Blogroll

Solusi dan Penyebab Bluescreen Pada Windows 10 Yang Sering Terjadi



    Penyebab bluescreen

    Bluescreen atau layar biru telah menjadi istilah populer untuk tampilan pada layar Microsoft Windows yang sedang mendapatkan suatu kesalahan sistem yang cukup . Blue Screen of Death (BSOD) ini seringkali terjadi pada hampir semua versi windows seperti winNT, 2000, XP, Vista, 7, 8 hingga 10. Lalu apa sajakah solusi dan penyebab bluescreen pada windows 10 itu?, simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.
    Baca juga : memahami apa itu rekayasa perangkat lunak

    Apa Itu Bluescreen?

    Blue screen of death (BSOD) yang memiliki arti layar biru kematian merupakan istilah populer untuk mengindikasikan kesalahan sistem pada tampilan layar Microsoft Windows. Hal ini merupakan pengganti dari black screen of death, yakni layar hitam kematian.

    Biasanya muncul pada layar tampilan OS/2 dan MS-DOS. Versi awal dari Windows yakni Vista juga pernah mengalami kesalahan sistem bernama red screen of death atau layar merah kematian. Salah satu hal yang menjadi kunci dari hal ini adalah tidak bagusnya driver alat, kesalahan pada memori.

    Selain itu, registry dalam keadaan tengah mengalami kerusakan dan pemakaian file DLL yang sebenarnya tidak cocok juga dapat menjadi penyebabnya. Berbagai macam bentuk dari kesalahan sistem ini ada pada semua sistem operasi Windows mulai dari Windows 3.1.

    Jenis dan Penyebab Bluescreen pada Windows

    Penyebab dari kesalahan sistem berupa bluescreen memiliki banyak macam penyebabnya. Salah satunya yaitu tergantung pada model Windows yang Anda gunakan, Termasuk juga pada tindakan atau aktivitas pada waktu sebelum hal itu terjadi.

    1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0x0000000A)

    Penyebab bluescreen ini adalah ketidakcocokan instalasi driver hardware pada komputer. Kemudian VGA card belum atau instalasi drivernya yang tidak sesuai. Termasuk juga driver audio card tak cocok atau bahkan tidak terpasang sebagaimana mestinya.

    Kesalahan dalam penginstalan driver hardware yang tidak sesuai dapat menjadi kunci dari terjadinya bluescreen pada layar komputer. Selain itu, semua instalasi juga harus pasti terpasang dengan benar dan tidak salah penempatan.

    2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

    Penyebab terjadinya bluescreen selanjutnya adalah adanya kerusakan pada file sistem di partisi yang mengakibatkan kesalahan sistem di layar komputer. Tetapi, letak rusaknya tidak terjadi pada hard disk perangkat tersebut.

    Untuk itu sebaiknya lakukan pemeriksaan pada hard disk yang sudah terpasang pada komputer tersebut. Mungkin saja terjadi kesalahan cara pemasangan. Karena hal tersebut juga dapat menjadi penyebab adanya kesalahan sistem seperti ini.

    3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

    Ini merupakan dampak dari terjadinya overheat atau suhu terlalu panas pada suatu komputer. Termasuk juga kelebihan overclocking, sekaligus juga processor dan BIOS yang terindikasi korupsi. Untuk itu perlu adanya pendingin atau kipas agar dapat mengontrolnya dengan baik.

    Komponen kipas angin atau pendingin ini dapat membantu Anda menstabilkan suhu komputer yang terlalu panas. Solusi lainnya yaitu ambil jalan yang lain dengan mematikan perangkat sementara waktu hingga kembali normal. Biasanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk mendinginkannya.

    4. DATA_BUS_ERROR dan PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

    Biasanya hal ini terjadi karena adanya suatu kerusakan pada slot atau memori (RAM komputer). Selain itu, ada juga penyebab lainnya yakni adanya indikasi rusaknya hardware terutama pada bagian penyimpanannya di sekitaran processor.

    Untuk itu perlu adanya pengecekan keadaan RAM komputer tersebut. Jika memang terjadi kerusakan, maka langsung ganti dengan yang baru. Hal ini dilakuakn agar tidak menimbulkan rusak yang lebih parah lagi pada perangkat milik Anda tersebut.

    5. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE dan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

    Kerusakan sistem ini bisa saja karena posisi jumper di komponen hardisk mengalami kesalahan dalam hal peletakan dan pemasangannya. Terkadang juga dapat terjadi sebab drive IDE controller mengalami masalah dan virus boot sector dari hacker luaran sana.

    Agar komputer dapat Anda gunakan kembali, maka lakukanlah pemeriksaan secara detail pada bagian kabel IDE. Lalu segerakan pembersihan virus di boot sector dan lakukan pengaturan ulang. Dengan begitu perangkat ini tidak semakin mengalami banyak gangguan lainnya.

    Cara Mengatasi Bluescreen

    Cara mengatasi bluescreen
    Cara mengatasi bluescreen
    Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengatasi bluescreen pada komputer. Coba satu persatu cara mengatasi error bluescreen tersebut dengan berbagai cara di bawah ini:

    1. Restart Komputer yang Mengalami Bluescreen

    Caranya adalah tekan tombol power sampai perangkat mati, lalu tekan lagi dan tunggu hingga perangkat hidup. Biasanya booting memerlukan waktu beberapa menit, tergantung spesifikasi dari perangkat itu sendiri.

    Jika kerusakannya tidak terlalu parah, maka komputer akan segera dapat berfungsi secara normal kembali setelah selesai proses booting. Namun, jika cara ini tidak berhasil mengembalikan keadaan perangkat Anda bisa jadi ada beberapa penyebab lainnya.

    2. Gunakan System Restore

    Selain memulai ulang perangkat, Anda juga dapat melakukan system restore pada perangkat. Caranya adalah matikan terlebih dahulu perangkat tersebut. Kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol power. Selanjutnya ketika masih dalam proses penyalaan kembali klik F8.

    Kemudian akan muncul banyak menu, pilih safe mode dan tunggu hingga prosesnya selesai. Lalu lanjutkan ke operasi sistem tersebut. Setelah itu perangkat akan melakukan restart ulang secara otomatis. Biarkan sampai per komputer menyala dan perangkat siap untuk Anda gunakan kembali.

    3. Repair System pada Operasi Windows

    Cara berikutnya adalah memakai metode repair system pada operasi Windows. Penggunaannya untuk dapat mengatasi masalah bluescreen pada file windows yang melakukan korupsi. Hal ini menjadikannya mengalami masalah pada sistemnya.

    Untuk menggunakan cara ini, perlu adanya DVD operasi sistem Windows agar dapat melakukan repair pada windows tersebut. Cara lain yang lebih mudah adalah melakukan instalasi ulang pada perangkat tersebut.

    4. Pasang Update Driver

    Anda dapat mencoba cara pemasangan update driver, metode ini memiliki kesamaan dengan repair system. Hanya saja update hanya dapat seseorang lakukan ketika terjadi crash karena update yang tak sesuai atau kurang cocok saja.

    Namun sebelum itu, Anda harus mengunduh driver terbaru dari perangkat (setiap jenis terkadang tidak sama). Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, hanya perlu mengetikan di mesin pencarian Google dan melakukan pengunguhan driver.

    5. Scan Malware

    Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab yang menjadikan perangkat Anda mengalami kerusakan pada sistemnya. Bahkan dapat merusak bagian terdalam dan awal dari Windows. Jika dibiarkan, bisa jadi perangkat justru tidak bisa digunakan kembali.

    Untuk dapat mengatasinya Anda harus melakukan scan pada malware tersebut. Unduh dan install antivirus agar bisa membantu menghilangkan virus dari komputer. Bersihkan secara keseluruhan agar data-data Anda tetap aman dan tidak rusak atau bahkan hilang.

    6. Periksa Hardware Komputer

    Lakukan pengecekan secara keseluruhan untuk dapat mengetahui masalahnya. Cek bagian hardisk terlebih dahulu, kemudian matherboard, ram, dvd, atau beberapa kabel instalasi di dalamnya. Jika semua dirasa sudah, maka nyalakan ulang perangkat tersebut.

    Sebetulnya, berbagai penyebab bluescreen pada windows memang bukan masalah yang rumit. Akan tetapi, jika tidak ada pengetahuan dan pemahaman bisa jadi Anda akan merasa membingungkan. Namun jika masih banyak kendala, silahkan hubungi pihak service terdekat untuk melakukan perbaikan. Oke demikianlah pembahasan saya mengenai solusi dan penyebab bluescreen pada windows 10, semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan anda sekalian.