Blogroll

5 Perbedaan Sinyal dan Jaringan Yang Perlu Diketahui



    Perbedaan sinyal dan jaringan

    Pada ilmu telekomunikasi, kebanyakan orang kurang mengetahui perbedaan antara sinyal dan jaringan. Walaupun dua istilah tersebut saling terhubung satu sama lain, akan tetapi pada hakikatnya istilah sinyal dan jaringan mempunyai sebuah perbedaan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan sinyal dan jaringan, simak pembahasannya dibawah ini.
    Baca juga : pengertian dan jenis teknologi jaringan internet berbasis luas

    Perbedaan sinyal dan jaringan

    Berikut dibawah ini merupakan beberapa hal mengenai perbedaan sinyal dan jaringan pada ilmu telekomunikasi yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

    1. Sinyal mempunyai dua jenis, sementara jaringan mempunyai lima jenis

    Berdasarkan metode pengirimannya, sinyal menggunakan 2 jenis yang berbeda, jenis sinyal yang pertama ialah sinyal analog dan yang kedua adalah sinyal digital. Sinyal analog merupakan jenis sinyal yang berupa aliran gelombang listrik yang dipancarkan secara terus menerus, kemudian sinyal jenis ini akan dipancarkan menggunakan media transisi. Jenis sinyal yang kedua yaitu sinyal digital yang merupakan perubahan dari jenis sinyal analog ke bentuk sinyal discrete atau sinyal dengan bentuk putus-putus yang dibuat menggunakan simbol kode 0 dan 1.

    Sementara itu, pada jaringan mempunyai jenis yang lumayan beragam dan berkaitan dengan besar jangkauan serta alat yang digunakan. Jenis jaringan tersebut diantaranya seperti, Wireless, LAN, MAN, WAN, dan PAN. Jenis jaringan tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan penggunanya, misalnya LAN yang dijalankan pada area kantor skala kecil serta MAN yang dijalankan antar gedung dan sebagainya.

    2. Jangkauan yang dimiliki sinyal lebih luas dibandingkan jaringan

    Sinyal yang terdapat pada jaringan telekomunikasi mempunyai struktur dan cara penggunaan yang cukup beragam apabila dibandingkan dengan penggunaan jaringan. Pada distribusi datanya, sinyal dikirim melalui gelombang elektromagnetik yang mempunyai jangkauan atau cakupan wilayah yang lebih luas dengan memanfaatkan berbagai media alat komunikasi. Contoh penggunaan sinyal yang sering ditemui ialah pada alat Handy Talkie (HT) dan siaran radio.

    Sementara itu, didalam jaringan telekomunikasi memiliki proses data yang terbagi oleh beberapa jenis. Jangkauan yang dimiliki jaringan juga dapat diatur sesuai kebutuhan penggunanya, bisa skala luas ataupun skala kecil. 

    Contoh yang sering ditemui pada jenis jaringan nirkabel (wireless) ialah wifi dan hotspot yang terdapat di perangkat smartphone. Jaringan juga dapat dijalankan menggunakan sistem kabel, contohnya ialah jaringan LAN, WAN, MAN yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan jangkauan jaringan dan besar kecilnya data yang akan dikirim.

    3. Sinyal berbentuk tanda, sedangkan jaringan merupakan arus data yang digunakan

    Saat anda menggunakan perangkat smartphone, seringkali terdapat beberapa garis yang terletak pada bagian sudut kanan atas dan dibagian sampingnya terdapat huruf tambahan seperti G, E, 2G, 3G, H, 4G LTE dan sebagainya. Nah hal tersebut merupakan tanda atau indikator pada layar smartphone yang disebut sinyal.

    Sementara itu, sambungan atau aliran data yang terhubung di perangkat smartphone disebut dengan jaringan. Contoh mudahnya ialah apabila tanda indikator pada smartphone terdapat simbol 3G, maka jenis jaringan atau sambungan data yang digunakan oleh perangkat pintar tersebut merupakan aliran data 3G. Hal ini juga berlaku pada indikator baris barnya, apabila garis bar yang ditampilkan penuh, maka sambungan data jaringan 4G tersebut masih kuat.

    4. Sinyal memanfaatkan antena sebagai alat pemancar dan penerima gelombang, sedangkan jaringan dikirim melalui arus listrik

    Sinyal dapat digunakan dalam melakukan pengiriman dan penerimaan data dengan memanfaatkan antena sebagai alat pemancar. Pada perangkat elektronik saat ini seperti smarthphone telah mempunyai sebuah antena sebagai pemancar sinyalnya, akan tetapi memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan model antena zaman dulu.

    Sementara itu pada jaringan, aliran data dikirimkan dengan arus listrik. Jadi, walaupun perangkat komputer dengan komputer yang terhubung lainnya tidak terdapat sambungan data koneksi internet, selama kabel jaringan yang tengah digunakan tidak terjadi suatu masalah, tentu aliran data akan tetap berjalan dan bisa digunakan dengan lancar tanpa hambatan. Hal tersebut akan baik baik saja selama sistem aliran listrik dapat mengalir dengan performa yang baik.

    5. Sinyal tidak membutuhkan persetujuan penerima, sementara jaringan membutuhkan persetujuan

    Saat sebuah sinyal akan dipancarkan, alat yang menerima pancaran sinyal tersebut tidak perlu membuat tindakan konfirmasi atau persetujuan supaya sinyal bisa diterima dengan baik. Contohnya seperti ini, apabila anda hendak melakukan pencarian sebuah stasiun radio di perangkat android, maka anda hanya perlu mencari alamat tujuan frekuensi sinyal yang terus dipancarkan oleh stasiun radio tersebut. Jadi, saat sinyal berhasil anda peroleh, maka bisa langsung mendengarkan siaran radio tersebut.

    Sedangkan pada jaringan, anda harus melakukan konfirmasi atau persetujuan terlebih dahulu dari pihak client dalam menerima atau mengirim berbagai data yang berasal dari anda. Contoh mudahnya ialah saat anda hendak mengirimkan data dengan menggunakan kabel LAN atau nirkabel (wireless), nah anda harus mengecek dan memastikan kembali bahwa komputer penerima file tersebut telah bersedia untuk menerima filenya. Apabila perangkat tersebut tidak disetujui atau menolak, tentu data yang dikirim tidak bisa diterima dengan baik. Hal ini ialah salah satu bentuk keamanan pada perangkat yang dirancang agar berjalan secara otomatis pada perangkat pintar elektronik seperti laptop, komputer atau smarthphone android supaya mencegah masuknya data yang membawa bahaya virus.

    Penutup

    Walaupun cara penggunaan sinyal dan jaringan terkesan hampir mirip, namun pada dasarnya dua hal ini memiliki konsep dan aliran data yang berbeda. Maka dari itu, anda harus memahami betul mengenai perbedaan antara sinyal dan jaringan dalam dunia atau ilmu telekomunikasi.

    Demikianlah pembahasan singkat saya seputar perbedaan sinyal dan jaringan yang perlu diketahui, semoga penjelasan diatas tadi dapat berguna dan membawa manfaat bagi banyak orang dan terimakasih telah berkunjung di website saya masdzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.