Blogroll

Mengenal Sejarah Sistem Operasi Generasi 1 - 5 Pada Komputer



    Sejarah sistem operasi komputer

    Sistem operasi merupakan bagian dari perangkat lunak yang berperan sebagai penghubung antara perangkat keras (hardware), dan pengguna yang disebut dengan user. Nah sistem operasi ini mempunyai fungsi utama sebagai tempat interaksi antara menusia dengan perangkat keras seperti komputer.
    Baca juga : pengertian dan jenis teknologi jaringan internet berbasis luas
    Secara logika perangkat komputer hanyalah bentuk mesin yang disebut sebagai benda mati, nah untuk menghidupkannya tentu membutuhkan aliran listrik. Maka dari itu untuk melakukan komunikasi secara visual dengan manusia dibutuhkanlah perantara atau mediator berbentuk sistem operasi seperti windows, linux dan macos. Hal ini diperlukan karena system operasi dapat menerjemahkan dan dapat menampilkan komunikasi secara visual dari bahasa perangkat keras yang digunakan.

    Sejarah singkat sistem operasi

    Tujuan utama dari operasi sistem ialah sebagai media penghubung antara pengguna dengan perangkat keras atau hardware yang digunakan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sejarah sistem operasi yang terbagi menjadi lima generasi, untuk lebih jelasnya simak pembahasannya dibawah ini.

    Generasi 1 - (1945-1955)

    Pada tahun 1940an perangkat komputer digital pertama belum memiliki sistem operasi, ketika hendak menggunakan program harus diinput terlebih dahulu ke punched card. Kartu hollerith atau dikenal dengan punch card ini merupakan selembar kertas tipis yang didalamnya terdapat berbagai perintah yang digunakan untuk mengatur berbagai aplikasi pengelolaan data.

    Nah awal sekitar tahun 1950an sistem operasi mulai dijalankan pada perangkat komputer IBM701, akan tetapi sistem operasi ini hanya bisa memproses pekerjaan satu persatu yang disebut dengan "Singlestream Batch Processing System".

    Generasi 2 - (1955-1965)

    Pada sistem operasi komputer generasi kedua sekitar tahun 1960an masih menggunakan suatu proses sistem batch yang sudah bisa melakukan berbagai tugas secara bersamaan. Nah saat memasuki tahun 1964 pihak IBM meluncurkan sistem operasi yang berbasis system/360, tentunya sistem operasi ini dirancang untuk menyesuaikan perangkat keras dan mempunyai berbagai kemampuan yang lebih baik serta dapat mendukung fitur timeshare yang digunakan secara interaktif oleh user.

    Generasi 3 - (1965-1980)

    Sistem operasi yang digunakan sekitar tahun 1970 banyak dijalankan pada perangkat minikomputer yang dilengkapi fitur time sharing multimode dengan dukungan batch processing dan berbagai aplikasi realtime. Perlu diketahui bahwa pada masa saat ini juga berkembang berbagai konsep multiprogramming, spooling, multiprocessing, real time system dan time sharing.

    Generasi 4 - (1965-1980)

    Pada memasuki tahun 1980an merupakan era dari perangkat PC dan workstation, sejenis aplikasi seperti database, grafis, word processor dan spreadsheet yang mulai dikembangkan dan hingga saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

    Generasi 5 - (2000-????)

    Sekitar tahun 1990an merupakan tahapan distribusi komputer, nah pada tahun ini pula sistem operasi mulai dikembangkan dalam segi interface yang terdapat sistem operasi GUI yang merupakan singkatan dari graphic user interface.

    Hingga artikel ini ditulis kita telah memasuki sistem operasi komputer generasi kelima yang terus ditingkatkan kemampuannya dan kemungkinan di masadepan terdapat generasi generasi selanjutnya dengan kemampuan yang lebih mutakhir.

    Penutup

    Oke demikianlah pembahasan saya mengenai sejarah sistem operasi komputer dari masa ke masa mulai dari generasi pertama hingga generasi kelima, semoga penjelasan tadi dapat berguna serta bermanfaat bagi banyak orang. Sekian dari saya dan terimakasih telah berkunjung di website mas dzikry, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.


    Referensi tulisan =