Blogroll

Memahami Pengertian Komunikasi Daring Sinkron dan Asinkron



    Pengertian komunikasi daring sinkron dan asinkron

    Di zaman yang sudah memasuki era modern ini baik media informasi dan komunikasi sudah mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Memang sudah eranya untuk selalu menghadirkan inovasi terbaru agar masyarakat dunia semakin dimudahkan, misalnya dengan komunikasi daring sinkron dan asinkron. Lantas apa pengertian komunikasi daring sinkron dan asinkron? simak pembahasannya, di bawah ini.
    Baca juga : cara memahami diri sendiri untuk meningkatkan potensi yang terpendam

    Pengertian Komunikasi Daring Sinkron

    Komunikasi daring sinkron sekarang sudah melekat pada kebiasaan dan keseharian masyarakat modern di era globalisasi ini. Cara kerjanya yaitu, berkomunikasi lewat satu user atau software di media sosial secara langsung dalam waktu yang bersamaan.

    Contoh disini adalah text chat dan video chat yang merupakan layanan komunikasi melalui jejaring sosial dengan orang lain yang berada di tempat berbeda. Anda bisa mengirimkan pesan kepada mereka yang sedang online, kemudian mereka akan membalasnya dan begitu seterusnya. Contohnya adalah Line, Whatsapp, FB, zoom, dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

    Tata Krama Komunikasi Daring Sinkron

    Berkomunikasi secara langsung saja tanpa adanya perantara masih bisa menimbulkan kesalahpahaman, Apalagi jika Anda melakukan komunikasi hanya melalui smartphone tanpa suara atau gerakan tubuh, untuk itulah pentingnya tata krama diterapkan agar kedua belah pihak tetap merasa nyaman.

    1. Jangan memalsukan identitas

    Gunakan saja nama asli yang lengkap dan lokasi kota tempat Anda tinggal namun tidak perlu terlalu lengkap. Hal ini penting dilakukan agar orang tetap merasa nyaman berkomunikasi dengan Anda, walaupun tidak mengenal secara langsung.

    2. Gunakan bahasa yang sopan saat berdiskusi

    Amati latar belakang lawan bicara, jika memiliki kepribadian menyenangkan maka bisa memakai bahasa santai dan terkesan bercanda. Namun apabila mereka adalah orang introvert usahakan memilih diksi percakapan yang fokus pada pembicaraan.

    3. Mencari tempat tenang

    Jika sedang berada di lingkungan yang ramai usahakan untuk mencari tempat yang lebih tenang serta menggunakan microphone saja saat ada dalam video call. Lawan bicara akan merasa dihargai dan bisa mendengar jelas percakapan yang sedang berlangsung.

    Contoh Komponen Pendukung Komunikasi Daring Sinkron

    Seperti yang telah diketahui komunikasi daring sinkron adalah interaksi yang dilakukan secara langsung melalui software atau perangkat lunak. Berikut adalah komponen pendukung yang bisa Anda pasang di smartphone untuk membuat percakapan di dunia maya semakin menyenangkan.

    1. Whatsapp

    Di kedudukan pertama adalah Whatsapp, dengan pengguna setengah lebih dari penduduk dunia. Membuktikan bahwa software satu ini memang bagus digunakan. Dengan menggunakannya, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menelpon, kirim teks, sampai video call.

    Karena sistemnya yang sederhana memudahkan hampir semua usia bisa menggunakannya. Bahkan Anda bisa melakukan interaksi antar negara dan benua. Jadi untuk rekomendasi Whatsapp sangat menjanjikan untuk petualangan seru komunikasi daring sinkron.

    2. Skype

    Siapa yang tidak tau perihal platform satu ini, jejaring sosial yang bisa membantu Anda melakukan video call dengan lawan bicara sampai antar negara dan antar benua. Aplikasi satu ini memang tengah naik daun apalagi dikala musim pandemi dimana banyak aktivitas di luar ruangan dibatasi.

    Alasan mengapa skype  sering digunakan anak-anak muda di berbagai belahan dunia, adalah karena kualitas pelayanan video call yang baik dan suara yang tetap jernih. Pembicaraan tentunya tidak akan terganggu dan mengalami buffering. Tampilannya juga sederhana dan tidak terlalu mencolok.

    3. Facebook Messenger

    Kemudian ada Facebook messenger yang tetap menjadi idola walaupun banyak pesaingnya yang mulai bermunculan. Hampir seluruh warga dunia pasti memiliki akun di platform satu ini. Tak bisa dipungkiri sampai saat ini memang layanan paling baik masih dipegang oleh  perusahaan milik Mark.

    Facebook Messenger selalu berani berinovasi mengikuti perkembangan zaman sesuai minat dari para anggotanya. Yaitu, yang tadinya hanya mengeluarkan layanan chat saja sekarang sudah bisa juga digunakan untuk video call dan tampilan chat yang semakin luwes.

    4. Zoom

    Kemudian ada juga software zoom yang bisa Anda gunakan untuk melakukan video call dengan orang dengan kapasitas jumlah yang lebih besar. Inilah keunggulan dari platform satu ini dibandingkan dengan yang lainnya. Fasilitas satu ini tentu sangat membantu di tengah masa pandemi seperti sekarang.

    Karena berbagai sektor seperti pendidikan bahkan beberapa perusahaan yang memutuskan untuk work from home, hal ini tentunya membutuhkan sebuah wadah yang baik agar kegiatan pembelajaran dan pekerjaan tetap berjalan dengan maksimal, walaupun terkendala jarak. 

    Pengertian Komunikasi Daring Asinkron

    Kemudian  komunikasi daring asinkron yang merupakan interaksi melalui jejaring media sosial, namun dilakukan secara tidak langsung karena menunggu respon dari penerima yang belum tau kapan akan dibalas. Dengan kata lain harus tertunda sampai pesan terkirim.

    Contoh software yang digunakan untuk melakukan komunikasi daring asinkron adalah email, rekaman simulasi visual, forum belajar secara online, atau menulis file. Ini semua tidak bisa dilakukan secara langsung kecuali kedua belah pihak sudah mengadakan janji sebelumnya.

    Tata Krama Daring Asinkron

    Biasanya komunikasi secara asinkron dilakukan dalam konteks yang lebih formal dan resmi, untuk itu Anda perlu melakukan berbagai tata krama dibawah ini agar percakapan tetap nyaman dan berada dalam konteks yang sesuai.

    1. Menulisan subjek dengan benar

    Dalam beberapa konteks seperti email Anda perlu menuliskan subjek sesuai keperluan. Pahami terlebih dahulu konteks kondisi yang sedang berlangsung. Bedakan antara formal dan nonformal.

    2. Memakai bahasa yang baik dan sopan

    Komunikasi yang sifatnya tidak langsung justru lebih banyak resikonya, usahakan periksa kembali teks tulisan kepada penerima. Sesuaikan kepentingan dengan bahasa yang baku.

    3. Perhatikan alamat penerima

    Jika saat komunikasi daring sinkron alamat atau nomor si penerima sudah jelas, tidak beda jauh dengan asinkron. Namun akan jadi berbahaya jika Anda sampai salah alamat karena informasi yang akan dikirim cenderung bersifat rahasia.

    4. Segera balas pesan

    Lalu segera balas pesan ketika Anda menyadari ada notifikasi masuk. Walaupun bersifat tidak langsung bukan berarti harus menundanya walaupun mengetahui sudah ada pesan balasan masuk,  ini akan lebih membuat lawan bicara merasa nyaman.

    5. Jangan mengirim pesan secara spam

    Hal ini menjadi peraturan atau tata krama penting ketika melakukan komunikasi daring asinkron. Meneruskan chat tanpa konteks pembahasan yang penting akan membuat lawan bicara merasa rishi dan kurang nyaman.

    Komponen Pendukung Komunikasi Daring Asinkron

    Tak berbeda jauh dengan komunikasi daring yang dilakukan secara langsung, asinkron juga membutuhkan software atau perangkat lunak smartphone yang cakap dan mampu mencakup semua komponen kebutuhan interaksi. Berikut adalah komponen-komponen pendukungnya:

    1. Email

    Siapa yang tidak tau dengan platform besar satu ini, salah satu aplikasi yang bisa digunakan mengirim pesan dengan bentuk format yang lebih formal dan resmi. Email memang ditujukan lebih khusus untuk relasi pekerjaan, orang yang jabatannya lebih tinggi, atau instansi besar seperti milik pemerintah.

    Karena sifatnya yang resmi maka Anda harus memperhatikan beberapa aspek seperti alamat penerima yang tidak boleh salah, subjek, kemudian ada isi yang harus tepat sesuai dengan konteksnya, terakhir adalah lampiran jika memang ada. Sebagai contoh gmail.com, yahoo.com dan masih banyak lagi.

    2. Forum Diskusi

    Saat ini juga tengah marak bermunculan berbagai software forum diskusi seperti kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, dan masih banyak lagi. Ada yang sifatnya langsung namun banyak juga yang tidak langsung. Namun dibutuhkan waktu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

    Seperti halnya forum kesehatan. Ketika Anda menanyakan tentang gangguan yang terjadi pada tubuh Anda dan memulai berkonsultasi biasanya ada jeda waktu untuk menunggu. Bisa saja sebentar, namun tak jarang juga sampai berhari-hari karena terbentur jadwal dokter yang sibuk.

    Contoh Perangkat Keras Pendukung Daring

    Software tentu saja tidak bisa berjalan tanpa adanya perangkat keras. Adapun contoh hardware yang bisa digunakan untuk membantu berjalannya daring memang banyak sekali. Namun Anda bisa menggunakan beberapa saja yang disebutkan di bawah ini:

    • Modem yang berfungsi sebagai alat untuk menyambungkan komputer ke internet
    • Adaptor atau wireless LAN sebagai area seperti hotspot
    • Router dengan fungsinya yang sangat kompleks
    • HUB yang digunakan untuk membangun jaringan internet

    Penutup

    Itulah beberapa perangkat yang bisa Anda gunakan untuk membangun jaringan yang baik agar software juga bisa berfungsi dengan maksimal. Keduanya memang saling berperan penting untuk kelancaran komunikasi daring sinkron dan asinkron. 

    Demikianlah pembahasan saya mengenai pengertian komunikasi daring sinkron dan asinkron, semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna serta bermanfaat bagi banyak orang dan terimakasih telah berkunjung di blog sederhana saya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.