Blogroll

22 Pengertian Web Server Menurut Para Ahli dan Sumber Lainnya



    Pengertian komputer menurut para ahli

    Pada waktu seperti sekarang ini, dimana teknologi semakin berkembang dengan pesat, maka web server pun ikut naik popularitasnnya. Tidak heran jika ada banyak orang dari berbagai kalangan ingin mempelajarinya. Oleh karena itu, pahami dahulu beberapa pengertian web server menurut para ahli.
    Baca juga : memahami pengertian komputer menurut para ahli

    Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

    Berikut adalah pengertian web server menurut para ahli, simak uraiannya di bawah ini:

    1. Wikipedia

    Menurut Wikipedia, web atau website merupakan suatu halaman berhubungan, biasanya ada pada sebuah sistem yang sama. Berisi mengenai informasi tertentu, penyedianya secara individu, kelompok dan organisasi. Penempatannya pada server web untuk akses internet.

    Dapat juga menggunakan wilayah lokal (LAN) dengan menggunakan alamat internet dengan sebutan URL. Hal ini untuk lebih memfokuskan penggunaan pada wilayah tertentu saja. Jaringan tersebut hanya ada di daerah sekitarnya saja.

    2. Yuhefizar

    Menurut Yuhefizar. Web adalah metode menampilkan informasi dalam jaringan internet, berupa teks, suara, foto dan video. Memiliki kelebihan untuk dapat menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan file lainnya (hypertext). Aksesnya menggunakan browser.

    3. Haertalib

    Menurut Haertalib, web adalah suatu lokasi dalam sebuah jaringan internet yang mempunyai tempat dan alamat tertentu. Dengan begitu, hal tersebut dapat siapapun akses secara mudah dan tidak perlu kerumitan menggunakan cara ini.

    4. Suwanto Raharjo

    Menurut Suwanto Raharjo, web adalah layanan internet dengan user atau pengguna paling banyak daripada lainnya. Misalkan ftp, gopher, news dan pelayanan surat elektronik maupun email (elektronik mail).

    5. Boone

    Menurut Boone, Web adalah perkumpulan sumber informasi dengan berbagai jenis desain dan grafis yang saling memiliki hubungan antara satu dengan lainnya. Dalam jaringan internet lebih besar dari sebelum-sebelumnya.

    6. Solochin

    Menurut Solochin, web adalah suatu perangkat lunak terinstall dalam sebuah komputer server dengan fungsi menerima permintaan halaman website menggunakan HTTPS maupun HTTPS dari pengguna dan client.

    Kemudian Anda akan mengirimnya kembali ke dalam bentuk dokumen HTML. Artinya file tersebut mengalami perubahan. Hingga sampai pada tampilan dan cara pemakaian seperti pada zaman sekarang.

    7. Khairil

    Menurut Khairil, web server adalah software atau perangkat lunak yang menjadi penopang untuk sebuah www (world wide web). Web server akan menunggu hingga memperoleh permintaan dari pengguna atau client komputernya untuk dapat memproses permintaan.

    Selanjutnya komputer utama akan menampilkan file atau dokumen tersebut kembali ke dalam mesin pencarinya. Ini merupakan hasil dari proses pengolahan terhadap data dari pihak user sebelumnya tadi.

    8. Kurniawan (2008)

    Menurut Kurniawan, web server adalah perangkat lunak suatu server yang memiliki fungsi untuk menerima permintaan dari HTTP maupun HTTPS dari penggunanya. Hal ini lebih orang kenal dengan sebutan web browser kemudian mengirimkannya kembali dalam, bentuk HTML.

    Merupakan percobaan untuk web server yang secara fisik. Umumnya banyak menyebutnya HTTP server karena penggunaan protokol HTTP sebagai basis. Dengan begitu, orang juga lebih mengenalnya dengan nama tersebut.

    9. Wahana Komputer

    Menurut Wahana komputer, web adalah suatu formulir komunikasi yang interaktif, penggunaanya pada sebuah jaringan komputer. Contohnya seperti pada jaringan internet yang seseorang atau instansi gunakan.

    10. Taufik Hidayatullah

    Menurut Taufik Hidayatullah, web adalah bagian dari aplikasi dalam internet yang paling tampak dan memiliki banyak user atau client. Hal ini menjadikannya banyak orang kunjungi juga. Terutama oleh para pengguna di awal tadi.

    11. Feri Indayudha

    Menurut Feri Indayudha, web adalah program yang bisa memuat mengenai berbagai hal. Misalkan mengenai film, suara, gambar music atau lainnya. Syaratnya hanya dapat program tersebut tampilkan di publik memakai teknologi internet.

    12. Nugroho, 2004

    Menurut Nugroho (2004), web adalah pusat sekaligus tempat yang berfungsi untuk melayani penggunanya. Bermanfaat dalam hal kirim dan terima data. Berikut juga melakukan pengaturan pada kedua proses tersebut.

    Menggunakan komputer-komputer tersambung yang merupakan client. Server memiliki fungsi utama menyediakan layanan untuk client atau user komputer tersebut. Dengan begitu, perangkat dapat menggerakkan dan menggunakannya.

    13. Haer Talib

    Menurut Haer Talib, web adalah tempat yang ada di dalam internet dengan nama serta alamat. Memiliki fungsi untuk menunjukkan tempat tinggal dan identitas diri seseorang. Termasuk juga pemilik akun tersebut.

    14. Ali Zaki & Smitdev Community

    Menurut Ali Zaki & Community, web adalah kumpulan dari beberapa halaman website yang ada pada satu domain saja. Biasanya bisa terdiri dari dua atau lebih dari itu halamannya karena membutuhkan banyak penggunanya.

    15. Jasmadi

    Menurut Jasmadi, web adalah kumpulan dari halaman website dan juga file yang mendukungnya. Misalkan file digital, gambar, video. Terletak pada host atau web servernya. Biasanya pengaksesannya dengan memanfaatkan jaringan internet.

    16. Gregorius

    Menurut Gregorius, web adalah kumpulan dari halaman tentang website yang dapat terhubung dan semua dokumennya bisa saling berkaitan juga. web juga terdiri atas halaman dan kumpulan-kumpulan page tersebut.

    Homepage berada pada letak teratas dengan halaman yang berkaitan. Kemudian dapat juga berisi tentang hyperlink ke tempat lain ke dalam websitenya. Semuanya tergantung pada keinginan pengguna dan pemilik akun web.

    17. Hakim Lukmanul, 2004

    Menurut Hakim Lukmanul, web adalah fasilitas yang berkaitan dengan jaringan internet. Menghubungkan dokumen di lingkup sekitar maupun jarak jauh sekalipun. Dokumen di sini adalah web page dan linknya bisa berpindah dari page ke page lainnya.

    18. Sibero (2011:11)

    Menurut Sibero, web adalah sistem yang memiliki keterkaitan dengan dokumen untuk media agar dapat menampilkan data-data tertentu. Misalkan multimedia seperti gambar atau teks dan jenis lainnya. Menggunakan jaringan internet tersedia.

    19. Arief (2011:8)

    Menurut Arief, web adalah salah satu dari aplikasi tentang dokumen-dokumen tertentu. Misalkan multimedia yang meliputi animasi, gambar, audio, teks dan video. Memakai protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

    Cara pengaksesannya menggunakan perangkat lunak. Anda bisa menggunakan browser, Google Chrome, Mozilla Firefox atau jenis mesin pencari lainnya. Gunakan salah satu saja untuk bisa masuk ke web.

    20. Abdullah (2015:1)

    Menurut Abdullah, web adalah kumpulan halaman-halaman yang berisikan laman-laman tentang informasi yang tersaji dalam bentuk data digital. Misalkan text, tampilan gambar, audio maupun video dan animasi tertentu.

    Semua itu menggunakan media koneksi internet. Agar Anda dapat terhubung ke alamat web tersebut. Seluruh data dan informasi akan bisa seseorang peroleh dari sini dengan cara yang sangat mudah. Bahkan tidak memerlukan banyak tindakan.

    21. Nilasari (2014:2)

    Menurut Nilasari, web adalah kumpulan dari beberapa halaman dalam sebuah website yang seseorang jalankan dari sebuah alamat web domain. Berisi informasi-informasi mengenai suatu hal tertentu.

    22. Bekti (2015:35)

    Menurut Bekti, web adalah kumpulan dari halaman-halaman untuk menunjukkan informasi teks, animasi, suara, gambar diam dan bergerak atau kombinasi dari semua hal tersebut. Baik bersifat tetap maupun bergerak.

    Hal tersebut akan membentuk sebuah rangkaian bangunan yang saling memiliki keterkaitan dan terhubung juga dengan jaringan-jaringan halaman tersebut. Dengan begitu, dapat Anda memperoleh sesuatu yang bermanfaat dari sana.

    Demikian penjelasan singkat saya mengenai pengertian web server menurut para ahli terkemuka, sebenarnya ada banyak lagi orang berada di bidangnya menggunakan pemikirannya. Namun, penjelasan di atas adalah beberapa nama dari berbagai sumber yang sering muncul.