Blogroll

Amazon Web Services: Pengertian, Layanan dan Kelebihannya



    Apa itu amazon web services?

    Aws ialah singkatan dari amazon web services yang merupakan platform layanan berbasis cloud yang memiliki hampir semua kebutuhan bisnis digital dalam melakukan pembuatan aplikasi canggih yang dilengkapi dengan kemampuan skalabilitas, fleksibilitas dan keandalan. Platform amazon web services juga memberi penawaran hingga 100 layanan yang dibutuhkan saat ini dan terus mengalami peningkatan.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft access bagi pengguna
    Dalam layananannya, AWS tidak hanya tentang membangun suatu website secara online. Platform layanan ini juga menawarkan akses layanan ke berbagai fitur unggulan kepada para developer yang telah terintegrasi dengan penyimpanan database, pengiriman konten, komputasi dan beberapa fitur untuk meningkatkan fungsionalitas portofolio. 

    Saat ini, banyak pengelola bisnis di berbagai belahan dunia telah memanfaatkan layanan AWS dalam meningkatkan bisnis mereka. Fitur cloud computing ialah salah satu fitur unggulan yang tersedia di Amazon Web Services dalam meningkatkan laju pertumbuhan bisnis anda.

    Jenis-jenis layanan AWS

    Amazon web services mempunyai berbagai fitur dan layanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya. Nah berikut ini merupakan beberapa jenis layanan AWS yang tersedia dan digunakan oleh developer di berbagai belahan dunia, simak lebih lanjut di bawah ini.

    Layanan umum AWS 

    Berikut ini merupakan jenis layanan amazon web services yang paling umum dan sering digunakan oleh para developer dalam mengembangkan bisnisnya:

    1. Amazon EC2

    Layanan ini menyediakan sistem komputasi yang lebih aman dan mempunyai kelebihan yang fleksibel saat digunakan di cloud, Amazon EC2 dapat diatur ulang sesuai kebutuhan pengguna. Contohnya ialah saat web yang telah dibuat mempunyai lalu lintas sekitar 10ribu dalam sehari yang sangat membebani server, layanan ini dapat berperan untuk menambah kekuatan server website anda dalam menampung lalu lintas tersebut dan pastinya beban pada server menjadi berkurang.

    2. Amazon elastic beanstalk

    Jenis layanan amazon web service yang paling umum digunakan selanjutnya ialah amazon elastic beanstalk, layanan ini dibangun dengan menggunakan banyak bahasa pemrograman yang dirancang untuk membantu pengguna dalam melakukan deploy dan mengatur desain pada aplikasi berbasis web.

    Dalam menggunakan layanan ini, pengguna cukup mengupload kode yang telah dibuat dan Amazon Elastic Beanstalk akan menangani proses deployment secara otomatis, mulai dari mengatur ukuran hingga menjaga kualitas data dan melakukan sejumlah pengukuran pada kode tersebut.

    3. Amazon lambda

    Amazon lambda merupakan layanan yang digunakan untuk menjalankan sejumlah kode yang telah dibuat tanpa harus mengelola dan membuat server, layanan ini dapat dilakukan secara otomatis sesuai kebutuhan developer. Pihak developer yang menggunakan layanan ini hanya melakukan pembayaran pada proses komputasi yang berjalan dan tidak ada biaya tambahan saat kode yang diunggah tidak berjalan dengan baik.

    4. Amazon lightsail server

    Lightsail termasuk layanan yang mudah digunakan dan dikelola oleh pengembang, Amazon Lightsail ialah bentuk server virtual yang dapat digunakan untuk membuat berbagai project dengan cepat dan efisien, contoh yang sering digunakan oleh para developer ialah alat transfer data, penyimpanan cloud berbasis SSD, manajemen DNS dan pengelolaan IP statis.

    Layanan penyimpanan AWS

    Saat ini, penyimpanan data berbasis cloud sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan organisasi. Amazon Web Services hadir dan menyediakan berbagai layanan penyimpanan bagi para pengembangan, berikut dibawah ini merupakan beberapa jenis layanan penyimpanan amazon web services yang perlu diketahui.

    1. Amazon S3

    Layanan ini dapat mengambil dan menyimpan berbagai data dari platform mana saja, seperti situs website, sensor IOT, aplikasi seluler dan lainnya. Amazon S3 dapat diandalkan dalam manajemen data, fleksibilitas dan keamanan tingkat tinggi dalam penyimpanan cloud.

    2. Amazon elastic block store (EBS)

    layanan ini memiliki konsep sama seperti harddisk yang dimana pengguna dapat mengirim dan menerima data EC2 secara instans. Ketika proses pengiriman, pengembang juga dapat membuat file system yang dibutuhkan dan mendapatkan akses cepat ke penyimpanan data berbasis cloud.

    3. Amazon elastic file system (EFS)

    Amazon elastic file system ialah layanan penyimpanan berbasis cloud yang tersedia di amazon web services yang didesain untuk berbagai kemampuan seperti menangani kelebihan beban pada sistem, penggunaan tanpa henti, mengelola server secara bersamaan dan sebagainya.

    Layanan ini juga dapat digunakan pengguna dalam mengatur dan membuat system file aplikasi web secara otomatis tanpa menghambat kinerja program yang sedang berjalan ketika file akan ditambah atau dihapus dalam waktu yang sama.

    4. Amazon glacier

    Jenis layanan penyimpanan amazon web services yang terakhir ialah amazon glacier, layanan ini merupakan penyimpanan cloud yang digunakan dalam melakukan arsip data dan backup dalam jangka panjang. Amazon glacier sering dipilih karena mempunyai biaya murah dan tingkat keamanan yang tinggi.

    Layanan database AWS

    Berikut di bawah ini merupakan jenis jenis layanan database AWS yang perlu anda ketahui.

    1. Amazon redshift

    Amazon redshift ialah layanan data warehouse yang dapat digunakan dalam melakukan analisa data mendalam dengan SQL dan berbagai alat kecerdasan bisnis yang tersedia lainnya. Layanan ini juga dapat dimanfaatkan untuk menjalankan data query kompleks mengenai terabyte yang terstruktur dan menerima hasil data dalam beberapa detik saja.

    2. Amazon RDS

    Layanan RDS dapat digunakan dalam pengoperasian, mengurangi proses konfigurasi dan melakukan pengukuran database secara relasional di penyimpanan cloud. RDS bisa digunakan secara maksimal oleh pengembang untuk kinerja sistem memory dan hal hal seputar operasi input/output.

    Amazon RDS juga terdapat fitur tambahan dengan harga yang lebih murah dan bisa diatur kapasitasnya sesuai kebutuhan sekaligus dapat melakukan tugas yang bersifat administratif secara otomatis yang cukup menyita banyak waktu seperti patching, melakukan backup data, konfigurasi database hardware dan sebagainya. 

    Layanan AWS lainnya

    Berikut ini ada beberapa layanan lainnya yang tersedia di amazon web services yang juga perlu untuk diketahui, simak lebih lanjut di bawah ini.

    1. Amazon route 53

    Amazon route 53 ialah salah satu layanan yang tersedia di amazon web services yang memiliki peran dalam mengatur pengiriman jaringan, konten dan layanan DNS berbasis cloud yang terstruktur.

    2. Application discovery services (ADS)

    Layanan yang terdapat pada amazon web services selanjutnya ialah application discovery services (ADS), layanan ini dapat dijalankan dalam membantu perusahaan untuk melakukan perencanaan data mengenai project migrasi dengan cara mengumpulkan berbagai informasi seputar data center on-premise dari perusahaan tersebut.

    Menyiapkan proses migrasi data center sebuah perusahaan cukup merepotkan dan menyertakan banyak beban kerja yang pada umumnya saling terkait dengan yang lain. Maka dari itu, dengan hadirnya layanan ini akan mempermudah anda dalam mengumpulkan setiap data terkait penggunaan server dan pemetaan dependensi sebagai langkah awal yang sangat penting dalam melakukan proses migrasi.

    Intinya adalah layanan amazon application discovery services dapat berperan dalam mengumpulkan informasi, konfigurasi dan memahami perilaku server untuk membantu pengembang atau perusahaan supaya lebih cepat serta meringankan beban kerja yang berjalan.

    3. Amazon auto scaling

    Layanan amazon auto scaling dapat sesuaikan secara otomatis pada kapasitas penyimpanan cloud untuk menjaga kinerja aplikasi yang telah dibuat agar menjadi lebih stabil dan bisa dipantau secara realtime di berbagai layanan amazon yang juga dapat diaplikasikan di layanan database dan web.

    4. Aws identity and access management

    Kemudian terdapat layanan pada amazon web services yang disediakan secara gratis dengan nama aws identity and access management yang dapat dimanfaatkan oleh developer dalam mengatur akses pengguna dan grup ke berbagai layanan yang ada pada AWS.

    5. Amazon elastic load balancing

    Amazon elastic load balancing merupakan salah satu layanan yang mengatur distribusi jaringan dan konten secara otomatis melakukan pengiriman lalu lintas aplikasi yang masuk ke alamat ip dan berbagai target lainnya seperti instans amazon EC2. Layanan ini juga dapat digunakan untuk mengatasi beban lalu lintas pada aplikasi yang dibuat dalam zona yang tersedia.

    Kelebihan AWS

    Layanan AWS saat ini telah dipercaya oleh banyak perusahaan ternama dan telah menjadi komponen penting dalam infrastruktur sistemnya, berikut dibawah ini merupakan beberapa kelebihan layanan AWS yang perlu diketahui.

    • Keamanan yang canggih. Amazon Web Service dapat mengenkripsi berbagai data dan privasi yang lebih terjamin serta fitur penyimpanan data secara menyeluruh.
    • Berpengalaman dalam menyesuaikan kebutuhan pengguna. Para developer nantinya juga dapat memanfaatkan berbagai layanan yang tersedia dan dibuat berdasarkan pengalaman pengguna selama bertahun-tahun.
    • Memiliki layanan yang beragam. Katalog layanan yang ada di amazon web services sangat beragam, contohnya seperti migrasi, alar pengembangan, keamanan, member area dan layanan lainnya.
    • Mudah untuk digunakan. Aws cukup mudah digunakan oleh seeorang pemula yang dimana para developer dengan mudah melakukan berbagai tindakan seperti deployment, membangun program baru, melakukan hosting atau memigrasi berbagai program yang telah dibuat sebelumnya.
    • Dapat diatur sesuai selera pengguna. Layanan aws dapat dengan mudah diatur dan disesuaikan tergantung keinginan developer. 
    • Fleksibilitas yang mempuni. Amazon web services mempunyai kelebihan yang sangat fleksibel dan mumpuni yang dapat digunakan oleh developer dalam memilih bernagai database dan bahas os yang dibutuhkan.
    • Hemat biaya. Pihak perusahaan yang menggunakan layanan aws hanya perlu melakukan pembayaran untuk harga penyimpanan cloud, daya komputasi dan sumber daya lainnya.
    • Telah dipercaya oleh banyak perusahaan besar. Layanan amazon web services telah banyak digunakan oleh perusahaan ternama dunia seperti america online, airbnb, adobe system dan banyak perusahaan lainnya.

    Pengguna layanan AWS

    Banyak perusahaan ternama di berbagai belahan dunia yang menggunakan layanan dari platform Amazon web service dalam mengembangkan bisnis mereka, diantaranya adalah sebagai berikut :

    1. Adobe systems

    Adobe systems menggunakan layanan AWS dalam memberikan tempat untuk menjalankan multi-terabyte bagi penggunanya yang pada sistemnya telah dilengkapi dan terintegrasi dengan layanan AWS Cloud. Adobe systems juga bisa melakukan pengembangan pada sistemnya dan dapat menjalankan sejumlah perangkat lunaknya sendiri yang dibarengi dengan mengelola berbagai infrastruktur dan tindakan deployment lainnya.

    2. Airbnb

    Airbnd ialah marketplace yang menyediakan jasa seputar sewa tempat penginapan yang juga menggunakan layanan AWS cloud yang bertujuan supaya pemilik bangunan dan para pengunjung dapat terhubung satu sama lain dalam sistem marketplace.

    3. America online (AOL)

    America online telah memilih AWS dalam melakukan peningkatan layanannya, menutup pusat data, dan mematikan server co-located serta in-house yang berjumlah sekitar 14.000. Dengan menggunakan layanan aws, perusahaan ini juga mendapatkan sejumlah keuntungan seperti menghemat sumber daya energi hingga jutaan dollar, jangkauan global yang lebih luas, beban kerja yang terkonversi ke layanan berbasis cloud dan sebagainya.

    4. Autodesk

    Autodesk merupakan perusahaan multinasional yang berfokus untuk membuat dan mengembangkan berbagai perangkat lunak komputer yang dikhususkan pada industri desain, hiburan dan teknik. Perusahaan ini menggunakan layanan amazon cloud seperti Amazon S3 dan Amazon RDS, dalam hal lainnya Autodesk juga dapat melakukan pengembangan berbagai alat untuk media pembelajaran dari software yang telah dibuat dan meningkatkan infrastrukturnya.

    5. BMW

    BMW menjalankan layanan AWS dalam melakukan integrasi berbagai program model terbaru ke produk mobil yang telah dibuat, salah satu contohnya ialah mengumpulkan berbagai data sensor dari produk mobil BMW seri 9 yang dirancang untuk menyediakan informasi pada pengemudi mengenai peta yang telah diupdate secara dinamis.

    6. BitDefender

    BitDefender merupakan perusahaan software yang berfokus pada keamanan data internet, hasil produk perangkat lunak yang banyak diketahui saat ini ialah produk khusus antivirus dengan nama Bitdefender dan anti-spyware. Perusahaan ini menggunakan layanan Amazon EC2 dalam mengatur ratusan layanan yang mengelola data hingga lima terabyte.

    Dalam layanannya, BitDefender juga menggunakan fitur aws lainnya seperti Elastic Load Balancer yang digunakan dalam mengatur keseimbangan berbagai koneksi data yang masuk ke layanan tersebut dan memberikan layanan pengiriman data secara global dengan sangat baik.

    7. Comcast

    Comcast ialah penyedia layanan internet di negara Amerika Serikat dan salah satu perusahaan kabel terbesar di dunia yang menggunakan layanan AWS dalam lingkungan hibrid. Dari berbagai pilihan penyedia layanan cloud, perusahaan comcast menggunakan layanan AWS dikarenakan mempunyai kelebihan berupa fleksibilitas dan pembangunan infrastruktur lingkungan hibrid yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

    8. Docker

    Pengguna layanan amazon web service selanjutnya ialah docker yang juga perusahaan yang menggunakan layanan berupa Amazon EC2 dalam memudahkan para developer untuk membangun, mengirim dan mengembangkan perangkat lunak.

    9. General electric (GE)

    General electric juga menggunakan layanan aws dalam memindahkan sekitar 9.000 layanannya termasuk 300 modul ERP yang berbeda-beda, hal ini juga diikuti oleh perusahaan ternama lainnya seperti McDonald's, Kellogg's, Howard Medical School, NASA dan sebagainya.

    10. Canon inc

    Salah satu divisi yang dimiliki perusahaan canon menggunakan layanan aws dalam sistemnya yang mempunyai sejumlah kelebihan seperti biaya yang dibutuhkan lebih kecil, jangkauan global yang lebih luas, penerapan layanan yang lebih cepat dan sebagainya.

    11. Surat kabar guardian

    Dalam operasinya, surat kabar guardian telah memanfaatkan berbagai layanan AWS dalam mengatur tampilan dashboard yang ditujukan pada editor untuk mengetahui tren yang sedang diminati oleh masyarakat di berbagai belahan dunia secara real time.

    12. Financial times

    Financial times ialah salah satu bentuk organisasi terkenal di dunia yang bergerak di bidang berita bisnis. Dalam operasinya, financial times memanfaatkan layanan Amazon Redshift dalam melakukan analisa secara mendalam dan cepat. Layanan amazon ini seringkali digunakan oleh the times dalam mengetahui berbagai pertanyaan dengan memperoleh hasil yang tepat.

    13. European space agency

    Walaupun sebagian besar tugas dan pekerjaan european space agency dikerjakan oleh perangkat satelit, ada beberapa sistem infrastruktur yang dibuat dengan layanan Amazon Web Services, diantaranya seperti penyimpanan data dan sistem komputasi data program yang canggih.

    Penutup

    Oke demikianlah pembahasan saya mengenai amazon web service, saya harap penjelasan di atas tadi dapat berguna dan menambah wawasan anda. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di web masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.