Blogroll

Motherboard: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Merawatnya



    Apa itu motherboard?

    Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu komponen perangkat keras pada komputer yang bernama motherboard, komponen ini seringkali dikenal dengan istilah mobo. Setiap perangkat komputer ataupun laptop dapat dipastikan mempunyai komponen motherboard yang berperan penting dalam operasional perangkat tersebut, tanpa komponen ini tentu komputer tidak dapat digunakan secara normal.
    Baca juga : memahami kelebihan dan kekurangan linux os

    Pengertian motherboard

    Motherboard komputer
    Motherboard komputer
    Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit utama dalam komputer yang berperan sebagai inti atau pusat rangkaian sistem dari semua komponen perangkat keras, komponen motherboard berbentuk papan PCB yang seringkali dapat ditemukan pada perangkat elektronik masa kini.

    Fungsi motherboard pada komputer

    Motherboard mempunyai fungsi yang cukup penting bagi komputer, tanpa adanya motherboard dapat dipastikan perangkat komputer tidak dapat digunakan. Fungsi utama dari motherboard ialah sebagai wadah untuk menyusun semua rangkaian komponen pada komputer, diantaranya seperti Harddisk, Prosesor, VGA, RAM, Lan Card, Chipset dan semua komponen serta berbagai socket yang dibutuhkan perangkat komputer.

    Dengan memiliki fungsi tersebut, maka dapat dikatakan motherboard merupakan salah satu bentuk komponen komputer yang keberadaannya sangat penting, hal ini disebabkan karena motherboard berperan sebagai wadah atau penghubung dari berbagai komponen komputer.

    Jenis jenis motherboard

    Jenis jenis motherboard
    Jenis jenis motherboard
    Komponen motherboard ialah papan sirkuit utama yang juga mempunyai berbagai macam jenis dengan spesifikasi yang berbeda-beda, untuk lebih jelasnya simak pembahasannya mengenai jenis jenis motherboard, di bawah ini.

    • Form Factor ATX. Jenis komponen motherboard komputer yang pertama ialah form factor Advanced Technology Extended (ATX), motherboard ini dibuat oleh intel dengan diameter ukuran 305 x 244 mm yang dirilis pertama kali pada tahun 1995.
    • Form Factor Micro - ATX. Jenis ini merupakan versi lanjutan dari motherboard ATX yang memiliki biaya produksi dan kinerja yang rendah. Motherboard ini mempunyai ukuran 244 x 244 mm.
    • Form Factor Mini - ITX. Jenis motherboard yang selanjutnya ialah form factor mini ITX, motherboard jenis ini tergolong kecil yang sengaja didesain untuk membuat perangkat komputer dengan hemat daya dan energy. Besar ukuran pada motherboard Mini ITX ialah 170 x 170 mm.
    • Form Factor NLX. NLX ialah singkatan dari New Low Profile Extended, jenis motherboard ini hanya terdapat satu slot yang digunakan untuk ekspansi. Motherboard ini dibuat dibuat dan dikembangkan oleh intel dengan ukuran sebesar 254 x 228 mm yang dirilis pertama kali pada tahun 1997.
    • Form Factor Nano - ITX. Motherboard ini mempunyai ukuran sekitar 120 x 120 mm yang telah terintegrasi penuh dengan banyak fungsi lainnya, konsumsi daya pada mobo nano itx relatif lebih kecil.
    • Form Factor Pico - ITX. Motherboard jenis ini ialah versi lanjutan dari Form Factor Mini - ITX yang hanya mempunyai ukuran sekitar 100 x 70 mm, tentu motherboard ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding jenis mobo lainnya.

    Kerusakan yang sering terjadi pada motherboard

    Sama halnya dengan bagian perangkat keras pada komputer lainnya, komponen motherboard juga dapat mempunyai potensi untuk mengalami sejumlah kerusakan, berikut ini merupakan beberapa hal mengenai kerusakan yang sering terjadi pada motherboard :

    • Perangkat komputer sering mengeluarkan bunyi bip yang cukup panjang secara berulang
    • Tidak mampu melakukan booting secara normal
    • Sering mengalami lag, lambat dan lemot pada komputer
    • Tampilan output tidak muncul
    • Perangkat komputer sering mengalami mati secara mendadak
    • Sering terjadi hang saat digunakan
    • Dan berbagai kesalahan malfungsi lainnya yang terjadi pada komputer

    Apabila komputer motherboard terdapat sebuah kerusakan, tentu akan mengganggu performa dari komponen perangkat keras komputer yang terletak di bagian motherboard yang rusak. Contohnya ialah, saat komponen motherboard terdapat kerusakan pada bagian socket RAM, maka kemungkinan dapat terjadi gagal booting atau kesalahan saat membuka program yang terinstall.

    Jadi sebelum anda memprediksi sebuah kerusakan pada komponen motherboard tersebut, lebih baik pastikan kembali bahwa seluruh komponen perangkat keras komputer telah dipasang dengan benar dan tepat. Hal ini dikarenakan sebuah mesin motherboard komputer mempunyai harga yang cukup mahal.

    Hal yang menyebabkan motherboard rusak

    Motherboard yang terdapat pada komputer juga mempunyai beberapa hal yang menyebabkan kerusakan. Dibawah ini merupakan berbagai penyebab kerusakan yang sering terjadi pada komponen motherboard :

    • Terjadi overheating (terlalu panas) atau terbakar pada prosesor.
    • Kerusakan pada komponen chipset.
    • Regulator yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.
    • Suplai listrik yang terlalu berlebihan atau kurang.
    • Terjadi kerusakan pada komponen IC, seperti IC reset dan IC clock.
    • Sistem BIOS yang mengalami kerusakan.

    Cara merawat motherboard agar terjadi kerusakan

    Dalam perawatannya, komponen motherboard mempunyai cara yang cukup mudah, nah contoh cara yang dapat anda lakukan dalam merawat komponen motherboard ialah :

    • Selalu bersihkan bagian dalam pada perangkat komputer secara rutin, misal 1 bulan sekali atau 3 minggu sekali.
    • Hindari menggunakan komputer dalam waktu yang lama hingga overheat
    • Pastikan untuk menggunakan komponen hardware yang cocok.
    • Proses instalasi berbagai komponen komputer serahkan pada ahlinya.
    • Gunakan perangkat komputer sesuai dengan spesifikasi agar tidak mengalami hardware failure yang bisa berefek pada motherboard.
    • Selalu hindari kejadian yang berbahaya agar tidak terbanting atau terjatuh

    Penutup

    Demikianlah pembahasan saya mengenai komponen motherboard, mulai dari pengertian, fungsi motherboard, jenis jenis motherboard hingga cara merawatnya. Semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna serta bermanfaat bagi banyak orang, sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.