Blogroll

Mengenal Perbedaan Email dan Gmail beserta Pengertiannya



    Perbedaan email dan gmail

    Pada zaman serba digital ini, mengirim surat tidak hanya lagi dengan menggunakan kertas dan pena untuk menulisnya. Kegiatan itu dapat pula hadir dalam bentuk elektronik modern. Nah, sudahkah Anda tahu apa perbedaan email dan gmail? Mungkin Keduanya bukan merupakan hal asing lagi anda, nah pada pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai email dan email, untuk lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini.
    Baca juga : 15 kelebihan dan kekurangan microsoft word

    Pengertian Email

    Istilah Email memang sudah sangat sering berkeliaran bagi telinga banyak orang. Namun, untuk sebagian masyarakat lain bisa jadi kata ini masih asing sekali. Oleh karena itu, apakah setiap penggunanya telah memahami definisi dari surat elektronik itu?

    Email merupakan kependekan dari elektronik mail. Dalam Bahasa Indonesia istilah ini memiliki arti sebagai surat elektronik. Penggunanya dapat mengirimkan pesan melalui internet tanpa mengeluarkan biaya untuk berkirim informasi secara konvensional untuk membeli kartu pos.

    Pengertian Gmail

    Gmail merupakan salah satu istilah yang juga tidak asing bagi kebanyakan masyarakat pengguna internet. Apalagi para karyawan atau pelajar dengan keperluan mengirimkan data atau dokumen pada bos, sesama pegawai, guru, dosen, hingga sesama teman. Apakah Anda salah satunya?

    Definisi sederhana dari Gmail sendiri adalah merupakan surat elektronik milik perusahaan pencarian besar bernama Google. Penggunanya bebas mengirim pesan hingga dokumen melalui akun masing-masing dengan menggunakan internet. Semua proses ini berlangsung dengan cukup mudah.

    Perbedaan Email dan Gmail

    Perbedaan email dan gmail
    Perbedaan email dan gmail
    Beberapa hal mengenai Email dan Gmail sudah jelas pada uraian sebelumnya. Namun, sudahkah Anda tahu perbedaan dari kedua jenis surat elektronik ini? Meskipun konsep dasarnya sama, tentu ada yang berbeda dari keduanya. Apakah itu? Berikut beberapa contohnya:

    1. Satu Akun Gmail untuk Semua Pendaftaran

    Pengguna gmail tentu telah melakukan pembuatan akun pada saat memulai menggunakannya. Sudahkah Anda tahu bahwa akun ini nantinya bisa Anda gunakan saat melakukan berbagai pendaftaran pada produk Google lainnya? Ya, hal itu benar adanya. Kemudahan ini belum tentu ada pada jenis email lain.

    Akun Gmail dapat pengguna gunakan untuk mendapat akses ke berbagai produk Google lain seperti contohnya adalah Google Maps, penyimpanan bernama Google Drive, dan masih banyak lagi. Selain itu, pemilik akun juga bisa menggunakannya untuk mendaftarkan diri ke berbagai aplikasi populer.

    2. Gmail Tidak Memiliki Tenggang Waktu Kadaluarsa Akun

    Nah, salah satu pembeda Gmail dengan jenis email lainnya adalah bahwa akun surat elektronik dari Google ini tidak akan mengalami kadaluarsa walaupun pengguna tidak membuka atau menggunakannya dalam jangka waktu cukup lama, misalnya sebulan, dua bulan, dan seterusnya.

    Tidak adanya kadaluarsa akun tentu menjadi salah satu hal yang membuat Gmail lebih unggul dari jenis surat elektronik lainnya. Hal ini karena pengguna belum tentu memerlukan akunnya setiap hari untuk berkirim pesan atau dokumen. Selagi password dan alamat masih ingat, maka tidak masalah.

    3. Gmail Memiliki Fitur Anti Spam

    Salah satu hal yang banyak pengguna surat elektronik benci adalah adanya spam. Hal ini dapat membuat penyimpanan menjadi penuh serta ada kemungkinan menutupi pesan-pesan penting pada kotak masuk. Namun, kejadian ini memiliki solusi bagi Anda para pengguna Gmail.

    Salah satu pembeda Gmail dari tipe elektronik mail lainnya adalah adanya fitur spam. Hal ini merupakan angin segar bagi para pengguna yang kerap kali merasa  risih dengan pesan-pesan tidak penting. Nantinya informasi dan notifikasi sampah atau virus akan masuk ke sebuah folder khusus.

    4. Pengguna Gmail dapat Melakukan Panggilan Video

    Salah satu hal yang membedakan fitur Gmail dengan surat elektronik lain adalah pengguna mamu melakukan video call. Panggilan video ini berlangsung dengan bantuan Google Hangout. Tentu akun pengguna memiliki sinkronisasi dengan aplikasi produk dari Google seperti ini.

    Akun Gmail pengguna telah mengalami sinkronisasi dengan aplikasi Google Hangout sehingga pemiliknya dapat melakukan panggilan yang menampakkan wujud pemanggil dan penerima nantinya. Jadi, tidak hanya berkirim tulisan, tapi juga bertukar kabar secara tatap muka.

    5. Kapasitas Penyimpanan Gmail Cukup Besar

    Kadang kala orang berkirim pesan tanpa memperhatikan ukuran pesan itu. Oleh karena itu, suatu waktu penyimpanan surat elektronik bisa mengalami kepenuhan, apalagi jika kapasitasnya kecil. Hal ini nantinya dapat membuat pengguna kewalahan karena harus menghapus isi kotak masuk.

    Pengguna Gmail patut berbahagia karena ruang penyimpanan pesan dari surat elektronik besutan Google ini cenderung luas. Kapasitas yang ada sekitar 15 GB. Wah, cukup besar, bukan? Hal ini akan membuat pengirim maupun penerima elektronik mail menjadi lebih leluasa dan tenang.

    6. Pengguna dapat Melihat Lampiran secara Langsung

    Seringkali dalam berkirim pesan pihak pengirim akan melampirkan suatu dokumen yang nantinya akan penerima unduh. Namun, sebelum itu tentu pihak penerima perlu membukanya agar dapat memeriksa apakah file itu benar sehingga dapat memberikan konfirmasi pada pemberi.

    Pada Gmail, penggunanya dapat membuka lampiran yang masuk secara langsung. Artinya, tidak perlu meninggalkan halaman kotak masuk. Setelah melakukan pengecekan, penerima bisa mengetahui kesesuaian dokumen yang pengirim kirim untuk bertindak menghapus atau mengunduh.

    7. Lebih dari Satu Akun dapat Pengguna Gmail Akses

    Kadang kala seseorang memiliki keharusan untuk memiliki lebih dari satu akun gmail karena beberapa alasan penting. Tidak jarang pula pengguna surat elektronik harus menggunakannya pada waktu bersamaan. Oleh karena itu, perlu adanya log in pada satu perangkat.

    Pengguna Gmail tak perlu risau. Hal ini merupakan pembeda dengan jenis email lainnya karena Anda dapat log in ke akun lain tanpa harus keluar dari akun sebelumnya. Wah, tentu banyak orang merasa lebih senang dengan keunggulan ini.

    Kelebihan dan Kekurangan Gmail dan Email

    Berkirim surat memang telah menjadi kegiatan lumrah sejak lama sekali. Seiring berkembangnya zaman, cara-cara untuk menyampaikan informasi pun semakin modern. Salah satunya dengan menggunakan Email dan Gmail. Berikut dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan email dan gmail dibanding surat konvensional:

    1. Kelebihan

    Penggunaan suatu produk atau teknologi tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Hal ini juga berlaku bagi orang-orang yang lebih memilih menggunakan elektronik mail daripada surat biasa.

    • Tidak perlu melakukan penulisan pesan secara manual pada selembar kertas dengan menggunakan pena ataupun pensil

    Hal ini merupakan salah satu keunggulan yang membuat banyak orang beralih. Setiap orang yang memiliki akun surat elektronik modern dapat mengirimkan surat dari lokasi mana saja. Tentu pengguna tidak perlu mendatangi kantor pos untuk membeli kartu pos, menulis isi pesan, kemudian memberikannya kepada petugas pengiriman.

    2. Kekurangan

    Setiap hal pada kehidupan ini selain memiliki kelebihan tentu juga mempunyai kekurangan. Berlaku pula bagi penggunaan surat elektronik. Pengiriman surat elektronik memerlukan koneksi internet yang baik sehingga daerah jauh dari jangkauan sinyal akan merasa kesulitan mengakses Email atau Gmail. Itulah kekurangan dari penggunaan elektronik mail.

    Nah, itu tadi beberapa pengetahuan mengenai surat elektronik mulai dari pengertian, kelebihan dan kekurangan, hingga perbedaan Email dan Gmail. Semoga dengan membaca artikel ini Anda mendapat pengetahuan baru.