu demi memudahkan proses verifikasi sebelum memakai smartphone tersebut.

    10. Sebagai Sarana Berkirim Tugas

    Masa pandemic ini memang membuat seluruh pihak pendidikan baik sekolah maupun perguruan tinggi melakukan pembelajaran secara daring atau online. Tidak sedikit dari guru atau dosen yang memanfaatkan fitur dari email sebagai media untuk mengirimkan tugas, laporan atau resume.

    Sebagai pelajar baik siswa maupun mahasiswa tentu harus memperhatikan hal ini demi memudahkan tenaga pendidik untuk melakukan pengecekan tugas. Pengiriman umumnya wajib dikirimkan secara tepat waktu menggunakan akun email tertentu sebagai alamat tujuannya.

    11. Media Informasi

    Fungsi ini bisa Anda rasakan ketika menghubungkan email dengan beberapa jenis situs informasi seperti media berita atau lainnya. Setiap mereka tengah memposting artikel terbaru, umumnya akan muncul pemberitahuan bagi setiap penggunanya.

    Anda pun bisa memanfaatkan fungsi ini untuk melihat berita secara up to date tanpa harus khawatir ketinggalan informasi. Umumnya hal ini memang sangat berfungsi bagi orang-orang yang kebanyakan menghabiskan waktu bersama gadget dan cenderung tidak mengakses video informatif ter-update.

    Penutup

    Itulah tadi ulasan mengenai pengertian dan fungsi email yang sebenarnya sangat banyak sekali melebihi dari sekedar berkirim dan menerima pesan, Tentu hal ini perlu diketahui bagi penggunanya sehingga kegunaan ini dapat dimaksimalkan selama penggunaan. Semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca, demikian dari saya dan terimakasih telah berkunjung.