Blogroll

8 Kelebihan dan Kekurangan Virtual Memory Pada Komputer



    Kelebihan dan kekurangan virtual memory

    Memory yang terdapat pada perangkat komputer merupakan media penyimpanan data yang bersifat sementara (RAM) dan juga bersifat permanen (Harddisk), Memori dapat berperan dalam menyimpan dan meneruskan berbagai data penting yang diperlukan oleh komponen prosesor untuk diolah kembali menjadi bentuk informasi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan virtual memory pada komputer, simak lebih lanjut dibawah ini.
    Baca juga : fungsi virtual memory pada komputer
    Keberadaan memory (ram) sangat diperlukan pada sistem operasi komputer untuk menjalankan program yang terinstall dan melakukan rebotting, Tanpa adanya komponen memory dapat dipastikan perangkat komputer tidak dapat digunakan dengan normal.

    Akan tetapi, memory juga bisa mengalami kelebihan beban saat membuka program yang melebihi kapasitasnya, misalnya memory yang terpasang hanya 2GB dan program yang hendak dibuka membutuhkan sumberdaya memory hingga 2.2GB, hal ini akan berdampak pada komputer seperti lambat, hang, error hingga kesalahan bluescreen saat digunakan untuk membuka program tersebut. Namun, anda juga dapat menggunakan virtual memory dalam menangani beban ram sebagai cadangan sementara untuk menyimpan data dan kemudian diteruskan ke prosesor. 

    Kelebihan virtual memory

    Kelebihan virtual memory
    Kelebihan virtual memory
    Berikut dibawah ini merupakan beberapa kelebihan dari virtual memory yang dapat diterapkan pada perangkat komputer, diantaranya yaitu:

    • Menangani kelebihan beban pada ram
    • Membantu kinerja sistem operasi komputer
    • Menampung beban data ram
    • Proses membuka dan menjalankan program menjadi lebih cepat

    Kekurangan virtual memory

    Kekurangan virtual memory
    Kekurangan virtual memory
    Berikut di bawah ini merupakan beberapa informasi mengenai kekurangan dari virtual memory pada perangkat komputer, Diantaranya yaitu:

    • Kesehatan harddisk cepat berkurang
    • Penerapan yang cukup sulit
    • Tidak cocok diterapkan pada harddisk kapasitas rendah
    • Membutuhkan kapasitas harddisk minim 300mb

    Cara kerja virtual memory

    Virtual memory memiliki cara kerja dengan mengambil sebagian kapasitas pada harddisk sebagai penyimpanan data yang bersifat sementara untuk menampung beban data yang kemudian diteruskan ke memory dan pada memory diteruskan lagi ke prosesor untuk diolah menjadi informasi.

    Perlu diketahui juga bahwa virtual memory yang berjalan pada sistem operasi windows dikenal dengan istilah paging file dan pada sistem operasi linux dikenal dengan istilah swap file yang membutuhkan salah satu partisi hardisk sebagai penyimpanan data sementara. 

    Penutup

    Demikianlah pembahasan singkat saya mengenai kelebihan dan kekurangan virtual memory pada operasi sistem komputer, saya berharap penjelasan diatas tadi dapat berguna dan membawa manfaat bagi banyak orang. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di blog masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.