Blogroll

Pengertian Komputer Menurut para Ahli dan Penjelasan Lainnya



    Pengertian komputer menurut para ahli

    Perangkat komputer telah  menjadi salah satu alat serbaguna yang sangat semua orang butuhkan pada saat seperti sekarang ini. Teknologi dari masa ke masa semakin berkembang dengan pesat dan mengalami banyak perubahan signifikan. Ada beberapa pengertian komputer menurut para ahli dan penjelasan lainnya yang perlu Anda pahami.
    Baca juga : pengertian dan mengenal jenis sistem operasi komputer

    Pengertian Komputer Menurut para Ahli

    Secara umum, komputer adalah serangkaian perangkat elektronik yang biasanya seseorang pergunakan untuk mengolah data sesuai dengan perintah pada rumusan sebelumnya, kemudian memberikan informasi untuk penggunanya tersebut.

    Terdapat banyak pendapat mengenai pengertian komputer menurut beberapa ahli. Akan tetapi pada intinya semuanya mengandung makna yang sama atau paling tidak serupa. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan mengenai pengertian komputer menurut para ahli di bawah ini:

    1. Robert H. Blissmer

    Menurut Robert H. Blissmer, Perangkat komputer merupakan suatu alat elektronik dengan kemampuan melaksanakan tugas tertentu, misalkan menerima input, memproses sesuai perintah pengguna, menyimpan instruksi beserta hasilnya juga.

    Komputer juga dapat menyediakan output ke dalam bentuk informasi. Dengan begitu akan lebih memudahkan para pengguna dalam memahami hasil analisis yang terdapat pada benda canggih ini. Sekaligus juga mengetahui informasi-informasi baru dari alat elektronik tersebut.

    2. Donald H. Sanders

    Menurut Donald H. Sanders, Komputer adalah sistem elektronik yang bisa melakukan manipulasi terhadap data dengan cepat serta akurat. Perancangan dan pengorgnisasiannya secara otomatis dapat menerima sekaligus juga membuat penyimpanan data.

    Selain itu, perangkat komputer juga memprosesnya sampai dapat menghasilkan output berupa suatu informasi. Sesuai dengan instruksi yang pengguna berikan pada komputer atau juga perintah tersimpan pada bagian penyimpanannya.

    3. William M.Fuori

    Menurut Fuori, Komputer adalah alat untuk melakukan pemrosesan data yang dapat membuat perhitungan secara cepat dan besar. Termasuk di dalamnya juga aritmatika dan operasi logika. Tetapi juga tidak ada campur tangan dari manusia di dalam prosesnya.

    Semua hal mulai dari pemrosesan data hingga pada penghitungan besarnya seperti aritmatika. Hal tersebut pengerjaannya murni oleh sistem komputer tanpa ada keterlibatan manusia di dalamnya. Pengguna hanya memasukkan perintah saja, setelah itu alat ini akan mengerjakannya.

    Fungsi Komputer

    Fungsi komputer
    Fungsi komputer
    Komputer memiliki beberapa fungsi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dan kepentingan mengenai data-data atau informasi. Mulai dari menginput, mengolah, menyimpan serta mengeluarkan hasilnya juga secara akurat berdasarkan pengertian komputer menurut para ahli.

    1. Data Entry (Menginput Data)

    Fungsi utama sebuah komputer adalah melakukan penginputan terhadap data. Misalkan menerima suatu informasi atau sebaran data dari sumber luaran atau data-data yang komputer peroleh dari aktivitas keyboard penggunanya.

    Termasuk juga di dalamnya penggunaan mouse dari komputer lainnya atau bahkan peralatan-peralatan lain yang masih berhubungan dengannya. Semua hal tersebut dapat menjadi bagian dari data yang terinput oleh alat ini.

    2. Data Processing (Mengolah Data)

    Kemudian fungsi untuk melakukan pemrosesan terhadap data. Komputer dapat memproses berbagai macam sajian. Selanjutnya dapat Anda peroleh outputnya yang berisi suatu informasi. Misalkan teks, audio, gambar, video, grafik, diagram, tabel atau lainnya.

    Melakukan pengolahan terhadap suatu data yang tersaji menjadi tugas utama dari sebuah komputer. Unit pemroses sentral (CPU) merupakan otak dari sebuah komputer. Selain itu, sekaligus menjadi pelaku dalam hal pengolahan perintah.

    3. Data Storage

    Data storage memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan informasi. Jenisnya pun berbeda-beda dan tergantung penggunaannya. Selain itu, juga untuk memberikan kemudahan kepada pengguna untuk menemukan data agar kemudian dapat Anda gunakan kembali.

    Semua data data tersebut dapat Anda simpan dalam memori internal dan eksternal dari komputer. Drive hard disk (HDD) atau Drive Solid State Disk (SSD) yang menjadi tempat dalam untuk melindungi serta rumah dari seluruh data dan informasi di dalam perangkat.

    4. Data Output

    Data yang sudah melalui tahap pemrosesan di dalam komputer akan memiliki output. Semua itu akan ada dan dapat pengguna atau perangkat lain gunakan untuk banyak tujuan. Misalkan file audio, hard file di kertas, pencetakan model 3D dan masih banyak lagi.

    Output yang komputer hasilkan berbeda-beda. Tentu saja sesuai dengan perintah pengguna di awal penginputan tadi. Umumnya berupa file cetakan, baik foto maupun cetakan tulisan-tulisan dan berbagai macam informasi.

    Kelebihan Komputer

    Perangkat komputer memiliki beberapa kelebihan dari sisi penggunaan dan biaya. Penggunaannya memudahkan pemakainya untuk bekerja. Itu karena layarnya yang cukup lebar dan besar sehingga membuat leluasa memandangnya dengan baik. Lantas apa saja kelebihannya?

    1. Performa yang Cepat serta Bagus

    Komputer memiliki performa yang bagus dan lebih besar. Hal ini dapat mendukung kinerja penggunanya lebih cepat serta perangkat tidak cepat panas. Cocok untuk banyak kegiatan dengan tuntutan hidup dalam waktu yang cukup panjang.

    Oleh sebab itu, komputer banyak orang gunakan dalam perusahaan maupun jasa print dan warung-warung internet sekitar Anda. Terutama untuk kebutuhan bermain game yang tentunya membutuhkan spesifikasi dan performa bagus.

    2. Pemakaian yang Cenderung Lebih Fleksibel

    Komputer mendapatkan anggapan menjadi perangkat yang lebih fleksibel. Keyboardnya yang terpisah memudahkan para penggunanya untuk memakainya, apalagi untuk kebutuhan kegiatan cukup lama dan memakan waktu panjang.

    Selain itu, letak keyboard yang terpisah dengan monitor juga memberikan efek baik bagi pengguna. Misalkan mengurangi pancaran sinar radiasi tinggi dari cahaya layar komputer, hingga menyebabkan mata harus bekerja lebih keras.

    3. Perawatan serta Perbaikannya Lebih Mudah

    Selain dua hal di atas, komputer juga menjadi perangkat yang cara merawat dan memperbaikinya lebih mudah dari lainnya. Penyebabnya adalah dari sisi penggunaan hardware terpisah. Dengan begitu sistem atau perbaikannya jadi cukup teratur dan tidak membingungkan.

    Sistem atau cara perbaikannya juga lebih cepat dan efisien daripada perangkat lainnya yang memakan waktu cukup panjang. Karena alasan ini juga banyak orang lebih suka menggunakan komputer, apalagi untuk keperluan perusahaan besar.

    Kelemahan Komputer

    Selain kelebihan, komputer juga memiliki beberapa kelemahan pada sisi tertentu. Dengan begitu, Anda perlu untuk melakukan pertimbangan terhadap kedua bagian tersebut. Beberapa kekurangan yang dapat pengguna jumpai yaitu:

    1. Tidak Dapat Pengguna Bawa Kemana-Mana

    Kekurangan perangkat ini yang pertama adalah tidak dapat pengguna bawa kemana-mana. Salah satu sebabnya adalah komponennya terpisah-pisah, sehingga menyulitkan ketika akan Anda angkut. Apalagi jika terjadi kebocoran, Anda harus memutuskan sambungan dari setiap komponen.

    Dalam pemindahannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan lebih rumit. Dengan cara yang harus Anda lakukan satu persatu sehingga lebih menyulitkan pengguna perangkat komputer ini ketika hendak membawanya.

    2. Instalasi Yang Rumit

    Selanjutnya adalah penggunaannya kurang praktis. Dengan berbagai instalasi yang cukup rumit dan kurang praktis. Pengguna harus melakukan pemasangan setiap komponennya dahulu, sebelum menggunakannya. Mulai dari mouse, keyboard, CPU sampai pada monitornya juga.

    Membutuhkan area lebih luas untuk tempat perangkat. Apalagi dengan komponen yang keseluruhannya terpisah menjadikannya memerlukan ruang lebar dan besar. Hal ini membuatnya tidak dapat Anda gunakan pada tempat sempit.

    Penutup

    Demikian penjelasan saya mengenai pengertian komputer menurut para ahli, Semoga pembahasan diatas tadi dapat berguna dan bermanfaat bagi anda, dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, bye bye.