Blogroll

12 Kelebihan dan Kekurangan Email Bagi Pengguna



    Kelebihan dan kekurangan email

    Elektronik mail atau sering disebut dengan email merupakan media untuk mengirim dan menerima pesan berbentuk surat elektronik menggunakan jaringan komputer secara online. Dalam penggunaannya, email bisa dijalankan secara gratis dan hanya membutuhkan sambungan data internet. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan email bagi pengguna, simak lebih lanjut dibawah ini.
    Baca juga : pengertian dan jenis kabel jaringan beserta fungsinya
    Contoh layanan email gratis yang sering digunakan oleh banyak orang adalah google mail (Gmail) dan yahoo mail (Ymail), dua layanan email ini cukup terkenal dan digunakan oleh banyak pengguna di berbagai belahan dunia. Selain digunakan dalam berkirim pesan, Media email juga mempunyai segudang manfaat dan fungsional yang cukup beragam, salah satunya ialah untuk melamar pekerjaan, bertukar informasi, mengirim dokumen dan hal penting lainnya.

    Pada mulanya layanan email ini ditemukan pada tahun 1971 oleh seorang insinyur komputer bernama Raymond Samuel Tomlinson yang berjalan dengan metode komunikasi jaringan atau disebut ARPANET dan terus berkembang hingga saat ini dikenal dengan internet. 

    Kelebihan email

    Kelebihan email
    Kelebihan email
    Berikut dibawah ini merupakan pembahasan mengenai beberapa kelebihan dari email yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

    1. Dapat mengirim dan menerima pesan dengan cepat

    Keuntungan menggunakan email yang pertama ialah dapat mengirim dan menerima pesan dengan cepat. Semua pesan yang dikirim melalui layanan email seperti gmail dapat terkirim ke alamat email tujuan dalam beberapa hitungan menit hingga beberapa detik saja, hal ini juga tergantung dari kecepatan sambungan internet yang anda gunakan.

    Penerima email juga dapat langsung membuka isi pesan yang telah dikirim, meskipun lokasi antar penerima dan pengirim email terpisah hingga ribuan kilometer. Hal ini disebabkan karena setiap pesan yang dikirim melalui email menggunakan jaringan koneksi internet secara online, di era modern saat ini jaringan internet dapat diakses dengan mudah dimana saja karena seluruh belahan dunia saling terhubung satu sama lain dengan koneksi jaringan fiber yang super cepat.

    2. Gratis untuk digunakan tanpa biaya tambahan

    Keunggulan email yang selanjutnya adalah gratis untuk digunakan tanpa biaya tambahan. Kamu pasti sudah mengetahui untuk melakukan pesan email melalui kantor pos memerlukan sejumlah biaya paling sedikit setidaknya 5000 rupiah atau lebih, hal ini juga tergantung jarak yang ditempuh dan durasi pengiriman surat yang dipilih.

    Tentu hal ini mempunyai sebuah perbedaan apabila anda ingin melakukan pengiriman pesan dengan menggunakan layanan email secara online. Sama halnya seperti aplikasi whatsapp, pengguna hanya perlu mempunyai perangkat elektronik seperti android atau laptop dengan koneksi internet yang memadai. 

    Saat ini banyak penyedia email gratis seperti Gmail (google mail) yang digunakan oleh pengguna di berbagai belahan dunia, kabar baiknya layanan gmail ini memberikan gratis penyimpanan hingga 15GB yang dapat digunakan untuk melakukan pengiriman dan menerima pesan email secara online. Akan tetapi, dalam menggunakannya anda harus menyiapkan sebuah akun google terlebih dahulu yang dapat dibuat dengan mudah melalui situs resmi google atau perangkat android anda.

    3. Lebih rapi dan terstruktur

    Keuntungan dari email yang berikutnya ialah lebih rapi dan terstruktur. Setiap email yang berhasil anda kirim akan tersimpan secara otomatis dengan aman pada media penyimpanan online yang telah disiapkan penyedia layanan email tersebut. Anda pun juga bisa menemukan dan mengurutkan email sesuai yang diinginkan, seperti tanggal masuk, pesan favorit, mencari pesan berdasarkan kata tertentu dan parameter lainnya.

    Selain dari itu, seluruh pesan yang diterima atau dikirim bertahun tahun lalu menggunakan email seperti layanan Gmail akan tetap tersimpan di media penyimpanan masing masing akun. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan email dibanding menggunakan layanan kantor pos, karena semua email akan tetap tersimpan dan tertata rapi dalam akun pengguna.

    4. Praktis digunakan dalam mengirim dan menerima pesan

    Penggunaan email sangatlah praktis dan cepat, hal ini mungkin terasa bagi anda yang sering menggunakan layanan email dalam mengirim sebuah surat lamaran pekerjaan, pengguna dapat melampirkan beberapa file yang diperlukan dengan cepat seperti CV, foto identitas, KTP, ijazah dan lainnya tanpa perlu mencetak isi dokumen tersebut.

    Anda juga tidak perlu repot untuk mengantri berjam-jam di kantor pos agar bisa mengirim surat lamaran pekerjaan ke tujuan yang diinginkan, bagusnya lagi semua file yang telah dikirim akan tersimpan dan tertata rapi pada akun email anda. Apabila dilain waktu membutuhkannya lagi, anda dapat dengan mudah menemukan pesan tersebut dan bisa digunakan untuk mengirimkan ulang email tersebut ke alamat email yang lain.

    5. Lebih terlihat professional

    Kelebihan dari email yang selanjutnya ialah lebih terlihat professional. Bagi kebanyakan orang menggunakan email dalam mengirim lamaran kerja lebih terlihat sopan daj professional dibandingkan dengan media percakapan online seperti whatsapp atau facebook. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan layanan email seperti Gmail dalam melamar pekerjaan atau tindakan lainnya.

    Dalam menggunakan email, tentu ada beberapa tips dan trik yang dapat anda gunakan sebelum mengirim pesan melalui email agar terlihat professional, seperti menambah subject, kalimat pembuka, kalimat penjelas, tujuan dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar isi pesan anda terlihat lebih jelas dan tidak berantakan.

    6. Keamanan data dan privasi yang terjaga

    Keunggulan email yang selanjutnya adalah keamanan data dan privasi yang terjaga, saat ini teknologi pengiriman pesan melalui email terus ditingkatkan dan terenkripsi yang hanya bisa diketahui oleh si penerima email tersebut. Jadi, anda tidak perlu risau lagi mengenai resiko pesan akan dibaca oleh seseorang yang tidak sesuai dengan alamat tujuan email. Hal ini tentu berbeda dengan menggunakan pengiriman kotak pos yang bisa mempunyai resiko hilang atau dicuri seseorang yang tidak bertanggung jawab.

    7. Dapat diakses dimana saja

    Di era modern saat ini, layanan email seperti gmail dapat diakses dengan cepat dan mudah oleh banyak orang. Dalam menggunakannya, anda hanya perlu perangkat android dengan koneksi internet yang memadai. Dimanapun dan kapanpun baik itu dimobil, dikantor, disekolah dan sebagainya. Jadi, manfaatkan layanan email sebaik mungkin.

    8. Bisa digunakan untuk menyimpan dan memverifikasi layanan online

    Kelebihan alamat email yang terakhir ialah dapat digunakan untuk menyimpan dan memverifikasi media layanan online lainnya. Anda pasti tak asing lagi dengan sosial media bernama facebook ataupun instagram, dalam penggunaan layanan tersebut, terkadang diperlukan email untuk login dan memverifikasikan identitas pengguna. 

    Ini juga merupakan salah satu kelebihan dari email yang perlu diketahui, jadi dalam satu alamat email yang telah dibuat, anda bisa menyimpan dan melakukan verifikasi data pada banyak layanan online lainnya seperti facebook, instagram, twitter, reddit dan sebagainya.

    Kekurangan email

    Kekurangan email
    Kekurangan email
    Setelah membahas mengenai kelebihan email, pada bagian ini saya juga akan membahas seputar beberapa kekurangan email yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

    1. Membutuhkan koneksi internet

    Untuk mengirim dan menerima pesan melalui layanan email, anda harus mempunyai koneksi data dan sambungan internet yang memadai. Hal ini sangat diperlukan karena tanpa adanya akses koneksi internet yang baik, dapat membuat layanan email tidak bisa digunakan secara normal. Tentu hal ini juga menjadi kekurangan bagi banyak pengguna yang tinggal di wilayah atau daerah dengan akses koneksi internet yang buruk. 

    Apabila sambungan internet yang anda miliki kurang baik, akan membuat beberapa pesan yang dikirim membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terkirim ke server dan kemungkinan gagal diterima oleh alamat email yang dituju. Dengan lambatnya akses internet, juga dapat notifikasi yang diterima menjadi terlambat karena memiliki delay yang cukup lama untuk sampai ke tujuan.

    2. Tidak semua orang mengetahui cara menggunakan email

    Kekurangan email yang selanjutnya ialah tidak semua orang mengetahui cara menggunakan email. Umumnya, sebagian orang yang menempati wilayah dengan akses internet yang kurang baik seperti pedesaan, wilayah terpencil atau desa desa yang tidak tercover oleh pemerintah juga kurang mengetahui atau tidak tau cara menggunakan teknologi komunikasi modern seperti layanan email. Hal ini dapat menjadi batasan penggunaan layanan email di wilayah tersebut yang berarti kita tidak boleh setiap saat bergantung pada pemakaian email secara online.

    Dalam hal ini juga ada beberapa perusahaan yang mengharuskan calon pekerjanya untuk mengirim sejumlah berkas lamaran kerja atau dokumen yang dibutuhkan melalui layanan pos biasa dan tidak terdapat penggunaan alternatif lain seperti menggunakan email. Maka dari itu dalam mengatasi kekurangan ini, anda dapat menggunakan layanan pos untuk mengirim pesan atau hal lainnya ke alamat tujuan.

    3. Dapat digunakan untuk tindakan kriminal

    Email juga dapat digunakan untuk tindakan kriminal oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan akan merugikan korbannya, contoh tindakan kriminal yang sering digunakan di email ialah penipuan, phising, spam, pencurian identitas melalui link palsu, dan sebagainya. Maka dari itu, anda harus ekstra berhati-hati dalam menggunakan email supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

    4. Membutuhkan perangkat elektronik pintar, seperti laptop atau android

    Kekurangan dari email yang terakhir ialah membutuhkan perangkat elektronik pintar seperti laptop atau android. Dalam penggunaannya, tentu pengguna juga harus mempunyai perangkat pintar dengan akses koneksi internet yang memadai. Sehingga bagi sebagian orang yang tinggal di wilayah terpencil dengan akses internet yang kurang baik, mungkin akan menjadi hambatan saat menggunakan email secara online dan memilih alternatif lainnya seperti layanan kantor pos.

    Penutup

    Demikianlah pembahasan saya mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan email bagi pengguna yang perlu diketahui, semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna dan membawa manfaat bagi banyak orang. Sekian dari saya dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.