Blogroll

14 Kelebihan dan Kekurangan Harddisk Pada Komputer



    Kelebihan dan kekurangan harddisk

    Di era modern ini, komputer merupakan perangkat elektronik yang kehadirannya sangat dibutuhkan oleh banyak orang, baik itu bekerja, belajar, bermain game dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu komponen penting yang bernama harddisk, simak lebih lanjut pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan harddisk dibawah ini.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft windows
    Setiap orang yang mempunyai perangkat komputer atau laptop pasti telah mengetahui keberadaan komponen harddisk, komponen ini berperan sangat penting dalam rangkaian sistem komputer. Tanpa adanya komponen harddisk, maka dapat dipastikan perangkat komputer tersebut tidak dapat digunakan dengan baik.

    Pengertian harddisk

    Harddisk adalah salah satu komponen perangkat keras pada rangkaian komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dan instalasi sistem operasi. Komponen ini mempunyai dua jenis yang dapat digunakan, yaitu harddisk internal dan eksternal yang juga memiliki fungsi yang sama untuk menyimpan data serta membantu kinerja sistem operasi komputer anda.
    Tampilan harddisk eksternal dan internal
    Tampilan harddisk eksternal dan internal
    Komponen harddisk mempunyai ukuran yang bervariasi, mulai dari 150 GB hingga 4 Terabyte yang dapat digunakan sesuai kebutuhan penggunanya. Komponen ini juga mempunyai spesifikasi kecepatan yang beragam, kecepatan ini seringkali dikenal dengan istilah RPM (rotasi per menit) yang dapat menentukan kemampuan harddisk dalam menyimpan dan mengolah suatu data. 

    Seperti yang telah saya kutip sebelumnya, bahwa tanpa adanya harddisk dapat membuat perangkat komputer tidak dapat digunakan dengan baik untuk menyimpan berbagai data. Akan tetapi, dengan banyaknya jumlah file yang disimpan juga dapat membuat perangkat komputer menjadi terbebani (lambat) dan mempengaruhi kinerja sistem tersebut.

    Kelebihan dan kekurangan harddisk pada komputer

    Kelebihan dan kekurangan harddisk internal dan eksternal
    Kelebihan dan kekurangan harddisk internal dan eksternal
    Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan harddisk internal dan eksternal yang perlu diketahui, simak lebih lanjut dibawah ini.

    Harddisk internal

    Harddisk internal adalah komponen pada rangkaian bagian dalam komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data secara permanen dan setiap data yang tersimpan di harddisk internal akan tetap ada walaupun perangkat komputer atau laptop telah dimatikan. Komponen ini juga berperan dalam pengolahan data digital yang disertai kemampuan yang cepat menggunakan piringan cakram magnetis.

    Nah dibawah ini ialah beberapa kelebihan dan kekurangan harddisk internal pada komputer yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

    Kelebihan harddisk internal

    • Lebih tahan lama, tidak cepat rusak.
    • Cukup kuat terhadap serangan malware atau virus. Akan tetapi, hal ini juga tergantung dari penggunaan user itu sendiri.
    • Proses pengolahan data yang lebih cepat.
    • Harga yang ditawarkan relatif lebih murah. Hal ini disebabkan karena harddisk internal sudah termasuk satu paket dengan perangkat laptop atau komputer ketika melakukan pembelian.

    Kekurangan harddisk internal

    • Pada beberapa varian, ukuran yang dimiliki relatif lebih kecil dibandingkan dengan komponen hdd eksternal.
    • Kurang fleksibel, tidak bisa bebas digunakan dan dibawa kemana-mana. Hal ini disebabkan karena harddisk internal sudah sepaket dengan laptop ataupun komputer.

    Harddisk eksternal

    Harddisk eksternal ialah perangkat penyimpanan data portable yang bisa digunakan untuk mengelola dan menyimpan berbagai file penting, perangkat ini dapat anda gunakan dengan mudah dan dibawa dimana saja karena mempunyai ukuran yang kecil dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang relatif lebih besar dibanding harddisk internal.

    Dalam menggunakannya, anda hanya perlu menghubungkan kabel USB harddisk eksternal tersebut ke perangkat komputer atau laptop yang digunakan. Harddisk eksternal dapat diakses lebih mudah untuk mengelola dan menyimpan berbagai file data yang anda butuhkan, seperti dokumen, video, file gambar, game, musik dan file lainnya.

    Nah dibawah ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan harddisk eksternal pada komputer yang juga perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

    Kelebihan harddisk eksternal

    • Sangat fleksibel, bisa dibawa dan digunakan dimana saja dengan cepat dan praktis.
    • Mempunyai bentuk yang kecil dan sangat ringan.
    • Ukuran penyimpanan lebih besar dan bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beragam file.

    Kekurangan harddisk eksternal

    • Mempunyai harga yang lebih mahal.
    • Rawan terkena serangan virus. Akan tetapi, hal ini juga tergantung dari pemakaian pengguna itu sendiri.
    • Memiliki kinerja yang lebih lambat dalam mengelola suatu data dibandingkan dengan komponen harddisk internal.
    • Lebih cepat mengalami overheat atau panas saat mentransfer file dalam jumlah besar.
    • Rawan terhadap goncangan yang menyebabkan kerusakan perangkat. Maka dari itu, anda harus berhati-hati dalam menggunakan penyimpanan ini.

    Perlu diketahui juga bahwa sebagian besar orang yang menggunakan media penyimpanan harddisk eksternal ini seringkali digunakan untuk mambantu dan meringankan pekerjaan mereka yang memakan banyak waktu karena mempunyai kelebihan dalam penggunaan yang praktis serta mudah digunakan. Akan tetapi, anda harus lebih berhati-hari dan tidak sembarangan menggunakan perangkat ini, karena harddisk eksternal sangat rentan terhadap goncangan dan serangan virus.

    Dalam kasus lainnya, penggunaan media harddisk eksternal yang sembarangan bisa membuat file yang didalamnya menjadi rusak (corrupt) dan tidak bisa dibuka, contoh tindakan yang dapat membuat kerusakan pada harddisk eksternal ialah :

    • Membawa harddisk eksternal secara sembarangan dan sering terkena goncangan. Oleh karena itu anda harus berhati-hati dalam membawa benda ini, selalu usahakan agar tidak terjadi goncangan pada benda lainnya.
    • Penggunaan yang sembarangan, asal menghubungkan hdd eksternal ke banyak perangkat komputer. Hal ini saya sarankan untuk memeriksa terlebih agar bersih dari virus pada perangkat komputer yang hendak dihubungkan dengan eksternal, cara yang dapat kamu terapkan adalah melakukan full scan antivirus seperti windows defender atau antivirus terpercaya lainnya.

    Hal diatas tersebut saya sarankan demi keamanan data yang ada didalam harddisk eksternal, sangat disayangkan apabila secara tiba-tiba seluruh file yang tersimpan hilang atau rusak yang akan merugikan pengguna itu sendiri. Dan jangan lupa saran dari saya selalu hidupkan antivirus dan scan cepat harddisk eksternal apabila selesai digunakan.

    Penutup

    Oke demikianlah penjelasan singkat saya mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan harddisk internal dan eksternal pada komputer yang perlu diketahui, saya harap artikel dapat berguna dan menambah wawasan anda semua. Sekian dari saya dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di blog masdzikry, sampai jumpa pada tulisan saya selanjutnya.