Blogroll

Permainan Bola Voli: Sejarah, Pengertian serta Peraturannya



    Permainan bola voli

    Voli sendiri merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati berbagai kalangan terutama remaja. Selain sebagai hobi, kegiatan satu ini sering dijadikan pertandingan, lalu bagaimana peraturan bola voli? untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya dibawah ini. 
    Baca juga : pengertian visi dan misi, perbedaan, serta manfaatnya

    Sejarah Singkat Bola Voli

    Sebelum membahas lebih jauh, perlu mengetahui terlebih dahulu terkait sejarah bola voli. Awalnya olahraga yang diberi nama mintonette ini ditemukan oleh instruktur bidang olahraga bernama William G.Morgan di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat pada 9 Februari 1895.

    Dulunya permainan bola voli dikhususkan untuk masyarakat dengan usia yang sudah tidak lagi muda. Tekniknya sendiri merupakan gabungan dari beberapa jenis yakni baseball, handball, dan basket. Awal perkembangannya adalah saat permainan ini dikenalkan di salah satu kampus ternama.

    Hingga saat ini, olahraga tersebut masih banyak peminatnya dari berbagai kalangan masyarakat, bahkan tidak hanya laki-laki saja namun perempuan juga. Beberapa turnamen baik tingkat lokal sampai internasional sudah pernah diadakan.

    Sejarah Singkat Bola Voli Masuk ke Indonesia

    Bola voli ini masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda yang terjadi di tahun 1928. Awal perkembangannya olahraga tersebut hanya dimainkan oleh orang belanda sendiri dan para bangsawan. Masyarakat kalangan menengah bawah tidak diperbolehkan memainkannya.

    Sejak saat itu, bola voli mulai diperkenalkan pada masyarakat Indonesia oleh guru-guru kebugaran jasmani yang berasal dari belanda. Seiring berjalannya waktu olahraga satu ini sering dimainkan para anggota tentara.

    Perkembangan bola voli secara pesat di Indonesia ditandai dengan munculnya klub-klub. Pada 22 Januari 1955 lahir organisasi pertama yang khusus menaungi olahraga satu ini bernama PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

    Pengertian Bola Voli Menurut Para Ahli

    Secara umum pengertian bola voli adalah salah satu cabang olahraga, cara memainkannya dengan menjatuhkan bola ke dalam wilayah lawan sebanyak mungkin untuk mencapai skor sesuai ketentuan. Selain itu, beberapa ahli juga memiliki pendapat yakni sebagai berikut:

    1. Aip Syarifuddin dan Muhadi

    Menurut Aip Syarifuddin dan Muhadi, bola voli merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua regu dengan beranggotakan 6 orang. Setiap regu akan berusaha memasukkan bola pada wilayah lawan sehingga akan memperoleh poin.

    Saat bola dipukul maka harus melewati net, jika tidak maka poin akan diperoleh tim lawan. Ketinggian netnya sendiri sudah memiliki ketentuan tersendiri tergantung pada jenis kelamin regunya. Sederhanya, permainan ini merupakan olahraga yang menuntut kerjasama setiap anggotanya.

    2. Machfud Irsyada

    Menurut Machfud Irsyada bola voli merupakan suatu jenis permainan olahraga beregu yang melibatkan lebih dari satu orang pemain, dalam hal ini terdapat 6 orang. Saat ini, perkembangannya semakin meluas pada beberapa daerah di dunia.

    Setiap regu akan berusaha memasukkan bola pada wilayah lawan. Sederhananya permainan akan dimenangkan oleh regu dengan perolehan poin 25 lebih dahulu yang diraih menggunakan teknik khusus sesuai aturan berlaku.

    3. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

    Menyatakan bahwa voli merupakan salah satu cabang olahraga yang setiap regunya dipisahkan oleh net. Tujuan dari permainannya adalah melewatkan bola diatas net agar dapat jatuh di wilayah lawan sehingga memperoleh tambahan poin.

    Permainan bola voli memberi kesempatan pada setiap grupnya dapat memainkan tiga kali pantulan saat mengembalikan bola. Aturan ini pun tentu berlaku untuk menyelaraskan agar tidak terjadi kecurangan ataupun kebingungan menentukan poin.

    Peraturan Bola Voli

    Peraturan bola voli
    Peraturan bola voli
    Setiap kegiatan tentu memiliki peraturan yang harus dijalankan, salah satunya pada permainan bola voli. Fungsi peraturan sendiri adalah untuk membuat pertandingan berjalan dengan baik dan meminimalisir cedera, berikut ini ulasannya:

    1. Ukuran Standar Bola Voli yang Digunakan

    Sama halnya permainan bola basket, voli sendiri juga memiliki aturan pada bola yang digunakan, dengan mematuhinya maka diharapkan pertandingan berjalan dengan lancar. Berikut beberapa standar ketentuannya:

    • Standar berat bola voli adalah 260-280 gram.
    • Terbuat dari bahan kulit asli atau sintetis, yang kemudian dipompa dengan ketentuan khusus.
    • Bola voli harus memiliki tekanan sekitar 0,3-0,325 kg/cm.
    • Ukuran keliling bola voli standarnya adalah 65-67 cm.

    2. Lapangan Permainan

    Setiap olahraga tentu memiliki ketentuan khusus pada lapangan permainan. Hal tersebut bertujuan untuk membuat para pemain membatasi lokasi mana saja yang dapat ditempati maupun area larangan. Aturannya yakni sebagai berikut:

    • Memiliki ukuran sekitar 9x18 meter.
    • Garis tepi yang terdapat pada lapangan harus memiliki ketebalan 5 cm.
    • Ukuran garis batas serang bagi pemain belakang adalah 3 meter yang diukur dari bagian tengah lapangan.
    • Lebar standar lapangan adalah 9 meter.
    • Setiap garis serang memiliki lebar standar resmi adalah 3 meter.
    • Panjang garis samping lapangan adalah 18 meter.

    3. Net

    Permainan bola voli dilakukan bukan disukai oleh laki-laki saja namun juga perempuan. Ukuran netnya tentu berbeda karena berpatokan pada ketahanan tenaga pada masing-masingnya. Peraturan tersebut berguna untuk memudahkan saat proses pertandingan nantinya.

    • Ukuran untuk pemain putri adalah 2,24 meter.
    • Ukuran standar untuk pemain putra adalah 2,43 meter.

    4. Jumlah Pemain Setiap Tim

    Setiap tim memiliki 6 orang pemain inti, dengan tugasnya masing-masing. Salah satunya adalah libero, merupakan pemain yang dapat keluar masuk lapangan namun tidak boleh melakukan smash. Ketentuan tersebut memiliki tujuan khusus dalam penerapannya.

    Olahraga bola voli ini dalam satu pertandingan memiliki 10 pemain dengan pembagian 6 orang sebagai inti dan 4 pemain cadangan. Sebenarnya ketentuan minimal pemain yang berlaku adalah 4 orang, jika di bawah itu maka tim akan didiskualifikasi.

    5. Sistem Pertandingan

    Peraturan bola voli selanjutnya adalah pada sistem pertandingan, ketentuan ini adalah untuk mempermudah pemain dalam merancang strategi agar bisa mendapatkan poin. Ketentuan tersebut harus ditaati bagi masing-masing regu agar tidak terjadi pelanggaran.

    • Setiap pertandingan harus memiliki wasit untuk mengatur jalannya permainan agar sesuai ketentuan yang berlaku.
    • Terdapat 4 orang tambahan lainnya sebagai penjaga pagar dan pencatat skor.
    • Pertanding bola voli terdapat 8 tim utama yang dijadikan 2 grup dengan ketentuan setiap grupnya terdiri dari 4 tim.
    • Setiap tim memiliki sepuluh pemain, dengan ketentuan seperti yang sudah dijelaskan di atas.
    • Tidak ada aturan baku dalam pergantian pemain inti, hal ini bergantung pada kebijakan setiap timnya.
    • Penundaan pertandingan dapat terjadi apabila salah satu atau lebih anggota dalam tim tersebut sedang bermain untuk cabang olahraga lain.
    • Setiap tim memiliki hak untuk bermain dalam pertandingan maksimal 3 kali.
    • Seorang pemain tidak diperbolehkan memainkan bola satu kali secara berturut-turut, dalam hal ini menuntut kerjasama dalam tim.
    • Sebelum memulai pertandingan wasit akan melempar koin dua sisi kemudian menutupnya dengan tangan yang lain.
    • Perwakilan setiap tim diberi hak untuk menebak sisi koin sesuai ketentuan.
    • Tim yang menjawab dengan benar maka berhak melakukan servis pada awal permaianan.
    • Pemain yang bertugas sebagai server harus segera bersiap menuju luar garis bagian pinggir belakang lapangan untuk melakukan servis.
    • Pemain harus melempar bola terlebih dahulu, kemudian lanjut memukulnya hingga melambung dan jatuh pada wilayah lawan.
    • Saat bola keluar garis maka pihak lawan akan mendapatkan satu poin tambahan.
    • Bola yang sampai pada ruang lawan, maka pihak tersebut berhak melakukan serangan atau menahannya dengan passing. Passing sendiri merupakan teknik menahan bola dengan dua lengan yang disatukan dan dilakukan dalam keadaan mendesak.
    • Proses penerimaan bola voli bisa menggunakan anggota tubuh manapun, dengan catatan tidak ditendang.
    • Pertandingan akan dihentikan jika salah satu tim sudah memenangkan 2 set permainan secara berturut-turut.
    • Pertandingan akan dilanjutkan jika skor setiap timnya seri, maka akan ditambah satu set permainan lagi.
    • 25 poin merupakan sistem perhitungan setiap set pertandingan.
    • Apabila terjadi poin seri misalnya 24-24 maka akan diadakan pertandingan tambahan 2 poin, jika salah satu tim mendapatkannya lebih dahulu maka dinyatakan sebagai pemenang.
    • Penentuan runner-up akan diadakan dengan melihat perolehan skor setiap timnya.
    • Setiap babak memiliki time-out hanya satu kali dengan durasi satu menit.
    • Setiap tim akan bertukar posisi setelah satu babak telah berakhir.
    • Apabila babak penentuan / set 3 diadakan, tim yang mendapatkan poin paling rendah berhak meminta tukar posisi setelah tim lawan mencapai 13 poin.

    6. Sistem Perhitungan Angka

    Sistem perhitungan angka ini juga tidak kalah penting keberadaannya untuk meminimalisir terjadinya kecurangan atau kesalahan. Tumpuan utamanya dalam menentukan hal ini adalah dari wasit dan pengatur skor.

    • Skor akan didapat saat tim yang bersangkutan dapat memasukkan bola ke wilayah lawannya.
    • Tim akan mendapatkan skor saat bola dari tim lawan menabrak net sehingga tidak masuk pada area tujuan.

    7. Pelanggaran

    Saat melakukan pertandingan bola voli terdapat ketentuan yang dianggap sebagai pelanggaran saat melakukannya dan akan dikenai peringatan bahkan sanksi tegas. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi perselisihan atau kecurangan.

    • Pemain melewati garis pembatas yang berada di tengah lawan.
    • Pemain menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja.
    • Bola dilarang untuk dilempar atau ditangkap.
    • Wasit memberi keputusan berdasarkan ketentuan yang berlaku.
    • Apabila bola belum sampai pada pihak lawan setelah pukulan ketiga, maka akan mendapat konsekuensi pengalihan bola dan pihak lawan mendapatkan skor.
    • Pemain berbicara kasar atau tidak sopan kepada pihak lawan, timnya, wasit, serta pihak lain yang terlibat.
    • Protes yang berlebih dan pernyataan tidak terima kepada keputusan wasit merupakan salah satu bentuk pelanggaran.
    • Pemain meninggalkan lapangan tanpa seizin wasit.
    • Pemain melakukan blocking sampai masuk ke area lawan.
    • Apabila pihak yang menerima servis menyebabkan bola keluar, maka skor terhitung untuk tim lawan.
    • Saat melakukan servis maka dua tim harus ada di dalam 2 deret ke samping, tiga deret ke depan dan belakang.
    • Pemain dilarang melakukan spike pada bagian atas wilayah tim lawan.
    • Pemain harus memantulkan bola voli tanpa mengenai lantai dasar lapangan.
    • Bola out apabila posisinya sampai ke luar lapangan.
    • Double Foults merupakan kondisi saat pemain mengenai net 2 kali.

    Peraturan bola voli perlu Anda ketahui agar saat mengikuti permainan tersebut tidak mengalami kesalahan atau pelanggaran yang membuat tim dapat didiskualifikasi. Selain memupuk kerjasama, manfaatnya juga dapat menyehatkan dan mempercepat pertumbuhan tinggi badan dan tentunya sangat menyehatkan demi kebugaran.