Blogroll

5 Fungsi Ram Pada Komputer Yang Perlu Diketahui



    Fungsi ram komputer

    Random access memory atau biasa dikenal dengan RAM merupakan komponen memory pada perangkat komputer yang mempunyai fungsi penting untuk menyimpan dan memproses sebuah data yang kemudian diteruskan ke prosesor dengan cepat untuk diubah menjadi sebuah informasi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai fungsi ram pada komputer, untuk lebih jelasnya langsung meluncur ke pembahasannya dibawah ini.
    Baca juga : pengertian motherboard, fungsi, jenis dan cara merawatnya
    Saat tahun 90-an, komponen ram hanya digunakan pada perangkat komputer dan laptop saja. Akan tetapi, teknologi terus mengalami kemajuan dan hampir semua jenis perangkat elektronik pintar yang beredar saat ini telah menggunakan RAM sebagai tempat penyimpanan memory sementara. 

    Komponen RAM berperan penting dalam membantu kinerja sistem operasi yang terpasang pada komputer, semakin besar ram yang terpasang, pemrosesan data akan menjadi lebih cepat, namun hal ini juga dipengaruhi oleh kemampuan komponen prosesor tersebut.

    Fungsi RAM pada komputer

    Komponen RAM dapat dikatakan mempunyai peranan yang sangat penting di setiap rangkaian tindakan pemrosesan informasi yang terjadi pada sistem perangkat komputer. Maka dari itu inilah beberapa fungsi utama dari RAM yang perlu anda ketahui :

    1. Sebagai penyimpanan memory sementara

    Fungsi utama RAM komputer yang pertama ialah sebagai penyimpanan memory sementara. RAM merupakan kepanjangan dari random access memory yang dalam bahasa indonesia mempunyai artian sebagai penyimpanan memori acak, komponen ini menyimpan data dari program atau aplikasi yang sedang dibuka secara sementara. Data yang tersimoan ini akan memberikan suatu informasi yang akan disimpan pada komponen RAM dan nantinya akan diteruskan kembali kepada proses untuk diproses lebih lanjut. Nah fungsi prosesor atau CPU ini ialah memproses segala informasi yang masuk dari program yang telah tersimpan di dalam komponen RAM.

    2. Mempercepat kinerja sistem komputer dalam memproses informasi

    Semakin besar ukuran RAM yang digunakan, akan semakin cepat pula sistem komputer anda dalam memproses sebuah data informasi yang dikerjakan oleh prosesor, Banyak dari kita yang mungkin telah mengetahui hal tersebut. Hal ini mempunyai artian bahwa kecepatan sistem komputer dapat diketahui melalui besar ukuran komponen RAM yang digunakan, akan tetapi hal ini dipengaruhi juga oleh performa prosesor itu sendiri. Jadi, apabila anda ingin membuat pemrosesan data menjadi lebih cepat, harap gunakan RAM dengan ukuran yang lebih besar dan pasang prosesor dengan spesifikasi yang lebih tinggi. (baca juga : fungsi virtual memory)

    Perlu diketahui juga bahwa dengan ukuran RAM yang cukup besar, akan membuat setiap proses penyimpanan dan proses penerusan data dari komponen RAM ke prosesor menjadi lebih lancar. Hal ini pula yang membuat perangkat komputer atau laptop agar tidak lambat saat mengerjakan beban yang lumayan berat, apabila perangkat komputer menggunakan RAM dengan ukuran yang relatif kecil akan membuat sistem komputer menjadi terbatas saat menjalankan banyak program yang membutuhkan sumber daya memory yang besar seperti android studio, adobe photoshop dan sebagainya.

    3. Membantu proses multitasking dalam komputer

    Fungsi utama RAM yang ketiga ialah membantu proses multitasking dalam sistem komputer. Multitasking ialah sebuah proses pada sistem komputer yang dapat membuka atau menjalankan lebih dari 2 program dalam satu waktu bersamaan. Dalam hal ini, komponen RAM ialah salah satu komponen hardware komputer yang memiliki peran penting dalam proses multitasking. Semakin tinggi ukuran RAM yang digunakan, semakin cepat pula sistem komputer melakukan proses multitasking, maka kendala error seperti hang, lambat tidak dapat terjadi.

    4. Berperan penting dalam proses design dan bermain game

    Fungsi ram pada komputer yang selanjutnya ialah berperan penting dalam setiap proses design dan bermain game. Bagi anda yang hobi bermain game dan senang menggunakan program seputar design atau 3D, maka komponen RAM ini mempunyai peran yang penting dan sangat dibutuhkan untuk komputer anda. 

    Hal ini disebabkan karena game dan berbagai program design ialah salah satu jenis program yang memerlukan penggunaan RAM dengan ukuran yang relatif besar. Fungsi RAM juga akan sangat terasa dan sangat dibutuhkan bagi anda yang sering bekerja dalam jenis program tersebut, hal ini semakin meyakinkan pernyataan para pengguna komputer bahwa semakin besar RAM yang dimiliki perangkat komputer akan membuat setiap pemrosesan data informasi menjadi lebih cepat dan lancar.

    5. Menentukan ukuran spesifikasi dari komputer

    Selain menentukan kualitas dan tinggi generasi dari prosesor, besar ukuran komponen RAM bisa menjadi patokan dari besar atau tidaknya spesifikasi dari suatu komputer. Kemudian jenis RAM juga perlu diperhatikan saat anda hendak membeli sebuah komputer, semakin tinggi ukuran dan jenis komponen RAM dapat membuat harga komputer menjadi lebih mahal. Maka dari itu, komponen RAM mempunyai peranan yang sangat diperhatikan dalam membeli perangkat komputer.

    Perlu diketahui juga bahwa sebelum melakukan pembelian perangkat komputer, harap sesuaikan terlebih dahulu budget dan kebutuhan anda dengan perangkat komputer tersebut. Ada baiknya untuk membeli perangkat komputer yang mempunyai besar RAM minimal 4 GB yang sudah cukup dalam digunakan untuk pemakaian sehari-hari, penggunaan game dan sebagainya.

    Cara kerja RAM

    1. Program yang dibuka atau dijalankan akan mengirimkan suatu informasi
    2. Informasi ini akan disimpan dalam komponen RAM
    3. Komponen RAM akan meneruskan data yang tersimpan ke prosesor
    4. Prosesor akan segera memproses informasi data yang terdapat di komponen RAM
    5. Selesai

    Berbagai proses tersebut hanya terjadi dalam waktu yang relatif cepat, mungkin hanya dalam beberapa hitungan detik saja. semakin besar ukuran RAM yang anda gunakan, akan membuat proses penyimpanan dan pemrosesan data menjadi lebih cepat dan tidak terhambat. Maka dari itu, dengan menggunakan RAM yang lebih besar akan memberikan anda keuntungan dalam lebih cepatnya sistem dalam menyimpan dan memproses sebuah data. 

    Tips memilih komponen RAM

    Dalam memilih sebuah komponen RAM yang tepat dan sesuai dengan keperluan anda, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum menambah atau mengganti komponen RAM, Berikut dibawah ini merupakan beberapa tips yang harus diperhatikan:

    • Periksa jumlah slot komponen RAM yang tersedia pada komputer.
    • Harap teliti saat membeli ram, periksa ukuran RAM yang terpasang melalui windows property.
    • Perhatikan ukuran maksimal RAM yang dapat digunakan pada spesifikasi komputer.
    • Ketahui terlebih dahulu jenis dari RAM yang dipakai, misalnya DDR 1, DDR 2 hingga DDR 4. Untuk ini anda dapat bisa mengeceknya menggunakan program tambahan bernama speecy.

    Informasi tambahan 

    Saat ini, komponen RAM komputer telah mencapai generasi DDR 5 yang diperlukan perangkat laptop atau personal computer (PC) untuk berjalan dengan normal, umumnya komponen ram memiliki spesifikasi dan ukuran yang beragam, seperti 2GB, 4GB, 8GB hingga 128GB. 

    Perlu diketahui juga bahwa memory RAM mempunyai kelebihan dalam kecepatan membaca data yang sangat cepat dan diteruskan ke komponen prosesor untuk diubah lagi dalam bentuk informasi. Dibanding dengan kecepatan membaca yang dimiliki memory internal atau eksternal, tentu RAM memiliki kecepatan yang lebih cepat hingga 10 kali lipat dari memory biasa.

    Penggunaan komponen RAM juga dapat diatur atau digunakan sesuai kebutuhan pengguna komputer tersebut, seperti komputer gaming yang membutuhkan komponen hardware dengan spesifikasi dan ukuran RAM yang besar, atau komputer kantor yang hanya memerlukan spesifikasi dan RAM dengan ukuran medium. Tentunya tidak semua pengguna komputer harus memasang RAM dengan kapasitas yang besar. Maka dari itu, sebelum membeli atau merakit komputer, anda harus terlebih dahulu menyesuaikan kebutuhan penggunaan dari komputer tersebut.

    Penutup

    Demikianlah pembahasan singkat saya mengenai beberapa fungsi dari RAM pada komputer yang perlu anda ketahui, saya berharap artikel ini dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat bagi banyak orang. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di blog masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.