Blogroll

21 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access Bagi Pengguna



    Kelebihan dan kekurangan microsoft access

    Microsoft access ialah software yang berfungsi untuk membuat basis data pada komputer secara relasional, jenis format dokumen yang dihasilkan dari microsoft access adalah .mdb, format ini cukup populer dan dapat berjalan dengan development program Visual Basic v6.0 yang juga merupakan program buatan Microsoft Corporation. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan microsoft access yang bertujuan agar menambah wawasan anda dalam menggunakan program ini.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft publisher
    Perlu diketahui bahwa microsoft access juga termasuk salah satu komponen program dari microsoft office seperti ms word, ms excel, ms power point dan sebagainya. Program ms access menghadirkan berbagai fitur menarik yang memberikan kemudahan penggunaan aplikasi serta kelebihan dalam melakukan perancangan basis data yang didalamnya telah terintegrasi dengan berbagai fitur serbaguna. Kemudian lebih dari itu program ms access juga menyediakan berbagai macam template yang siap untuk digunakan dalam membuat form dan query database sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. 

    Hingga kini program microsoft access banyak digunakan oleh banyak pengguna di berbagai negara, umumnya penggunaannya seperti pembuatan basis data secara sederhana hingga basis data dengan skala yang cukup besar, tentu hal ini juga tergantung dari masing masing pengguna. Lebih dari itu setiap file yang dihasilkan program ini (mdb) telah dilengkapi juga dengan fitur perlindungan basis data berbentuk katasandi yang terhubung langsung dengan file mdb tersebut, sehingga program microsoft access sangat melindungi keamanan basis data yang telah dibuat oleh penggunanya.

    Kelebihan Microsoft Access

    Kelebihan microsoft access
    Kelebihan microsoft access
    Tentu didalam program microsoft office access mempunyai beberapa kelebihan dan beragam fitur yang cukup bagus bagi penggunanya, untuk lebih jelasnya simak pembahasan mengenai keunggulan microsoft access di bawah ini.

    1. Mudah untuk digunakan

    Kelebihan dari microsoft access yang pertama adalah mudah untuk digunakan, program ms access ini mempunyai berbagai macam wizard serbaguna dan pilihan template yang siap digunakan oleh pengguna seperti form, report, query dan masih banyak lagi. Lebih dari itu, fitur yang tersedia pada microsoft access juga dapat dikustomisasi dengan mudah sesuai kebutuhan.

    2. Lebih mudah dalam mengatur relasi dan Query (SQL) table

    Dengan menggunakan program microsoft office access ini anda dapat menghubungkan relasi antar data tabel dan membuat skema relasi beserta table SQL dengan lebih mudah, hal ini juga tergantung dari kemampuan masing masing pengguna.

    3. Terdapat fitur visual table designer

    Keunggulan microsoft access yang selanjutnya ialah terdapat fitur visual table designer yang kehadirannya akan lebih mempermudah para pengguna dalam melakukan berbagai konfigurasi data pada struktur tabel seperti membuat, menghapus dan mengedit data secara visual.

    4. Terhubung dengan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0

    Microsoft access telah terhubung dengan program microsoft visual basic, khususnya pada versi visual basic 6.0 yang tentunya sebagian besar database program microsoft access juga dibuat dengan bahasa pemrograman tersebut.

    5. Keamanan basis data yang canggih

    Keamanan yang terdapat pada microsoft access dapat dikatakan cukup canggih, salah satu contohnya ialah database MDB yang dilengkapi dengan proteksi tambahan berupa katasandi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna, hal ini juga bertujuan untuk melindungi data yang telah dibuat supaya tidak dapat dibuka oleh orang lain tanpa persetujuan pembuatnya.

    6. Mendukung query SQL

    Kelebihan ms access yang selanjutnya ialah mendukung query SQL. Microsoft access telah mendukung terhadap pemanggilan database melalui function pada bahasa pemrograman yang dijalankan menggunakan SQL, hal ini mempunyai artian bahwa basis data pada microsoft access dapat menggunakan berbagai sintaks standart pada SQL yang diantaranya seperti SELECT, WHERE, UPDATE, INSERT dan sebagainya.

    7. Dapat menyimpan basis data dalam jumlah besar

    Program microsoft access juga dapat menyimpan basis data dalam jumlah besar, hal ini juga merupakan keuntungan bagi penggunanya yang dimana tidak perlu membuat basis data baru apabila yang dibutuhkan cukup banyak.

    8. Dapat berjalan dengan bahasa pemrograman VBA milik microsoft

    Microsoft office access menggunakan bahasa pemrograman yang sama dengan visual basic for applications atau VBA yang juga digunakan pada program microsoft office lainnya seperti ms excel dan ms word. Tentu hal ini merupakan salah satu kelebihan dari ms access yang cukup populer dan dapat dipelajari dengan mudah melalui berbagai tutorial yang terdapat pada internet.

    9. Kompatibel terhadap pemrograman database SQL

    Sql merupakan singkatan dari structured query language yang juga kompatibel dengan microsoft access, dalam penggunaannya pengguna dapat menerapkan konsep pemrograman dengan basis data yang berfokus pada objek. Lebih dari itu, VBA dan Macro juga dapat dipadukan dalam membuat form dan logika dengan mudah.

    10. Tabel, Form, Report dan Query tersimpan rapi dalam satu struktur file mdb 

    Didalam program microsoft access juga terdapat berbagai fitur query design grid yang merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan secara visual untuk query SQL tanpa perlu mempelajari terlebih dahulu bahasa tersebut, tentu hal ini cukup membantu bagi seorang pemula yang baru menggunakan program microsoft access.

    11. Cukup ringan dan tidak membutuhkan banyak sumberdaya 

    Kelebihan microsoft access yang terakhir ialah tidak membutuhkan banyak sumberdaya, khususnya pada perangkat komputer dengan spesifikasi menengah kebawah. Pada dasarnya microsoft access cukup ringan saat digunakan dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan basis data.

    Kekurangan Microsoft Access

    Kekurangan microsoft access
    Kekurangan microsoft access
    Setiap software yang ada didunia ini tentu mempunyai beberapa kelemahan yang terdapat di dalamnya, begitu pula dengan microsoft access. untuk lebih jelasnya simak pembahasan lengkapnya mengenai kelemahan microsoft access di bawah ini.

    1. Mempunyai harga yang cukup mahal

    Kelemahan microsoft access yang pertama ialah mempunyai harga yang cukup mahal, untuk menggunakan program ini anda perlu membayar sejumlah lisensi ms office yang mempunyai harga cukup mahal. Tentu hal ini juga berbeda dengan program freeware atau bersifat opensource yang tidak dikenakan biaya apapun ketika menggunakannya. 

    2. File basis data yang dapat diproses maksimal hanya 2 GB

    Dalam memproses basis data, program microsoft access mempunyai batasan operasional yang hanya dapat berjalan dengan ukuran 2GB saja. sehingga hal ini membuat program ini tidak dapat dijalankan untuk menyimpan setiap transaksional dengan jumlah yang lebih besar.

    3. Bukan termasuk dalam program RDBMS murni

    Kekurangan microsoft access yang selanjutnya ialah bukan termasuk dalam program RDBMS murni, tentu hal ini membuat microsoft access tidak mempunyai berbagai kemampuan untuk mengelola basis data secara terstruktur dan melakukan beragam operasi sesuai kebutuhan pengguna.

    Perlu diketahui juga bahwa RDBMS merupakan singkatan dari relational database management system yang termasuk perangkat lunak pada komputer yang didesain untuk mengatur berbagai basis data secara terstruktur dan melakukan tindakan operasi lainnya sesuai keinginan usernya.

    4. Orientasi database hanya ditujukan pada penggunaan lokal dan skala jaringan kecil menengah, bukan khusus client-server

    Arsitektur database yang terdapat pada program microsoft access ini lebih dikhususkan pada pemakaian lokal atau standalone dan jaringan dengan skala kecil menengah sederhana yang dimana penggunaan konsep client server tidak dapat digunakan.

    5. Collision atau redundancy data kemungkinan dapat terjadi 

    Basis data atau format file database yang dimiliki program microsoft access terdapat kelemahan pada arsitekturnya yang tidak sebaik basis data lainnya seperti contoh PHP dan Oracle. Nah kesalahan seperti collision dan redundancy ini dapat terjadi dilain waktu, maka dari itu penting bagi setiap pengguna program microsoft access untuk melakukan backup atau mencadangkan basis data yang telah dibuat.

    6. Tidak terdapat dukungan penyimpanan data stored procedure

    Kelemahan yang terdapat pada microsoft access yang selanjutnya ialah tidak terdapat dukungan penyimpanan data stored procedure, stored procedur merupakan function atau block script yang didalamnya terdapat berbagai script yang membentuk fungsi khusus. 

    Pada umumnya, stored procedure digunakan pada aplikasi database yang bertujuan untuk lebih menyederhanakan berbagai pekerjaan seputar pengelolaan data yang seringkali dibulatkan dalam sistem basis data agar pengguna tidak perlu lagi membuat script yang terletak pada bagian bagian yang dibutuhkan.

    7. Bukan termasuk aplikasi database server

    Walaupun program microsoft access termasuk aplikasi RDBMS, namun belum masuk dalam kategori aplikasi database server, maka pemakaian program ini juga tidak dapat dipersiskan dengan aplikasi basis data lainnya seperti databade server.

    8. Struktur keamanan yang ada belum sebagus aplikasi SQL Server atau MySQL

    Saat ini program microsoft access belum mempunyai arsitektur yang sebagus program basis data seperti MySql dan SQL server. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan di masa depan microsoft access telah memperbaiki kekurangan ini.

    9. Tidak mendukung multithread

    Program microsoft access juga tidak mendukung multithread dalam prosesnya yang pastinya akan membutuhkan waktu lebih lama bagi pengguna dalam memproses sebuah data. Multithread ialah sebuah teknologi yang mampu menjalankan beberapa proses data secara bersamaan, hal ini berarti bahwa multithread memiliki kemampuan dalam memproses banyak data dalam kurun satu waktu saja.

    10. Sistem pemrosesan data tidak secepat web-based database

    Karena media penyimpanan basis data pada microsoft access masih menggunakan file, tentu setiap proses pengelolaan databasenya mempunyai kecepatan yang tidak sebaik basis data dengan basis web seperti SQL server dan MySQL. Jenis file yang digunakan oleh program microsoft office sebagi media penyimpanan basis datanya ialah MDB (microsoft database).

    Penutup

    Kesimpulannya ialah program microsoft access merupakan aplikasi yang berhubungan dengan sistem basis data, nah seringkali program ini juga dibarengi dengan bahasa pemrograman visual basic 6.0 yang juga mempunyai pengembangan yang sama, yakni microsoft.

    Oke demikianlah pembahasan singkat saya mengenai kelebihan dan kekurangan microsoft access, saya harap dengan adanya artikel ini dapat memberi anda tambahan informasi dan pengetahuan mengenai microsoft access. Sekian dari saya dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya, byebye.