Blogroll

7 Hal Yang Terjadi Jika Oksigen Menghilang Selama 5 Detik



    Unsur oksigen

    Oksigen merupakan salah satu unsur gas yang kehadirannya sangat penting bagi seluruh makhluk hidup, khususnya manusia. Selain dibutuhkan sebagai pernafasan, oksigen ternyata juga memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Bagi tumbuhan oksigen juga berperan penting sebagai raspirasi agar dapat menghasilkan energi, apabila kekurangan oksigen proses pertumbuhan pada tumbuhan akan terhambat.
    Baca juga : memahami pengertian wifi menurut para ahli

    Hal yang terjadi saat oksigen menghilang selama 5 detik

    Hal yang terjadi saat oksigen menghilang selama 5 detik
    Hal yang terjadi saat oksigen menghilang selama 5 detik
    Lalu apa jadinya apabila unsur oksigen menghilang dalam hitungan detik?, Mungkin bagi kita manusia bisa saja bertahan dengan cara menahan nafas sesingkat 5 detik. Akan tetapi, ternyata terdapat banyak hal mengerikan yang bisa terjadi saat oksigen menghilang selama beberapa detik. Apa saja hal tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

    1. Bangunan dengan pondasi beton akan runtuh.

    Semua bangunan yang terbuat dari bahan beton akan runtuh dan ambruk seketika, hal ini dapat terjadi karena unsur oksigen merupakan faktor pengikat beton yang sangat penting. Tanpa adanya oksigen, tidak ada senyawa pengikat yang dapat mempertahankan bentuknya, tentu hal ini akan membuat pondasi beton akan kehilangan kekuatannya dan langsung roboh serta berubah menjadi butiran debu kecil hingga berbagai bahan metal pada bangunan akan menyatu dan bengkok.

    2. Mesin kendaraan akan berhenti total.

    Dengan hilangnya oksigen akan berdampak pada api, proses pembakaran yang terjadi di mesin kendaraan membutuhkan oksigen. Semua jenis kendaraan saat ini akan berhenti seketika karena tidak adanya proses pembakaran, berbagai kendaraan yang ada di jalan akan bertabrakan, berbagai kapal akan terhenti di lautan dan yang paling mengerikan ialah pesawat yang ada di udara akan jatuh seketika karena mesin tidak bekerja.

    3. Efek terbakar yang parah saat terkena sinar matahari.

    Dampak oksigen hilang selama beberapa detik yang selanjutnya adalah efek terbakar yang semakin parah saat terkena sinar matahari, apabila anda sedang berada diluar rumah, maka dapat dipastikan kalitmu akan langsung terbakar oleh sinar matahari. Hal ini disebabkan karena lapisan ozon yang menghilang, lapisan ini melindungi kita dari paparan langsung sinar UV. 

    4. Rontoknya kerak bumi.

    Kemudian efek yang paling parah ialah rontoknya kerak bumi, hal ini dapat terjadi karena bagian kerak bumi tersusun atas 45% oksigen. Apabila oksigen hilang, kerak bumi akan runtuh dan tidak dapat mempertahankan setiap bangunan yang ada di atasnya. Kita juga langsung jatuh ke bawah bersamaan dengan pasir dan berbagai material lainnya.

    5. Setiap besi akan saling melekat.

    Dengan hilangnya unsur oksigen dibumi akan membuat besi yang tergeletak di jalanan akan saling melekat. Hal ini disebabkan karena lapisan oksidasi mencegah besi agar tidak bisa menyatu, dengan hilangnya lapisan tersebut akan membuat besi akan saling menempel.

    6. Telinga menusia akan rusak.

    Secara keseluruhan 90% tubuh manusia tersusun dari unsur air, dengan hilangnya oksigen akan membuat kehilangan tekanan udara yang berperan dalam mengatur keseimbangan unsur air yang terdapat di tubuh manusia. Hal ini dapat membuat seketika tubuh manusia seperti terjadi tekanan saat berada di dalam lautan dengan kedalaman 2000 meter, tentu besar tekanan ini dapat membuat organ telinga kita tidak bisa beradaptasi dengan cepat hingga membuat bagian dalam menjadi rusak.

    7. Langit bumi berubah menjadi gelap.

    Oksigen juga berperan penting dalam memantulkan cahaya matahari sebelum sampai ke bumi, dari hal ini pula yang membuat langit nampak berwarna pink, biru, ungu hingga warna orange. Tanpa kehadiran gas oksigen di atmosfir bumi akan berdampak pada berkurangnya partikel yang berperan dalam memantulkan cahaya mahatari dan membuat langit memiliki warna gelap seperti halnya luar angkasa.

    Penutup

    Intinya adalah kehadiran oksigen sangat penting bagi keberlangsungan setiap makhluk hidup dan semoga kejadian ini tidak pernah terjadi. Demikianlah pembahasan saya mengenai hal yang terjadi apabila oksigen menghilang selama 5 detik, saya harap artikel ini dapat berguna dan membawa manfaat bagi banyak orang. Sekian dan terimakasih telah berkunjung di blog masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.