Blogroll

Pengertian Biografi: Tujuan, Struktur dan Contohnya



    Pengertian biografi

    Biografi merupakan sebuah tulisan yang menggambarkan perjalanan hidup seseorang, baik itu seorang legenda, seniman, tokoh publik atau siapapun itu. Biasanya bisa berupa cerita singkat atau bisa juga menjadi sangat panjang karena banyak hal menarik dalam profil perjalanan hidupnya, lalu bagaimana jika harus menulis contoh biografi diri sendiri tentang diri sendiri? simak pembahasan lengkapnya, dibawah ini.
    Baca juga : jenis jenis cerita fiksi beserta contoh dan ciri cirinya

    Tujuan Menulis Biografi

    Tujuan menulis sebuah biografi adalah untuk membuat orang lain tahu terhadap kisah yang dimiliki seseorang. Dengan kata lain, jika ingin membuat tentang diri sendiri, maka pastikan setelah membacanya mereka tahu siapa Anda dan bagaimana kepribadian bisa tercermin dari sebuah cerita.

    Untuk penulisan biografi sendiri biasanya diperuntukkan untuk kelengkapan sebuah lamaran pekerjaan. Seperti sebuah CV, bio yang ada di sosmed, Akun Google, dan semacamnya. Alhasil, pembaca pun akan paham langsung siapa sosok di balik konten tersebut.

    Namun salah satu permasalahan yang sering muncul yaitu, ketidak tahuan untuk memulai ataupun membuat struktur yang bagus agar bio enak dibaca, luwes, mudah dicerna ataupun tidak menimbulkan tanda tanya. 

    Bagi Anda yang belum pernah menulis biografi, penulisan bisa saja berasal dari berbagai sudut pandang. Baik itu menjadi pihak ketiga atau yang menceritakan kehidupan mereka, bisa juga tokoh pertama yang menggunakan sapaan Saya atau Aku.

    Struktur Penulisan Biografi

    Struktur biografi
    Struktur biografi
    Bagi Anda yang saat ini ingin menulis sebuah biografi namun masih bingung apa saja hal-hal yang harus dimasukkan kedalamnya, bagaimana struktur penulisannya, mungkin ulasan di bawah ini bisa sedikit membantu agar hasilnya bisa tersusun secara sistematis.

    1. Pengenalan

    Di awal paragraf biasanya merupakan kalimat pembuka untuk sebuah pengenalan. Tentu saja nama lengkap Anda, tempat kelahiran, sesuaikan data dengan kartu tanpa penduduk. Kemudian Anda pun bisa menceritakan profil singkat mengenai diri sendiri, latar belakang kehidupan, jumlah saudara.

    Setelah dirasa cukup menyertakan profil pribadi Anda bisa melengkapi lagi dengan riwayat pendidikan dari awal bersekolah sampai akhir, berserta tahun-tahunnya. Untuk sebuah CV, tentu saja ini menjadi sangat penting karena bisa sebagai bahan pertimbangan para HRD.

    Contohnya: 

    Namanya adalah Puji Astuti, lahir di Semarang 25 Agustus 1997. Sulung dari tiga bersaudara ini sudah senang menyanyi dari kecil, tak heran sekarang mulai menapaki tangga sebagai penyanyi profesional. Orang tuanya yang hanya buruh tani membuat Puji harus bekerja keras …dst.

    2. Peristiwa dan Kejadian Penting

    Kemudian selanjutnya adalah menceritakan momen-momen yang unik dan penting dalam hidup Anda atau seorang tokoh tersebut. Ada beberapa klasifikasi pengelompokkan kejadian yang bisa dimasukkan dalam biografi, apa saja itu berikut diantaranya :

    • Kejadian yang Mengubah Hidup
    Pertama adalah sebuah kejadian yang bisa saja mengubah kehidupan diri Anda sendiri atau tokoh tersebut. Dengan kata lain, bertujuan memotivasi orang lain untuk bangkit kembali dari cerita tersebut melalui pengalaman yang mengharukan namun menjadi manis ketika diingat kembali.

    Contohnya: 

    Walaupun berasal dari keluarga buruh tani, Puji selalu percaya diri dan yakin akan kemampuannya sendiri. Jatuh bangun ia menyelesaikan pendidikan S1 karena harus bekerja di waktu yang bersamaan. Hingga hampir drop out karena kekurangan biaya, namun akhirnya wanita kuat itu mampu melewatinya.

    • Prestasi
    Selanjutnya adalah prestasi atau sebuah kebanggaan yang bisa Anda peroleh dari perjuangan tersebut. Ceritakan secara singkat proses mendapatkannya dengan bahasa yang santai agar para pembaca bisa menikmati dan tidak merasa cepat bosan

    Tuliskan prestasi apa saja yang telah dijelaskan dari seorang tokoh tersebut atau diri sendiri. Namun jika menambahkan untuk sebuah CV, maka harus memakai bahasa formal apalagi posisi yang dituju adalah menjadi seorang admin.

    Contohnya: 

    Perempuan berdarah Jawa ini waktu kecil sudah pintar berhitung. Tak jarang ia didapuk untuk mewakili sekolahnya semasa SMP dan SMA untuk ikut dalam olimpiade. Hasilnya pun mengejutkan, Puji bisa menduduki urutan nomor 3 dan berhak mewakili daerahnya di tingkat nasional.

    • Pengalaman Pekerjaan
    Lalu beralih pada poin selanjutnya yaitu menambahkan pengalaman pekerjaan sebelumnya. Disini Anda bisa menulis dengan lengkap riwayat sebelum berminat melamar di perusahaan ini. Bila belum pernah bekerja, maka bisa dituliskan saja fresh graduated atau baru lulus.

    Banyak orang yang sering memalsukan riwayat pekerjaan sebelumnya hanya untuk menambah nilai plus agar diterima di perusahaan tersebut, namun bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri. Jika sudah diterima, maka besar kemungkinan akan terbongkar dan membuat malu karena tidak bisa mengimbangi ritme kerja karyawan lainnya.

    Contohnya:

    Sebelum memutuskan menjadi seorang penyanyi dan masuk dalam sebuah label kenamaan, Puji sempat bekerja serabutan seperti kasir toko kelontong, jaga laundry. Bahkan sampai freelance event agar bisa membayar uang kuliah secara tepat waktu.

    3. Penutup

    Kemudian adalah materi penutup yang merupakan intisari dari keseluruhan tulisan biodata di atas. Disini Anda juga bisa menjelaskan tentang harapan dan impian untuk kedepannya. Jangan lupa gunakan kalimat yang menyakinkan agar pihak HRD merasa harus melakukannya.

    Namun disamping itu, juga harus membubuhkan kalimat yang tenang agar bisa menjadi sebuah kerangka penutupan yang pas. Anda bisa menggunakan kalimat baku untuk CV dan tidak baku untuk biografi tokoh yang ada di bio media sosial, tujuannya adalah menjadi lebih dekat dengan pembaca.

    Contohnya:

    Besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Jika ditulis dalam biografi tak resmi dan sudut pandang orang ketiga, namun kini Puji sudah membentangkan sayapnya dan semakin cemerlang dengan karir di industri musik yang menantang.

    Contoh Biografi Diri Sendiri 

    Contoh biografi diri sendiri
    Contoh biografi diri sendiri

    1. Sebagai orang pertama

    Aku adalah seorang pelajar di kota Bogor dan saat ini tengah menjalani semester 3 di sebuah univeristas kenamaan di sini. Mengambil jurusan Pertanian agar kelak aku bisa membantu ayah dan ibuku mengembangkan sawah mereka untuk berusaha keluar dari jerat kemiskinan.

    Selain tertarik dengan alam dan tumbuhan, aku juga senang dengan hewan, olahraga bersama adikku juga menjadi rutinitas minggu yang tidak pernah kami lewatkan. Setelah jogging, Kami akan berkeliling stadion untuk mencari jajanan ringan kemudian dibawa pulang agar bisa disantap bersama keluarga.

    Dari kecil aku sudah dididik dengan kerasnya kehidupan, rasanya pundakku sudah menjadi tameng besi yang kuat. Jadi tak heran jika sekarang ini aku harus kuliah sambil bekerja karena orang tuaku tidak bisa membiayai sekolahku. Rasanya sulit sekali membagi waktu yang terasa kurang walaupun sudah 24 jam.

    2. Sebagai orang ketiga

    Namanya Ali Husain atau lebih akrab disapa dengan cecep, lahir di Klaten 25 Januari 2000. Kehidupannya yang memprihatinkan mengharuskan ia hanya bisa mengenyam pendidikan hanya sampai tamatan SMP saja. Selebihnya ia harus rela melepaskan masa putih abu-abu tersebut.

    Ayah dan ibunya yang hanya pekerja serabutan mengharuskan anak sulung dari tiga bersaudara ini, ia merelakan masa bermainnya demi bekerja ikut andil memenuhi keutuhan keluarganya. Sebelumnya pun juga bekerja di sebuah toko bangunan dan kuli panggul di pasar.

    Siapa sangka suatu hari Cecep bertemu dengan bos sebuah perusahaan ternama di kotanya menawari pekerjaan. Yaitu untuk menjadi Cleaning Service dengan gaji pokok lebih dari cukup untuk kebutuhannya bersama keluarga. Sampai akhirnya ia berhasil menabung dan membangun bisnis di bidang percetakan.

    Penutup

    Intinya, dalam membuat contoh biografi diri sendiri harus mengalir dan semenarik mungkin. Namun jangan menuliskan beberapa kata yang tidak sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. 

    Oke demikianlah pembahasan singkat saya mengenai pengertian biografi, mulai dari tujuan biografi, struktur biografi dan contoh penulisan biografi untuk diri sendiri. Semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna dan bermanfaatt bagi banyak orang dan terimakasih telah berkunjung di blog mas dzikry, sampai jumpa pada tulisan saya yang selanjutnya.