Blogroll

Pengertian VGA Card dan Fungsinya Bagi Perangkat Komputer



    Pengertian VGA Card dan Fungsinya

    Pada dasarnya ketika Anda mengetahui atau bahkan sering berkutat dengan video pasti sedikit memahami mengenai VGA. Namun, supaya lebih jelas berikut ini pemaparan mengenai pengertian VGA dan fungsinya agar ada gambaran saat membeli sebuah laptop.
    Baca juga : memahami pengertian provider dan jenis jenis layanannya

    Apa Itu VGA?

    VGA atau Video Graphic Array merupakan sebuah standar tampilan dalam komputer analog dan IBM adalah yang pertama kali memperkenalkan hal tersebut kepada masyarakat dunia pada tahun 1987an. VGA sendiri bekerja untuk bisa mengolah data graphis sehingga bisa tampil dalam layar monitor.

    Sebenarnya VGA ini adalah standar grafis terakhir yang telah digunakan oleh pabrik dalam memenuhi kebutuhan, terutama untuk pembuatan kartu grafis komputer. Meskipun versi ini sudah ditinggalkan akan tetapi tidak bisa dipungkiri jika tampilan windows masih menggunakannya.

    Akan tetapi jika Anda sering memperhatikan spesifikasi dari smartphone, maka akan sering menemui bahwa istilah VGA ini selalu mengacu pada resolusi dengan ukuran 640 x 480. Jika pada komputer, maka akan berguna sebagai penerjemah output yang akan mengarah ke layar monitor.

    Fungsi VGA

    Sebelumnya telah sedikit menyinggung bahwa VGA adalah penerjemah pada output komputer. Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan visualisasi grafis berupa desain maupun untuk bermain video game. Akan tetapi penggunaannya pun harus diikuti dengan kartu grafis berdaya tinggi.

    Dengan kata lain VGA card ini sebagai pengantar sinyal sekaligus penerjemah data supaya video analog bisa terbaca oleh komputer dengan kualitas tertentu. Kartu ini sendiri memiliki tempat khusus yang terletak pada slot expansi di komputer.

    Selain itu, penggunaannya juga tergantung dari fungsi VGA card itu sendiri karena memiliki banyak chipset andalan. Bahkan banyak pula para produsen yang memproduksinya dengan kualitas dan keunggulan berbeda seperti ATI, Oti, Nvidia, Sis, Number Nine. STB dan masih banyak lagi.

    Jenis-jenis VGA Card

    Dalam memenuhi berbagai kebutuhan dan standar industri, pada kenyataannya VGA card ini memiliki cukup banyak jenis. Tentu kesemuanya memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing. Untuk itu, supaya bisa lebih memahami berikut ini penjelasan singkatnya:

    1. VGA ISA

    VGS ISA merupakan salah satu jenis card yang terpasang pada slot ekspansi industry standard architecture bus. Sistem yang biasa digunakan juga berupa I/O dengan 8-bit atau 16-bit. Teknologi seperti ini pertama kali dikenal masyarakat pada tahun 1981.

    Sayangnya untuk sekarang model VGA ISA sudah tidak digunakan kembali karena telah tergeser dengan teknologi yang lebih canggih. Terlebih jenis ini memiliki kecepatan transfer sangat lambat dengan penampilan gradasi warna dan kualitas gambar yang buruk dan terbatas.

    2. VGA EISA

    VGA EISA adalah perbaikan dari versi sebelumnya dan telah mampu muncul sebagai slot ekspansi dengan sistem I/O 32 bit. Perilisannya pun tidak lama dari jenis ISA, yakni pada tahun 1988 oleh Gangs of Nine dengan kecepatan transfer data yang dimiliki sampai dengan 32 Mb/s.

    Selayaknya VGA ISA, teknologi yang kedua ini sudah lumayan jadul sehingga cepat tergerus oleh waktu. Kini versi EISA sudah tidak digunakan lagi karena memiliki kekurangan hampir sama, yaitu lambat dan kualitas grafis yang dihasilkan belum bisa dikatakan bagus.

    3. VGA PCI

    VGA PCI atau peripheral component interconnect merupakan sistem penerjemah grafis yang berada pada slot PCI. Selain itu, jenis ini telah dilengkapi dengan sistem I/O 32-bit hingga 64-bit sehingga bisa dikatakan sudah lebih baik kualitasnya daripada versi sebelumnya.

    Meskipun begitu pada faktanya versi VGA yang satu ini sudah tidak lagi digunakan oleh masyarakat maupun perusahaan. Sebab, walau memiliki kualitas yang lebih bagus akan tetapi penggunaannya terbatas karena fiturnya juga kurang lengkap sehingga orang-orang mulai mencari solusi lain.

    4. VGA AGP

    Pengeluaran kartu VGA AGP dengan slot ekspansi accelerated graphics port ini berdasarkan nilai voltase yang dibutuhkan. Sistemnya memang sudah lebih canggih dengan I/O 128 bit sampai 256-bit. Hal ini juga didukung dengan nilai tegangan bervariasi, diantaranya yaitu:

    • AGP 1x dan AGP 2x = 3,3 volt
    • AGP 4x dan agp 8x  = 1,5 volt
    • AGP universal
    • AGP pro

    Perbedaan tegangan tersebut pada akhirnya mampu memberikan perubahan dengan kualitas grafis lebih baik. Meskipun pada mulanya jenis dari VGA tersebut dibuat hanya untuk memenuhi kecepatan transfer data dan terbukti bisa menghasilkan memori yang signifikan dari CPU ke perangkat.

    5. VGA PCIe

    VGA PCIe atau peripheral component interconnect express adalah satu-satunya jenis kayu yang memiliki sistem I/O rangkaian seri. Akibatnya versi ini mampu memberikan kecepatan transfer file sangat tinggi hingga 32 GB/s. Sebenarnya jenis ini adalah pengembangan dari versi sebelumnya.

    Kemampuan yang luar biasa ini pada akhirnya diperuntukkan pada pemasangan berbagai peralatan antarmuka. Teknologi terkini yang mendukung sehingga bisa menghasilkan mode kecepatan transfer yang sangat tinggi dengan 4 macam jenis slot VGA PCIe.

    Bagaimana Bentuk VGA Card?

    Pengertian VGA card dan fungsinya
    VGA Card
    Pada dasarnya, VGA Card ini memiliki dua bentuk umum, yaitu card add on dan card on board. Keduanya memang hadir dalam satu paket dan bisa menemukannya dengan mudah pada motherboard atau mainboard komputer.

    Akan tetapi kedua bentuk ini memiliki fungsi VGA berbeda dan saling melengkapi. Jika hanya untuk fungsi menampilkan output pada layar komputer, maka cukup menggunakan VGA on board. Akan tetapi apabila membutuhkan kualitas grafis yang lebih tinggi maka harus dilengkapi dengan VGA Card Add on.

    Sayangnya pemasangan dan pengaplikasian dari sistem ini hanya bisa untuk komputer penggunaan personal saja. Umumnya para gamer, editor video maupun film, animator 3D dan pekerjaan-pekerjaan sejenis harus memiliki VGA Card Add on tersebut.

    Komponen VGA Card

    Secara keseluruhan VGA Card ini memiliki beberapa bagian yang disebut sebagai komponen pendukung. Dasar dari kartu tersebut adalah adanya kartu sirkuit yang menjadi media utama tempat komponen lain bisa menempel atau terpasang.

    1. GPU

    GPU atau Graphic processing unit adalah komponen yang bisa menampilkan visual karena memiliki kemampuan untuk memodifikasi dan memanipulasi data dengan cepat.

    2. Heat Sink

    Heat Sink merupakan salah satu bagian VGA yang mampu mendeteksi suhu dan menstabilkannya dengan kipas yang bisa mengeluarkan udara panas.

    3. Memory

    Memory merupakan bagian dari penyimpanan semua data apa saja terkait dengan informasi grafis sehingga bisa disalurkan ke RAMDAC, yaitu pengontrol gambar digital.

    Tiga komponen tersebut merupakan bagian utama yang harus ada dalam sebuah VGA sehingga kartu tersebut bisa memiliki fungsi sebagaimana mestinya. Selain dari itu, VGA ini memang sangat dibutuhkan oleh pengguna media elektronik terutama gamer online.

    Penutup

    Dari penjelasan pengertian VGA Card setidaknya sudah sedikit menjelaskan mengenai makna dan fungsinya. Oleh karena itu apabila Anda berprofesi di salah satu bidang media ini maka sudah sepatutnya menggunakan VGA berkualitas bagus, terutama bagi para gamer.

    Demikanlah pembahasan saya mengenai pengertian VGA card dan fungsinya bagi perangkat komputer, semoga penjelasan diatas tadi dapat menambah ilmu dan wawasan anda sekalian, sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.