Blogroll

Pengertian Informasi: Fungsi, Manfaat dan Jenis Jenisnya




    Informasi merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, terutama pada pengetahuan mengenai hal-hal yang bahkan belum terdengar sebelumnya. Penting dalam memahami pengertian informasi, unsur-unsur, hingga proses sebuah data menjadi informasi yang valid.
    Baca juga : kelebihan dan kekurangan microsoft excel

    Pengertian Informasi

    Informasi merupakan sekumpulan fakta atau data dengan melalui proses penyaringan dan diolah sedemikian rupa. Hal ini ditujukan agar menghasilkan sesuatu yang bisa dipahami serta memberikan manfaat bagi penerimanya.

    Kata “informasi” berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu “informacion”. Ini mengadopsi bahasa latin “informare” yang memiliki arti sebuah aktivitas dalam hal pengetahuan yang dikomunikasikan. Namun terlepas dari itu, tidak semua informasi dapat diolah, sebelum memastikan data serta fakta.

    Dalam pembaharuan pengetahuan dasar dalam membuat keputusan serta bahan opini, informasi merupakan hal terpenting. Secara sederhana, informasi merupakan data yang telah diolah menjadi sesuatu hal bernilai dan bermakna.

    Pengertian Informasi Menurut para Ahli

    Selain definisi secara umum, penting pula untuk merujuk pada pengertian yang dirumuskan oleh para ahli mengenai informasi baik luar maupun dalam Negeri. Hal ini ditunjukkan agar menambah referensi pengetahuan. Berikut ulasannya:

    1. Anton M Moeliono

    Menurut Anton M Moeliono, informasi merupakan sebuah data yang telah terverifikasi serta melewati proses olah dengan tujuan tertentu. Selain itu informasi juga berupa keterangan, kabar berita, pemberitahuan, pencerahan serta lainnya.

    Dengan proses pengolahan data yang telah dilakukan sesuai ketentuan ditujukan agar menjadi suatu hal mudah dimengerti. Selain itu, juga supaya bisa menambah serta meningkatkan pengetahuan bagi para penerimanya dan terhindar dari berita bohong (Hoax).

    2. Azhar Susanto

    Didalam buku sistem analisis informasi akuntansi, Azhar Susanto menyatakan pendapatnya mengenai definisi informasi yaitu sebuah hasil dari pengolahan data. Hal ini ditujukan agar memberikan manfaat-manfaat serta arti bagi orang-orang.

    Hasil dari pengolah data tersebut berupa kejadian dan fakta yang diproses dengan ketentuan-ketentuan serta konsep dasar informasi. Salah satu tujuannya yaitu agar bisa digunakan dalam membuat atau mengambil keputusan yang tepat.

    3. George R. Terry, D.

    Menurut George R. Terry, D. Informasi merupakan data penting yang berfungsi memberikan pengetahuan serta manfaat bagi penerimanya. Terlebih setelah melewati proses pengolahan dan verifikasi fakta-fakta terkait.

    Selain itu, informasi menjadi sebuah acuan atau bahan dalam beropini, membuat keputusan dan lainnya. Oleh sebab itu, penting dalam memahami serta menelaah sumber-sumber informasi mengenai fakta dan data secara teliti.

    4. Lani Sidharta

    Menurut Lani Sidharta informasi ialah data serta fakta yang disajikan dengan memiliki tujuan yang lebih berguna. Seperti halnya ketika mengambil atau membuat keputusan, maka informasi menjadi bahan rujukannya.

    Di sisi lain, informasi juga dapat didefinisikan sebagai angka dan data yang telah diberikan makna serta nilai. Terlepas dari itu, bahan-bahan informasi haruslah dari sumber-sumber terpercaya serta terverifikasi.

    5. Berry E. Cushing

    Didalam buku Accounting Information System and Business Organization, Barry E. Cushing mengemukakan pendapatnya mengenai informasi. Yaitu suatu hal yang menunjukkan hasil dari proses pengolahan fakta-fakta serta data yang dikumpulan.

    Pemrosesan data tersebut dilakukan dengan ketentuan-ketentuan dasar dalam mengolah informasi agar mudah dipahami dan memiliki nilai fakta yang telah terverifikasi. Hal ini bertujuan agar menghindari berita atau informasi bohong.

    6. Gelinas dan Dull

    Dalam bukunya gelinas menyatakan bahwa informasi ialah data yang telah diolah kebenarannya sebelum disajikan dalam bentuk formulir. Pengolahan ini dilakukan agar menjadi sesuatu berupa fakta-fakta terverifikasi.

    Hal ini ditunjukkan agar pada saat memberikan informasi, sudah dipastikan nilai-nilai serta bisa menjadi rujukan dalam mengambil atau membuat suatu keputusan serta beropini. Baik di masa sekarang ataupun mendatang.

    7. The Liang Gie

    Menurut The Liang Gie informasi adalah sebuah keterangan atau rangkaian kalimat, kata, gambar atau tanda lainnya yang mengandung sebuah arti dari buah pemikiran maupun pengetahuan yang didasari oleh fakta-fakta serta data yang valid.

    Fungsi Fungsi Informasi

    Fungsi fungsi informasi
    Fungsi fungsi informasi
    Informasi memiliki fungsi serta peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama diera teknologi sekarang ini. Selain untuk menambah pengetahuan mengenai apapun, informasi juga mempunya fungsi cukup banyak. Berikut ulasannya:

    1. Sumber berita

    Di era sekarang ini tentunya mendapatkan informasi melalui berita lewat media online ataupun offline sudah menjadi bagian kehidupan. Sumber berita menjadi tempat penting dalam penyebaran informasi mengenai apapun.

    2. Sumber pengetahuan baru

    Tidak dipungkiri, informasi sangatlah penting dalam menambah pengetahuan serta wawasan mengenai hal-hal baru. Hal ini merupakan yang paling umum dari fungsi informasi, sebab cukup berperan dalam mencerdaskan manusia.

    3. Memberikan kepastian

    Sumber informasi yang lengkap serta telah melalui proses sedemikian rupa, menjadikan informasi sebuah data yang terpercaya. Oleh sebab itu, pentingnya dalam memahami sumber-sumbernya guna mendapatkan kepastian dari apa yang didapat.

    4. Hiburan

    Pengetahuan mengenai hal baru disertakan hiburan, perpaduan yang cukup menarik. Sebuah informasi tidak melulu bersifat serius, misalkan dengan menggunakan narasi lucu, gambar, video serta audio yang disajikan.

    5. Media untuk mensosialisasikan kebijakan

    Sebuah campaign ataupun kebijakan yang ditentukan, guna memahami dengan baik dan benar sebelum diberlakukan. Informasi ini cukup efektif dalam sosialisasi maupun komunikan akan hal-hal tertentu.

    6. Media mempengaruhi masyarakat

    Informasi tidak hanya berguna untuk penerima, melainkan pada pihak yang menyampaikannya pula. Ini yang sering menyebabkan adanya informasi Hoax atau bohong atas oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, penting dalam memahami konsep dasar informasi.

    7. Dasar dalam menyampaikan opini yang berbobot

    Di era media sosial sekarang, siapapun bisa menyampaikan pendapatnya mengenai apapun. Sayangnya masih banyak yang tidak mengikuti aturan konsep dasar beropini. Opini yang baik adalah dengan didasari sebuah data serta fakta-fakta terverifikasi kebenarannya.

    Manfaat Informasi

    Manfaat dari sebuah informasi ialah menambah wawasan mengenai hal yang sebelumnya tidak pernah diketahui. Selain itu, juga untuk mengurangi kesalah dalam mengambil atau membuat keputusan serta menggambarkan kondisi yang sedang terjadi saat ini.

    Kemudian, bisa juga untuk menggambarkan sebuah tren bahkan sesuatu yang sifatnya mendatang, mengurangi ketidakpastian akan kejadian atau fenomena. Bahkan, bermanfaat guna menjadi dasar pada pemecahan masalah serta berpendapat.

    Meningkatkan citra positif terhadap sesuatu yang dituju, efisiensi dalam menghasilkan arus kerja, menambah relasi juga bagian dari manfaat informasi. Lalu selanjutnya, menjadi dasar pertanggung jawaban atas segala pernyataan serta memberikan bukti.

    Jenis-jenis informasi

    Sesuai dengan definisi informasi yang tertulis, informasi dibagi menjadi beberapa jenis disesuaikan dengan kegunaannya. Berikut ulasannya:

    1. Informasi Berdasarkan Sifat

    Jenis informasi ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu faktual yang merupakan suatu informasi bersifat valid. Hal ini didasari oleh fakta-fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya sesuai dengan apa yang dibagikan dan disebarkan.

    Lalu Opini, merupakan sebuah informasi yang dibuat dengan acuan atau atas dasar pendapat seseorang yang kebenarannya belum bisa dijamin. Selanjutnya jenis deskripsi yaitu dibuat dengan terperinci mengenai suatu hal agar bisa dipahami dengan mudah tentunya.

    2. Informasi Berdasarkan Kegunaan

    Jenis ini merupakan bentuk informasi guna menambah pengetahuan bagi penerimanya. Selain itu, berdasarkan penyajian yaitu sesuatu disampaikan dengan menggunakan artikel, audio, gambar, video, atau apapun yang bisa dijadikan media penyebaran.

    3. Informasi Berdasarkan Kehidupan dan Lokasi

    Jenis ini merupakan Informasi yang dibuat dalam beberapa kategori, seperti informasi mengenai kesehatan, bisnis, olahraga serta pendidikan. Sedangkan berdasarkan lokasi manfaatnya ialah memberikan suatu peristiwa perihal lokasi kejadian. 

    Konsep Dasar Informasi

    Konsep dasar informasi sama seperti halnya penjelasaan mengenai pengertian atau definisinya. Sebuah hasil dari pengolahan data yang telah melalui proses agar bisa berguna bagi penerimanya. Jadi kesimpulannya ialah sebuah data valid.

    Karena dihasilkan dari pengolahan melalui beberapa metode, ada risiko pembiasan terjadi pada informasi. Penyebabnya seperti hilangnya file atau data, pengukuran fakta yang salah, sistem tidak berfungsi, hingga terjadi kesalahan saat pemrosesan.

    Karena itu pentingnya dalam memahami konsep dasar informasi seperti, akurat dalam mencari bahan atau materi berupa fakta – fakta valid. Tepat waktu pun menjadi hal yang harus diperhatikan, karena jika terlambat dan tidak relevan pada waktu penyebaran serta isinya, maka informasi akan hilang nilainya.

    Penutup

    Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian informasi secara lebih dalam. Penting bagi setiap orang memahami konsep dasar dalam mencari sumber informasi yang valid serta berdasarkan fakta agar terhindari dari berita bohong ataupun hoax.