Blogroll

16 Komponen Pendukung Komunikasi Daring Yang Perlu Diketahui



    Komponen pendukung komunikasi daring

    Tahukah Anda apa saja hal yang menjadi komponen pendukung komunikasi daring? Hal tersebut sangat penting untuk diketahui saat ini mengingat hampir semua interaksi dilaksanakan secara online menggunakan berbagai macam layanan. Nah untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini.
    Baca juga : pengertian logika dan algoritma menurut para ahli

    Apa Itu Komunikasi Daring?

    Komunikasi daring merupakan sebuah interaksi antara satu orang dengan yang lainnya dimana menggunakan sebuah jaringan internet. Tentunya mereka juga berada pada tempat berbeda dan harus menggunakan teknologi canggih seperti halnya smartphone, laptop, dan computer.

    Kadangkala, komunikasi yang dilakukan secara daring atau dalam jaringan banyak mengalami kendala baik itu dari segi teknologi yang digunakan, sinyal, dan masih banyak lagi lainnya. Jika sudah begini, maka bisa jadi obrolan antar kedua belah pihak atau lebih juga ikut terganggu.

    Dalam berkomunikasi secara daring, masyarakat dapat berinteraksi melalui teks, suara, dan bahkan video. Itu bisa dilakukan dengan jumlah orang terbatas maupun dalam kelompok besar. Seiring berjalannya waktu, teknologi pun semakin canggih serta komunikasi juga semakin modern pula.

    Komponen Pendukung Komunikasi Daring (Hardware)

    Agar Anda bisa melakukan komunikasi secara daring dengan orang-orang nun jauh di sana, maka harus menggunakan sebuah perangkat keras atau biasa dikenal dengan hardware. Hal tersebut mempunyai macam jenis yang sangat banyak serta mempunyai fungsi masing-masing sesuai kebutuhan. Cek ulasan berikut:

    1. Smartphone

    Sekarang ini smartphone merupakan perangkat keras dalam berkomunikasi secara daring yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Fenomena ini terjadi bukan tanpa sebab dan alasan. Masyarakat menganggap bahwasannya benda kecil tersebut memiliki banyak manfaat.

    Dengan menggunakan smartphone, Anda bisa mengakses berbagai macam aplikasi untuk berkomunikasi secara daring. Hal tersebut telah mengcover semua jenis interaksi baik itu berupa teks, suara, hingga bahkan video sekali pun.

    2. Laptop atau Komputer

    Perangkat keras yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi daring setelah smartphone yakni laptop dan computer. Fungsi dari benda ini untuk komunikasi sama dengan si telepon pintar. Akan tetapi, ukurannya memang lebih besar sehingga kurang efektif jika dibawa kemana-mana.

    Sekarang, laptop dan komputer sudah mulai ditinggalkan jika hanya untuk berkomunikasi di kalangan masyarakat luas. Namun, kedua perangkat keras tersebut tetap digunakan untuk komunitas, perusahaan, dan kantor-kantor karena dianggap kekuatan sinyalnya lebih prima.

    3. WiFi

    Anda harus tahu jika WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Hal tersebut merupakan penyedia layanan internet tanpa kabel yang bisa diakses orang-orang hingga jarak tertentu dari tempat pemasangannya. Saat ini, hal tersebut sudah digunakan secara meluas di masyarakat.

    Akan tetapi, penggunaan WiFi ini tidak bisa Anda bawa kemana-mana sehingga lebih disarankan untuk orang-orang yang sedang work from home. Di samping itu, tempat public serta layanan masyarakat umum juga direkomendasikan memasangnya demi kenyamanan bersama.

    4. Modem

    Masih ingatkah Anda dengan istilah modem? Hal tersebut sempat booming karena bentuknya sangat kecil, tetapi mampu memberikan jaringan internet untuk digunakan sebagai pengantar komunikasi daring bagi penggunanya.

    Di dalam modem tersebut akan dipasangi kartu provider internet yang harus Anda isi dengan pulsa atau kuota sehingga bisa digunakan. Akan tetapi, sekarang ini penggunaannya sudah mulai ditinggalkan seiring maraknya pemasangan WiFi serta kemunculan smartphone canggih.

    5. LAN Card

    LAN (Local Area Network) merupakan sebuah data komputer yang akan ditransmisikan ke perangkat lain dengan syarat semua harus terhubung ke satu server dalam sebuah komunitas tertentu. Singkatnya, hal ini merupakan kelompok akses internet pada satu komunitas.

    Jadi, LAN card tersebut dapat digunakan untuk saling berkomunikasi dan berbagi data antara pengguna komputer satu dengan yang lainnya asalkan mereka mempunyai server sama. Biasanya, hal ini digunakan pada sebuah sistem perkantoran serta pelayanan public pemerintah.

    6. Hub

    Hub merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan antara satu komputer dengan lainnya agar penggunanya bisa saling melakukan komunikasi dalam jaringan. Akan tetapi, aksesnya hanya terbatas saja dan tidak bisa dilakukan dimanapun serta oleh siapapun.

    Dengan menggunakan hub, maka komputer atau laptop yang sudah dihubungkan tersebut bisa melakukan hal-hal sebagai berikut ini:

    • Saling bertukar informasi satu sama lain
    • Saling mengakses dan bertukar data di semua komputer baik itu pengguna maupun server
    • Saling berkomunikasi secara daring baik melalui media teks, suara, serta video

    7. Router

    Mungkin Anda sudah paham jika router adalah perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan berbagai macam jaringan baik itu berkarakter sama maupun berbeda. Ini tentunya sangat berguna untuk digunakan pada saat melakukan komunikasi secara daring.

    Router tersebut akan dihubungkan ke kabel dan selanjutnya tugas utamanya adalah menangkap sinyal internet yang bisa diakses oleh banyak pengguna di sekitarnya. Akan tetapi, jangkauannya tidak terlalu luas dan kekuatan sinyalnya hanya mengikuti kapasitas WiFi saja.

    8. WAP

    WAP atau Wireless Application Protocol adalah sebuah protokol yang digunakan untuk pengiriman serta penyajian informasi secara nirkabel atau tanpa kabel. Hal tersebut dapat diakses oleh para pengguna telepon, smartphone, laptop dan masih banyak lagi lainnya. Adapun, cara kerja WAP untuk mendukung kelancaran komunikasi daring Anda yakni sebagai berikut:

    • Pengguna harus menghidupkan perangkat mereka terlebih dahulu
    • Perangkat tersebut akan mencari sinyal yang dipancarkan oleh WAP
    • Koneksi antara perangkat dengan WAP akan mulai disambungkan
    • Akan mendapatkan kode HTML guna untuk melakukan pengaksesan internet
    • Kini, komunikasi secara daring bisa dilakukan secara lancar selama koneksi internet tidak terputus atau mengalami gangguan berarti

    9. Transmitter

    Komponen pendukung komunikasi daring berikutnya yakni transmitter. Hal ini merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengubah sensor tertentu menjadi sinyal internet. Tanpanya tentunya Anda tidak dapat berinteraksi dengan banyak orang menggunakan sarana media online.

    Transmitter tersebut dapat disambungkan pada server WiFi maupun komputer yang membawahi beberapa perangkat lain dalam satu jaringan sehingga kesemuanya dapat terhubung. Dengan begini, pemasangan internet menjadi lebih kuat serta tidak rawan terhadap sinyal buruk.

    10. Bridge

    Setelah transmitter, perangkat keras berikutnya yang mempunyai peranan penting dalam mendukung komunikasi daring yakni bridge. Hal tersebut adalah sebuah jembatan jaringan untuk menghubungkan satu perangkat dengan lainnya guna memperoleh akses internet berporsi sama.

    Kelebihannya, bridge bisa menghubungkan banyak jaringan komputer atau perangkat dengan tipe berbeda-beda. Tentunya, hal ini akan semakin mudah digunakan untuk komunikasi via daring baik itu bagi pengguna smartphone, laptop, dan lain-lain semacamnya secara terus-menerus.

    11. Repeater

    Sebuah komunikasi daring tidak akan bisa berjalan dengan lancar tanpa didukung dengan adanya repeater. Sebab, perangkat keras ini merupakan sebuah alat untuk memperluas jaringan WiFi di sekitar Anda agar bisa diakses oleh orang lain dalam jangkauan lebih jauh dari tempat pemasangannya.

    Biasanya, repeater akan diterapkan menggunakan kabel guna menghubungkan 2 tempat berbeda agar WiFi tersebut dapat diakses lancar. Sekarang ini, penggunaannya sangat digemari khususnya di wilayah pedesaan karena memang harga pemasangannya lebih terjangkau.

    12. Switch

    Selanjutnya, komponen perangkat keras komunikasi daring yang juga tidak kalah penting yaitu perangkat switch. Usut punya usut, hal ini merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan lainnya seperti halnya HUB. Bedanya, switch lebih mahal serta memiliki daya hubung sangat kuat.

    Anda bisa memilih untuk menggunakan switch ketika komputer yang harus disambungkan jumlahnya banyak dan akan memakan kuota internet di luar rata-rata dalam sehari. Jika kebutuhannya hanya sedikit saja, maka lebih disarankan memasang HUB.

    Komponen Pendukung Komunikasi Daring (Software)

    Setelah semua hardware untuk komunikasi daring terpenuhi, maka Anda juga harus memikirkan tentang perangkat lunaknya juga. Tanpanya interaksi tidak akan bisa terjadi karena jembatan penghubung berupa software atau aplikasi tersebut tidak ada. Lalu apa saja itu?

    1. E-mail

    E-mail merupakan salah satu perangkat lunak berbentuk aplikasi maupun software yang sudah ada sejak lama. Di sini, Anda bisa saling berkomunikasi menggunakan teks kepada orang-orang di berbagai belahan dunia manapun. Akan tetapi, memang komunikasinya tidak bisa dilakukan secara langsung.

    Di samping mengirimkan teks, pengguna juga dapat melampirkan beberapa file seperti halnya dokumen, voice note atau rekaman suara, foto, serta video. Akan tetapi, ukuran pengiriman filenya memang dibatasi sehingga pengguna menjadi kurang leluasa.

    2. Skype

    Jika Anda sudah melek teknologi serta software untuk komunikasi daring sejak dahulu, maka pastinya telah akrab dengan skype. Hal tersebut merupakan perangkat lunak berkomunikasi dari menggunakan perpaduan suara dan gambar atau lebih populer jika disebut sebagai video call.

    Dahulu kala, penggunaan skype ini sangat digemari masyarakat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, hal ini mulai ditinggalkan akibat adanya factor-faktor sebagai berikut:

    • Penggunaan skype hanya bisa diakses lewat komputer atau laptop sehingga kurang efektif bagi pengguna smartphone
    • Kuota data internet yang digunakan untuk skype sangat boros
    • Jarang sekali masyarakat yang mempunyai akun skype karena mereka memilih beralih menggunakan layanan aplikasi video call di smartphone

    3. WhatsApp

    Siapa yang tidak kenal dengan WhatsApp? Aplikasi sejuta umat ini sudah hampir pasti dimiliki oleh semua pengguna smartphone di seluruh dunia. Cara menggunakannya memang mudah serta mempunyai berbagai macam fitur menarik sehingga pengguna bisa melakukan banyak hal dalam satu tempat saja. Adapun, fitur-fitur yang dimiliki oleh WhatsApp sehingga digemari oleh banyak orang yakni:

    • Fitur berkirim teks dengan tanpa batasan yang mudah dan murah
    • Adanya fitur telepon yang bisa digunakan untuk komunikasi menggunakan suara secara langsung
    • Adanya fitur video call yang memungkinkan melihat gambar dan mendengar suara seseorang secara langsung
    • Mempunyai fitur attachment berbagai macam file serta foto

    4. Media Sosial

    Selain aplikasi serta software yang telah disebutkan diatas, komunikasi daring Anda juga dapat dilakukan melalui berbagai macam platform media social. Hal tersebut jenisnya banyak sekali dan memungkinkan pengguna berinteraksi secara mudah dengan orang yang dikenal maupun tidak. Adapun, jenis-jenis dari social media yang recommended untuk digunakan dalam komunikasi daring yakni:

    • Instagram
    • Facebook
    • Twitter
    • Line
    • Telegram

    Penutup

    Demikianlah paparan gamblang tentang komponen pendukung komunikasi daring yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga hal tersebut bermanfaat bagi Anda serta menambah wawasan agar selalu bisa bertegur sapa dengan orang-orang dimanapun berada.