Blogroll

Pengertian Wifi Menurut Para Ahli dan Penjelasan Lainnya



    Pengertian wifi menurut para ahli

    Anda semua pasti setuju jika saat ini kebanyakan orang di berbagai dunia sangat bergantung pada internet, seperti wifi dan koneksi nirkabel lainnya yang telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Agar menjadi pengguna yang cerdas, mari sedikit mengenal lebih jauh tentang pengertian wifi menurut para ahli.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel beseta fungsinya

    Sejarah singkat wifi

    Wifi merupakan singkatan kata dari Wireless Fidelity memiliki artian sebagai teknologi dengan memanfaatkan perangkat elektronik guna bertukar data dengan menggunakan gelombang radio melalui jaringan komputer berkoneksi tinggi.

    Wifi pertama kali digunakan secara komersial pada bulan agustus 1999 dan yang mencetuskan pertama kali adalah interbrand sebuah brand consulting firm. Blenger pun mengatakan kalau nama wifi di adopsi dari plesetan dari Hi-Fi (High fidelity).

    Wifi alliance menggaet interbrand dalam urusan menentukan nama dengan tujuan agar lebih mudah diucapkan daripada ‘IEEE 802.11B direct sequence’. Dalam logo wifi terdapat sebuah simbol Yin-yang dengan makna tanda sertifikasi interoperabilitas suatu produk.

    Pengertian wifi menurut para ahli

    Selain istilah Wi-Fi, orang-orang pun biasanya juga menyebutnya hotspot. Dengan kata lain, keduanya memiliki makna yang sama. Namun selain definisi secara umum, ada beberapa pengertian Wi-Fi menurut para ahli seperti sebagai berikut:

    1. Jubilee enterprise

    Menurut salah satu market leader dalam bidang industri dan content creator Indonesia, wifi adalah sebuah jenis teknologi komunikasi dan informasi yang beroperasi pada perangkat WLAN (wireless local area network).

    Dengan itu memungkinkan penggunanya dapat mengakses dimanapun selama masih dalam jangkauan WLAN. Selain itu, juga sangat scalable untuk digunakan dalam berbagai jenis topologi jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan. 

    2. Priyambodo

    Pada tahun 2005 priyambodo mengemukakan bahwa wifi adalah, sebuah standar wireless networking tanpa menggunakan kabel yang menyempurnakan komponen sebuah koneksi jaringan internet agar dapat terhubung dengan mudah.

    Dengan penggunaan tanpa kabel menjadi sebuah solusi dalam hal instalasi dan menghemat biaya perawatan jaringan. Sehingga dapat menurunkan besar pengeluaran kepemilikan walaupun investasi awal pemasangan cukup mahal. 

    3. Onno widodo purbo

    Seorang tokoh dan pakar teknologi informatika mengatakan, wifi merupakan media radio yang sifatnya berbagi dan digunakan secara bersama-sama dengan kapasitas kecepatan yang sangat mempengaruhinya.

    Kecepatan yang dipengaruhi oleh gelombang radio membuatnya lebih unggul dibandingkan penggunaan data seluler. Alhasil menjadi sebuah solusi dalam hal produktivitas dan mobilitas para penggunanya.

    4. Yuhefizar

    Menurut pria kelahiran tahun 1976 yang berprofesi sebagai Dosen Politeknik Andalas wifi ialah, suatu perangkat singkatan dari Wireless Fidelity yaitu standar yang digunakan untuk komunikasi jaringan lokal tanpa kabel dengan dasar spesifikasi IEEE 802.11.

    Tidak heran jika cepat dalam pembangunan jaringan dan mudah untuk direlokasi. Kata “Fleksibilitas” menjadi salah satu acuan orang-orang menggunakan teknologi ini. Maka sudah tidak heran jika wifi menjadi kebutuhan penting di era sekarang.

    5. Doni Kurniawan

    Wifi adalah teknologi lama yang sudah disertakan pada beberapa notebook pentium 3. Namun di notebook pentium 4 dan generasi atasnya teknologi tersebut sudah wajib ada. Dengan tujuan agar perkembangan teknologi lebih maju.

    Sudah seharusnya dalam hal ini wifi menjadi teknologi yang berkembang dan ditambah ketergantungan orang banyak akan jaringan ini, membuat wireless fidelity menjadi kebutuhan pokok pada kehidupan sehari-hari.

    Manfaat wifi dalam kehidupan sehari hari

    Manfaat wifi dalam kehidupan sehari hari
    Manfaat wifi dalam kehidupan sehari hari
    Pada era teknologi seperti ini kebanyakan orang menganggap bahwa wifi hanya sebatas sarana untuk mendapatkan akses internet yang tersedia di beberapa tempat dengan mudah. padahal manfaat wifi dalam kehidupan sehari hari lebih dari itu, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini:

    1. Berbagi File dan Folder

    Dengan memanfaatkan jaringan wifi, dengan mudah perangkat yang terhubung dapat bertukar file secara aman. Dengan menggunakan jasa penyimpanan seperti dropbox membuat berbagi data menjadi lebih mudah.

    Layaknya bluetooth, wifi dapat digunakan dalam hal mentransfer file ke perangkat lain seperti komputer atau smartphone lainnya. Bahkan dengan bantuan wifi, kartu Eye-fi untuk beberapa kamera secara otomatis tersimpan.

    2. Terhubung dengan Internet

    Untuk manfaat yang satu ini semua orang tahu bahwa wifi membuat perangkat menjadi terhubung dengan internet dengan mudah, cukup menyalakan wifi yang sudah tersedia. Tidak hanya itu, smartphone Anda bisa menjadi remote televisi yang dihubungkan melalui koneksi hotspot.

    Kecepatan internet wifi rata-rata mencapai 8mbps. Itu lebih baik dari jaringan data seluler yang hanya berada pada angka 6 mbps. Sejauh ini Singapura masih menjadi negara dengan internet tercepat di Asia Tenggara dengan kecepatan 38 mbps.

    3. Hemat Biaya

    Menggunakan wifi dapat menghemat biaya karena Anda tidak perlu banyak dalam membeli kabel, itu menjadi alasan beberapa perusahaan bahkan perseorangan memilih menggunakannya. Khususnya pengguna laptop atau smartphone yang pekerjaannya bergantung pada internet.

    Bahkan penggunaan wifi di tengah pandemi menjadi salah satu solusi dalam hal menghemat biaya untuk urusan pengeluaran kuota. Bagaimana tidak, dengan adanya program learning dan working from home membuat penggunanya melonjak menjadi 11 juta user dimana sebelumnya hanya 8 juta saja.

    4. Produktivitas

    Dengan keunggulan mobilitas yang tinggi dan ketersediaannya yang sudah cukup banyak pada ruang publik seperti taman, cafe, restoran, hotel hingga supermarket, membuat wifi menjadi salah satu alasan dipilih sebagai kebutuhan penting.

    Untuk sebagian orang yang pekerjaannya sangat mengandalkan kecepatan internet, wifi sangat berperan penting mempengaruhi dalam hal produktivitas kerja. Jadi tidak heran saat ini banyak yang menjadi bergantung pada teknologi satu ini.

    5. Menghemat Penggunaan Baterai

    Selain menghemat penggunaan kuota data saat memanfaatkan jaringan wifi. Daya baterai smartphone maupun laptop adalah hal penting bagi penggunanya, maka dari itu hal ini menjadi cukup krusial sebagai alasan penggunaan wifi.

    Konon katanya teknologi wifi wireless lebih sedikit dalam hal menyedot kapasitas baterai karena sinyal yang dihasilkan cenderung lebih stabil dibandingkan dengan jaringan data seluler biasa yang dimana koneksinya terkadang naik turun.

    Kelebihan dan kekurangan wifi

    Kelebihan dan kekurangan wifi
    Kelebihan dan kekurangan wifi
    Menggunakan wifi bisa dikatakan lebih aman dari segala bentuk gangguan koneksi. hal ini juga menjadi lebih praktis penggunaanya dan sudah cukup menjamur di berbagai tempat. Tidak perlu banyak melakukan konfigurasi seperti kantor yang memiliki banyak ruangan, cukup dengan satu konfigurasi maka semua bisa terkoneksi dengan mudah.

    Namun wifi juga memiliki kekurangan seperti pengaturan jarak yang terbatas sehingga cukup berpengaruh dalam hal kecepatan koneksi. Dari segi keamanan tidak terlalu baik, untungnya dengan menggunakan password guna menghindari user yang tidak mempunyai kepentingan.

    Bagaimana Cara Kerja Wifi?

    Jika diperhatikan dengan sederhana, wifi (wireless fidelity) bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Sharing data yang diminta ataupun dikirim user nantinya akan diterjemahkan. Maka wajib perangkat komputer memiliki adaptor agar dapat terkoneksi.

    Agar data tersebut dapat dibaca dan tersedia oleh perangkat lain. Pastikan dalam proses pertukaran file terhubung dengan wireless adaptor yang sudah terkoneksi wifi. Setelah diterjemahkan, maka data akan dikirim menggunakan koneksi ethernet.

    Kemudian jaringan tersebut bekerja pada dua arah. Masing-masing data dalam waktu bersamaan melalui router yang akan menjadi kode di setiap paket data. Selanjutnya kembali dikirim dengan bentuk gelombang radio lalu diterima oleh komputer tanpa kabel.

    Pengaruh Wifi Bagi Kesehatan

    Dengan ketersediaan wifi yang cukup banyak pada ruang publik, membuat orang bertanya-tanya akan pengaruh buruk jaringan bagi kesehatan dan keamanan. Mulai dari gelombang radio hingga radiasi. Berikut penjelasannya:

    1. Pengaruh Gelombang Radio

    Kekhawatiran ini muncul saat menggunakan wifi atau perangkat lainnya yang terhubung. Yaitu ber pengaruh terpaparnya dengan gelombang radio pada sel-sel didalam tubuh sehingga memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

    Sampai saat ini, efek dari terpaparnya frekuensi radio yang sudah terbukti secara ilmiah yaitu kenaikan suhu tubuh sekitar 1 derajat celcius dan ditemukan hanya ditempat tertentu. Hal ini juga sempat dihubungkan dengan penyakit lainnya, Seperti, kanker, gangguan saraf dan jantung.

    2. Efek Radiasi

    Dalam hal ini masih bisa ditoleransi karena wifi tergolong memancarkan radiasi non-ionisasi atau energi rendah yang hampir sama dengan sinyal telepon genggam, televisi, gelombang radio, microwave dan sinar ultraviolet (UV).

    Sebuah survei terbaru mengemukakan bahwa paparan dari gelombang radio berbasis teknologi nirkabel diperbolehkan karena cukup jauh di bawah batas internasional. Namun hal ini cukup berpengaruh jika penempatan router wifi kurang tepat.

    Penutup

    Dan itulah sedikit pembahasan tentang pengertian wifi menurut para ahli dan hal menarik lainnya untuk menambah edukasi. Oke demikianlah pembahasan seputar wifi, semoga penjelasan diatas tadi bermanfaat bagi para pembaca dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.