Blogroll

19 Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Daring Bagi Pengguna



    Kelebihan dan kekurangan komunikasi daring

    Perkembangan teknologi menghantarkan perubahan cara berkomunikasi masyarakat yang awalnya hanya dapat dilakukan secara langsung (daring) menggunakan sebuah aplikasi. Terkait hal tersebut tentu memiliki efek positif dan negatif, untuk itu Anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan komunikasi daring.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan openoffice

    Kelebihan Komunikasi Daring

    Kelebihan komunikasi daring
    Kelebihan komunikasi daring
    Komunikasi daring (komunikasi dalam jaringan) sendiri adalah proses interaksi sosial yang menggunakan alat dari hasil kemajuan teknologi untuk saling bertukar pesan, mengirim gambar, dan sebagainya melalui jaringan internet. Terdapat beberapa kelebihan yang bisa pengguna dapatkan ketika menggunakan komunikasi daring, yaitu:

    1. Efisiensi Waktu

    Kemajuan teknologi ini dapat mendekatkan yang jauh meski berada di lain negara. Proses pengiriman pesan tidak membutuhkan waktu lama, yakni dalam hitungan detik saja. Hal tersebut sebenarnya bergantung pada kecepatan koneksi internet yang Anda gunakan.

    Saat ini terdapat beberapa provider yang memberikan layanan 4G dengan proses loading terbilang cepat. Bahkan sudah dikembangkan 5G, namun belum dapat diaplikasikan pada gadget karena suatu hal. Inilah menjadi kunci utama efisiensi waktu saat menjalankan komunikasi daring.

    2. Meningkatkan Intensitas Berkomunikasi

    Dahulunya berkomunikasi hanya dapat secara langsung, saat kesibukan mendera maka interaksi sosial tidak dapat dijalankan sehingga membuat minimnya saling bertukar informasi satu sama lain. Sampai akhirnya muncullah komunikasi daring yang menjadi jawaban atas persoalan tersebut.

    Hadirnya alat komunikasi dan internet memudahkan manusia untuk menjalankan perannya sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Hal tersebut menjadikan naiknya interaksi antar sesama, baik yang sudah saling mengenal atau belum. 

    3. Meningkatkan Partisipasi

    Saat ini sudah banyak developer yang mengembangkan perangkat lunak berupa aplikasi sosial media memudahkan interaksi sosial khalayak secara luas. Platform tersebut dapat diakses oleh siapapun dengan mendaftarkan dirinya terlebih dahulu melalui prosedur mudah dan simpel.

    Aplikasi sosial media mendukung khalayak untuk saling terhubung satu sama lain, mulai dari jangkauan dekat hingga jauh sekalipun. Hal tersebut yang mendasari meningkatnya partisipasi masyarakat pengguna internet (dunia maya).

    4. Terintegrasi dengan Layanan TIK Lainnya

    Komunikasi daring memfasilitasi penggunanya agar dapat mengakses berbagai macam layanan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi ) guna mendukung berbagai kegiatan sehari-harinya. Misalnya saja layanan dokumen, presentasi, dan masih banyak lainnya.

    Adanya hal tersebut tentu akan mempermudah kegiatan masyarakat menggunakan alat yang terhubung pada jaringan internet. Tidak hanya itu saja, saat ini sudah produk perkembangan teknologi bukan hanya bisa berkirim pesan teks, tetapi juga untuk foto, video, serta format file lainnya.

    5. Efisiensi Biaya

    Berkomunikasi jarak jauh dahulunya harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli pulsa reguler. Berbeda dengan saat ini hanya menggunakan paket data yang multi fungsi, bisa Anda gunakan untuk terhubung dengan pengguna lainnya di wilayah berbeda, tanpa adanya tambahan biaya.

    Selain menggunakan paket data, saat ini tersedia Wifi yang dapat diakses oleh banyak orang secara bersamaan, sehingga akan lebih meminimalisir pengeluaran. Keunggulan satu ini bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan akan informasi maupun berkomunikasi untuk jangkauan lebih luas.

    6. Dapat Melakukan Kapan Saja dan Dimana Saja

    Produk dari kemajuan teknologi dapat Anda operasikan di manapun dan kapanpun. Banyak hal dapat Anda akses dengan mudah, mulai dari informasi bahkan komunikasi tanpa takut terhalang tempat jarak ataupun waktu yang berbeda jauh.

    Berkomunikasi daring memberikan banyak manfaat pada pengguna, bukan hanya dalam komunikasi atau mencari informasi. Bahkan saat ini sudah berkembang platform baik situs maupun aplikasi jual beli segala kebutuhan dalam satu perangkat elektronik yang terkoneksi dengan internet.

    7. Bisa Dikendalikan Jarak Jauh

    Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberi banyak keuntungan bagi para penggunanya, salah satunya yakni dapat dikendalikan jarak jauh. Maksudnya adalah saat Anda sudah memiliki akun, maka tidak hanya dapat dioperasikan pada tempat saat pembuatan namun lebih fleksibel.

    Pemanfaatan teknologi secara bijak dapat membawa pada kejayaan, karena pengetahuan tersebar semakin mudah. Saat ini pengguna tidak perlu khawatir akan tertinggal informasi karena semua tersedia dalam satu perangkat multifungsi dengan dukungan paket data.

    8. Menggali Kreativitas

    Komunikasi daring membuka peluang khalayak untuk mengembangkan kreativitasnya melalui berbagai penunjang tersebar pada beberapa aplikasi yang mendukung audio visual atau tulisan. Hal tersebut tentunya akan membuka jalan guna menciptakan generasi penerus berkompeten.

    Kreativitas terbentuk saat ada dorongan dari luar dan fasilitas memadai. Perkembangan komunikasi daring, dapat menjadi perantara terbaik untuk mengembangkan bakat dan minat. Hal tersebut karena Anda dapat mencari dan berkomunikasi secara langsung pada ahlinya.

    9. Fleksibel

    Keunggulan lain dari komunikasi daring adalah fleksibel. Perangkat tersebut mendukung untuk Anda gunakan pada berbagai kondisi, bahkan dapat membantu saat dalam keadaan terjepit misalnya menyampaikan informasi kecelakaan, bencana alam, dan masih banyak lainnya.

    Sifat fleksibelnya membantu berbagai kebutuhan manusia yang semakin beragam. Penggunaan komunikasi daring saat ini bukan hanya untuk mengobrol, namun juga bertukar informasi penting. fitur-fiturnya akan menambah daya guna dari perangkat tersebut.

    10. Pengelolaan yang Mudah

    Alat dari hasil kemajuan teknologi bukan hanya dapat dioperasikan oleh orang dewasa saja, bahkan anak-anak sudah bisa menggunakannya. Kemudahan tersebut memfasilitasi mereka untuk mengakses berbagai layanan pengetahuan yang sudah tersedia banyak saat ini.

    Proses perawatannya juga cenderung mudah, bahkan sudah banyak beredar di pasaran model terbaru dari produk kemajuan teknologi ini yang akan menunjang berbagai kegiatan masyarakat. Misalnya saja mencari informasi, membuat dokumen, bahkan meeting secara online dan sebagainya.

    Kekurangan Komunikasi Daring

    Kekurangan komunikasi daring
    Kekurangan komunikasi daring
    Kelebihan dan kekurangan komunikasi daring perlu pengguna ketahui untuk menambah pengetahuan terkait hal tersebut. Manfaat lainnya agar dapat menghindari kemungkinan buruk yang dapat terjadi saat mengoperasikan produk hasil dari kemajuan teknologi. 

    1. Memerlukan Perangkat Khusus

    Melakukan komunikasi daring memerlukan perangkat khusus dengan harga bervariasi, bagi yang menginginkan tingkat kecanggihan tinggi, maka biaya akan bertambah. Faktor ekonomi di Indonesia sendiri terbilang belum stabil, sehingga hal tersebut dapat membebani masyarakat kalangan menengah ke bawah.

    Saat ini kemajuan teknologi menuntut masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan peralatan komunikasi guna menunjang berbagai hal dalam kehidupan. Hambatannya adalah tidak semua dapat membeli perangkat dengan kemampuan mumpuni dan berkualitas tinggi.

    2. Menyita Konsentrasi

    Saat menggunakan alat komunikasi daring secara otomatis koneksi ke internet menyala, sehingga saat menjalankan kegiatan misalnya belajar akan muncul notifikasi sosial media atau lainnya. Hal tersebut akan menjadikan pikiran tidak fokus dan menurunkan konsentrasi pada pelajaran.

    Kenyataan yang sering terjadi adalah banyaknya masyarakat yang tugasnya terbengkalai karena baik sadar atau tidak sadar mengoperasikan platform kurang penting. Bahkan banyak kejadian buruk karena hal tersebut, misalnya kasus lengahnya orang tua dalam menjaga bayinya, dan sebagainya.

    3. Tidak Mewakili Emosi Pengguna

    Menggunakan komunikasi daring lebih cenderung tidak dapat mewakili perasaan dari penggunanya. hal tersebut karena pesan yang disampaikan melalui tulisan, tidak dapat secara langsung melihat perubahan ekspresi dari lawan bicara, kecuali jika menggunakan video call atau telepon suara.

    Hal tersebut bisa menimbulkan kesalahpahaman yang mengakibatkan timbulnya perselisihan, bahkan permusuhan tanpa memandang ikatan hubungan seperti keluarga, teman dekat, saudara, dan sebagainya. Inilah perlunya berhati-hati dalam melakukan komunikasi daring. 

    4. Banyaknya Informasi yang Tidak Penting

    Persebaran informasi semakin mudah karena dukungan teknologi memiliki tingkatan, ada yang benar-benar penting atau sudah dibumbui dengan maksud tersembunyi. Hal tersebut dapat memberi banyak efek negatif, bahkan dapat mempengaruhi pendapat seseorang.

    Banyaknya informasi yang kurang penting dapat berakibat fatal jika tidak diimbangi dengan pengetahuan dasar terkait komunikasi daring. Misalnya saja pembelotan pendapat terkait suatu bidang, tersebarnya provokasi, dan masih banyak lainnya.

    5. Banyaknya Iklan yang Muncul Tiba-tiba

    Perkembangan teknologi iklan yang muncul secara tiba-tiba saat paket data menyala bagi sebagian besar orang tentu sangat mengganggu. Bahkan ada yang rela berlangganan software premium untuk menghilangkannya.

    Saat iklan tiba-tiba muncul tanpa adanya filter, dapat berbahaya karena pengguna alat komunikasi bukan hanya orang dewasa yang sudah dapat mengendalikan diri. Pengawasan orang tua di sini sangat dibutuhkan untuk meminimalisir hal buruk yang kemungkinan besar dapat terjadi.

    6. Memerlukan Koneksi Kuat

    Komunikasi daring kunci utamanya terletak pada kekuatan koneksi jaringan, jika lemah maka terjadi loading lama yang akan menunda semua pekerjaan. Bagi pengguna dengan perangkat yang masih belum mendukung 4G, hal tersebut menjadi tantangan jika akan mengoperasikan aplikasi berat.

    Selain faktor tipe perangkat, lokasi juga dapat mempengaruhi kekuatan jaringan, karena tidak semua provider mendukung di tempat-tempat tertentu. Kegiatan yang bertumpu penuh pada internet tentu dapat terbengkalai jika tiba-tiba koneksi melemah atau bahkan menghilang. 

    7. Banyaknya Informasi yang Tidak Valid

    Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, menjadikan masyarakat berpendapat bahwa semua informasi yang terdapat pada komunikasi daring seluruhnya valid dan dari sumber terpercaya. Namun pada kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena banyak tersebar hoax.

    Tujuannya dari persebaran hoax tersebut sangat beragam. Akibatnya dapat mempengaruhi pola pikir pengguna komunikasi daring. Tingkat yang paling membahayakan jika sudah tertanam paham-paham kurang benar atau bahkan adanya niatan mempengaruhi pendapat seseorang pada suatu hal.

    8. Banyaknya Konten Kurang Mendidik

    Perkembangan komunikasi daring ini mengantarkan pada kemudahan untuk mengakses berbagai macam platform. Hal tersebut memiliki dua sisi, yakni positif dan negatif. Tidak semua yang ada di dalam perangkat komunikasi itu memunculkan sampai baik.

    Saat ini banyak konten kurang baik yang tersebar luas tanpa adanya penyaring, misalnya saja terkait kekerasan, bullying, konten dewasa, dan masih banyak lainnya. Hal ini sangat membahayakan terutama pada perkembangan psikologi remaja bahkan anak-anak.

    9. Banyaknya Akun Palsu

    Perkembangan teknologi saat ini banyak dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk menyamar menggunakan memakai akun palsu. Tentu banyak kerugian yang timbul karena hal tersebut, misalnya saja penipuan, pemalsuan data diri, teror, cyberbullying, dan masih banyak lainnya.

    Kegiatan tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik fake account (akun palsu). Tujuannya adalah agar data diri sebenarnya tidak ada yang mengetahui, sehingga keamanannya terjamin. Perkembangan komunikasi daring ini menjadi membahayakan jika tidak diimbangi kehati-hatian.

    Pengetahuan terkait kelebihan dan kekurangan komunikasi daring sangat penting Anda pahami, karena akan membawa banyak dampak positif. Terutama yang berkaitan dengan kekurangan, hal tersebut sangat penting mendapat perhatian khusus guna menciptakan kehati-hatian.

    Penutup

    Demikianlah pembahasan singkat saya mengenai kelebihan dan kekurangan komunikasi daring bagi pengguna, semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna dan bermanfaat bagi banyak orang. Sekian dari saya dan terimakasi telah berkunjung di website mas dzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.