Blogroll

Memahami Pengertian Repeater dan Fungsinya Bagi Jaringan Wifi




    Sudahkan Anda tahu apa itu repeater? Bagi sebagian orang mungkin istilah nama perangkat ini sudah tidak asing lagi, apalagi bagi para pengguna barang-barang elektronik masa kini. Bahkan untuk berbagai hal, fungsi repeater memang sangatlah penting.
    Baca juga : pengertian dan jenis jenis simulasi digital masa kini

    Pengertian atau Definisi Repeater

    Apa itu repeater? Apabila mendengar istilah ini, apa yang pertama kali muncul dalam pikiran Anda? Jika menerjemahkan dari Bahasa Inggris, kata ini memiliki arti sebagai pengulang. Akan tetapi, dalam hal apa konteks pada pengulangan itu?

    Secara sederhana, repeater adalah alat yang mempunyai fungsi utama untuk menguatkan dan meneruskan sinyal wifi. Benda ini merupakan pengulang dan penerus kembali sinyal wifi ke sekitar perangkat repeater dengan cara yang lebih cepat dan mudah. Intinya, perangkat ini berfungsi menguatkan dan memperluas jangkauan wifi. Untuk mendapatkannya pun juga tidak sulit, Anda bisa mengunjungi beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Namun, kisaran harga di setiap tempat juga berbeda-beda.

    Fungsi dari Repeater

    Setelah memahami pengertian repeater secara singkat, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah fungsi dari penguat sinyal ini. Alat ini memiliki banyak peminat karena kegunaannya melimpah. Apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa contohnya:

    1. Menjangkau Wilayah yang Minim Sinyal

    Tidak semua daerah memiliki sinyal yang kuat, maka kecepatan penggunaan internet pun menjadi berbeda-beda. Oleh sebab itu, penggunaan repeater menjadi sangat perlu karena salah satu fungsinya adalah menjangkau wilayah minim sinyal.

    Keberadaan sinyal memang sangat penting, apalagi bagi orang-orang dengan kegiatan yang berkaitan dengan internet. Oleh karena itu, fungsi repeater ini menjadi angin segar untuk daerah-daerah yang jangkauan jaringannya masih minim.

    2. Meneruskan dan Menguatkan Sinyal

    Seperti pada uraian sebelumnya, salah satu fungsi dari repeater adalah untuk meneruskan dan menguatkan sinyal dari suatu sumber. Tujuannya adalah agar koneksi menjadi lebih cepat dan kuat sehingga kegiatan dapat berlangsung dengan lancar tanpa hambatan.

    Sumber sinyal memancarkan sinyal ke daerah sekitarnya. Untuk mendapat kualitas lebih baik, repeater dapat menjadi jawabannya. Alat ini akan menangkap, mengolah, memperbesar atau memperkuat, hingga meneruskan sinyal yang ia terima tadi ke perangkat lain.

    3. Mempermudah Akses Sinyal WiFi

    WiFi merupakan salah satu sumber sinyal internet yang mempunyai cukup banyak penggunanya. Perangkat repeater ini memiliki jangkauan luas dan kecepatan yang sama cepatnya dengan wifi yang terhubung dengan repeater. Nah, bila ingin mengakses jaringan ini pada wilayah agak jauh dari pemancar, Anda dapat menggunakan perangkat repeater.

    Repeater memiliki fungsi utama sebagai penerima dan penguat sinyal jaringan, salah satunya adalah sinyal jaringan WiFi. Oleh karena itu, penggunaan alat ini dapat mempermudah pengguna dalam mengakses WiFi dengan jarak lebih jauh dari wilayah jangkauan sebenarnya.

    4. Mempermudah Proses Pengiriman serta Penerimaan Data

    Sesuai dengan prinsip kerja utamanya, repeater memiliki kemampuan membuat sinyal menjadi lebih kuat dan cepat. Oleh karena itu, antar pengguna yang akan melakukan pengiriman dan penerimaan data akan menjadi lebih mudah. Gangguan pun akan lebih minimal.

    Semua orang tentu tahu bahwa proses menerima dan mengirim data memerlukan sinyal baik dari si pengirim maupun penerimanya. Semakin bagus jaringan yang pengguna gunakan, durasi untuk berlangsungnya transfer data akan menjadi lebih singkat.

    5. Mengurangi Penggunaan Kabel

    Pengguna internet tentu tahu bahwa beberapa alat kebanyakan menggunakan kabel-kabel sebagai penghantar sinyal. Keberadaannya tentu dapat mengganggu karena berserakan. Belum lagi jika ada tikus yang menggigit dan menyebabkan sambungan putus.

    Keberadaan kabel dari penggunaan alat pemancar sinyal memang dapat mengganggu aktivitas atau juga estetika rumah. Oleh karena itu, perlu adanya perawatan khusus. Namun, repeater merupakan sebuah alat dengan sistem kerja wireless network. Jadi, tidak perlu sambungan yang merepotkan.

    Jenis-jenis Repeater

    Jenis jenis repeater
    Jenis jenis repeater
    Repeater hadir bagi berbagai kalangan masyarakat dengan berbagai jenis yang cukup berbeda. Hal ini tentunya sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Beberapa tipe umum pada pasaran adalah:

    1. Radio Repeater

    Sesuai dengan namanya, pengulang jenis ini memiliki fungsi sebagai penguat sinyal radio. Biasanya, Radio Repeater memiliki bagian yang berfungsi sebagai penerima sekaligus pentransmisi berupa sebuah antena.

    Radio Repeater, dalam upaya menguatkan sinyal radio, memiliki prinsip kerja berupa mengubah frekuensi sinyal sebelum ada pemancaran kembali. Alat ini mampu memancarkannya dan menembus objek-objek yang menjadi penghalang.

    2. Optical Communications Repeater

    Ada lagi jenis repeater yang umum hadir bagi berbagai kalangan masyarakat. Namanya adalah Optical Communications Repeater. Alat ini bekerja dengan memperkuat cakupan sinyal pada fiber optik cable atau kabel serat optik.

    Optical Communications Repeater memiliki informasi digital dalam serat kabel optik. Informasi ini secara fisik wujudnya atau bentuknya adalah berupa pulsa cahaya. Light pulses ini asal mulanya adalah dari foton yang secara acak menyebab pada bagian dalam kabel serat optik (fiber optic cable).

    3. Telephone Repeater

    Telephone repeater merupakan salah satu jenis penguat sinyal yang hadir ke masyarakat. Pengulang ini bekerja pada saluran telepon. Sinyal dari perangkat mengalami degradasi akibat jarak tempuh yang cenderung jauh.

    Sinyal telepon yang mengalami degradasi akibat jarak atau jangkauan sangat jauh dapat menyebabkan sinyal yang pengguna terima menjadi kurang bahkan tidak jelas sama sekali. Oleh karena itu, telephone repeater hadir untuk mengatasi masalah ini agar informasi sampai dengan baik.

    Kelebihan dan Kekurangan Repeater

    Seperti yang semua orang tahu bahwa perangkat repeater memiliki kemampuan memperkuat sinyal sinyal yang jauh dari jangkauan atau memang tergolong lemah. Oleh karena itu, tentu alat ini memiliki suatu kelebihan yang luar biasa. Untuk lebih jelasnya simak lebih lanjut pembahasannya mengenai kelebihan dan kekurangan repeater di bawah ini.

    Kelebihan Repeater

    • Mampu menguatkan sinyal dari suatu sumber. Hal ini lah yang umumnya menjadi dasar bagi orang-orang untuk membeli alat wireless network itu.
    • Memiliki lokasi kerja yaitu pada lapisan fisik. Hal ini merupakan bagian pertama pada model OSI.
    • Mampu menguatkan input sinyal dari alam (baik analog maupun digital.
    • Repeater bekerja dengan sinyal fisik yang sebenarnya. Oleh karena itu perangkat tidak mencoba melakukan interpretasi pada data kiriman.
    • Repeater ini merupakan perangkat digital yang tidak hanya memperkuat, melainkan juga membentuk ulang serta membentuk kombinasi dalam satu fungsi sinyal input digital untuk proses pengulangan transmisi.

    Kekurangan Repeater:

    • Salah satu kekurangan dari penggunaan repeater adalah pemasangannya mungkin membutuhkan usaha lebih karena posisinya harus pada tempat tinggi agar kerjanya bisa lebih maksimum.
    • Selain itu, jarak fisik jaringan yang lebih panjang bisa menjadi suatu nilai minus jika pemanfaatannya tidak bijak atau timbulnya penyalahgunaan. Jadi, manfaatkanlah kemampuan alat ini untuk hal baik saja dan dapatkanlah izin dari pemilik sumber sinyal.
    • Repeater ini menggunakan tembaga  untuk serat.

    Demikianlah beberapa informasi mengenai penguat sinyal, mulai dari pengertian, fungsi repeater, jenis, hingga kelebihan dan kekurangan repeater. Semoga penjelasan diatas tersebut dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.